Kasus Covid-19 Landai, Wako Edi Optimis Perekonomian Terus Membaik
Connect with us

Kota Pontianak

Kasus Covid-19 Landai, Wako Edi Optimis Perekonomian Terus Membaik

Published

on

Kasus Covid-19 Landai, Wako Edi Optimis Perekonomian Terus Membaik

Gencil News – Kota Pontianak terus menunjukan trend menurunnya perebakan covid-19, Wako Edi Kamtono optimis pertumbuhan ekonomi semakin baik seiring menurunnya kasus positif covid-19.

Perlu untuk diketahui bahwa pertumbuhan ekonomi Pontianak terus membaik, hal itu terlihat dari meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Pontianak yang mencapai skor 79,83, dari yang sebelumnya 79,44.

“Hal ini menunjukkan tren yang sangat baik dan positif sebagai keberhasilan kita dalam program terutama kesehatan dan pendidikan serta daya beli masyarakat yang semakin membaik,” ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Ia menambahkan, pihaknya terus berupaya mendongkrak IPM tahun-tahun berikutnya. Selain itu, tak kalah pentingnya adalah meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Baca juga   Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 71 Sampai 74

“Dengan demikian pertumbuhan ekonomi juga meningkat dan angka pengangguran bisa ditekan,” ulasnya.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, diantaranya pembangunan infrastruktur yang dapat memicu dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi serta menyemangati pelaku UMKM agar mereka bisa bangkit kembali untuk mulai menggeluti bisnisnya. 

Pemkot Pontianak beberapa waktu lalu juga memberikan kelonggaran berupa insentif pajak daerah bagi pelaku usaha yang terdampak akibat pandemi dikarenakan adanya pembatasan aktivitas dan mobilitas warga. 

“Oleh sebab itu insentif pajak diberikan relaksasi agar pelaku usaha tetap bisa bertahan,” imbuh Edi.

Namun di tahun 2022 mendatang, insentif pajak tidak lagi diberikan lantaran kondisi pandemi sudah mulai berangsur pulih.

Baca juga   Keren, 3 Seleb Wanita Ini Miliki Gelar Sarjana Ganda

Hal itu tergambar pula dari tingkat hunian atau okupansi hotel yang  sudah di atas 60 persen. Kafe dan warung kopi juga pengunjungnya sudah mulai ramai.

Kondisi ini, kata dia, menjadi tren positif untuk pertumbuhan ekonomi, akan tetapi tetap harus waspada dan tidak lengah dengan kemungkinan adanya lonjakan kasus setelah liburan natal dan tahun baru yang diprediksi akan ada lonjakan kasus.

“Tetapi kalau kita taat protokol kesehatan, saya yakin kita bisa tetap aman dari Covid-19,” tutupnya. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Pontianak

Jadwal dan Lokasi Pembayaran PBB-P2, Ada Pemutihan Denda

Published

on

Jadwal dan Lokasi Pembayaran PBB-P2, Ada Pemutihan Denda

Gencil News –Dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pontianak menggelar pelayanan jemput pajak untuk pembayaran PBB-P2 tersebut.

Pelayanan jemput pembayaran PBB-P2 ini ditempatkan di beberapa lokasi ruang publik di Kota Pontianak.

Kepala BKD Kota Pontianak Amirullah menerangkan maksud dan tujuan digelarnya pelayanan jemput pembayaran PBB-P2 ini selain untuk meningkatkan PAD, juga dalam rangka memudahkan masyarakat untuk membayar PBB-P2 yang menjadi kewajiban mereka.

Jadwal dan lokasi pelayanan jemput pembayaran PBB-P2 tersebar di beberapa titik. Di Taman Alun-alun Kapuas, GOR Pangsuma dan Taman Digulis (halaman Bank Kalbar) pada hari Sabtu tanggal 27 November, 4 dan 11 Desember 2021. Hari Minggu tanggal 28 November, 5 dan 12 Desember 2021 mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Baca juga   EMA Pertimbangkan Tambahan 4 Vaksin COVID-19 Tahun Ini

Swalayan Citra Jeruju Jalan Kom Yos Sudarso pada hari Sabtu tanggal 27 November, 4 dan 11 Desember 2021, Minggu tanggal 28 November, 5 dan 12 Desember 2021 mulai pukul 08.10 – 10.00 WIB.

Swalayan Kaisar Siantan (Bank Kalbar Capem Siantan) Jalan Gusti Situt Mahmud pelayanan akan dibuka pada hari Sabtu tanggal 27 November, 4 dan 11 Desember 2021 mulai pukul 08.10 – 10.00 WIB.

Sedangkan di Bank Kalbar Capem Seruni Pontianak Timur pada hari Minggu 28 November, 5 dan 12 Desember 2021 pukul 08.10 – 10.00 WIB.

Continue Reading

Kota Pontianak

Wako Edi: HMI Bisa Terus Salurkan Generasi Yang Berkompeten

Published

on

By

Wako Edi: HMI Bisa Terus Salurkan Generasi Yang Berkompeten
Wako Edi: HMI Bisa Terus Salurkan Generasi Yang Berkompeten (Foto: Dora)

Gencil News- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menghadiri kegiatan Pembukaan Intermediate Training (LK II) dan Latihan Khusus Kohati (LKK) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kota Pontianak.

Kegiatan ini bertajuk “Ikhtiar HMI dalam Menyongaong Era Society 5.0” di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, Minggu (28/11/2021).

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini bisa untuk terus membangun mental para kader-kader agar bisa terus maju.

“Dimana untuk saat ini kita harus bisa cepat dalam merespon dalam menghadapi masalah-masalah yang ada,”kata Wako Edi.

Ia mengharapkan agar HMI bisa terus menyalurkan generasi yang berkompeten yang negara butuhkan.

“Yang mana kita ketahui selama ini, HMI menyalurkan dan menghasilkan generasi muda yang bisa hingga kancah nasional,”harapnya.

Baca juga   Bupati Erlina Siapkan Bonus Untuk Atlet Mempawah Yang Rebut Medali

Maka dari itu, Ia mengungkapkan bahwa para kader-kader bisa terus bisa melek akan teknologi dengan mengembangkan wawasan dengan skala kebutuhan.

“Yang sekarang mengglobal apa yang menjadi poin, salah satunya adalah penangan pandemi covid. Yang hingga saat ini masih melanda dunia,”ungkapnya.

Ketua Umum HMI Cabang Kota Pontianak, Hefni Maulana menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh pihak-pihak yang ikut mensukseskan kegiatan ini.

Baca juga   Tahanan Polsek Kabur, Kapolsek Pontianak Utara Dicopot

“Sebab awalnya kami bingung akan bagaimana mengadakan kegiatan ini, namun dengan adanya silaturahim dengan berbagai pihak. Alhamdulillah ada jalan sehingga bisa berjalannya kegiatan pada hari ini,”pungkasnya.

Continue Reading

Kota Pontianak

Kehadiran Anggota BPK, Subhan: Ini Bentuk Rasa Cintanya Kepada HMI

Published

on

By

Kehadiran Anggota BPK, Subhan: Ini Bentuk Rasa Cintanya Kepada HMI

Gencil News- Ketua Kahmi Kota Pontianak, Subhan Noviar menyambut kedatangan Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis, Sabtu (27/11/2021).

Kedatangan Harry ini merupakan kunjungan beliau dalam rangka pembukaan acara Intermediate Training dan Latihan Khusus Kohati HMI Cabang Pontianak Tingkat Nasional.

“Melalui KAHMI beliau kami undang langsung untuk membuka acara Kohati HMI Cabang Pontianak besok. Alhamdulillah beliau bisa hadir,” kata Subhan.

Baca juga   Medina Zein Sosialita yang Ditagih Utangnya Lewat Sosial Media

Ia menjelaskan bahwa kehadiran Harry kali ini merupakan bentuk rasa cintanya kepada HMI.

“Bang Harry selalu semangat untuk hadir dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan HMI karena rasa kecintaan beliau terhadap HMI,” Jelas Subhan.

Ia mengungkapkan bahwa sosok Harry Azhar adalah sesosok orang yang tidak bosan untuk terus bisa mengkader adik-adik pada organisasi HMI.

“Semangat beliau itulah yang selalu kami apresiasi untuk selalu mengkader adik-adik di HMI,” pungkasnya Subhan.

Sebagai informasi, tema yang diusung pada acara tersebut adalah Ikhtiar HMI dalam menyongsong Era Society 5.0. Yang rencanaya akan terlaksana pada Minggu, (28/11/21) pada Aula Rumah Dinas Walikota Pontianak.

Continue Reading

Kota Pontianak

Ucapkan Terimakasih Kepada Guru, Wako Edi Perhatikan Guru Honorer

Published

on

By

Ucapkan Terimakasih Kepada Guru, Wako Edi Perhatikan Guru Honorer

Gencil News- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada guru yang sudah mengabdikan diri demi mewujudkan masyarakat yang cerdas.

Hal ini, merupakan bagian dari kesejahteraan para guru yang ada pada Kota Pontianak. Yang mana ini akan tetap menjadi atensi pihaknya untuk membahas kepada jajaran Pemkot Pontianak serta bisa mencarikan solusi terbaiknya.

“Pemkot Pontianak berkomitmen dalam memperhatikan kesejahteraan para guru karena mereka memiliki peran strategis dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang kita miliki,” kata Wako Edi. Usai menghadiri Momentum HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional di Gedung Amphiteater SMAN 1 Pontianak, Jum’at (26/11/2021).

Baca juga   Makna Dibalik Jumlah Pembawa Bendera Di Simpang 28 Oktober

Ia menjelaskan bahwa dalam mengupayakan meningkatkan kesejahteraan guru tidak bisa dilakukan secara merata. Akan tetapi harus secara bertahap.

Tidak hanya terhadap guru dengan status PNS, guru honorer juga menjadi perhatian pihaknya dalam hal kesejahteraan mereka.

“Kesejahteraan para guru honorer juga perlu diperjuangkan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa selama masa pandemi yang terjadi hingga saat ini memang penuh dengan ujian. Yang mana para guru sendiri mendapat tugas yang berat dalam menyampaikan ilmunya kepada siswa dengan keterbatasa-keterbatasan yang ada.

“Saya yakin pandemi ini tidak menyurutkan semangat para guru dalam menjalankan tugas mulianya mencerdaskan bangsa,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan terus memberikan semangat bagi para guru agar tetap mengabdi untuk meningkatkan standar pendidikan bisa mejadi lebih baik.

Baca juga   Tekan Kebocoran Air Bersih

Maka dari itu, Ia mengharapkan agar pembelajaran tatap muka secara terbatas selama pandemi Covid-19 berjalan dengan lancar dan aman. Sehingga, para guru tetap bisa untuk terus mengajar murid secara langsung dengan aman dan terus menerapkan prokes yang ketat.

“Protokol kesehatan harus tetap diterapkan sehingga ekonomi bisa pulih dan pendidikan juga bisa berjalan seperti sediakala,” pungkasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING