PINJOL Ilegal di Pontianak, 14 Karyawan Ditetapkan Sebagai Saksi
Connect with us

Kota Pontianak

PINJOL Ilegal di Pontianak, 14 Karyawan Ditetapkan Sebagai Saksi

Published

on

PINJOL Ilegal di Pontianak, 14 Karyawan Ditetapkan Sebagai Saksi
PINJOL Ilegal di Pontianak, 14 Karyawan Ditetapkan Sebagai Saksi - sumber dan 📸 PPID Polda Kalbar

Gencil News – Pengembangan kasus usai penggerebekan perusahaan praktik pinjaman online ilegal masih terus dilakukan oleh Polda Kalbar.

PT. Sumber Rejeki Digital (SRD) yang diduga sebagai tempat praktik Pinjaman Online (Pinjol) ilegal di Kota Pontianak yang telah digerebek oleh Pihak Kepolisian.

Dikutip dari PPID Polda Kalbar, Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go menjelaskan, perkembangan hasil pemeriksaan bahwa PT. SRD tidak menyelenggarakan pinjaman online melainkan lebih fokus melaksanakan Desk Collection (Descoll).

“Desk Collection itu hampir sama seperti Debt Collector, di dunia nyata disebutnya Debt Collector, kalau di dunia maya disebutnya Desk Collection,” ungkapnya, pada Selasa (19/10).

Tugas mereka melakukan penagihan terhadap nasabah yang bekerjasama atau melakukan peminjaman dengan 14 aplikasi pinjol yang posisinya tidak berada di Pontianak. Sehingga ada 22.530 orang yang menjadi nasabah di perusahaan tersebut.

“Setelah kita telusuri ternyata 14 aplikasi pinjaman online ini memang tidak memiliki izin yang sah, minimal memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” jelas Donny.

Baca juga   Bio Farma Jamin Ketersediaan Vaksin COVID-19

Jumlah personil di perusahaan ini beserta pimpinannya sebanyak 65 orang, kemarin yang kita amankan baru 14 orang dengan berbagai posisi masing-masing.

Sebelum bekerja, mereka akan diberi akses berupa username dan password yang digunakan untuk melihat data-data nasabah yang melakukan pinjaman dari 14 aplikasi pinjaman online.

Mereka memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, HRD dan assiten HRD yang bertugas melakukan perekrutan karyawan.

Kapten yang bertugas melakukan pengawasan kepada Desk Collection dan Desk Collection yang bertugas melakukan penagihan kepada nasabah yang menunggak pembayaran.

Menurut Donny, ada beberapa cara pihak Desk Collection melakukan penagihan terhadap nasabahnya.

Pertama, Reminder 2 (mengingatkan nasabah tahap 1), yaitu melakukan penagihan dengan cara menelpon langsung dan mengirimkan pesan template whatsapp yang isinya hanya mengingatkan.

Kedua, Reminder 1 (mengingatkan nasabah tahap 2), yaitu menghubungi nasabah dengan cara menelpon langsung dan mengirimkan pesan template whatsapp yang isinya penekanan kepada nasabah untuk segera melakukan pembayaran.

Baca juga   Mengenal Felix Djimin Pengusaha Asal Kalbar Suami dari Greysia Polii

Ketiga, S0 (jatuh tempo), yaitu menghubungi nasabah dengan menelpon langsung dan mengirimkan pesan yang sifatnya lebih mengarah kepada ancaman seperti mengirimkan foto KTP dan selfie bahkan sampai memaki dan mengancam agar nasabah menjadi malu dan kemudian melakukan pembayaran.

“Emang saat ini untuk pinjolnya tidak ditemukan disini, posisinya emang berada di luar Pontianak, yang kita temukan hanya badan hukum yang bergerak sebagai Desk Collection,” ucap Kabid Humas.

Donny menyebutkan, pihaknya membutuhkan waktu untuk melakukan gelar perkara karena baru pertama menangani kasus seperti ini, setelah kita lihat ternyata versi hukumnya terjerat pasal pidana.

Pasal 45B juncto (Jo) pasal 29 dan/atau pasal 48 Ayat 2 jo Pasal 32 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan pidana penjara paling lama empat tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750 Juta.

Baca juga   Disdikbud Kota Pontianak Rencanakan Uji Coba Belajar Tatap Muka

“Ada ancaman pidananya maka itu yang kita pedomani untuk di tindaklanjuti, sebelum sampai kesana kita perlu beberapa keterangan para ahli sambil kita coba telusuri,” ujarnya.

Butuh waktu untuk mengungkap ini sejelas-jelasnya misal dengan peranan masing-masing orang.

Untuk penegakan hukum kita harus mendengarkan keterangan saksi ahli untuk menguatkanya, kita butuh waktu untuk mendapat keterangan saksi ahli guna menguatkan konsumsi hukum yang akan kita terapkan nantinya.

“Pastinya ini tetap kita tindaklanjuti walaupun bukan pinjaman online tanpa izin, tapi ini Desk Collection yang mereka gunakan untuk melakukan penagihan hutang terhadap nasabah yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti, kadang sampai mempermalukan para nasabah,” tutup Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Pontianak

Kasus Covid Semakin Landai, Ini Penjelasan Wako Edi

Published

on

By

Kasus Covid Semakin Landai, Ini Penjelasan Wako Edi
Walai Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (Foto: Dora)

Gencil News- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamntono menjelaskan bahwa saat ini perkembangan covid-19 di Kota Pontianak sudah mulai landai.

“Yang mana, untuk sekarang positive rate Kota Pontianak kali ini sudah rendah,”kata Wako Edi. Di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Minggu (28/11/2021).

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan bahwa saat ini capaian vaksinasi di kota Pontianak sudah memasuki angka 75,4 persen.

“Dimana kita akui untuk mencapai target saat ini sangatlah tidak mudah untuk mengajak masyarakat dalam mengikuti vaksinasi,”jelasnya.

Baca juga   Bio Farma Jamin Ketersediaan Vaksin COVID-19

Ia mengungkapkan bahwa berbagai macam cara sudah dilaksanakan pihak Pemkot Pontianak lakukan agar masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi.

“Baik itu dengan cara melalui sukarelawan maupun door to door dan bahkan diiringa dengan pemberian semabako agar masyarakat mau datang,”ungkapnya.

Ia mengharapkan dengan adanya angka pencapaian saat ini, optimis akhir tahun akan mencapai target yang sudah ditetapkan yakni 80 persen.

“Dan ini nantinya bisa menjadi uji, agar tidak ada varian baru lagi untuk masuk,”harapnya.

Tutupnya, Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada agar kita bisa segera cepat pulih.

Continue Reading

Kota Pontianak

Jadwal dan Lokasi Pembayaran PBB-P2, Ada Pemutihan Denda

Published

on

Jadwal dan Lokasi Pembayaran PBB-P2, Ada Pemutihan Denda

Gencil News –Dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pontianak menggelar pelayanan jemput pajak untuk pembayaran PBB-P2 tersebut.

Pelayanan jemput pembayaran PBB-P2 ini ditempatkan di beberapa lokasi ruang publik di Kota Pontianak.

Kepala BKD Kota Pontianak Amirullah menerangkan maksud dan tujuan digelarnya pelayanan jemput pembayaran PBB-P2 ini selain untuk meningkatkan PAD, juga dalam rangka memudahkan masyarakat untuk membayar PBB-P2 yang menjadi kewajiban mereka.

Jadwal dan lokasi pelayanan jemput pembayaran PBB-P2 tersebar di beberapa titik. Di Taman Alun-alun Kapuas, GOR Pangsuma dan Taman Digulis (halaman Bank Kalbar) pada hari Sabtu tanggal 27 November, 4 dan 11 Desember 2021. Hari Minggu tanggal 28 November, 5 dan 12 Desember 2021 mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Baca juga   Edi Kamtono Pastikan Sekolah Penuhi Standar Prokes Belajar Tatap Muka

Swalayan Citra Jeruju Jalan Kom Yos Sudarso pada hari Sabtu tanggal 27 November, 4 dan 11 Desember 2021, Minggu tanggal 28 November, 5 dan 12 Desember 2021 mulai pukul 08.10 – 10.00 WIB.

Swalayan Kaisar Siantan (Bank Kalbar Capem Siantan) Jalan Gusti Situt Mahmud pelayanan akan dibuka pada hari Sabtu tanggal 27 November, 4 dan 11 Desember 2021 mulai pukul 08.10 – 10.00 WIB.

Sedangkan di Bank Kalbar Capem Seruni Pontianak Timur pada hari Minggu 28 November, 5 dan 12 Desember 2021 pukul 08.10 – 10.00 WIB.

Continue Reading

Kota Pontianak

Wako Edi: HMI Bisa Terus Salurkan Generasi Yang Berkompeten

Published

on

By

Wako Edi: HMI Bisa Terus Salurkan Generasi Yang Berkompeten
Wako Edi: HMI Bisa Terus Salurkan Generasi Yang Berkompeten (Foto: Dora)

Gencil News- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menghadiri kegiatan Pembukaan Intermediate Training (LK II) dan Latihan Khusus Kohati (LKK) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kota Pontianak.

Kegiatan ini bertajuk “Ikhtiar HMI dalam Menyongaong Era Society 5.0” di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, Minggu (28/11/2021).

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini bisa untuk terus membangun mental para kader-kader agar bisa terus maju.

“Dimana untuk saat ini kita harus bisa cepat dalam merespon dalam menghadapi masalah-masalah yang ada,”kata Wako Edi.

Ia mengharapkan agar HMI bisa terus menyalurkan generasi yang berkompeten yang negara butuhkan.

“Yang mana kita ketahui selama ini, HMI menyalurkan dan menghasilkan generasi muda yang bisa hingga kancah nasional,”harapnya.

Baca juga   Disdikbud Kota Pontianak Rencanakan Uji Coba Belajar Tatap Muka

Maka dari itu, Ia mengungkapkan bahwa para kader-kader bisa terus bisa melek akan teknologi dengan mengembangkan wawasan dengan skala kebutuhan.

“Yang sekarang mengglobal apa yang menjadi poin, salah satunya adalah penangan pandemi covid. Yang hingga saat ini masih melanda dunia,”ungkapnya.

Ketua Umum HMI Cabang Kota Pontianak, Hefni Maulana menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh pihak-pihak yang ikut mensukseskan kegiatan ini.

Baca juga   Pemerintah Tingkatkan Pendeteksian di Pintu Masuk

“Sebab awalnya kami bingung akan bagaimana mengadakan kegiatan ini, namun dengan adanya silaturahim dengan berbagai pihak. Alhamdulillah ada jalan sehingga bisa berjalannya kegiatan pada hari ini,”pungkasnya.

Continue Reading

Kota Pontianak

Kehadiran Anggota BPK, Subhan: Ini Bentuk Rasa Cintanya Kepada HMI

Published

on

By

Kehadiran Anggota BPK, Subhan: Ini Bentuk Rasa Cintanya Kepada HMI

Gencil News- Ketua Kahmi Kota Pontianak, Subhan Noviar menyambut kedatangan Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis, Sabtu (27/11/2021).

Kedatangan Harry ini merupakan kunjungan beliau dalam rangka pembukaan acara Intermediate Training dan Latihan Khusus Kohati HMI Cabang Pontianak Tingkat Nasional.

“Melalui KAHMI beliau kami undang langsung untuk membuka acara Kohati HMI Cabang Pontianak besok. Alhamdulillah beliau bisa hadir,” kata Subhan.

Baca juga   Rapat dan Kegiatan dibatasi Begini isi SK Wali Kota Pontianak

Ia menjelaskan bahwa kehadiran Harry kali ini merupakan bentuk rasa cintanya kepada HMI.

“Bang Harry selalu semangat untuk hadir dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan HMI karena rasa kecintaan beliau terhadap HMI,” Jelas Subhan.

Ia mengungkapkan bahwa sosok Harry Azhar adalah sesosok orang yang tidak bosan untuk terus bisa mengkader adik-adik pada organisasi HMI.

“Semangat beliau itulah yang selalu kami apresiasi untuk selalu mengkader adik-adik di HMI,” pungkasnya Subhan.

Sebagai informasi, tema yang diusung pada acara tersebut adalah Ikhtiar HMI dalam menyongsong Era Society 5.0. Yang rencanaya akan terlaksana pada Minggu, (28/11/21) pada Aula Rumah Dinas Walikota Pontianak.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING