Tronton Letoy di Jembatan Kapuas 2, Motor Dinas Polisi jadi Korban
Connect with us

Headline

Tronton Letoy di Jembatan Kapuas 2, Motor Dinas Polisi jadi Korban

Published

on

Tronton Letoy di Jembatan Kapuas 2, Motor Dinas Polisi jadi Korban

Aksi heroik dilakukan Kanit Lantas Polsek Sungai Raya, Ipda Tatang di Jembatan Kapuas Dua. Tatang mengorbankan motor dinasnya untuk menahan mobil truk kontainer supaya tidak mundur.

Tronton Letoy di Jembatan Kapuas 2, Motor Dinas Polisi jadi Korban
Tronton Letoy di Jembatan Kapuas 2, Motor Dinas Polisi jadi Korban

Jumat (3/5) pukul 08.45 wib. Mobil Tronton yang melintasi jembatan kapuas dua, diduga akibat kekurangan tenaga, mobil dalam posisi mendaki tiba-tiba mundur dengan cepat.

Ipda Tatang yang saat itu melintas didaerah tersebut. Langsung berinisiatif untuk membuat ganjalan. Motor dinas andalan tatang digunakan untuk menahan mundur tronton tersebut.

Tindakan Ipda Tatang patut diapresiasi, jika tidak. Tentunya bisa mengakibatkan timbulnya korban.

Jembatan Kapuas II terletak di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, menghubungkan dua wilayah Kecamatan Sungai Raya yang dipisahkan oleh Sungai Kapuas.

Pembangunan jembatan ini diresmikan oleh Wakil Presiden Hamzah Haz pada tahun 2003 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007.

Jembatan yang menghabiskan dana Rp110 miliar ini dibangun untuk menampung mobilitas kendaraan yang sudah tidak mampu ditampung Jembatan Kapuas I.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Headline

Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran

Published

on

Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran

Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran –  Perayaan Idulfitri atau lebaran menjadi sebuah momen yang ditunggu oleh umat muslim di seluruh Indonesia, setelah menjalankan ibadah berpuasa satu bulan penuh.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, ternyata terdapat berbagai macam cara unik masyarakat di daerah untuk menyambut dan merayakan hari Lebaran. Berikut ragam tradisi unik di berbagai wilayah di Indonesia yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Grebeg Syawal di Yogyakarta
Kota Yogyakarta memiliki tradisi yang selalu dilakukan setelah Idulfitri, yaitu perayaan Grebeg Syawal. Sebenarnya, Grebeg Syawal adalah tradisi keraton untuk menyambut 1 Syawal. Biasanya perayaan ini akan diawali dengan para warga mengarak bermacam-macam hasil bumi yang disusun rapi berbentuk kerucut berukuran besar dari Pagelaran Keraton menuju Halaman Masjid Agung Kauman. Setelah didoakan, hasil bumi tadi biasanya akan menjadi rebutan warga yang hadir dalam kegiatan tersebut

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Grbeg Syawal

2. Sungkem Tlompak di Magelang
Tradisi ini diikuti masyarakat lereng bara Gunung Merbabu sebagai bentuk syukur atas ketersediaan air di mata air Telompak di Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Usai berdoa dan memasang sesaji yang dipimpin seorang juru kunci, mereka menggelar kesenian tradisional Campur Bawur di mata air tersebut.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Sungkem Tlompak

3. Malaman di Lampung 
Malaman dilakukan pada malam takbir, sehari jelang Idulfitri. Anak-anak dan remaja laki-laki akan menyusun batok-batok kelapa di halaman rumah mereka hingga menjulang setinggi satu meter bahkan lebih. Menjelang Lebaran, akan ada banyak batok kelapa yang tidak terpakai sisa masak rendang. Usai disusun, batok kelapa dibakar hingga api tampak menjulang dan anak-anak bersorak kegirangan.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Malaman

4. Bedulang di Bangka
Penduduk Bangka di Kepulauan Bangka Belitung mempunyai tradisi unik untuk merayakan momen kebersamaan saat Lebaran, yaitu Bedulang. Tradisi yang biasanya dilakukan setelah bersilaturahmi dan bermaaf-maafan ini merupakan tradisi makan begara yang artinya makan bersama. Namun karena penyajiannya menggunakan tudung saji, akhirnya disebut juga dengan nama bedulang. Uniknya, saat menyantap makanan kamu nggak boleh pakai sendok dan diharuskan pakai tangan. Jadi harus cuci tangan dulu, dengan aturan orang yang paling tua dulu yang cuci tangan, baru kemudian dilanjutkan dengan yang lebih muda.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Bedulang

5. Perang Topat di Lombok
Perang Topat di Lombok bertujuan untuk mempererat hubungan antara umat beragama. Perang Topat yang berarti perang ketupat ini dilakukan oleh suku asli Lombok, yaitu Suku Sasak dan biasanya dilakukan saat hari ke-6 Lebaran. Tradisi ini dimulai dengan mengarak hasil bumi, kemudian dilanjutkan dengan saling lempar ketupat yang dipercaya akan mengabulkan doa dan permohonan mereka.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Perang Topat

6. Festival Tumbilotohe di Gorontalo
Festival Tumbilotohe ini berasal dari Gorontalo dan merupakan tradisi dimana para warga Gorontalo akan menyalakan lampu yang berbahan minyak tanah yang nantinya bakal menerangi sepanjang jalan di kota Gorontalo. Tujuannya sebenarnya yaitu untuk menerangi jalan agar warga desa bisa dengan mudah melaluinya saat membagi-bagikan zakat. Biasanya tradisi ini juga dimeriahkan dengan tabuhan bedug dan meriam dari bambu.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Festival Tumbitohe

7. Ngejot di Bali
Tradisi di Pulau umat Muslim di Pulau Dewata ini merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun ini bertujuan menciptakan hubungan yang harmonis antar umat beragama di Bali. Dalam kegiatan ini umat muslim akan membagi-bagikan makanan bagi semua warga tanpa membedakan agama yang dianutnya. Tradisi Ngejot juga sering dilakukan oleh umat Hindu di Bali saat mereka merayakan hari besar agama Hindu.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Ngejot

8. Ronjok Sayak di Bengkulu
Masyarakat Bengkulu percaya bahwa api merupakan penghubung antara manusia dengan leluhur mereka melahirkan tradisi Lebaran bernama Ronjok Sayak atau yang dikenal juga dengan Bakar Gunung Api. Tradisi ini sudah dilakukan selama ratusan tahun oleh Suku Serawai dan selalu dilakukan saat malam takbiran. Biasanya Suku Serawai akan menyusun batok-batok kelapa hingga menjulang tinggi lalu kemudian dibakar di depan rumah masing-masing.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Rojok Sayak

9. Festival Meriam Karbit di Pontianak
Tradisi yang dilakukan oleh penduduk Pontianak ini sudah dijalankan selama 200 tahun lebih. Festival Meriam Karbit sendiri menggunakan meriam yang terbuat dari bambu besar dan diletakkan di pinggir Sungai Kapuas. Menjelang malam takbiran, para warga Pontianak akan berkumpul di sekitar pinggir sungai untuk menyalakan meriam-meriam besar tersebut sebagai tanda datangnya hari kemenangan

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Festival Meriam Karbit

10. Batobo di Riau
Tradisi Batobo merupakan kegiatan penduduk Riau yang mudik ke kampung halamannya akan disambut meriah oleh keluarga dan bahkan oleh warga desa. Mereka akan diarak sambil diiringi pukulan rebana menuju tempat buka bersama. Biasanya tradisi ini juga diisi dengan pengajian dan lomba baca Al-Quran, dimana hadiahnya berasal dari para pemudik yang pulang kampung tersebut.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Batabo

11. Meugang di Aceh
Tradisi Meugang yang berasal dari Aceh ini biasanya dilakukan setiap tahun menjelang Idulfitri. Tradisi Meugang sendiri biasanya dilakukan oleh semua warga di sebuah kampung. Dimana mereka akan berkumpul di masjid untuk memasak daging dan menyantapnya bersama-sama. Selain itu, daging yang ada juga biasanya dibagikan kepada sesama yang membutuhkan sebegai bentuk saling berbagai di bulan Ramadan. Tradisi ini juga dilakukan saat perayaan Idul Adha.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Meugang

12. Pukul Sapu di Maluku Tengah
Tradisi yang dilakukan oleh penduduk Leihitu, Maluku Tengah ini bisa dibilang cukup ekstrem. Tradisi yang digelar pada hari ke-7 Lebaran ini biasanya dilakukan oleh perwakilan pria dari masing-masing desa yang meliputi desa Morella dan desa Mamala. Para perwakilan dari masing-masing desa akan berkumpul di halaman masjid besar dan mereka akan saling memukul punggung satu sama lain menggunakan lidi dari pohon enau. Tradisi ini berlangsung selama sekitar 30 menit dan biasanya akan membuat kulit sobek hingga berdarah-darah.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Pukul Sapu

13. Kenduri Makam di Aceh
Tradisi yang turun-temurun dilakukan oleh warga Desa Pasi di Kabupaten Aceh Barat ini diperingati di hari ke-12 setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri.

20190606 Tradisi Unik di Berbagai Daerah Sambut Lebaran Kenduri Makam


Warga akan melakukan ziarah dan makan kenduri bersama di lokasi pemakaman tempat keluarga dikebumikan. Orang yang menghadiri ritual kenduri membawa beraneka macam masakan nasi dan aneka kue khas Aceh untuk dimakan bersama usai rangkaian acara.

Continue Reading

Bisnis

Cara Menghentikan Kesalahan Anda Sendiri Dalam Bisnis

Published

on

Pengusaha menghabiskan banyak upaya menjaga bisnis mereka dari kekuatan luar seperti pesaing . Tetapi kadang-kadang apa yang paling merugikan perusahaan adalah tingkah laku sang pendiri sendiri.

(lebih…)

Continue Reading

Headline

Tanaman Indah Pengusir Nyamuk Untuk Rumah Anda

Published

on

Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya. Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga.

 Dengan menggunakan tanaman tertentu, kamu bisa melawan nyamuk bahkan mengusirnya dari rumah.

Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk.

  1. Lavender dikenal juga sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini mengandung linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini mampu mengusir keberadaan nyamuk. lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Selain baunya yang nggak disukai nyamuk, kamu juga bisa menggosok langsung tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu.
  2. Geranium Salah satu tanaman gantung terbaik, Geranium, juga dikenal dengan nama tapak dara. Jenis tanaman pengusir nyamuk ini memiliki tinggi 20-60 cm dan mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara stek tanaman batang. Kamu hanya perlu memotong batangnya, lalu menanamnya di tanah. Tanaman pengusir nyamuk ini mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Bau ini juga tidak disukai nyamuk sehingga bunga hias gantung ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.
  3. Serai Wangi tanaman pengusir nyamuk ini terkenal sebagai bahan memasak dan bahan minuman. Serai wangi pun juga bisa mengusir nyamuk. Serai wangi bisa tumbuh di segala iklim dan jenis tanah. Tanaman pengusir nyamuk yang berbentuk seperti rumput liar ini memiliki zat geraniol yang bisa mengusir nyamuk dan sitronnellol yang bisa membunuhnya. Nggak heran, serai wangi sering menjadi bahan dasar lotion nyamuk dan aroma terapi.
  4. Selasih Selain bijinya yang dimanfaatkan untuk minuman, bagian daun selasih juga memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk daun selasih ini mengandung senyawa eugenol, linaloo, dan geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa kamu tanam di dalam ruangan sehingga nyamuk yang ada di dalam rumahmu akan pergi dengan sendirinya. Cobalah letakkan di dekat jendela, pintu rumah, atau di ruang tamu yang sekaligus menjadi penghias ruangan.
  5. Zodia merupakan tumbuhan asli Indonesia asal Papua. Di dalamnya terdapat zat evodia dan rutaecarpine yang jika disuling menghasilkan minyak dengan kandungan linalool sebesar 46% dan apinene 13,26%. Zat-zat tersebutlah yang ampuh untuk menghalau nyamuk. Tanaman ini juga mengeluarkan aroma yang dibenci nyamuk. Agar semakin efektif, letakkanlah tumbuhan di area yang mudah terkena angin. Namun, jangan menempatkan Zodia di ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk karena aromanya dapat membuat orang merasa pusing.

Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda?! Silahkan anda pilih dengan cermat

Continue Reading

Headline

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

Published

on

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

GENCIL NEWS – Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat Anthony William, makanan penuh nutrisi lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Tepatnya saat kondisi perut masih kosong. Ini karena tubuh menerima nutrisi lebih optimal serta mencernanya lebih baik saat pagi hari.

Tetapi bagaimana jika makanan berikut akan membuat efek lebih relaks setelah anda mengkonsumsi nya, daya tahan tubuh terbentuk,metabolisme terjaga dan Secara biologis tubuh Anda dipersenjatai dengan zat-zat anti stres yang ada pada sistem kekebalan tubuh Anda

Amunisi yang penting diperoleh dari nutrisi yang Anda dapatkan dari setiap menu masakan yang mampu memicu hormon khusus di dalam tubuh yang meningkatkan daya tahan terhadap stres dan relaks

  1. Sup 

Dengan aneka racikan sayur dan daging lembut membuat Anda dapat lebih rileks. Tak hanya hangatnya sup saja yang membuat Anda nyaman, tetapi nutrisi yang Anda dapatkan dari tomat, kacang-kacangan, bawang putih, dan brokoli yang kaya vitamin C menekan stres hingga ia tak muncul kembali di saat itu. Tubuhpun terasa lebih bugar dan bersemangat. 

2. Mint Aneka kesegaran mint yang Anda dapatkan dari banyak produk, termasuk permen, inilah yang membuat Anda merasa lebih rileks dan segar. Selain itu mint dapat mengusir bau mulut tak sedap, sehingga Anda bebas bercuap-cuap dengan siapapun dalam jarak dekat. Mint bekerja melepaskan zat tertentu yang meregangkan otot-otot tegang, meredakan sakit kepala dan melonggarkan saluran respirasi Anda. Inilah yang membuat Anda jauh lebih rileks

3. Teh Bunga Chamomile 

Teh selalu menjadi daftar utama dalam makanan relaksasi, namun teh unik yang diperoleh dari bunga Chamomile ini benar-benar mujarab sebagai anti stres, dan tidak membuat Anda ketergantungan. Aroma khasnya begitu menggoda dan menenangkan, sehingga pas untuk diseduh di sore hari sambil menikmati semilir angin yang menerpa wajah. 

4. Kacang-kacangan 

Jika selama ini Anda malah takut berjerawat karena mengonsumsi kacang, Anda boleh berlega hati. Banyak zat penting di dalam kacang yang efektif menekan stres di tubuh, magnesium salah satunya. Magnesium yang terkandung pada kacang mencapai 12%, dan nilai ini cukup efektif untuk menekan stres dan membuat otot tubuh lebih rileks. 

5. Susu hangat 

Anda mungkin masih ingat saat kecil dulu Anda selalu dibuatkan segelas susu hangat oleh ibu. Kemudian Anda beranjak dan mulai terlelap dalam tidur nyenyak. Kandungan tryptophan dalam susu memicu peningkatan serotonin di dalam tubuh, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dan membuat Anda terlelap dalam tidur. 

6. Pasta/ nasi/ risotto 

Kandungan karbohidrat menstimulasi peningkatan produksi insulin dalam tubuh, yang kemudian membersihkan dan memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah lancar, Anda pun lebih rileks dan timbul rasa kantuk. Demikianlah mengapa Anda selalu merasa mengantuk dan nyaman seusai santap makan

7. Buah-buahan Buah-buahan kaya vitamin C juga turut memacu produksi seratonin. Buah-buahan tersebut di antaranya: apel, mangga, jeruk, nanas, strawberry, anggur, pisang, dll. 

8. Cokelat Seperti yang pernah Anda dengar, cokelat merupakan makanan relaksasi yang manis dan menyenangkan, terutama bagi wanita. Tak hanya produksi seratonin saja, antioksidannya membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat memakannya. Kulit menjadi lebih halus lembut dan rileks. 

9. Ice Cream Selain rasa yang ada dalam ice cream, kandungan kalsium inilah yang memegang peranan tak kalah penting. Bantuan dari tryptophan membuat otak merasa lebih rileks dan nyaman. Untuk hasil yang terbaik pilih ice cream yang rendah lemak sehingga kesehatan jantung Anda tetap terjaga. 

10. Seafood Sudah terbayangkan kelezatan aneka seafood ini? Asam amino yang terkandung dalam seafood membantu Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas dan memberikan asupan energi yang luar biasa. Ciptakan menu relaksasi ini dengan mengkombinasikannya ke dalam menu makan Anda.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING