Kota Pontianak

Wako Edi: Saya Minta Para Lurah Wajib Membentuk Posko Terpadu

Wako Edi: Saya Minta Para Lurah Wajib Membentuk Posko Terpadu

Gencil News- Wali Kota (Wako) Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan bahwa dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini melibatkan semua unsur masyarakat.

Salah satunya ia menginstruksikan jajaran lurah se-Kota Pontianak agar bisa membentuk posko terpadu penanggulangan Covid-19. Posko ini dibentuk dengan dimotori oleh Kodam XII Tanjungpura serta kodim 1207/BS Pontianak.

Adanya posko ini bertujuan sebagai pengumpul data-data serta aktivitas pengendalian Covid-19 pada wilayah kelurahan.

“Saya minta para lurah wajib untuk membentuk posko-posko tingkat kelurahan dengan melibatkan seluruh masyarakat termasuk tokoh masyarakat,”kata Edi usai memberikan arahan kepada para camat dan lurah se-Kota Pontianak, pada Rabu (4/8/2021).

Dengan adanya pembentukan posko pada tingkat kelurahan ini, Wako Edi harap bisa mengendalikan pandemi Covid-19 pada Kota Pontianak.

Baca juga   90 Orang di Swab Karena Beraktivitas Pada Saat PPKM Darurat

Tak hanya kelurahan saja yang terlibat namun posko ini nantinya akan melibatkan RT/RW. Sebab mereka ini termasuk ujung tombak yang berada pada lingkungan masyarakat.

Ia mengungkapkan bahwa dalam penanganan Covid-19 pada tingkat kelurahan ini. Jika nanti ada warga yang terpapar dalam satu rumah maka petugas akan segera melakukan tracing.

Lanjutnya, akan menentukan apakah warga yang bersangkutan cukup untuk isolasi mandiri dirumah atau pada fasilitas isolasi yang sudah pemerintah sediakan maupun dirawat pada rumah sakit. Tergantung oleh kondisi pasien.

“Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita melakukan pembatasan berskala mikro pada wilayah tersebut agar tidak menyebar,” ujarnya.

Komandan Kodim (Dandim) 1207/BS Pontianak, Kolonel Inf Jajang Kurniawan mengungkapkan bahwa dalam penanganan pandemi Covid-19 ini tidak hanya oleh tenaga kesehatan maupun pemerintah saja lakukan. Namun perlu adanya keterlibatan dari keseluruhan komponen masyarakat secara pentahelix. 

Baca juga   Takbir Keliling Dan Festival Meriam Karbit Di Pontianak Ditiadakan

“Keterlibatan tokoh masyarakat hingga unsur pemerintahan yang paling kecil seperti RT dan RW. Sebab RT dan RW merupakan ujung tombak yang mengetahui wilayahnya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top