Yuk Intip Serunya Pesantren Ramadhan di SMAMSA Pontianak

Yuk Intip Serunya Pesantren Ramadhan di SMAMSA Pontianak
SMA Muhammadiyah 1 Pontianak saat ini sedang melaksanakan serangkaian agenda kegiatan ramadhan
(foto : Kepala Sekolah, Ketua Majelis Dikdasmen, Guru Pendamping, dan Perwakilan Siswa)

Yuk Intip Serunya Pesantren Ramadhan di SMAMSA Pontianak. SMA Muhammadiyah 1 Pontianak saat ini sedang melaksanakan serangkaian agenda kegiatan ramadhan, salah satunya pesantren ramadhan dimana kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang juga bagian dari serangkaian acara Gebyar Ramadhan 1440 H SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.

Bertempat di sekolah, acara yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 24 s/d 26 mei 2019 tersebut mengangkat tema “Generasi Qurrotaa’yun” dan resmi di buka oleh Ketua Majelis Dikdasmen PWM Kalbar, Dr. H. Mulyadi, M.Si.

Dalam sambutannya ia mengatakan, Setiap orangtua, sudah pasti ingin memiliki putra-putri yang menjadi “Qurrata A’yun”. Tetapi, Qurrata A’yun itu tidak serta merta terjadi begitu saja. Sejauh mana ketaatan Orangtua kepada Allah SWT, dan baktinya kepada kedua orangtuanya dahulu, maka sejauh itu pula putra-putrinya taat kepada dirinya.

Siswa/Siswi Membaca Al Quran

“kehalalan makanan yang dikonsumi juga akan mempengaruhi kualitas akhlak dan budi pekerti sang anak. Dengan adanya pesantren ramadhan ini harapan saya dapat melatih kemandirian, senang membaca Al-Qur’an dan terbiasa mengisi waktu luang dengan hal-hal positif” tambah beliau yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Pontianak.

Baca juga   7 ASN di Pemkot Pontianak Bolos Pasca Libur Lebaran 2019
Suasana Berbuka Puasa Peserta

Terakhir Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak tersebut mengharapkan dapat memberikan edukasi kepada siswa dan siswi untuk dapat menjadi pribadi yang positif dalam menerapkan/mengamalkan ajaran Islam di kehidupan sehari-hari, untuk membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif.

Sementara itu Kepala SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, Deni Hamdani, S.Pd.I dalam sambutannya, menjelaskan tentang makna generasi Qurrota a’yun, yang terdapat dalam Q.S. Al-Furqan ayat 74 yang memberikan visi rumah tangga muslim.

“Qurata A’yun itu artinya “penyejuk jiwa”. Harapan dari semua ini adalah terwujudnya anak-anak yang menjadi penyejuk mata dan jiwa. sebagaimana yang di tunjukkan dalam surah tersebut yaitu yang punya budi pekerti serta tutur kata yang baik.

Baca juga   Pelajar dan Mahasiswa Dominasi Angka Kecelakaan

Adapun kegiatan pesantren tersebut akan disi agenda-agenda berupa aktivitas mengkaji Al-quran, tadarrus bersama, menghafal, game, dan akan diisi oleh pemateri yang asik dan menyenangkan salah satunya ustadz Luqmanulhakim Dari Pondok Munzalan dan bang Berry El Makky founder Rill Hijrah ujar Ibrahim Muqsit selaku Ketua Panita sekaligus Ketua PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Pontianak

Penulis : Nazla
Editor : Gencil News
Sumber : Jurnalis Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 1 Pontianak