Angkutan Peti Kemas 40 Feet Dilarang Masuk Ke Kota Singkawang
Connect with us

Kota Singkawang

Angkutan Peti Kemas 40 Feet Dilarang Masuk Ke Kota Singkawang

Published

on

Angkutan Peti Kemas 40 Feet Dilarang Masuk Ke Kota Singkawang
angkutan peti kemas 40 feet dilarang masuk ke kota singkawang

Gencil News – Pemerintah Kota Singkawang membatasi angkutan peti kemas 40 feet masuk ke kota. Sejak Senin 25 Oktober 2021 Dishub Kota Singkawang telah memasang banner larangan tersebut.

Aturan ini sebagaimana Perwako Nomor 38 tahun 2021 yang mengatur tentang larangan bagi angkutan peti kemas 40 feet masuk kota pada pukul 05.00 sampai pukul 21.00 WIB. Apabila kedapatan angkutan peti kemas melanggar aturan tersebut, maka akan mendapatkan tindakan tegas berupa tilang sesuai Perwako.

Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Petrus Yudha Sasmita mengatakan, imbauan tersebut berlaku untuk Angkutan Peti Kemas khususnya yang membawa muatan kontainer sepanjang 40 feet untuk tidak masuk ke jalan dalam Kota Singkawang.

Baca juga   Singkawang Heboh Kemunculan Buaya, Pemerintah Turun Tangan

“Tetapi untuk meneruskan perjalanan ke wilayah Kabupaten Sambas tidak masalah,” kata Yudha, Senin (25/10/2021).

Aturan ini hanya berlaku untuk kontainer 40 feet, sedangkan untuk kontainer dengan ukuran 20 feet masih boleh melintas.

Menurutnya, pemasangan banner sudah mulai sejak tanggal 16 Oktober 2021. Dengan pemasangan sementara pada ruas jalan Padang Pasir menuju ke Kota  Singkawang.

“Ini merupakan tindaklanjut dari Perwako Singkawang Nomor 38 tahun 2021 tentang penetapan pengoperasian kendaraan bermotor dalam wilayah Kota Singkawang. Juga sudah merupakan Kesepakatan dari Forum LLAJ (Satlantas Polres Singkawang dan instansi lainnya),” ujarnya.

Adapun jalan-jalan yang bisa dilewati sesuai MST sesuai Perwako, seperti Jalan Bambang Ismoyo, Ratu Sepudak, Alianyang, A Yani, Raya Sedau, Padang Pasir, Pasir Panjang, Jenderal Sudirman, Pahlawan, Jalan Raya Singkawang-Bengkayang, Sagatani, Yohana Godang, GM Situt dan Kridasana. 

Baca juga   Sinetron IKATAN CINTA 25 Mei 2021, Ricky Mengancam Bongkar Aib Elsa

“Ini tujuannya supaya lifetime jalan tetap terjaga dan jalan tidak rusak akibat muatan lebih. Dan juga menyangkut keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban lalu lintas apabila melewati ruas jalan dalam Kota Singkawang,” ungkapnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Singkawang

Ritual Adat “Nyemah Tanah” Adalah Bagian Dari Kearifan Lokal

Published

on

By

Ritual Adat "Nyemah Tanah" Adalah Bagian Dari Kearifan Lokal
Ritual Adat "Nyemah Tanah" masyarakat sekitar Kelurahan Panglimang Kecamatan Singkawang Selatan (Foto: Humas Singkawang)

Gencil News- Pelaksanaan ritual adat “Nyemah Tanah” jalan alternatif menuju Bandara dilaksanakan oleh masyarakat sekitar Kelurahan Panglimang Kecamatan Singkawang Selatan, Kamis (25/11/2021).

Jalan alternatif bagi masyarakat sekitar pembangunan Bandara Singkawang ini untuk menggantikan jalan lama. Hal ini untuk memudahkan warga masyarakat sekitar dalam melaksanakan aktivitas pertanian dan perkebunan.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengapresiasi atas adanya dukungan dari masyarakat sekitar pembangunan Bandara Singkawang pada Kelurahan Pangmilang.

“Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Pangmilang. Terima kasih juga kepada masyarakat yang telah menghibahkan lahannya. Semoga proses pembangunan Bandara Singkawang berjalan dengan lancar,” kata Wako Tjhai.

Ia menjelaskan bahwa ritual adat ini adalah bagian dari kearifan lokal masyarakat sekitar. Terutama masyarakat suku dayak yang berada pada Kelurahan Pangmilang dengan memohon doa kepada jubata untuk memberkati kegiatan dengan niat yang tulus serta mulia.

Baca juga   Pemkot Singkawang Ajak Peran Aktif Pengelola Apotek Cegah Corona

“Ritual adat ini bertujuan agar semua proses berjalan dengan lancar aman sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat, kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat yg telah menghibahkan lahannya,” jelasnya.

Ia menerangkan bahwa pembangunan jalan alternatif ini untuk masyarakat bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat setempat. Sehingga antara proses pembangunan bandara dan aktivitas masyarakat setempat tidak terganggu.

“Tentunya pemerintah tidak menginginkan bandara ini mengganggu kelancaran roda pereknomian khususnya masyarakat yang memiliki kebun disana,” terangnya.

Baca juga   Peserta JKN KIS Kalbar Rendah, Badan Usaha Tak Daftarkan Pekerjanya

Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Petrus Yudha Sasmita menambahkan bahwa kedepannya jalan alternatif ini berfungsi untuk menggantikan jalan lama yang awalnya melewati sisi udara (runway) untuk aktivitas serta jalur akses membawa hasil perkebunan atau menuju ke lahan pertanian masyarakat sekitar.

“Selain itu jalan  alternatif ini merupakan akses jalur  transportasi  bagi masyarakat kelurahan  pangmilang dan sijangkung menuju bandara, selain dari jalan akses yang akan dibangun sepanjang 10,05 Km dari arah pasir panjang,” pungkasnya.

Continue Reading

Kota Singkawang

Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan Melantik PAW Pengurus IPSI Singkawang

Published

on

Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan Melantik PAW Pengurus IPSI Singkawang
Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan melantik PAW (Pergantian Antar Waktu) sejumlah Pengurus IPSI Kota Singkawang.

Gencil News -Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan melantik PAW (Pergantian Antar Waktu) sejumlah Pengurus IPSI Kota Singkawang, sabtu (06/11/2021).

Dalam sambutannya, Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan menyampaikan harapannya, Agar kepengurusan PAW yang baru dilantik, pengurusnya benar-benar menjalankan ikrar dan janji pengurus.

Sehingga kemajuan IPSI Kota Singkawang akan memberikan sumbangsih dan menjadi motor penggerak bagi IPSI Kalbar.

“Untuk mencapai target tersebut, kita harus memiliki kekompakan dan komitmen Bersama
sesuai dengan visi misi Pengprov IPSI Kalbar periode 2021-2025, mengembangkan pencak silat tradisi sebagai identitas budaya bangsa dan memajukan prestasi untuk kebanggaan Kalimantan Barat” papar Andi Ridwan

Pelantikan PAW Pengurus Cabang IPSI Kota SIngkawang

Ridwan pada kesempatan yang sama juga menyampai program kerja yang tercantum dalam visi dan misi Pengurus Provinsi IPSI Kalbar dalam rangka menuju PON 2024 di Medan- Aceh.

Menurut Ridwan terdapat empat langkah strategis yang dilakukan PP IPSI Kalbar, dalam upayanya untuk memajukan olahraga silat baik dari atlet dan pengurus.

Baca juga   Perusahaan Daur Ulang Ubah Kotoran Manusia Jadi Pupuk di Kenya

Ridwan mengarisbawahi, soal pembenahan organisasi, yaitu adanya Muskab dan pelantikan pengurus pada 14 Kabupaten dan Kota di Kalbar.

Kita telah menyelesaikan muskab IPSI Kota Pontianak, Ketapang, Sambas,Bengkayang, Sekadau, Melawi, Sanggau. Dan pada hari ini pelaksanaan Pelantikan untuk pertama kali se Kalbar di Kota Singkawang. Pembenahan organisasi ini perlu karena tidak akan mungkin kita bisa berprestasitanpa didukung organisasi yang baik. ” kata Ridwan


“Kita akan konsen dengan mengupgrade pengetahuan pelatih sesuai dengan
perkembangan zaman (Sport Science) agar mampu bersaing dengan pelatih dari
daerah lain. Langkah konkrit kita dengan mendatangkan tenaga pelatih dari luar untuk
mengadakan pelatihan pelatih tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten kota dan
perguruan. Selanjutnya pelatihan akan dilakukan secara berkelanjutan. Selain pelatih,
wasit juri juga akan kita berikan pengetahuan mengikuti peraturan pertandingan yang
baru. Dalam waktu dekat kita akan menggelar Penataran pelatih tingkat provinsi
bekerjasama dengan Paskhas TNI Angkatan Udara.” lanjutnya

Baca juga   Kasus Covid-19 Landai, Pontianak Tetap Berlakukan PPKM Level 4

Ketua PP IPSI Kalbar juga akan melakukan evaluasi dan meningkatkan jam terbang atlet, maka kejuaraan harus sering dilakukan.

Pengprov IPSI akan menggelar Kejurda Remaja dan Kejurda Dewasa secara rutin, selain itu menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder seperti pemerintah, instansi, pendidikan, swasta dan pihak ketiga untuk mengadakan kejuaraan seperti Open Turnamen.

Dari setiap hasil kejuaraan akan menjadi barometer pembinaan di Binpres dan Litbang IPSI Kalbar untuk mempersiapkan atlet kedepan yang akan diterjukan ditingkat nasional dan dalam rangka persiapan menuju PON 2024.

Baca juga   Pemkot Singkawang Ajak Peran Aktif Pengelola Apotek Cegah Corona

Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan juga menyampaikan, saran dan prasarana menjadi sebuah keharusan guna pembenahan prestasi. Ridwan juga memaparkan bahwa Pengprov IPSI Kalbar sudah melakukan pendataan ulang asset.

Pihak Pengurus IPSI Provinsi Kalbar tengah mempersiapkan sarana pendukung latihan untuk atlet seperti matras, pecing, sansak dan peralatan pendukung lainnya

Kemudian juga sudah mengajukan usulan padepokan dan sudah disetujui Gubernur Kalbar tinggal menunggu pelaksanaannya saja.

“Nanti kita akan bagikan kalender kegiatan provinsi dan program kerja agar menjadi turunan yang baik untuk diikuti oleh semu kabupaten kota yang merupakan garda terdepan dalam pembinaan perguruan, dimana perguruan perguruan silat sendiri adalah asset yang memiliki banyak sumber daya manusia khususnya atlet.”pungkas Andi Ridwan


Continue Reading

Kota Singkawang

Terjaring Aksi Balap Liar, Polisi Beri Efek Jera Dorong Motor Dan Tilang

Published

on

By

Terjaring Aksi Balap Liar, Polisi Beri Efek Jera Dorong Motor Dan Tilang

Gencil News- Sejumlah remaja yang berada di Kota Singkawang terjaring polisi karena aksi balap liar yang mereka laksanakan pada malam hari.

Aksi yang kerap dilakukan ini membuat masyarakat resah. Aksi ini kepergok polisi di Jalan P. Diponegoro dan Jembatan Agen dekat taman Burung belum lama ini.

Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo melalui Kasat Lantas, AKP Syaiful Bahri menerangkan, kedelapan remaja tersebut juga dikenakan sanksi tilang sebagai efek jera atas aksi meresahkannya.

“Delapan kendaraan tersebut terpaksa disanksi berupa tilang supaya ada efek jera agar remaja yang terlibat tidak mengulangi perbuatan yang sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” ujar Kasatlantas. Pada hari Jumat (5/11/2021).

Baca juga   Kawasan Baru Teras Parit Nanas Membuat Mata Terkesima

Ia menjelaskan bahwa mereka yang terjaring merupakan wajah-wajah baru. Kalau adapun wajah-wajah lama. Maka pihaknya, akan memanggul orangtua remaja yang bersangkutan untuk bisa diberikan penjelasan permasalahannya seperti apa/

“Supaya orang tuanya juga ikut mengawasi anaknya untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa dari delapan kendaraan yang terjaring, delapan remaja sudah ditertibkan di Satlantas Polres Singkawang.

“Kedelapan remaja tersebut diminta untuk mendorong kendaraan mereka dari jalan P Diponegoro hingga Kantor Satlantas di Jalan Nusantara,”pungkasnya.

Continue Reading

Kota Singkawang

Wako Tjhai Harap Power China Sinohhydro Andil Pembangunan Bandara

Published

on

By

Wako Tjhai Harap Power China Sinohhydro Andil Pembangunan Bandara

Gencil News- Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menjelaskan agar Power China Sinohhydro bisa mengambil andil pada proses pembangunan Bandara Singkawang.

Rencananya kami akan mengundang Power China Sinohhydro untuk site visit ke Kota Singkawang,” jelas wako Tjhai. Saat pertemuan kedua Wali Kota bersa,a pihak Power China Sinohhydro. Pada hari Kamis (4/11/2021).

Dalam agenda pertemuan itu, turut serta seluruh anggota tim pembangunan Bandar Udara Singkawang

“Hal ini agar bisa menyampaikan secara detail rencana pembangunan Bandara serta daerah Kota Singkawang.

Baca juga   Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 2 SD Tema 2 Hal 157-167

Ia mengharapkan agar tahun 2022 nanti. Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan bisa menyalurkan kembali anggaran untuk kelanjutan pembangunan Bandara Singkawang.

“Di tahun 2021 ini Kementerian Perhubungan sudah menyalurkan Rp 100 miliar, mudah-mudahan tahun depan kita bisa mendapatkan anggaran lagi dari Menteri Perhubungan,” pungkasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING