Kota Singkawang

Gawe Dayak Bentuk Apresiasi Pengembangan Kebudayaan

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menghadiri Gawe Dayak Naik Dango

Gencil News – Masyarakat Kota Singkawang dapat menyaksikan Gawe Dayak Naik Dango secara langsung. Gawe Dayak ini berlangsung sejak tanggal 26 hingga 29 Mei 2022 di rumah adat dayak Singkawang.

Ritual adat naik dango dipercaya sebagai bentuk rasa syukur pada Jubata, sang pencipta yang memberkahi suku Dayak dengan hasil panen yang berlimpah di setiap ladang mereka.

Selain menaikkan syukur, Naik Dango menjadi ritual doa agar panen pada tahun mendatang juga berlimpah dan dibebaskan dari hama dan bencana.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie membunyikan gong sebagai tanda dimulainya Gawe Dayak.

Tjhai Chui Mie mengatakan Gawe Dayak Naik Dango juga sebagai bentuk apresiasi terhadap nilai-nilai positif, pelestarian, dan pengembangan kebudayaan.

Baca juga   Siap-siap! UPT PPD Singkawang Tagih Tunggakan PKB Langsung Ke Rumah

“Sehingga pada gilirannya nanti dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan,” katanya, Kamis (26/5/2022).

Dari sudut pandang pariwisata, Naik Dango merupakan event tradisi budaya yang dapat dimaksimalkan sebagai salah satu event pariwisata di Kota Singkawang, yang dapat mendatangkan wisatawan.

“Hal ini perlu dilakukan perumusan langkah-langkah yang tepat dalam perencanaan dan regulasinya, serta kepastian penanggalan event ini masih harus dikoordinasikan, agar dapat menjadi Calender Event Tourism Singkawang,”

Dia berharap agar kedepannya pergelaran Naik Dango bisa terus dilaksanakan secara rutin dan menjadi agenda pariwisata yang identik dengan kebudayaan Kota Singkawang.

“Naik Dango yang kita hadiri saat ini dapat menjadi daya tarik wisata Kota Singkawang yang dapat mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara. Maka dari itu, saya harap kegiatan-kegiatan berkaitan dengan kebudayaan ini dikemas dengan baik sehingga masyarakat dan wisatawan dapat mengetahui dan teredukasi dengan adanya kebudayaan daerah yang semakin dikenal,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top