Connect with us

Kota Singkawang

Kasus Covid-19 Meningkat di Singkawang, Pemkot Lakukan WFH

Published

on

Kasus Covid-19 Meningkat di Singkawang, Pemkot Lakukan WFH
Sekretaris Daerah Singkawang Sumastro - Foto MC Singkawang

Gencil News – Kasus terkonfirmasi covid 19 di Kota Singkawang semakin meningkat. Bahkan kasus terkonfirmasi covid 19 menyebar hingga ke kalangan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang. Untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19, Pemkot Singkawang kembali memberlakukan “WFH” (Berkerja Dari Rumah).

Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro mengambil langkah cepat dengan mengeluarkan surat edaran penyesuaian sistem kerja ASN Pemkot Singkawang.

“Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran covid 19 di kalangan ASN,” ungkap Sumastro, Senin (14/9/2020).

Sumastro mengatakan ASN dapat melakukan kedinasan baik di kantor maupun di rumah tempat tinggal dengan menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH) dan Work From Office.

“Jam kerja dan hari kerja bagi ASN tetap dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dengan menerapkan WFH dan WFO,” katanya.

Ia mengimbau kepada kepala OPD untuk dapat mengatur sistem kerja secara selektif bagi pejabat ataupun pegawai di lingkungannya masing-masing baik yang bekerja di rumah maupun bekerja di kantor sesuai dengan beban kerja dan karakteristik kerjanya.

Namun, kata Sumastro ada beberapa OPD di dalam edaran tersebut yang tidak dapat melaksanakan WFH, yaitu rumah sakit, Dinas Kesehatan dan KB, Satpol PP, BPBD serta Dinas Perhubungan.

“Kemudian pelayanan keuangan, pajak dan retribusi, petugas kebersihan dan pemeliharaan taman kota serta puskesmas dan unit kesehatan lainnya,” ujarnya.

Ia menyebutkan kebijakan WFH ini diberlakukan mulai tanggal 15 September 2020 sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan ketentuan.

“Segala ketentuan yang mengatur sistem WFH bagi ASN di lingkungan Pemkot Singkawang telah diatur dalam surat edaran tersebut,” ujarnya.

 Sementar itu Humas dan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Singkawang, dr. Barita mengungkapkan penambahan satu kasus terkonfirmasi covid 19 di Kota Singkawang.

“Satu kasus terkonfirmasi yaitu seorang laki-laku berusia 72 tahun yang berasal dari Kota Singkawang,” kata Barita, Senin (14/9/2020).

Barita menjelaskan yang bersangkutan masuk ke RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang pada tanggal 12 September 2020. 

Pasien mengalami keluhan dada nyeri dan berdebar 1 minggu sebelum masuk rumah sakit serta batuk selama 3 hari. Selanjutnya dilakukan rapid test dengan hasil reaktif.

“Kemudian pada tanggal 14 September 2020 dilakukan pengambilan swab dengan hasil terkonfirmasi Covid 19,” katanya.

Ia mengatakan yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota dan tidak melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi.

Kemudian, pada hari ini juga ada penambahan suspek sebanyak dua orang (salah satunya berasal dari luar Kota Singkawang)

“Sehingga total pasien terkonfirmasi pada hari ini berjumlah 20 orang ( 13 dirawat dan 7 isolasi mandiri) serta suspek yang dirawat sebanyak enam orang,” ujarnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kota Singkawang

Bimbel “Agus Pantun” Dapat Penghargaan dari Pemkot Singkawang

Published

on

Bimbel "Agus Pantun" Dapat Penghargaan dari Pemkot Singkawang

Gencil News – Bimbingan Belajar (Bimbel) Agus Pantun mendapatkan penghargaan dari Pemkot Singkawang atas kontribusinya dalam urusan pendidikan di Kota Singkawang.

Penghargaan kepada Bimbel Agus Pantun diserahkan  Wakil Wali Kota Singkawang Irwan kepada Agusetiawan selaku pendiri Bimbel “Agus Pantun”.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang mengucapkan terima kasih atas dedikasi Agustiawan sebagai pelopor pemuda yang peduli dengan pendidikan,” kata Irwan.

Pemerintah Kota Singkawang akan memberikan dukungan kepada Agustiawan yang akan mewakili Kota Singkawang dan Provinsi Kalimantan Barat untuk mengikuti Lomba Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan Tingkat Nasional yang akan dilaksakan pada Bulan Oktober 2020.

“Untuk itu mohon dukungan dan doa seluruh masyarakat Kalimantan Barat dan Khususnya masyarakat Kota Singkawang. Agar Agustiawan dapat mengikuti lomba dengan baik dan membawa harum nama Kalimantan Barat dan Kota Singkawang khusunya,” harapnya.

Piagam penghargaan diserahkan langsung Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Singkawang, Selasa (22/9/2020).

Continue Reading

Kota Singkawang

Pemkot Singkawang Gencar Razia Masker, Ada Yang Lari Ke ATM

Published

on

Pemkot Singkawang Gencar Razia Masker, Ada Yang Lari Ke ATM

Gencil News – Pemkot (Pemerintah Kota) Singkawang semakin gencar melakukan kegiatan razia masker.

Pemkot Singkawang gencar melakukan razia masker adalah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Singkawang.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menggelar giat razia masker mulai pukul 20.00 wib s.d 22.00 wib.

Giat razia masker ini dimulai dari jl. Pemuda simpang patung polisi sampai Nol Kilometer Singkawang.

Razia masker yang berlangsung dua jam ini menjaring 5 orang yang tidak menggunakan masker.

Hal ini menunjukan warga singkawang sudah mulai sadar menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya tidak terjangkit virus corona.

Giat razia masker mulai jam 20.00 wib s.d 22.00 wib- foto Diar

Dalam kegiatan razia masker kemarin malam, ditemukan hal yang lucu.

Satu warga kedapatan tidak menggunakan masker yang ingin mengelabui petugas.

Warga tersebut langsung masuk ke bilik ATM dengan berpura-pura untuk menarik uang dari ATM.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Pemkot Singkawang yang tak ingin kecolongan, mengetahui tindakan curang dari warga tersebut, langsung menghampiri dan menunggu di luar ATM sembari menunggu warga itu menyelesaikan transaksi.

Warga yang diberikan sanksi sosial berupa push up – Foto Diar

Setelah dinanti beberapa saat, petugas dengan melalui pendekatan yang persuasif.

Tim menanyakan kenapa warga tersebut tidak menggunakan masker.

Tim gugus tugas pun memberikan sosialisasi tentang manfaat penggunaan masker.

Dan sebagai implementasi Perwako Singkawang no 49 Tahun 2020, Tim Gugus Tugas memberikan sanksi sosial berupa push up, dan warga tersebut dimintakan kartu identitas dan mengisi surat perjanjian kepatuhan tentang protokol kesehatan.

Continue Reading

Kota Singkawang

Babinsa Sebagai Motivator dan Penegak Disiplin Protokol Kesehatan

Published

on

Babinsa Sebagai Motivator dan Penegak Disiplin Protokol Kesehatan
Babinsa Sebagai Motivator dan Penegak Disiplin Protokol Kesehatan - Foto/data : (Pendam XII/Tpr)

Gencil News – Komandan Rindam (Danrindam) XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Agus Widodo, S.I.P., menutup secara resmi Pendidikan Pembentukan Bintara Khusus Babinsa TNI AD TA. 2020. Acara penutupan menerapkan protokol kesehatan yang berlangsung di lapangan Alianyang Rindam XII/Tpr. Senin (21/9)

Dengan telah menempuh pendidikan Bintara Khusus Babinsa selama 4 Minggu, maka 120 Babinsa dinyatakan resmi menyandang pangkat Sersan Dua.

Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Agus Widodo, S.I.P., mengucapkan selamat kepada para Babinsa atas keberhasilannya melaksanakan pendidikan sehingga dilantik menjadi seorang Bintara.

“Peralihan status ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang patut disyukuri. Untuk itu kebanggaan dan rasa syukur tersebut hendaknya diikuti dengan motivasi kerja, dedikasi serta tanggung jawab yang tinggi dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” tutur Danrindam.

Kolonel Inf Agus Widodo, S.I.P., menyampaikan, Babinsa merupakan barisan terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan serta ketertiban di wilayahnya dengan berbagai tugas dan tanggung jawab yang kompleks.

Seorang Babinsa harus memiliki integritas pribadi yang kuat serta mampu menampilkan kualitas kerja yang baik mengingat Babinsa merupakan ujung tombak pelaksanaan pembinaan teritorial TNI AD di wilayah.

“Jadilah motivator yang baik di tengah masyarakat desa binaan guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” pesan Danrindam XII/Tpr kepada para Bintara.

Menyikapi situasi saat ini, Danrindam XII/Tpr mengimbau agar dalam melaksanakan tugas nantinya, para Babinsa dapat memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat dengan menaati protokol kesehatan dalam setiap kegiatan berkaitan dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru. Babinsa harus mampu menjadi penegak disiplin protokol kesehatan.

“Sosialisasikan dan berikan imbauan kepada masyarakat di desa binaan tentang protokol kesehatan dalam segala aktivitas sehingga masyarakat tetap produktif dan aman Covid-19. Yang tak kalah penting, sosialisasikan juga tentang Karhutla dan dampak yang ditimbulkan dari Karhutla,” tutupnya.

Continue Reading

TRENDING