Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Singkawang mengajak kepada kita semua untuk berdoa demi keselamatan dan dijauhkan dari Covid-19 yang melanda sekarang ini.

Hal tersebut tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan MUI Singkawang tentang kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Kita doakan juga paramedis, tenaga kesehatan dan instansi terkait yang berada di garda terdepan yang menangani wabah Covid-19 agar diberikan kesehatan dan kekuatan dalam pengabdian melaksanakan tugas negara,” kata Ketua MUI Singkawang, Muklis, Rabu (25/3/2020).

MUI mengajak untuk mematuhi imbauan dari pemerintah pusat, pemerintah dan aparat keamanan serta instansi terkait dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Singkawang.

Dalam hal pelaksanaan salat berjamaah dan salat jumat, Muklis mengimbau untuk berpedoman pada fatwa MUI Nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah Covid-19.

Baca juga   40 Hektar Untuk Pembangunan SPN di Sagatani Singkawang

“MUI juga mengajak untuk tidak melaksanakan atau menunda kegiatan keagamaan yang mengumpulkan orang banyak yang dilaksanakan di masjid atau ditempat lainnya,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada seluruh umat muslim di Kota Singkawang untuk menjaga kesehatan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat serta mengkonsumsi makanan yang halal dan baik.

“Biasakan diri mencuci tangan dengan sabun, istirahat yang cukup dan berolahraga dan tetap menjaga stamina dan imunitas agar tidak mudah terjangkit,” ajaknya.

Pihaknya juga mengajak untuk tidak menyebarkan berita hoaks atau berita bohong melalui media sosial. “Tetap berpikiran tenang, tidak panik, meningkatkan kewaspadaan bsrikhtiar, berdoa dan bertawakkal kepada Allah SWT,” ungkapnya.