Parkir Sembarangan di Singkawang, Ban Motor Mobil Dikempiskan Dishub
Connect with us

Kota Singkawang

Parkir Sembarangan di Singkawang, Ban Motor Mobil Dikempiskan Dishub

Published

on

PARKIR SEMBARANGAN, DISHUB DAN TIM GABUNGAN TERTIBKAN KENDARAAN BERMOTOR
Dinas perhubungan (Dishub) Kota Singkawang menggelar patrol gabungan bersama Satlantas Polres Singkawang, Sub Denpom dan Satpol PP di Jalan Diponegoro dan Jalan Sejahtera, Selasa (5/10/2021). 📸 dan Sumber : Media Center Singkawang

Gencil News – Dinas Perhubungan (Dishub) Singkawang melakukan tindakan tegas untuk menberi efek jera kepada pengguna kendaraan yang memarkirkan kendaraannya sembarangan.

Dinas perhubungan (Dishub) Kota Singkawang menggelar patrol gabungan bersama Satlantas Polres Singkawang, Sub Denpom dan Satpol PP di Jalan Diponegoro dan Jalan Sejahtera, Selasa (5/10/2021).

Pada kegiatan ini, tim gabungan menertibkan beberapa kendaraan bermotor yang parkir sembarangan dengan cara dikempeskan.

Baca juga   Bupati Citra Harapkan Adanya Pengawasan WNA Di Kayong Utara

Hal ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Peraturan Wali Kota Nomor 38 tahun 2021 tentang Penerapan Pengoperasian Kendaraan Bermotor di kota Singkawang.

“Kita berusaha untuk menciptakan kamseltibcar lantas, yaitu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di kota Singkawang,” ungkap Petrus Yuda Sasmita Kepala Dinas Perhubungan kota Singkawang.

Yuda mengatakan kendaraan bermotor yang ditertibkan ada dua yakni sepeda motor dan sebuah mobil yang diparkir di sekitar Masjid Raya Singkawang dan di depan Bank Kalbar Singkawang.

“Hari ini kita tertibkan sudah dua kendaraan, satu motor di depan bedug Masjid Raya, yang satu mobil di depan Bank Kalbar. Sanksi yang diberikan berupa pengempesan ban,” ungkapnya.

Baca juga   Tjhai Chui Mie Apresiasi Pengelolaan Sampah TPS 3R Maju Bersama

Menurutnya, penertiban yang dilakukan ini ditujukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan kota Singkawang sebagai kota wisata. “Parkir sembarangan itu kan selain merusak estetika kota, juga menghalangi kelancaran lalu lintas,” ujarnya.

Ia mengatakan patroli gabungan antara Dishub Singkawang dengan TNI dan Polri ini akan berlangsung hingga satu bulan kedepan.

Bukan hanya menertibkan kendaraan bermotor, pihaknya juga akan menertibkan Juru Parkir yang ada di Kota Singkawang, dengan memberikan maksimal tiga kali teguran atas pelanggaran yang mereka lakukan.

Untuk itu Dishub mengharapkan masyarakat mengikuti dan taat dengan peraturan, terutama Perwako Nomor 38 Tahun 2021 kota Singkawang, sebagai bentuk dukungan dalam upaya menciptakan Singkawang kota Wisata.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Singkawang

Lomba Video Meriahkan Peringatan Hari Jadi Singkawang Ke 20

Published

on

By

Lomba Video Meriahkan Peringatan Hari Jadi Singkawang Ke 20

Gencil News- Peringatan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke 20 semakin meriah dengan adanya lomba video antar kelurahan.

Lomba video ini diinisiasi oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie. Yang mana saat ini lomba video kali ini sudah terkumpul dan tinggal menunggu hasil pengumuman siapa pemenangnya

Wali Kota Tjhai mengharapkan dengan adanya lomba video ini bisa mendorong semangat kerja dan tumbuhnya inovasi pada tingkat kelurahan.

Ia mengatakan bahwa ada beberapa hal yang mendorong tumbuhnya pembangunan menuju Singkawang Hebat, yakniadanya kinerja serta inovais pada tiap kelurahan se-kota Singkawang. Contohnya pelayanan publik, kebersihan, vaksinasi massal dan lainnya

“Dengan adanya lomba video antar Kelurahan ini bisa lebih semangat bekerja, inovatif, dan kreatif di wilayah Kelurahan masing-masing. Contohnya, dalam menjaga kebersihan, pelayanan publik yang baik, dan mencapai target vaksinasi. Setiap informasi Pemerintah yang ada, mereka (Lurah) harus disampaikan kepada masyarakat.” kata Wako Tjhai. Pada hari Senin (18/10/2021)

Baca juga   Jadwal LIVE MotoGP Aragon, Debut Vinales Tunggangi Aprilia

Ia menerangkan dari video yang sudah terkumpul ada bebera kriteria video terbaik. Seperti promosi wisata dan lainnya.

“Saya mengapresiasi antusias kelurahan yang telah berpartisipasi pada lomba video ini. Ada yang menyampaikan pesan memberantas gratifikasi, promosi wisata, dan mekanisme kerja di Kelurahan tersebut. Tentu, konsep yang tertuang dalam pembuatan video ini menjadi salah satu penilaian. Saya pikir video-video ini sudah menuangkan pesan-pesan yang bagus dan kreatif.” ujarnya.

Tutupnya, Ia menambahkan bahwa akan segera mengumumkan kelurahan yang nantinya akan menjadi pemenang lomba video ini.

“Kira-kira dalam minggu ini. Begitu kita dapatkan pemenangnya, segera akan kita sampaikan.” pungkasnya

Continue Reading

Kota Singkawang

Pemkot Singkawang Terus Dorong Pembangunan Dalam Hari Jadi Ke 20

Published

on

By

Pemkot Singkawang Terus Dorong Pembangunan Dalam Hari Jadi Ke 20

Gencil News- Kota Singkawang yang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Yang saat ini sudah memasuki 20 tahun.

Dalam rangka hari Jadi pembentukan Kota Singkawang yang ke 20 Pemerintah Kota Singkawang menggelar syukuran dengan tema “Saling Melindungi Untuk Singkawang Hebat” yang digelar dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui mie menyampaikan rasa hormat serta apresiasinya kepada seluruh komponen masyarakat yang sudah berjasa dalam memperjuangkan terbentuknya Kota Singkawang.

“Semoga jasa dan perjuangan yang diberikan itu mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan yang maha kuasa,” kata Tjhai Chui Mie. Saat menghadiri syukuran Hari Jadi Kota Singkawang Di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang. Pada hari Minggu (17/10/2021).

Ia mengatakan bahwa dengan usia yang saat ini sudah mencapai usia dewasa dan berdiri mandiri serta mayang dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik

“Sebuah tata pemerintahan yang maju mengayomi dan responsif atas kebutuhan perkembangan yang terjadi baik pada aspek teknologi maupun aspek ekonomi sosial masyarakat regional dan global,” ujarnya

Baca juga   Tjhai Chui Mie: Tumbuhkan Jiwa dan Semangat Kesetiakawanan Sosial

Pada hari jadi ke-20 yang saat ini masih tengah dalam situasi pandemi seperti ini yang dampaknya hampir pada semua aspek kehidupan masyarakat

Akan tetapi, dengan adanya keadaan seperti saat ini tidak menjadikan kita semua pasrah dan menyerah namun sebaliknya harus bisa dipandang sebagai sebuah rangkaian dan tantangan yang mampu membuat kita semakin lebih baik lagi

“Tema peringatan hari jadi ke-20 pembentukan Kota Singkawang tahun 2021 mempresentasikan kasih sayang antar semua golongan dan lapisan masyarakat Kota Singkawang serta menumbuhkan rasa sadar saling mengasihi untuk menekan penyebaran covid-19,” tuturnya

Baca juga   Upaya Menurunkan Angka Kemiskinan Terus Dilakukan Pemkot Pontianak

Ia menjelaskan bahwa pembangunan yang sudah Kota Singkawang lakukan pada saat kondisi ekonomi seperti ini memerlukan upaya serta kiat yang lebih besar dibandingkan pada saat kondisi normal

Salah satunya adalah dengan upaya pemerintah Kota Singkawang untuk bisa terus mendorong pembangunan dengan menggunakan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Yang mana, sudah dijelaskan oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie bahwasannya dana PEN Kota Singkawang dipergunakan untuk bisa memberikan percepatan pemulihan atas dampak pandemi Covid 19 dengan pembangunan infrastruktur.

“Infrastruktur penunjang di seluruh kota Singkawang baik infrastruktur jalan dan pendidikan pembangunan tersebut. Diharapkan mampu memberikan dorongan untuk menggerakkan roda perekonomian perekonomian masyarakat,” tuturnya

Ia mengungkapkan bahwasannya sebagai sebuah kota yang dicintai masyarakatnya tentu sja memerlukan sinergi yang harmonis antara seluruh stakeholder yang ada dengan masyarakat yang berada di dalamnya

“Hal tersebut menjadi tugas kita semua yang hidup dan tinggal di Kota Singkawang untuk mewujudkannya. Dengan berbagai macam etnis budaya agama dan kepercayaan yang saling hidup rukun. Kehidupan masyarakat yang harmonis tersebut diapresiasi dengan meriah predikat kota toleran di Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga   Lionel Messi Bersiap Menuju PSG dan Tinggalkan Camp Nou

Untuk Indeks pembangunan manusia (IPM) kota Singkawang sendiri yang merupakan salah satu indikator pembangunan daerah pada tahun 2020 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019 yakni sebesar 71,94. Selain itu angka kemiskinan berhasil ditekan dari sebesar 4, 91% menjadi 4,53%.

“Hal ini memberikan gambaran hasil capaian pembangunan Pemerintah Kota Singkawang dalam mendorong pembangunan di daerah terutama sektor pembangunan manusia dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini dihadiri oleh Pj Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Samuel, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan, Bupati Sambas, Bupati Bengkayang, Wakil Bupati Mempawah, Mantan Wali Kota Singkawang Awang Ishak, Sekda Sumastro, Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah.

Continue Reading

Kota Singkawang

Pemkot Singkawang Alokasikan Anggaran Untuk Pendidikan Rp50 Milyar

Published

on

By

Pemkot Singkawang Alokasikan Anggaran Untuk Pendidikan Rp50 Milyar
SDN 23 Singkawang

Gencil News – Dalam rangka mewujudkan sekolah unggulan yang memenuhi 8 standar pendidikan. Pemkot Singkawang melakukan revitalisasi SDN 23 Singkawang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie meninjau pekerjaan revitalisasi SDN 23 Singkawang, pada Jumat (8/10/2021) kemarin mengatakan kegiatan revitalisasi SDN 23 Singkawang ini bersumber dari program dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Menurutnya, revitalisasi SDN 23 adalah wujud dari komitmen pemerintah Kota Singkawang untuk mewujudkan sekolah unggulan yang memenuhi 8 standar pendidikan. Hal ini sebagaimana amanat UU Nomor 20 tahun 2003, bahwa setiap daerah harus memiliki sekolah unggulan baik SD maupun SMP.

Tjhai Chui Mie menyebut bahwa Pemkot Singkawang mengalokasikan anggaran untuk urusan pendidikan sebesar 50 Milyar Rupiah. Untuk saat ini progres pekerjaan revitalisasi SDN 23 Singkawang telah mencapai 13 persen.

Baca juga   Harga Cabai Rawit di Singkawang Mengalami Kenaikan

Dalam pengerjaan pembangunan tersebut, sebanyak 105 pekerja dikerahkan dengan pembagian dua shift waktu kerja.

Tjhai Chui Mie mengungkapkan pihak pelaksana berencana akan menambah pekerja menjadi 150 orang untuk mencapai target rampung di Desember mendatang.

“Menurut pelaksanaan pekerjaan, pekerjanya akan ditambah lagi menjadi 150 orang. Dengan tujuan pembangunan bisa selesai di bulan Desember itu,” ujarnya.

Ia meminta kepada masyarakat Kota Singkawang agar mendoakan pembangunan ini dapat berjalan lancar dan dapat selesai tepat waktu. Sehingga nanti Kota Singkawang memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap dan berkualitas.

Proses pembangunan SDN 23 Singkawang mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Singkawang.

Kepala Kejaksaan Negeri Singkawang, Edwin Kalampangan mengatakan pendampingan yang dilakukan Kejari Singkawang bertujuan untuk memastikan setiap tahapan pembangunan sesuai ketentuan undang-undang.

Baca juga   Wako Singkawang Akan Berikan Bantuan Sembako Pada Pasien Covid-19

“Itu yang kami tekankan terus. Sampai sekarang ini, kami melihat apa yang telah dilaksanakan masih sesuai jalurnya dan patuh terhadap undang-undang yang berlaku,” kata Edwin.

Continue Reading

Kota Singkawang

Kota Singkawang Alami Inflasi Sebesar 0,42 Persen, Ini Penyebabnya

Published

on

By

Kota Singkawang Alami Inflasi Sebesar 0,42 Persen, Ini Penyebabnya
Badan Pusat Statistik Kota Singkawang

Gencil News – Beberapa harga pangan di Kota Singkawang mengalami peningkatan harga. Hal ini menyebabkan terjadinya inflasi sebesar 0,42 persen pada bulan September 2021.

Peningkatan harga ini ditunjukkan oleh naiknya indeks pada delapan kelompok pengeluaran.

Kepala BPS Kota Singkawang Suminar Kristiani mengatakan, pada bulan September 2021 terjadi inflasi sebesar 0,42 persen. Kemudian peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 105,93 pada Agustus 2021 menjadi 106,38 pada September 2021. 

“Tingkat inflasi tahun kalender sampai dengan September 2021 sebesar 2,19 persen. Sedangkan tingkat inflasi tahun ke tahun atau September 2021 terhadap September 2020 sebesar 3,81 persen,” kata Suminar, Senin (4/10/2021).

Kelompok-kelompok pangan yang menyebabkan inflasi tersebut seperti makanan, minuman, dan tembakau. Selain itu kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah, kelompok transportasi. Kemudian kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran juga menjadi penyebab inflasi di Kota Singkawang.

Baca juga   Sindir Pengusaha, Sutarmidji; Jangan Hanya Cari Kekayaan Di Kalbar

Suminar Kristiani juga menyebutkan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya. Serta kelompok kesehatan dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan masuk dalam kelompok penyebab inflasi.

“Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks berturut-turut dari yang tertinggi yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,85 persen,”terang Suminar

Kemudian ia memaparkan kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,51 persen. Selanjutnya kelompok transportasi sebesar 0,44 persen, Kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya. Kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya masing-masing sebesar 0,16 persen.

Untuk kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,12 persen, Kelompok kesehatan sebesar 0,02 persen. Serta kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen.

Baca juga   Wako Singkawang Akan Berikan Bantuan Sembako Pada Pasien Covid-19

Tiga kelompok alami penurunan indeks

“Tiga kelompok yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok pendidikan sebesar 0,44 persen. Kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,16 persen, serta Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,06 persen,” ungkapnya.

Selain itu, Suminar menyebut beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga pada September 2021 yaitu sawi hijau, daging ayam ras. Kemudian ikan kembung, sewa rumah, kacang panjang, bayam, kangkung, daun paku/pakis, minyak goreng, dan cabai hijau.

“Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga pada September 2021, lanjutnya, adalah telur ayam ras, bawang merah, ketimun, akademi/perguruan tinggi, cumi-cumi, tahu mentah, ikan kerisi, semangka, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, dan bawang putih,” jelasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING