Pemkot Singkawang Ajukan Dana PEN 200 Miliar Ke Pemerintah Pusat
Connect with us

Kota Singkawang

Pemkot Singkawang Ajukan Dana PEN 200 Miliar Ke Pemerintah Pusat

Published

on

Pemkot Singkawang Ajukan Dana PEN 200 Miliar Ke Pemerintah Pusat
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie ajukan dana PEN Rp 200 Miliar

Gencil News – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang akan mendapatkan dana sebesar 200 Miliar dari Pemerintah Pusat. Yang mana hal ini melalui PT MSI dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Wali Kota Singkawang  Tjhai Chui Mie mengungkapkan sudah mempercepat rencana realisasi anggaran PEN tersebut. Dalam hal ini Pemkot Singkawang sudah mempersiapkan mulai rencana kerja anggaran program, DED dan perangkat teknis lainnya. 

“Dua minggu ini akan kami lakukan prosesnya. Karena rencananya bulan Februari atau Maret 2021 sudah bisa melakukan realisasi anggaran,” ujar Tjhai Chui Mie kepada awak media. Senin (04/12/2020)

Untuk memuluskan rencana tersebut, Wali Kota Singkawang sudah berkoordinasi dengan DPRD Singkawang sebagai mitra Pemkot dalam menetapkan APBD. 

“Karena realisasinya memang pada tahun anggaran APBD tahun 2021,” ungkapnya.

Tentu dengan bantuan PEN tersebut, Pemkot Singkawang berharap pemulihan ekonomi di Singkawang bisa mencapai hasil optimal. Dengan manfaat yang dapat masyarakat rasakan.

Bahkan, dari penuturannya, Kota Singkawang merupakan satu-satunya daerah di Kalimantan yang berkesempatan mendapat dana PEN tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengajukan kerjasama terkait Dana PEN tersebut. Kepada Pemerintah Pusat pada Rabu 30 Desember 2020 lalu ke Jakarta.

“Saya berharap program ini dapat mendongkrak sektor yang sangat mempengaruhi perekonomian daerah,” jelasnya

Ia mengungkapkan bahwa dana sebesar Rp200 Miliyar itu akan dialokasikan untuk PUPR sebesar Rp150 Miliyar dan Rp50 Miliyar untuk Dinas Pendidikan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Singkawang

Satpol PP Amankan 20 PMKS di Kota Singkawang

Published

on

Satpol PP Amankan 20 PMKS di Kota Singkawang
Satpol PP Amankan 20 PMKS di Kota Singkawang - FOTO : arjoe Singkawang

Gencil News – Satpol PP Pemkot Singkawang amankan sebanyak dua puluh Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Singkawang.

Melalui operasi giat binwas yang dilaksanakan pada 26 januari 2021. Satpol PP Singkawang amankan para PMKS dari berbagai tempat daripada Kota Singkawang, yang kemudian dibawa ke Markas Pol PP untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Pada operasi giat, Sat POL PP mengamankan 1 orang ODJ yang kedapatan tertidur pada teras Bank BRI jalan Ponegoro. 4 orang pengemis pada lokasi pasar beringin, dan 15 anak punk pada lokasi taman burung singkawang atau mess daerah.

Kasat Pol PP Singkawang Karjadi mengatakan pada saat pendataan kepada sejumlah PMKS. Bahwa tindakan yang dilakukan Sat Pol PP adalah untuk menegakan peraturan daerah Kota Singkawang tentang ketertiban umum.

“Kegiatan giat ini adalah upaya untuk menegak peraturan daerah Kota Singkawang tentang ketertiban umum, bahwasanya orang – orang yang dimaksud dengan PMKS itu dilarang demi ketertiban umum”

“Kami minta, setelah adanya pendataan ini, kepada semuanya untuk tidak lagi melakukan kegiatan seperti ini, karena itu dilarang” Ujar Kasat POl PP

Para PMKS yang terjaring dalam kegiatan giat, setelah mendapatkan pembinaan melalui dialog, selanjutnya mereka diperkenankan untuk meninggalkan markas POL PP Singkawang.

Kasat Pol PP Singkawang, juga menambahkan. Sebagai upaya untuk menegakan ketertiban daripada Kota Singkawang. Pihaknya akan terus mengencarkan kegiatan serupa. Tentunya sebagai upaya untuk membebaskan Kota Singkawang dari PMKS.

Continue Reading

Kota Singkawang

Pemkot Singkawang Hias Kota Sambut Imlek Dan Cap Go Meh 2021

Published

on

By

Pemkot Singkawang Hias Kota Sambut Imlek Dan Cap Go Meh 2021
Pemkot Singkawang tiadakan perayaan yang mengundang kerumunan

Gencil News – Pemerintah Kota Singkawang siap menyambut perayaan imlek 2572 dan cap Go Meh 2021 yang akan tiba. Pemkot Singkawang dan panitia Cap Go Meh mulai menghias kota Singkawang dengan pernak pernik khas tionghoa.

Lampu lampion pada sejumlah ruas jalan kota Singkawang juga sudah terpasang.

Selain itu, Pemkot dan panitia cap go meh juga memasang ornamen bunga mewah serta ornamen dua ekor kerbau yang melambangkan imlek tahun ini.

Hiasan dalam menyambut imlek tersebutpun memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kota Singkawang untuk mengabadikan bersua foto di ornamen kerbau tersebut.

Walikota Singkawang Tjhai Cui Mie saat melakukan peninjauan ornamen kerbau mengatakan jika menghias kota ini untuk menyambut datangnya perayaan Imlek.

“Untuk menyambut imlek kita telah menghias kota seperti yang berada di beringin corner telah kita pasang hiasan bunga mewah. Kemudian juga ada dua ornamen kerbau yang menandakan tahun ini merupakan tahun kerbau,” katanya.

Lebih lanjut Tjhai Chui Mie mengatakan untuk menyambut imlek dan cap Go Meh. Pihaknya juga telah memasang lampion sepanjang jalan yang ada di kota Singkawang.

“Miskin di masa Pandemi kita tetap menghias kota. Hal ini kami lakukan agar masyarakat tetap bersemangat dalam merayakan imlek dan cap Go Meh dengan rasa suka cita. Namun yang terpenting masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan,” imbaunya.

Namun, katanya dalam perayaan imlek dan cap go meh tahun ini sedikit agak berbeda dari tahun sebelumnya. Karena semua kegiatan yang mengundang keramaian akan ditiadakan.

“Jadi semua kegiatan yang yang mengundang kerumunan kita tiadakan, seperti festival thatung, festival budaya, pawai lampion juga di tiadakan. Yang jelas semua kegiatan yang mengundang kerumunan untuk tahun ini kita tiadakan,” terangnya.

Dirinya menambahkan jika tahun kerbau ini dirinya berharap Pemkot Singkawang terutama masyarakat Singkawang. Dapat menjalankan masa-masa pademi ini dengan kuat, dan berharap pandemi ini segera berlaku.

“Kita ketahui kerbau merupakan hewan yang kuat. Kita harap kita semua bisa melewati masa pandemi dengan kuat,” harapnya.

Tiga Point Konsep Perayaan Imlek 2021

Sementara itu. Ketua panitia perayaan imlek 2572 dan cap Go Meh 2021 Athong mengatakan untuk tahun ini pihaknya merayakan dengan sederhana.

“Ada tiga poin yang kita lakukan untuk menyambut perayaan imlek dan tahun baru nanti yang pertama menghias kota. Kedua memasang reflika kerbau di beringin corner, dan yang ketiga adalah akan memasang gerbang cap Go meh,” ungkapnya.

Pada H-1 Cap Go Meh pihaknya akan melakukan ribuan pemujaan atau tuhan (sembahyang) itu. Nantinya akan dilakukan hanya panitia inti mewakili masyarakat Singkawang, agar kota Singkawang dapat terbebas dari Covid-19. 

Drinya mengatakan saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh nanti piaknya akan tettap mengikuti imbauan Gubernur.

“Kita panitia akan mengikuti semua himbauan dan mematuhi surat edaran gubernur kalbar, No. 443.1/0111 Tahun 2021,” pungkasnya

Continue Reading

Kota Singkawang

Mall Pelayanan Publik Singkawang Perwujudan Atasi Layanan Cepat

Published

on

By

Mall Pelayanan Publik Singkawang Perwujudan Atasi Layanan Cepat
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie Di Mall Pelayanan Publik Kota Singkawang

Gencil News – Keberadaan Mall Pelayanan Publik Kota Singkawang sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat terlayani dan lebih puas.

“Apa yang Pemkot Singkawang lakukan, merupakan perwujudan kita dalam reformasi birokrasi, yang mana selalu menjadi keluhan masyarakat. Mungkin sudah terjawab dengan resminya Mall Pelayanan Publik,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Singkawang, Asmadi. Kamis 21 Januari 2021.

Untuk itu, Asmad sangat mengharapkan kerjasama semua pihak, untuk mengawal apa yang sudah Pemkot Singkawang lakukan.

“Jika ada saran dan kritikan untuk kebaikan kedepan, silakan masyarakat sampaikan. Sehingga kehadiran Mall Pelayanan Publik ini bisa berarti untuk masyarakat Kota Singkawang,” ujarnya.

Dalam hal ini, sebanyak 14 instansi vertikal telah hadir di Mall Pelayanan Publik. Antaralain Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja (DPMTK) Singkawang, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Singkawang. Juga Kemenag Singkawang, BPN Singkawang , BPJS Kesehatan Cabang Singkawang, BPJS Ketenagakerjaan, Pengadilan Negeri Singkawang.

Kemudian, KPP Pratama Singkawang, Samsat Singkawang, Polres Singkawang, Imigrasi Singkawang, BKD Singkawang. Kemudian Bank Kalbar Cabang Singkawang, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Singkawang.

Sementara Wali Kota SingkawangTjhai Chui Mie mengatakan, hadirnya Mall Pelayanan Publik ini menunjukkan bahwa Pemkot Singkawang. Berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik ke masyarakat yang cepat, tepat dan nyaman.

“Sementara ini pelayanan yang diberikan ke masyarakat sudah cukup bagus. Meski demikian akan terus kita tingkatkan,” ujarnya.

Bahkan dia juga meminta saran dan masukan dari masyarakat, apa saja yang masih menjadi keluhan masyarakat terutama dalam mengurus perizinan.

“Segera sampaikan ke dinas terkait supaya bisa diperbaiki, sehingga kedepannya bisa lebih baik,” tutupnya

Continue Reading

Advertisement

TRENDING