Pemkot Singkawang Siapkan Control Room

Pemerintah (pemkot) Kota Singkawang melalui Dinas Komunikasi da Informatika (Kominfo) Kota Singkawang saat ini sedang mempersiapkan ruang Control Room untuk dijadikan sebagai ruang telematika atau ruang gabungan data satu kota yang cerdas dan dilengkapi dengan sistem Network dan informasi yang bersifat e-Goverment.   


“Ruang Control Room ini terletak di Kantor Wali Kota Singkawang dan saat ini sedang dalam pengerjaan,” kata Kepala Bidang e-Goverment dan Telematika Diskominfo Singkawang, Evan Ernanda, saat memantau pekerjaan pembangunan ruang Control Room, Senin (2/12/2019). 

Menurutnya, data seluruh Kota Singkawang, baik CCTV maupun komunikasi antara Pemkot Singkawang dengan Kementerian bisa didapatkan di ruangan ini.  

“Saya berharap, pembangunan ruang control room segera selesai, sehingga memudahkan Pemkot Singkawang untuk melakukan proses pemantauan, analisa suatu kegiatan, data dan informasi yang ada pada satu organisasi pemerintahan,” ujarnya.  

Baca juga   Festival Permaian Tradisional Singkawang, Lestarikan Nilai Budaya Daerah

 Dikatakan dia, bahwa pembangunan ruang Control Room membutuhkan dana sebesar Rp258 juta lebih.  Dana tersebut berasal dari APBD Kota Singkawang tahun anggaran 2019 dan ditargetkan akan selesai pada bulan Desember 2019. 

 “Ruangan ini akan dilengkapi dengan petugas pengelola data dan informasi guna memantau kota baik secara data maupun visual,” ungkapnya. 

 Terlebih, ruangan ini juga nantinya akan dilengkapi dengan jaringan Intranet yang bisa mengakomodir seluruh aplikasi yang ada di Pemkot Singkawang.

Penulis : hm
Editor : Gencil News
Sumber : humas singkawang