UPBU Tebelian Sintang Siapkan Pagu Rp100 M Untuk Singkawang Airport
Connect with us

Kota Singkawang

UPBU Tebelian Sintang Siapkan Pagu Rp100 M Untuk Singkawang Airport

Published

on

UPBU Tebelian Sintang Siapkan Pagu Rp100 M Untuk Singkawang Airport
Sosialisasi pembangunan bandar udara Kota Singkawang dan Land Clearing tahap II di Aula Sekolah Pertanian Pembangunan, Kamis (11/2/2021).

Gencil News – Rencana pembangunan bandar udara Kota Singkawang saat ini sudah masuk Land Clearing tahap II. Dalam hal ini Pemerintah Kota singkawang telah melakukan sosialisasi pembangunan bandar udara. Kamis (11/02/2021) berlokasi di Aula Sekolah Pertanian Pembangunan.

Wali Kota Singkawang, Forkopimda, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Tebelian Sintang. Kemudian Sekda, Kepala OPD, Camat, lurah dan masyarakat turut hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Petrus Yudha Sasmita mengatakan realisasi bandar udara Singkawang. Menjadi wujud komitmen pemerintah pusat dengan pelaksanaan pembebasan lahan (land clearing) tahap I.

Sementara untuk pengerjaan ini menggunakan APBN 2019 melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Tebelian, Sintang.

Dengan luas 151,45 hektar, Pemkot Singkawang dan DPRD kota Singkawang menetapkan nama bandara menjadi Bandar Udara Singkawang atau Singkawang Airport.

“Pemkot dan DPRD telah menetapkan peraturan daerah untuk nama Bandar Udara Singkawang,” kata Yudha.

Yudha mengungkapkan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor 69 tahun 2013. Bandar udara Singkawang masuk klasifikasi penerbangan domestik kategori pengumpan (spoke).

“Jika traffic visitor cukup ramai, tidak menutup kemungkinan akan menjadi Bandara International Singkawang,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi Kepala Bandar Udara Tebelian – Sintang beserta jajaran atas bantuan dan dukungannya.

“Mari saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan bandara Singkawang,” ungkapnya.

Kemudian Kepala UPBU Tebelian Sintang mengatakan program-program pembangunan bandar udara Singkawang tahun 2021. Antara lain pekerjaan drainase dan bronjong sisi udara, lanjutan pekerjaan clearing dan grubbing sisi udara. Pekerjaan cut and fill sisi udara, dan pekerjaan manajemen konstruksi pembangunan bandar udara Singkawang sisi udara.

“Selanjutnya pada tahun 2022, tahapan pengerjaan konstruksi landasan pacu 1000 x 30 m. Apron, Taxiway, Runway End, lanjutan clearing dan grubbing dan timbunan tanah,” katanya.

Menurutnya, realisasi infrastruktur ini memerlukan banyak dana dan kolaborasi pemerintah pusat. Untuk menarik calon investor sampai tahap Ultimate dengan panjang landasan sejauh 2.500 meter.

“Seluruh kegiatan pembangunan bandara Singkawang pada tahun 2021. Dibebankan kepada Dipa kantor UPBU Tebelian Sintang dengan jumlag pagu Rp100 miliar,” ujarnya.

Bandar Udara Dapat Menggerakkan Investasi

Sementara, Wali Kota Singkawang, Tjhai Cui Mi berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan. Dan berjalan dengan aman, lancar dan selesai sesuai waktu yang disepakati.

Ia mengatakan keberadaan bandar udara di kota Singkawang dapat menggerakkan investasi, meningkatkan perdagangan dan jasa, pariwisata, kemudahan aksesiblilitas.

“Dan yang terpenting, memperkuatkan konektivitas masyarakat kota Singkawang dengan wisatawan domestik dan mancanegara,” katanya.

Sumber Alokasi Anggaran

Kementerian Perhubungan melalui UPBU Tebelian Sintang telah mengalokasikan anggaran melalui APBN tahun 2021 untuk melaksanakan pekerjaan dari sisi udara. Tjhai Chui Mie berharap kegiatan pekerjaan ini dapat berkesinambungan dalam pada tahun mendatang program lanjutan dapat dilaksanakan.

“Atas nama pemerintah kota dan masyarakat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder yang bekerjasama untuk mewujudkan Bandar Udara Singkawang,” ujarnya. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kota Singkawang

Pengukuhan Pengurus DWP Singkawang Masa Bakti 2019-2024

Published

on

Pengukuhan Pengurus DWP Singkawang Masa Bakti 2019-2024
Ketua Dharma Wanita (DWP) Provinsi Kalimantan Barat, Agnes Agatha Leysandri mengukuhkan Pengurus DWP kota Singkawang masa bakti 2019-2024 di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (4/3/2021). - Foto/data media center singkawang

Gencil News – Ketua Dharma Wanita (DWP) Provinsi Kalimantan Barat, Agnes Agatha Leysandri mengukuhkan Pengurus DWP kota Singkawang masa bakti 2019-2024 di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (4/3/2021).

Pada kegiatan tersebut, Sutirah Sumastro dikukuhkan menjadi Ketua Dharma Wanita Persatuan kota Singkawang periode 2019-2024.

Agnes berpesan kepada penasehat dan ketua DWP kota Singkawang untuk melaksanakan tugas pokok yang telah ditetapkan dalam anggaran DWP.

“Tolong lakukan pembinaan mental dan spiritual anggota, sehingga menjadi manusia yang bertakwa, baik, berbudi luhur. Kukuhkan rasa persatuan dan kesatuan. Tingkatkan kemampuan dan pengetahuan. Tingkatkan kepedulian sosial dan jalin hubungan kerjasama yang baik,” pesannya.

Menyesuaikan adaptasi kebiasaan hidup baru, Ia berharap program dan kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan. Peran DWP kota Singkawang diharapkan dapat memajukan perdagangan dan jasa dengan dukungan infrastruktur daerah yang memadai.

Agnes meyakini dukungan DWP kota Singkawang melalui program dan kegiatan yang ada dapat mewujudkan visi misi Pemerintah kota Singkawang. Untuk itu, Ia meminta agar disusun program dan kegiatan yang terintegrasi dengan perangkat daerah kota Singkawang.

“Sebagai istri Aparatur Sipil Negara, sudah seharusnya kita mendukung perwujudan pembangunan kota Singkawang. Semoga kepengurusan yang baru dapat berkontribusi dengan program dan kegiatan yang strategis. Mari bersama pemerintah, tangani masalah pendidikan, kesehatan dan sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro mengatakan aktivitas yang dijalankan DWP ini dapat merefleksikan semangat persatuan dan kesatuan dari Pemerintah Kota Singkawang.

“DWP harus mempunyai misi yang bukan hanya fokus pada tujuan formal pemerintahan, tapi juga bisa mengemban fungsi sosial masyarakat diluar fungsi organisasi,” katanya.

Ia berharap dengan program kerja DWP yang lebih konkrit, DWP dapat memperkuat sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat.

“Dan kita berharap program-program itu bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi sasaran,” harapnya.

Continue Reading

Kota Singkawang

Gubernur Sutarmidji, Minta Penggunaan Data Sebagai Perencanaan Kerja

Published

on

Gubernur Sutarmidji, Minta Penggunaan Data Sebagai Perencanaan Kerja
Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji S.H., M.Hum., menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Singkawang Tahun 2022, di Aula Hotel Mahkota Kota Singkawang, Rabu (3/3/2021).

Gencil News – Gubernur Sutarmidji menyampaikan bahwa setiap pekerjaan harus berdasarkan data. Menurut Gubernur Sutarmidji saat ini, penggunaan data belum sepenuhnya baik dalam merencanakan pembangunan daerah, terutama dalam melayani masyarakat.

“Tanpa data yang baik percuma merencanakan pembangunan itu dan tidak dapat menghasilkan yang baik, karena apa, pertama bisa sia-sia pembangunan itu. Kedua sekala prioritas kita (Pemerintah) tidak jelas yang mana. Sehingga data satu-satunya alat ukur untuk keberhasilan satu pembangunan,” ungkap Gubernur Kalbar H. Sutarmidji dalam sambutannya pada (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Singkawang Tahun 2022.

Sutarmidji pun memberikan contoh dalam sektor pertanian, ia mendapatkan data pertanian tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Karena luas pertanian di Kalbar tidak sebanding dengan hasil pertanian yang didapatkan.

“Begitu saya jadi gubernur saya kumpulkan orang-orang yang berkaitan dengan pertanian, karena data yang kita dapat dari data penerimaan jabatan, bahwa luas lahan tanam 512 ribu hektar sampai 529 ribu hektar lahan dengan target hasil 1,7 juta ton gabah kering giling itu setara 1,2 juta ton beras. Sedangkan kebutuhan konsumsi di Kalbar itu sekitar 600 ribu ton beras. Lalu saya tanyakan ke Bulog jumlah mereka beli beras sama petani sekitar 48 ton gabah kering giling. Kemudian saya tanya bea cukai tidak ada beras yang keluar dari Kalbar dan mereka mengatakan ke saya beras masuk ke Kalbar sebanyak 97 ribu ton. Bayangkan seharusnya surplus 600 ribu ton beras di Kalbar tapi tidak ada, berartikan datanya tidak valid,” tegasnya.

Tak hanya itu saja Gubernur juga menyoroti beberapa perihal di Kota Singkawang diantaranya terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan Banjir.

“Seharusnya Kota Singkawang sudah bebas Karhutla dan Banjir. Masyarakat harus dilibatkan sebanyak mungkin untuk mencegah banjir kembali terjadi,” tuturnya.

Continue Reading

Kota Singkawang

Peletakan Batu Pertama Pemugaran Masjid Agung Singkawang

Published

on

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji S.H., M.Hum., meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan ulang Masjid Agung Nurul Islam Kota Singkawang, Rabu (03/03/2021).
Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji S.H., M.Hum., meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan ulang Masjid Agung Nurul Islam Kota Singkawang, Rabu (03/03/2021).

Gencil News – Gubernur Kalbar Sutarmidji hadir dalam acara peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan ulang Masjid Agung Nurul Iman Singkawang. Sutarmidji berharap pembangunan ulang Masjid Agung Nurul Iman Singkawang dapat selesai dalam waktu singkat.

Pada sambutannya Sutarmidji berharap untuk proses pembangunan ulang Masjid Agung Nurul Iman Kota Singkawang dapat selesai dalam waktu 20 bulan.

Berkaca dari pengalaman pembangunan Masjid Mujahiddin Pontianak dapat selesai sebelum target awalnya yaitu 3,5 tahun.

“Kalau bisa lebih cepat, lebih bagus. Tapi dari pengalaman saya, sebelum 20 bulan bangunan utamanya sudah bisa selesai,” ujarnya.

“Pengalaman saya menjadi panitia Masjid Mujahidin, dana awalnya Rp1,6 Miliar, selesai sebelum tiga setengah tahun dengan dana Rp105 Miliar. Asal ada kebersamaan antara masyarakat. Saya yakin Masjid ini selesai sebelum target” papar Sutarmidji.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING