400 Jamaah Umrah Kalbar Gagal Berangkat Pada November Ini
Connect with us

Lintas Kalbar

400 Jamaah Umrah Kalbar Gagal Berangkat Pada November Ini

Published

on

400 Jamaah Umrah Asal Kalbar Gagal Berangkat Pada November Ini
Ketua Forum Perjalanan Haji dan Umroh (FPIU) Kalbar Akhmad Kholil mengatakan bahwa saat ini jamaah Kalbar belum ada yang berangkat melakukan ibadah umrah.

Gencil News – 400 Jamaah umrah asal Kalbar untuk tahun 2020 tidak dapat menunaikan ibadah Umrah. 400 Jamaah umrah asal Kalbar yang gagal berangkat umrah karena adanya penundaan dari otoritas Pemerintah Arab Saudi.

Rombongan pertama jamaah umrah asal indonesia tanggal 1 november kemarin sudah bertolak ke jeddah, Arab Saudi. Sementara kurang lebih 400 an jamaah umrah asal Kalbar gagal berangkat menunaikan ibadah umrah tahun ini.

Sejak februari 2020 penyelenggaraan ibadah umrah tertunda sejak masuknya wabah virus corona yang menyebar keseluruh negara termasuk arab saudi. Bulan ini pertama kalinya penyelenggaraan ibadah umrah terlaksana kembali.

Ketua Forum Perjalanan Haji dan Umroh (FPIU) Kalbar Akhmad Kholil mengatakan bahwa saat ini jamaah Kalbar belum ada yang berangkat melakukan ibadah umrah.

Baca juga   Blusukan Di Kalbar, Mensos Sebut Potensi Kekayaan Alam Sangat Tinggi

“Untuk sementara itu nasional ya, kalau nasional sebagian besar yang berangkat itu adalah owner-owner travel untuk memastikan keadaan di Saudi seperti apa,”ujar Kholil

Ia memastikan bahwa tidak ada jamaah umrah asal Kalbar yang melakukan ibadah umrah pada pemberangkatan pertama jamaah asal indonesia.

Ketua FPIU ini juga menerangkan bahwa kali ini pelaksanaan ibadah umrah hanya bisa satu kali saja tidak seperti tahun-tahu sebelumnya.

“Jamaah yang tertunda menjalani umrah asal Kalbar sekitar 400-an jamaah,”katanya

Menurutnya sebagian besar dari 400-an jamaah yang tertunda pemberangkatannya ini sudah siap secara administrasi perlengkapan dan lainnya. Ia juga menghimbau kepada jamaah umrah asal Kalbar yang tertunda keberangkatannya untuk bersabar hingga ada keputusan resmi dari Arab Saudi.

Baca juga   Polemik Tenaga Kontrak, Komisi I Segera Panggil BKD Kalbar

Selanjutnya Kholil juga menjelaskan bahwa ada kelonjakan tarif dimasa pandemi ini. Kelonjakan tersebut naik sekitar 30%

“Terjadi kenaikan dua kali lipat. Bukan biaya umrahnya yang naik, tetapi dari pajak yang dikenakan oleh Arab Saudi. Ini pajaknya terjadi kenaikan,”jelasnya

Selain itu kenaikan lainnya juga karena persyaratan yang harus terpenuhi seperti cek kesehatan sehingga biaya lebih besar pada masa pandemi ini.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bagi Warga Kalbar Di Bulan Desember

Published

on

By

Gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bagi Warga Kalbar Di Bulan Desember
Ilustrasi

Gencil News – Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) adalah pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau perbuatan sepihak atau keadaan yang terjadi karena jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, atau pemasukan ke dalam badan usaha.

Objek Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor adalah penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor, dengan nama Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dipungut pajak atas penyerahan kendaraan bermotor.

Ada kabar gembira untuk warga Kalbar, Pemprov Kalbar menggratiskan bea balik nama kendaraan selama bulan desember. Hal ini sebagaimana Pergub 205 tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Pergub ini berisi tentang pembebasan sanksi administrasi PKB dan BBNKB ke 2. Adapun penggratiskan bea balik nama kendaraan ini meliputi:

  1. Denda keterlambatan mendaftar PKB
  2. Denda keterlambatan mendaftar BBNKB kedua
Baca juga   Deposito Bank Kalbar Pilihan berinvestasi aman dan Menguntungkan

Gubernur berharap masyarakt Kalbar dapat memanfaatkan kesempatan ini.

“Assalamualaikum, Masyarakat Kalbar dapat memanfaatkan kesempatan ini. Sile dibace,” tulis Gubernur Kalbar, Jumat (03/12/2021).

Continue Reading

Lintas Kalbar

TP-PKK Pusat dan Kalbar Prioritaskan Penurunan Angka Stunting

Published

on

By

TP-PKK Pusat dan Kalbar Prioritaskan Penurunan Angka Stunting
TP-PKK Kalbar saat Rapat Kerja Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran secara daring, Rabu (01/12/2021)

Gencil News – Seluruh TP-PKK se-indonesia mengadakan Rapat Kerja Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran secara daring. Dalam hal ini Ketua TP-PKK pusat, Tri Tito Karnavian meminta kepada seluruh TP-PKK Kabupaten kota di Kalbar menyiapka program prioritas.

Kegiatan ini berpusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

Tri Tito Karnavian berharap TP-PKK Kabupaten kota membuat program prioritas berdasarkan hasil Rakernas IX. Ia mengatakan, perencanaan dan penganggaran program harus sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Kita harapkan seluruh program yang dibuat dapat menyentuh masyarakat. Tidak hanya membuat program, tetapi juga mengevaluasi hasil program kerja sampai ke level terbawah,” ungkapnya, Rabu (01/12/2021).

Baca juga   Blusukan Di Kalbar, Mensos Sebut Potensi Kekayaan Alam Sangat Tinggi

Ia menjelaskan bahwa saat ini yang sangat urgent adalah mengatasi penurunan angka stanting. Hal ini karena

“Program khusus yang jadi prioritas TP-PKK seluruh Indonesia yaitu penurunan angka stunting. Saat ini angka stunting di Indonesia sebesar 30%, semoga bisa menurun hingga 14%,”ujarnya.

Ketua Umum TP PKK Pusat berharap banyak inovasi program yang dibuat untuk menurunkan angka stunting di setiap daerah. Pembuatan program juga harus bermanfaat untuk masyarakat agar sesuai dengan singkatan PKK yakni Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kalbar, Lismaryani mengajak TP PKK kabupaten kota untuk merencanakan dan menganggarkan program yang bermanfaat untuk masyarakat dengan memprioritaskan penurunan angka stunting agar angka stunting di Kalbar terus menurun sesuai arahan Ketua Umum TP PKK Pusat.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Sutarmidji Minta Pramuwisata Ambil Peluang Pengembangan Wisata

Published

on

By

Sutarmidji Minta Pramuwisata Ambil Peluang Pengembangan Wisata
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum,

Gencil News – Kehadiran sektor pariwisata menjadi pilihan dalam menyediakan lapangan pekerjaan maupun perubahan dan pertumbuhan ekonomi untuk daerah-daerah tertentu, sehingga pramuwisata bisa mengambil peluang tersebut. 

Dengan itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menginginkan masyarakat Kalbar berperan dalam kemajuan pariwisata.

“Saya ingin masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat mengambil peran penting dalam pengembangan pariwisata di Kalbar. Lebih dari 90 hotel di Kalbar dan hanya 1 orang asli Kalbar yang menjabat sebagai General Manager,” ungkap Gubernur saat menghadiri Musyawarah Daerah ke-II DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalbar dan Meresmikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pramuwisata Kalbar, Rabu (1/12/2021).

Sutarmidji menyebut hanya beberapa tempat wisata saja yang ditampilkan, padahal Kalbar sendiri memiliki 325 destinasi wisata.

Baca juga   Penyerahan Laporan Keuangan Pemda Tahun Anggaran 2020 Unaudited

Oleh karena itu, Gubernur menyarankan perlu menyelenggarakan berbagai event untuk meningkatkan destinasi wisata.

Ia optimis pariwisata yang ada di Kalbar bisa ditingkatkan, seperti Pulau Temajuk di Kabupaten Sambas. 

“Besar harapan kami pramuwisata bisa menjalankan tugas dengan baik agar wisata di Kalbar bisa berkembang,” harapnya.

Ketua DPD HPI Kalbar menerangkan DPD HPI Kalbar telah terbentuk sejak tahun 2008 dan sempat vakum di tahun 2016. Namun, DPD HPI Kalbar telah menyelenggarakan Musda pertama setelah tahun 2016. 

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih kepada Disporapar Kalbar yang telah menginisiasi Perda Pramuwisata ini,” ujar Juniardi Saktiawan.

Dengan adanya Perda Pramuwisata ini, DPD HPI Kalimantan Barat menjadi DPD HPI pertama di regional Kalimantan dan ke-5 di Indonesia yang memiliki payung hukum setelah Provinsi Bali, NTB, Jateng, dan D.I. Yogyakarta. 

Baca juga   Wakil Gubernur Kalbar: Program Brizzy Fuel Card sangat Bermanfaat

“Pembuatan Perda Pramuwisata Kalbar tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Ini menjadi inspirasi bagi provinsi lainnya untuk membuat Perda Pramuwisata,” ungkapnya.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Sutarmidji Siapkan Program Bantuan Bedah Rumah Pasca Banjir

Published

on

By

Sutarmidji Siapkan Program Bantuan Bedah Rumah Pasca Banjir
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum,

Gencil News – Meski banjir pada beberapa kabupaten di Kalbar sudah surut, tapi berbagai bantuan terus berdatangan. Padahal, kata Gubernur Kalbar Sutarmidji stok bantuan di Provinsi masih cukup untuk disalurkan.

“Sampai hari ini bantuan untuk terdampak banjir di 6 Kabupaten yang ada di Kalbar terus mengalir padahal sebenarnya stok bantuan masih mencukupi,” ujar Gubernur saat menerima bantuan dari DPD Real Eastet Indonesia (REI), Rabu (01/12/2021).

Pemprov terus memastikan stok kebutuhan bantuan masing-masing daerah terdampak banjir. Terutama kebutuhan obat-obatan bagi masyarakat yang terserang penyakit pasca banjir.

“Kita lihat disana stok masih ada atau tidak, dimana yang butuh kita kirim,” terangnya.

Dikatakannya, Pemprov akan menyiapkan segala kebutuhan masyarakat pasca banjir seperti seragam sekolah, sarana prasarana sekolah yang rusak, dan bedah rumah.

Baca juga   5 Drama Korea Terpaksa Tunda Syuting Karena Pandemi

Selain itu, penanganan pasca banjir juga telah ia ajukan ke pemerintah pusat. Seperti pengerukan sungai dan rencana Menteri PUPR memasang Geobag.

“Saya kemarin sudah ketemu dengan balai sungai, mereka sudah memetakan persimpangan sungai perlu pengerukan. Kemudian pasang Geobag,” ungkap Sutarmidji

Gubernur juga telah mengusulkan untuk dilakukan pengerukan muara sungai. Ia menegaskan harus dilakukan percepatan air lari ke laut.

“Mereka sudah mengeksekusi tinggal saya menyurati,” katanya.

Sutarmidji juga mengaku menyetujui penanganan pasca banjir dengan melakukan penghijauan untuk jangka panjang.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING