Gubernur Kalbar Berharap Tak Ada Sekat-sekat Dalam Keberagaman
Connect with us

Lintas Kalbar

Gubernur Kalbar Berharap Tak Ada Sekat-sekat Dalam Keberagaman

Published

on

Gubernur Kalbar Berharap Tak Ada Sekat-sekat Dalam Keberagaman
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, (Sumber Adpim Kalbar)

Gencil News – Provinsi Kalimantan Barat terdiri dari beragam suku, budaya, dan agama. Keberagaman tersebut tentunya harus tetap menjaganya sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan bahwa masyarakat harus menghilangkan sekat-sekat perbedaan tersebut. Agar terciptanya tatanan sosial berasaskan pola pikir NKRI.

“Saat berbicara tentang kesejahteraan dan kemajuan daerah, saya berharap kita dapat menghilangkan sekat-sekat perbedaan dengan menggunakan pola pikir NKRI. Kondusifitas ini, dibutuhkan untuk membangun Kalbar,” ungkap H. Sutarmidji S.H., M.Hum saat membuka kegiatan Seminar Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 oleh Wanita Katolik Republik Indonesia, Jumat (22/10/2021).

Ia berharap seminar ini bisa menghasilkan ide-ide program untuk wanita Katolik di kemudian hari. Kalbar membutuhkan ide seperti percepatan membangun Kalimantan Barat tanpa batasan etnis dan agama, tetapi berfikir untuk kesejahteraan bersama.

Baca juga   Terkait Pemberhentian Sekda Kalbar M Zeet, Ini Salinan Surat Keputusan Presidennya

“Saya harap semua pihak harus bersama-sama membangun NKRI,” harap Gubernur.

Menurutnya, wanita Katolik harus selalu melihat data saat ingin melaksanakan suatu kegiatan agar dapat menentukan langkah yang akan diambil.

“Ini suatu pola. Etos kerja harus menjadi perhatian,” pinta H. Sutarmidji.

Pada akhir sambutannya, Gubernur Kalbar berharap organisasi kemasyarakatan Wanita Katolik Republik Indonesia berpartisipasi mengadakan kegiatan vaksinasi massal. Pemerintah akan mendukung kegiatan tersebut karena vaksinnya tersedia.

Wanita Katolik Provinsi Kalimantan Barat merupakan organisasi sosial keagamaan yang memandang perlu untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalbar, khususnya dalam hal mewujudkan masyarakat Kalbar dan umumnya Indonesia untuk selalu hidup berdampingan denga damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berlandaskan ajaran sosial gereja.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bagi Warga Kalbar Di Bulan Desember

Published

on

By

Gratis Bea Balik Nama Kendaraan Bagi Warga Kalbar Di Bulan Desember
Ilustrasi

Gencil News – Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) adalah pajak atas penyerahan hak milik kendaraan bermotor sebagai akibat perjanjian dua pihak atau perbuatan sepihak atau keadaan yang terjadi karena jual beli, tukar menukar, hibah, warisan, atau pemasukan ke dalam badan usaha.

Objek Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor adalah penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor, dengan nama Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dipungut pajak atas penyerahan kendaraan bermotor.

Ada kabar gembira untuk warga Kalbar, Pemprov Kalbar menggratiskan bea balik nama kendaraan selama bulan desember. Hal ini sebagaimana Pergub 205 tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Pergub ini berisi tentang pembebasan sanksi administrasi PKB dan BBNKB ke 2. Adapun penggratiskan bea balik nama kendaraan ini meliputi:

  1. Denda keterlambatan mendaftar PKB
  2. Denda keterlambatan mendaftar BBNKB kedua
Baca juga   Ketua Dekranasda Kalbar Harap Produk UMKM Tembus Pasar Ekspor

Gubernur berharap masyarakt Kalbar dapat memanfaatkan kesempatan ini.

“Assalamualaikum, Masyarakat Kalbar dapat memanfaatkan kesempatan ini. Sile dibace,” tulis Gubernur Kalbar, Jumat (03/12/2021).

Continue Reading

Lintas Kalbar

TP-PKK Pusat dan Kalbar Prioritaskan Penurunan Angka Stunting

Published

on

By

TP-PKK Pusat dan Kalbar Prioritaskan Penurunan Angka Stunting
TP-PKK Kalbar saat Rapat Kerja Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran secara daring, Rabu (01/12/2021)

Gencil News – Seluruh TP-PKK se-indonesia mengadakan Rapat Kerja Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran secara daring. Dalam hal ini Ketua TP-PKK pusat, Tri Tito Karnavian meminta kepada seluruh TP-PKK Kabupaten kota di Kalbar menyiapka program prioritas.

Kegiatan ini berpusat di Kota Palembang, Sumatera Selatan dan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

Tri Tito Karnavian berharap TP-PKK Kabupaten kota membuat program prioritas berdasarkan hasil Rakernas IX. Ia mengatakan, perencanaan dan penganggaran program harus sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Kita harapkan seluruh program yang dibuat dapat menyentuh masyarakat. Tidak hanya membuat program, tetapi juga mengevaluasi hasil program kerja sampai ke level terbawah,” ungkapnya, Rabu (01/12/2021).

Baca juga   Oksigen Kalbar Terbatas, Gubernur Upayakan Jumat Ini Oksigen Tersedia

Ia menjelaskan bahwa saat ini yang sangat urgent adalah mengatasi penurunan angka stanting. Hal ini karena

“Program khusus yang jadi prioritas TP-PKK seluruh Indonesia yaitu penurunan angka stunting. Saat ini angka stunting di Indonesia sebesar 30%, semoga bisa menurun hingga 14%,”ujarnya.

Ketua Umum TP PKK Pusat berharap banyak inovasi program yang dibuat untuk menurunkan angka stunting di setiap daerah. Pembuatan program juga harus bermanfaat untuk masyarakat agar sesuai dengan singkatan PKK yakni Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kalbar, Lismaryani mengajak TP PKK kabupaten kota untuk merencanakan dan menganggarkan program yang bermanfaat untuk masyarakat dengan memprioritaskan penurunan angka stunting agar angka stunting di Kalbar terus menurun sesuai arahan Ketua Umum TP PKK Pusat.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Sutarmidji Minta Pramuwisata Ambil Peluang Pengembangan Wisata

Published

on

By

Sutarmidji Minta Pramuwisata Ambil Peluang Pengembangan Wisata
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum,

Gencil News – Kehadiran sektor pariwisata menjadi pilihan dalam menyediakan lapangan pekerjaan maupun perubahan dan pertumbuhan ekonomi untuk daerah-daerah tertentu, sehingga pramuwisata bisa mengambil peluang tersebut. 

Dengan itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menginginkan masyarakat Kalbar berperan dalam kemajuan pariwisata.

“Saya ingin masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat mengambil peran penting dalam pengembangan pariwisata di Kalbar. Lebih dari 90 hotel di Kalbar dan hanya 1 orang asli Kalbar yang menjabat sebagai General Manager,” ungkap Gubernur saat menghadiri Musyawarah Daerah ke-II DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalbar dan Meresmikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pramuwisata Kalbar, Rabu (1/12/2021).

Sutarmidji menyebut hanya beberapa tempat wisata saja yang ditampilkan, padahal Kalbar sendiri memiliki 325 destinasi wisata.

Baca juga   Gubernur Kalbar Tak Setuju Lama Studi di SMK Jadi 4 Tahun

Oleh karena itu, Gubernur menyarankan perlu menyelenggarakan berbagai event untuk meningkatkan destinasi wisata.

Ia optimis pariwisata yang ada di Kalbar bisa ditingkatkan, seperti Pulau Temajuk di Kabupaten Sambas. 

“Besar harapan kami pramuwisata bisa menjalankan tugas dengan baik agar wisata di Kalbar bisa berkembang,” harapnya.

Ketua DPD HPI Kalbar menerangkan DPD HPI Kalbar telah terbentuk sejak tahun 2008 dan sempat vakum di tahun 2016. Namun, DPD HPI Kalbar telah menyelenggarakan Musda pertama setelah tahun 2016. 

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih kepada Disporapar Kalbar yang telah menginisiasi Perda Pramuwisata ini,” ujar Juniardi Saktiawan.

Dengan adanya Perda Pramuwisata ini, DPD HPI Kalimantan Barat menjadi DPD HPI pertama di regional Kalimantan dan ke-5 di Indonesia yang memiliki payung hukum setelah Provinsi Bali, NTB, Jateng, dan D.I. Yogyakarta. 

Baca juga   Kedatangan Staf Khusus Presiden, Gubernur Kalbar Tagih Janji Jokowi

“Pembuatan Perda Pramuwisata Kalbar tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Ini menjadi inspirasi bagi provinsi lainnya untuk membuat Perda Pramuwisata,” ungkapnya.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Sutarmidji Siapkan Program Bantuan Bedah Rumah Pasca Banjir

Published

on

By

Sutarmidji Siapkan Program Bantuan Bedah Rumah Pasca Banjir
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum,

Gencil News – Meski banjir pada beberapa kabupaten di Kalbar sudah surut, tapi berbagai bantuan terus berdatangan. Padahal, kata Gubernur Kalbar Sutarmidji stok bantuan di Provinsi masih cukup untuk disalurkan.

“Sampai hari ini bantuan untuk terdampak banjir di 6 Kabupaten yang ada di Kalbar terus mengalir padahal sebenarnya stok bantuan masih mencukupi,” ujar Gubernur saat menerima bantuan dari DPD Real Eastet Indonesia (REI), Rabu (01/12/2021).

Pemprov terus memastikan stok kebutuhan bantuan masing-masing daerah terdampak banjir. Terutama kebutuhan obat-obatan bagi masyarakat yang terserang penyakit pasca banjir.

“Kita lihat disana stok masih ada atau tidak, dimana yang butuh kita kirim,” terangnya.

Dikatakannya, Pemprov akan menyiapkan segala kebutuhan masyarakat pasca banjir seperti seragam sekolah, sarana prasarana sekolah yang rusak, dan bedah rumah.

Baca juga   Ini Pesan Sutarmidji Kepada Taruna Akademi Angkatan Udara

Selain itu, penanganan pasca banjir juga telah ia ajukan ke pemerintah pusat. Seperti pengerukan sungai dan rencana Menteri PUPR memasang Geobag.

“Saya kemarin sudah ketemu dengan balai sungai, mereka sudah memetakan persimpangan sungai perlu pengerukan. Kemudian pasang Geobag,” ungkap Sutarmidji

Gubernur juga telah mengusulkan untuk dilakukan pengerukan muara sungai. Ia menegaskan harus dilakukan percepatan air lari ke laut.

“Mereka sudah mengeksekusi tinggal saya menyurati,” katanya.

Sutarmidji juga mengaku menyetujui penanganan pasca banjir dengan melakukan penghijauan untuk jangka panjang.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING