Lintas Kalbar

Gubernur Kalbar Dorong Dunia Pendidikan Lakukan Inovasi Teknologi

Gubernur Kalbar Dorong Dunia Pendidikan Lakukan Inovasi Teknologi

Gencil News – Hari terakhir kunjungan ke Sambas, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengapresiasi capaian siswa – siswi insan cendekia sambas yang mampu meraih ditingkat provinsi kalbar dan bersaing di level nasional.

Hal ini diungkapkannya saat meresmikan Smart Digital Class Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas, Senin (26/9/2022). Ia berharap dengan adanya Smart Digital Class Madrasah ini masyarakat Kalbar bisa menjadi pelopor teknologi.

“Saya senang karena disini semua prestasi ITnya sudah bagus, di era digitalisasi ini, kemampuan tergantung pada penguasaan IT, tapi jangan lengah kita harus terus mengembangkannya. Dan ingat, kita jangan hanya jadi pengguna, tapi pelopor inovasi teknologi”, ungkap Sutarmidji saat memberikan arahan kepada para siswa.

Gubernur menyampaikan bahwa saat ini Pemprov berusaha mengikuti perkembangan zaman. Pemprov tengah mengimplementasikan Teknologi informasi di semua lini pemerintahan.

Baca juga   Kapolda Kalbar Pastikan Stok Minyak Goreng Aman Untuk Masyarakat

“Saya pertama kali membangun DAR, banyak yang protes, tapi sekarang besar manfaatnya. Misal untuk memantau perkembangan di setiap simpang di kota pontianak, perlu edukasi dan lain sebagainya, sampai aktivitas perbatasan sekalipun saya bisa pantau. Untuk Pemprov semua sudah kita arahkan berbasis IT, keuangan termasuk juga perizinan. Sehingga pelayanan perizinan kita sudah diakui KPK dengan penilaian MCP(Monitoring Centre for Prevention) nya memperoleh nilai 100. Sudah tidak ada ruang untuk bermain-main dan penyimpangan. Semua sudah terpantau,” jelas Mantan Walikota Pontianak dua periode ini.

Gubernur juga menghimbau agar manajemen sekolah lebih proaktif dan kreatif dalam mengembang sistem belajar mengajar. Hal ini agar siswa peduli serta turut aktif dalam perkembangan peradaban zaman ke arah yang lebih baik.

Baca juga   PPKM Skala Mikro, Koramil Teluk Batang Bentuk RT Tangguh

“Kami mengapresiasi juara lomba robotik tingkat nasional. Buatlah sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Misalnya sekarang isu mengenai energi terbarukan. Kalau bisa siswa disini buat solar cell. Kami siap bantu. Kalo bisa kelas masing-masing. Bagaimana mereka bisa membuat. Persaingan ke depan semakin ketat sehingga harus dibekali dengan ilmu dan pembekalan karakter. Jadilah pelita yang menerangi kehidupan,”harap Sutarmidji.

Kepada tenaga pengajar, Sutarmidji juga mengingatkan untuk tetap menjaga marwah dan wibawa seorang Guru dihadapan muridnya. Berintegritas dan ikhlas dalam mendidik siswa.

“Di negara maju misalnya pendidikan finlandia, anak-anak tidak disibukkan dengan bermacam disiplin ilmu ini bisa berlebihan, tapi bagaimana dia bisa profesional pads disiplin ilmu tertentu. Kelemahan selama ini murid taunya cuma sedikit-sedikit saja. Tidak komprehensif. Sehingga guru tak ada tantangan, dan jangan takut apabila murid kita lebih pintar daripada kita. Makanya jadi guru jangan pernah kalah dengan murid kalau mau berwibawa. Terus mengasah diri dan menjaga integritas, Itu menjadi kunci sukses”, tutup Sutarmidji mengakhiri arahannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top