Lintas Kalbar

Gubernur Kalbar Yakin Inflasi Bisa Ditekan di Sambas

Gubernur Kalbar Yakin Inflasi Bisa Ditekan di Sambas
penyerahan bantuan sosial di kabupaten sambas, Jumat 23 september 2022 (Foto: Adpim Prov Kalbar/Wanda)

Gencil News – Untuk mengendalikan inflasi mitigasi dampak inflasi, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyerahkan bantuan sosial (bansos) berupa paket bahan pangan di Kabupaten Sambas, Jum’at (23/9/2022).

Sebanyak 250 paket dibagikan di dua lokasi yakni di Rambi tepatnya di Resto Cafe Desa Saing Rambi dan Badan Pemadam Kebakaran Sambas Desa Pasar Melayu Kecamatan Sambas.

Bansos paket bahan pangan itu berupa beras 5 kg, gula 2 kg, minyak goreng premium 1 liter, mie instan 10 bungkus dan 1/4 kg bawang putih.

Bansos ini merupakan upaya pemerintah mengendalikan inflasi akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minya (BBM). Pasalnya dengan adanya kenaikan BBM berdampak pada kenaikan harga kebutuhan masyarakat, bahkan inflasi beras mencapai 74%. S

“Kalau Sambas saya tidak khawatir. Sambas ini gudangnya beras di Kalbar, sehingga inflasi bisa ditekan. Walaupun demikian kami tetap memberikan bantuan kepada masyarakat. Kemudian kami juga melakukan operasi pasar. Ini program Pemprov Kalbar bersama DPRD. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang benar – benar membutuhkan”, jelas Sutarmidji dalam arahannya saat berkunjung ke Sambas.

Baca juga   Diserang Houthi, Kilang Minyak Saudi Aramco Terbakar

Orang nomor satu di Kalbar ini juga berpesan agar masyarakat sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan yang lebih baik. Mantan walikota pontianak 2 periode ini juga menghimbau masyarakat untuk bergabung dalam BPJS, untuk meringankan biaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Saya berpesan kepada bapak ibu, anak-anak upayakan bisa sekolah. Jangan sampai putus sekolah. Pendidikan itu penting. Kalau tak mampu beli seragam. Sampaikan kepada kepala sekolahnya. Kemudian daftarkan diri di BPJS. Jangan nanti kalau sudah sakit, baru ribut. Karena setelah didaftarkan 14 hari baru bisa aktif. Mumpung masih pendataan, jika benar-benar tak mampu sampaikan ke kades, minta daftarkan supaya bisa dibayar oleh pemerintah”, tegas Sutarmidji.

Baca juga   BOR Di Kalbar Posisi Aman, Per 7 Agustus 2021 Sebanyak 46,66%

Gubernur bahkan untuk fasilitasi BPJS bagi anggota pemadam kebakaran BPK Sambas. Hal ini merupakan langkah positif mengingat resiko dari profesi yang harus mereka diemban dari para pemadam tersebut.

“Anggota Pemadam Kebakarannya 113 orang, usulkan BPJSnya nanti akan kami tindak lanjuti supaya ditanggung pemerintah. Kami juga akan membantu peralatan pemadam berupa mesin pompa portable, tapi awal tahun 2023. Pada kesempatan ini kami juga berencana berkunjung ke Pantai Temajuk dan kita sudah bangun infrastruktur jalan kesana. Hal ini tak lain untuk mempopulerkan destinasi wisata lokal kalbar dan saat ini kami bekerja sama dengan Polda Kalbar”, tegas Sutarmidji

Sementara itu, Bupati Sambas Sambas Satono mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur di tengah – tengah masyarakatnya.

Baca juga   Lismaryani Sutarmidji Ajak Emak-Emak Berperan Menjaga Lingkungan

Satono mengatakan jika hampir 70 persen masyarakat Kabupaten Sambas berkecimpung di bidang pertanian. Menurutnya, Sambas merupakan ladangnya pertanian sehingga mampu menyumbang 25 persen kebutuhan pangan di Kalbar.

“Walaupun demikian, kita tidak boleh lengah. Tetap konsisten dan jangan malu menjadi seorang petani apalagi saat ini dunia sedang mengalami krisis pangan. Kami sekali lagi berterima kasih kepada Gubernur dan Sekda san memberikan atensi karena sudah memberikan bantuan sembako ini kepada kami,”tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top