Lintas Kalbar

Kadisdikbud Rita Ingatkan Tak Bisa Penuhi Target, Siap-siap Untuk diganti

Kadisdikbud Rita Ingatkan Tak Bisa Penuhi Target, Siap-siap Untuk diganti
"Kita akan mengevaluasi kinerja di jajaran Disdikbud Kalbar dan kinerja kepala sekolah, jika ada yang tidak mencapai target kinerja akan kita ganti," tegas Rita Hastarita. 📸 Dok Pribadi Rita Hastarita

Gencil News – Kadisdikbud (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Kalbar) Rita Hastarita mengingatkan kepada jajarannya dan Kepala Sekolah untuk dapat bekerja mengejar target yang sudah ditetapkan. Rita pun tak segan-segan akan mencopot Kepala Sekolah dan Jajarannya apabila tak mampu bekerja memenuhi target.

“Kita akan mengevaluasi kinerja di jajaran Disdikbud Kalbar dan kinerja kepala sekolah, jika ada yang tidak mencapai target kinerja akan kita ganti,” tegas Rita Hastarita.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Kalbar memiliki target yang cukup berat yaitu memwujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif. Misi ini masuk kedalam RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pun harus berbenah, peningkatan kualitas sumber daya manusua melalui peningkatan pendidikan.

Baca juga   Gunung Semeru Naik Status Level Siaga, Ini Imbauan Badan Geologi

Rita menyebutkan, pihaknya akan terus memperbaiki kualitas guru, dengan meningkatkan kompetensi guru sekolah.

Tentu saja kesempatan ini akan menjadi perhatian utama dari Disdikbud Kalbar, seperti penyediaan pendidikan dan pelatihan.

Kemudian Rita yang baru saja dilantik oleh Gubernur Sutarmidji pada 19 mei 2022 juga akan bekerja keras untuk meningkatkan IPM pada sektor pendidikan dan kebudayaan.

“Peningkatan IPM Pendidikan melalui pembangunan unit sekolah baru dan penambahan ruang kelas baru ini dilakukan pada beberapa lokasi yang belum ada SMA atau SMK,” jelasnya.

“Sebaran sekolah di Kalbar ini tidak merata, salah satu upaya kita tentunya melakukan pemerataan jumlah sekolah yang ada di seluruh kabupaten kota terutama SMA dan SMK,” ucapnya.

Baca juga   Balitbang Daftarkan Kopi Liberika Kayong Utara Jadi Kekayaan Intelektual

Begitu pula dengan Program Beasiswa. Kata Rita, Pemprov Kalbar akan melanjutkan program beasiswa dengan tujuan, agar anak-anak di Kalimantan Barat dapat mengenyam pendidikan di sekolah. Kemudian kurikulum merdekan belajar dan digitalisasi sekolah juga mendapatkan perhatian utamanya.

“Ini sedang kami bangun di tahun ini digitalisasi sekolah dengan sekolah profesional,” sebutnya.Rita mengungkapkan pada tahun ini Pemprov Kalbar telah menganggarkan Rp187 miliar beasiswa pendidikan SMA/SMK untuk 208.298 siswa. Lalu bantuan perlengkapan sekolah seperti pakaian, sepatu dan tas bagi 13.667 siswa. Hal tersebut sebagai upaya peningkatan IPM terutama sektor pendidikan.”Peran kita akan terus kita tingkatkan dalam peningkatan IPM,” jelasnya

Sebagai informasi Rita Hastarita baru dilantik Gubernur Kalbar sebagai Kadisdikbud menggantikan Sugeng Hariadi pada 19 Mei 2022 lalu. Sebelumnya, Rita Hastarita merupakan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kalbar.

Baca juga   Pj Gubernur: Kalbar Harus Bebas Dari Radikalisme

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top