Lintas Kalbar

Menjadikan Desa Wisata Sebagai Masa Depan Pariwisata Indonesia

Menjadikan Desa Wisata Sebagai Masa Depan Pariwisata Indonesia
Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Sukaliman., M.T., didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., menghadiri pembukaan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Workshop "Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021" dengan tema "Indonesia Bangkit" Zona Wilayah B melalui Zoom Meeting di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (16/7/2021).

Gencil News – Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Workshop “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” dengan tema “Indonesia Bangkit” Zona Wilayah B adalah sebuah acara yang digagas Kemenparekraf RI.

Yang  bertujuan untuk mendorong dan menstimulus potensi desa-desa wisata di Indonesia agar menjadi destinasi pariwisata yang berkualitas, sehingga memiliki multiplier effect yang luas untuk perkembangan kepariwisataan di Indonesia.

Dalam sambutannya, Menparekraf RI menyampaikan bahwa desa wisata adalah masa depan pariwisata Indonesia dan simbol kebangkitan ekonomi Indonesia.

“Kami yakin hal ini akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya serta akan berpihak kepada masyarakat menengah bawah yang membutuhkan bantuan ekonomi dan sangat diperlukan di tengah pandemi seperti saat ini,” ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga   Waspadai Peningkatan Kasus Covid, Gugus Tugas Bagi 20 Ribu Masker

Dirinya juga mengatakan peran stakeholder sangat diperlukan dengan pelatihan 3C yaitu Commitment, Competence, dan Champion.

“Kita harus mencari komitmen terbaik dari para stakeholder untuk membangun desa wisata dan mencari kompetensi yang baik dengan membangkitkan SDM, memberikan pelatihan pendampingan, dan kita mencari champion dengan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” jelasnya.

Masih kata Menparekraf, pontensi desa dapat dipercepat dengan berkolaborasi bersama Kementerian Desa dan kementerian/lembaga lainnya agar desa dapat maju dan mandiri. Serta terwujudnya Indonesia sejahtera, adil, dan makmur.

“Bukan Indonesia membangun desa tapi desa lah yang membangun Indonesia,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis dan Workshop Desa Wisata Indonesia 2021.

Baca juga   Kota Pontianak Semakin Membaik, Edi Harap Kasus Covid Terus Menurun

“Selamat mengikuti opening Bimbingan Teknis dan Workshop Online kepada lebih dari 500 peserta yang meliputi kepala daerah provinsi, kabupaten/kota, kepala dinas provinsi, kabupaten/kota, dan peserta zona wilayah B yang kaya akan potensi. Mari, bersama-sama memulihkan ekonomi dan kebangkitan pariwisata. Mari, wujudkan Indonesia sebagai negara pariwisata berkelas dunia, berdaya saing berkelanjutan, mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat dari desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top