Permen No 1 Tahun 2021 Melarang Ikan Belida Untuk Dikonsumsi
Connect with us

Lintas Kalbar

Permen No 1 Tahun 2021 Melarang Ikan Belida Untuk Dikonsumsi

Published

on

Permen No 1 Tahun 2021 Melarang Ikan Belida Untuk Dikonsumsi

Gencil News – Terbitnya Permen no 1 tahun 2021 secara tegas melarang ikan belida untuk dikonsumsi. Ikan Belida (Chitala borneensis) adalah termasuk ikan yang dilindungi dengan status perlindungan penuh.

Dengan adanya Permen no 1 tahun 2021, masyarakat dilarang untuk menangkap apalagi mengonsumsi ikan yang sering dijadikan kerupuk dan amplang ini.

Ikan Belida beserta sembilan jenis ikan lainnya, adalah termasuk ikan yang dilindungi dengan status perlindungan penuh.

Sekjen KKP (Kementrian Kelautan dan Perikanan) Antam Novambar mengatakan, Permen nomor 1 tahun 2021 tujuannya adalah untuk melindungi ikan Belida dan Balasak (Balashark) yang jumlah populasinya semakin berkurang.

“Pelarangan sekarang belida ini dilindungi, ternyata kita suka sekali sama ikan belida di ekspor di masak. Ternyata setelah diteliti oleh peneliti Balai riset kami sangat sudah terganggu ininya habitatnya. Makanya sekarang dikeluarkanlah permen nomor 1 tahun 2021 bahwasanya ikan belida ikan bala Shark itu dilindungi karena ini merupakan ikan endemik khas atau ikan khas Kapuas” jelas Antam.

Dengan adanya Permen no 1 tahun 2021 yang melarang mengonsumsi Ikan Belida juga memicu komentar dari berbagai pihak.

Ikan Belida adalah termasuk menjadi bagian kekuatan ekonomi bagi masyarakat Kapuas Hulu. Ikan Belida kerap dijadikan industri olahan ikan, yang dijadikan kerupuk.

Dengan adanya Permen no 1 tahun 202, tentunya akan berdampak kepada pengelola dari industri olahan ini.

Mengutip dari Hi Pontianak, Darmansyah akademisi Universitas Kapuas Sintang asal Kapuas Hulu mengatakan. Bahwa aturan menteri KKP ini tidak bisa diterapkan secara menyeluruh di Indonesia.

Pengelolaan ikan belida ini berkaitan dengan penghasilan dari masyarakat Kapuas Hulu. Jika aturan ini berjalan, tentunya menciderai rasa keadilan bagi masyarakat setempat. Karena akan memukul secara langsung pelaku industri ini dan berpengaruh terhadap penghasilan mereka.

“Kalau aturan langsung diberlakukan termasuk di Kapuas Hulu, itu sangat tidak bijak. Seharusnya, aturan itu melihat kondisi masyarakat. Kalau masyarakat tidak menjadikan ikan belida sebagai mata pencaharian, mungkin tidak masalah. Tapi di Kapuas Hulu, ikan belida ini jadi salah satu sumber penghasilan. Lagipula, kerupuk basah dengan bahan dasar ikan salah satunya belida merupakan ciri khas dari Kapuas Hulu,” ucapnya. – Hi Pontianak

Darmanysah dalam hal ini meminta kepada pihak Pemerintah Daerah Kapuas Hulu beserta Legislatif untuk bisa menjelaskan kepada Pemerintah Pusat, terkait larangan ini. Karena menjadi bagian dari kearifan lokal dan menopang ekonomi masyarakat.

“Yang harus bisa dipahami juga, hingga saat ini ikan belida belum bisa dibudi daya. Dengan adanya kondisi ini, pemerintah pusat harus didorong agar bisa mencari solusi mengenai budi daya yang dimaksud. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya secara terus menerus,” pungkasnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Lasarus Sampaikan Ungkapan Belasungkawa atas Berpulangnya Ibunda Sutarmidji

Published

on

Lasarus Sampaikan Ungkapan Belasungkawa atas Berpulangnya Ibunda Sutarmidji

Gencil News – Lasarus Sampaikan Ungkapan Belasungkawa atas Berpulangnya Ibunda Sutarmidji. Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus menyampaikan ungkapan belasungkawa atas wafatnya ibunda Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Hj. Djaedah binti Said Lajim. Ungkapan duka tersebut disampaikan Lasarus dalam keterangan pers yang dibagikannya kepada awak media, Sabtu (17/4/2021).

“Mewakili seluruh kader, pengurus, simpatisan dan segenap keluarga besar PDI Perjuangan, saya menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya ibunda Gubernur Kalimantan Barat, almarhumah Hj. Djaedah binti Said Lijam. Semoga mendiang ibunda Pak Gubernur ditempatkan di sisi-Nya yang paling baik serta diampuni segala kesalahannya selama di dunia,” ungkap Lasarus dalam keterangan pers yang dibagikannya, Sabtu (17/21).

Lasarus melanjutkan, segenap keluarga besar PDI Perjuangan Kalimantan Barat juga mendoakan keluarga yang ditinggalkan. Semoga, kata dia, keluarga besar Sutarmidji diberi keikhlasan dan ketabahan.

“Kepada Pak Gubernur dan seluruh keluarga besarnya, kiranya diberi ketabahan atas kehilangan ini,” harap Ketua Komisi V DPR RI tersebut.

Mendiang Hj. Djaedah wafat pada usia 85 tahun. Sebelum dimakamkan di TPU Jalan Merdeka, Gang Merak 1, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, almarhumah terlebih dahulu disemayamkan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Tangis Tak Terbendung Gubernur Kalbar Sutarmidji Melepas Ibundanya

Published

on

By

Tangis Tak Terbendung Gubernur Kalbar Sutarmidji Melepas Ibundanya
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum berduka

Gencil News – Innalillahi Wainnalillahi Rodjiun, kabar duka datang dari keluarga besar Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak Mulyadi, ibunda tercinta, Hj Djaedah binti Said Lajim telah meninggal dunia pada Sabtu (17/4).

Duka mendalam dirasakan orang nomor satu di Kalbar ini. Karena harus ikhlas kehilangan ibunya yang merupakan sosok sangat penting perjalanan kesuksesan Sutarmidji.

Pada peringatan hari ibu tahun 2020 lalu. Sutarmidji mengungkapkan jasa ibunya yang berpegaruh sebagai pembentuk karakter yang ulung. Juga sosok yang selalu memberi ketenangan dalam kondisi apapun dan senantiasa ikhlas.

Keluarga besar Gubernur Sutarmidji beserta kerabat dan handai taulan ikut mengantarkan almarhumah ke tempat peristirahatan terakhir di TPU Jalan Merdeka, Gang Merak 1, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota, Sabtu (17/4) sore.

Gubernur Kalbar Sutarmidji saat memakamkan ibundanya Hj Djaedah binti Said Lajim

Terlihat Sutarmidji tak mampu membendung air matanya saat melepas sang ibunda untuk terakhir kali.

Sambil menahan haru, Sutarmidji atas nama keluarga meminta maaf sebesar-besarnya jika ada yang tidak berkenana dengan ibundanya semasa hidup. Ia juga mengucapkan terima kasih atas doa yang semua pihak untuk almarhumah.

“Kami atas nama keluarga meminta maaf yang sebesar-besarnya. Jika dalam sehari-hari ada yang merasa tidak berkenan saat berhubungan dengan beliau,” ucap Sutarmidji


Continue Reading

Lintas Kalbar

DirLantas Bagikan Takjil, Imbau Warga Tertib Lantas dan Prokes

Published

on

DirLantas Bagikan Takjil, Imbau Warga Tertib Lantas dan Prokes
Kegiatan dilaksanakan di tiga titik ruas jalan yaitu di Bundaran Untan, ruas jalan perempatan Garuda dan di perempatan Brimob. - Foto/Data : Polda Kalbar

Gencil News – Dirlantas Polda Kalbar, Kombes Pol Agus Dwi Hermawan melalui divisi  Ditlantas Polda Kalbar berbagi takjil untuk berbuka puasa pada masyarakat pengguna jalan, Jum’at (16/04/2021).

Kegiatan dilaksanakan di tiga titik ruas jalan yaitu di Bundaran Untan, ruas jalan perempatan Garuda dan di perempatan Brimob.

“Sore ini kita bagikan sekitar 300 lebih paket takjil kepada masyarakat. Di bulan Ramadhan dan masih dalam pandemi Covid19, kita peduli, berempati dan berbagi kepada masyarakat pengguna jalan” ungkapnya.

Harapannya, melalui kegiatan ini dapat membangun masyarakat yang tertib berlalu lintas, menghormati orang lain di jalan dan meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan 3M memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna memutus penyebaran Covid-19. Selain itu, masyarakat di imbau agar selalu mematuhi aturan berlalu lintas,” jelas Agus Dwi Hermawan.

Kegiatan ini juga akan di laksanakan selama bulan suci Ramadhan secara bertahap di ruas jalan yang lain. Dalam Operasi Kepolisian Keselamatan Kapuas diharapkan masyarakat dapat beraktifitas di jalan dengan selamat, aman dan nyaman, tutup Dirlantas.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un Telah Berpulang ke Rahmatullah, Ibunda Gubernur Kalbar

Published

on

Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un Telah Berpulang ke Rakhmatullah, Ibunda Gubernur Kalbar

Gencil News – Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un Telah Berpulang ke Rahmatullah, Ibunda Gubernur Kalbar Sutarmidji, Hj. Jaedah Binti Said Lazim.

Kabar duka ini didapatkan redaksi dari pihak keluarga

“Innalillahi wainailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rakhmatullah Ibunda bapak H. Sutarmidji SH,M.Hum siang ini, semoga almarhumah di beri kan tempat yg paling mulia di sisi Allah SWT” tulis WA yang didapatkan redaksi.

Jenazah akan disholatkan di pendopo Gubernur Kalimantan Barat, dan akan dimakamkan lepas ashar.

Foto foto pemakaman Almarhumah

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING