Sutarmdiji Paparkan Inovasi dan Kolaborasi Keterbukaan Informasi Publik
Connect with us

Lintas Kalbar

Sutarmdiji Paparkan Inovasi dan Kolaborasi Keterbukaan Informasi Publik

Published

on

Gubernur Kalbar Sutarnidji

Gencil News – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), H. Sutarmidji, memaparkan mengenai Inovasi dan Kolaborasi Keterbukaan Informasi Publik secara virtual.

Dalam paparannya, Gubernur Kalimantan Barat menjelaskan jajarannya menginput sebuah data-data untuk masuk ke Data Analityc Room.

Gubernur berharap Data Analityc Room ini berpusat untuk seluruh data dan harus terintegrasi.

“Termasuk dana APBD ada berapa dan kemudian proyek ini dikerjakan perusahaan apa dan dimana lokasinya, berapa nilainya, sampe seperti itu akan kita buat,” harap H.Sutarmidji,S.H,M.Hum.

Gubernur menegaskan semua data harus transparan sehingga tidak ada kecurigaan-kecurigaan lain terhadap penyelenggara.

“Kemudian, data penduduk miskin harus bisa diakses by name by address. Kemudian, beasiswa pendidikan, bantuan sosial, dan hibah, semua harus transparan di Data Analytic Room ini, sehingga tidak ada kecurigaan-kecurigaan lain terhadap penyelenggaraan,” tegas Gubernur Kalbar

Baca juga   Wagub Kalbar Ria Norsan, Selamat Ulang Tahun Ke 53

Gubernur juga menjelaskan Kalimantan Barat mempunyai suatu sistem inovasi yang namanya Sistem Kelola Daftar Informasi Publik (SIKEDIP) yang dapat diakses melalui android dan sistem ini mempersentasikan data yang ada di Kab/Kota se-Kalimantan Barat.

“Informasi ini mengakses apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya tentang kebakaran lahan, kondisi-kondisi proyek apa yang sedang dikerjakan, semua bisa dilihat,” jelas Gubernur.

Gubernur juga berharap semakin masyarakat banyak mengetahui, semakin mereka ingin berpartisipasi dalam pembangunan.

“Terutama dalam hal pengawasan kegiatan-kegiatan proyek lapangan, supaya dikerjekan sesuai dengan speknya dan sebagainya,” harap Gubernur.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Pemprov Kalbar Siap Bantu Pembangunan Masjid Seluruh Daerah

Published

on

By

Pemprov Kalbar Siap Bantu Pembangunan Masjid Seluruh Daerah
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H.,(Picture by Adpim Kalbar)

Gencil News – Wagub Kalbar, Ria Norsan mengatakan, Pemprov Kalbar akan terus mendukung dan berupaya untuk membantu pembangunan rumah ibadah melalui program bantuan sosial.

Hal ini ia ungkapkan saat menghadiri peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Az-Zamir di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (22/10/2021).

Ia berharap dengan adanya pembangunan Masjid Az-Zamir dapat membawa manfaat untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan bagi umat muslim. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga bisa menjadi tempat aktivitas keagamaan dan sosial lainnya.

“InshaAllah, Pemprov Kalbar akan mendukung melalui program bantuan sosial. Silahkan masyarakat untuk mengajukan permohonan, inshaAllah akan kami bantuan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” jelas Ria Norsan.

Baca juga   Permen No 1 Tahun 2021 Melarang Ikan Belida Untuk Dikonsumsi

Ia mengakui bahwa ada beberapa proses pembangunan masjid yang terhambat pembangunannya. Dengan itu ia meminta kepada masayarakat untuk mengerti dan kompak dalam proses pembangunan.

“Panitia pembangunan masjid akan menemukan banyak tantangan, seperti menghimpun dana untuk pembangunan masjid. Oleh karena itu, saya minta tetap jaga kekompakan agar pembangunan masjid ini berjalan dengan lancar,” terangnya

Wagub mengajak masyarakat untuk saling membantu dalam proses pembangunan Masjid Az-Zamir yang diharapkan dapat menjadi sarana pembinaan keagamaan.

“Saya harap Masjid Az-Zamir dapat berfungsi maksimal dalam segala bentuk kegiatan keagamaan dan dapat meningkatkan kualitas keagamaan masyarakat,” pungkasnya

Continue Reading

Lintas Kalbar

Gubernur Kalbar Berharap Tak Ada Sekat-sekat Dalam Keberagaman

Published

on

By

Gubernur Kalbar Berharap Tak Ada Sekat-sekat Dalam Keberagaman
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, (Sumber Adpim Kalbar)

Gencil News – Provinsi Kalimantan Barat terdiri dari beragam suku, budaya, dan agama. Keberagaman tersebut tentunya harus tetap menjaganya sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan bahwa masyarakat harus menghilangkan sekat-sekat perbedaan tersebut. Agar terciptanya tatanan sosial berasaskan pola pikir NKRI.

“Saat berbicara tentang kesejahteraan dan kemajuan daerah, saya berharap kita dapat menghilangkan sekat-sekat perbedaan dengan menggunakan pola pikir NKRI. Kondusifitas ini, dibutuhkan untuk membangun Kalbar,” ungkap H. Sutarmidji S.H., M.Hum saat membuka kegiatan Seminar Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 oleh Wanita Katolik Republik Indonesia, Jumat (22/10/2021).

Ia berharap seminar ini bisa menghasilkan ide-ide program untuk wanita Katolik di kemudian hari. Kalbar membutuhkan ide seperti percepatan membangun Kalimantan Barat tanpa batasan etnis dan agama, tetapi berfikir untuk kesejahteraan bersama.

Baca juga   RKPD Kalbar Mantapkan Pembangunan Berkelanjutan

“Saya harap semua pihak harus bersama-sama membangun NKRI,” harap Gubernur.

Menurutnya, wanita Katolik harus selalu melihat data saat ingin melaksanakan suatu kegiatan agar dapat menentukan langkah yang akan diambil.

“Ini suatu pola. Etos kerja harus menjadi perhatian,” pinta H. Sutarmidji.

Pada akhir sambutannya, Gubernur Kalbar berharap organisasi kemasyarakatan Wanita Katolik Republik Indonesia berpartisipasi mengadakan kegiatan vaksinasi massal. Pemerintah akan mendukung kegiatan tersebut karena vaksinnya tersedia.

Wanita Katolik Provinsi Kalimantan Barat merupakan organisasi sosial keagamaan yang memandang perlu untuk berperan aktif membantu pemerintah dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalbar, khususnya dalam hal mewujudkan masyarakat Kalbar dan umumnya Indonesia untuk selalu hidup berdampingan denga damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berlandaskan ajaran sosial gereja.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Hari Jadi Kota Pontianak, Rute Angkutan Barang dialihkan Selama 2 Hari

Published

on

By

Hari Jadi Kota Pontianak, Rute Angkutan Barang dialihkan Selama 2 Hari
Surat Edaran Dinas Perhubungan Kota Pontianak terkait pengalihan rute angkutan barang

Gencil News – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak mengeluarkan surat edaran pengalihan rute angkutan barang. Hal ini sehubungan adanya acara memperingati hari jadi Kota Pontianak ke-250 tahun. 2021.

Dengan itu, Dishub melakukan penutupan pada jalan Rahadi Oesman mulai hari Jumat tanggal 22 Oktober 2021 pukul 15.00 WIB. Aturan ini berlaku hingga hari Sabtu 23 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB.

Dishub menghimbau kepada masyarakat untuk mengalihkan rute kendaraan angkutan barang dari dan menuju pelabuhan Pontianak melalui Jalan Zainudin, Jalan Sudirman dan Jalan Tanjungpura selama penutupan tersebut.

Sebelumnya Pemkot Pontianak juga telah melakukan serangkaian perayaan hari jadi Kota Pontianak yang ke-250 tahun.

Baca juga   Valentino Rossi Naik Podium Lagi, Setelah Absen 1 Tahun 102 Hari

Pagelaran seperti karnaval dengan berpakaian khas Melayu Pontianak, yakni telok belanga bagi laki-laki dan baju kurung dikenakan perempuan. Karnaval menyusuri Sungai Kapuas ini merupakan rangkaian Napak Tilas Perjalanan Sultan Pontianak I, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie, yang digelar Istana Kadriah Kesultanan Pontianak, Rabu (20/10/2021).

Rombongan karnaval kapal dan sampan tersebut memulai perjalanan dari dermaga di tepian sungai Istana Kadriah menuju ke Makam Batu Layang. Perjalanan ini untuk berziarah ke Makam Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengikuti seluruh rangkaian napak tilas. Mengenai sejarah awal berdirinya Kota Pontianak dalam rangka Hari Jadi ke-250 Kota Pontianak. Menurutnya, selama ini Pemerintah Pemkot menggelar ziarah ke Makam Batu Layang setiap tahunnya.

Baca juga   Hari Batik Nasional 2020, Batik Mendukung Pengembangan Wisata Kalbar

Namun tahun ini pihaknya mulai berkolaborasi dengan Kesultanan Kadriah untuk bersama-sama melaksanakan ziarah. Kegiatan tersebut dikemas dalam napak tilas sehingga tidak hanya sekadar seremonial saja.

“Akan tetapi ada rangkaian napak tilas seperti karnaval tadi menyusuri Sungai Kapuas. Insya Allah tahun depan akan kita selenggarakan lebih besar lagi, baik peserta, anggaran maupun kreativitasnya,” ujarnya.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Sebelas Daerah di Kalbar Masuk Level 3, Tiga Lainnya Level 2

Published

on

By

Sebelas Daerah di Kalbar Masuk Level 3, Tiga Lainnya Level 2
ilustrasi

Gencil News – Sebaran Covid-19 di Kalbar belakangan ini mengalami penurunan pada sejumlah daerah. Hal ini karena program vaksinasi oleh pemerintah terus digencarkan.

Akan tetapi per tanggal 20 Oktober 2021, Gubernur Kalbar, Sutarmidji merilis informasi terbaru melalui laman facebook pribadinya @bangmidji. Ia menyebut bahwa sebelah daerah di Kalbar berada pada level 3.

Sebelas wiliyah tersebut yaitu, Kabupaten Sekadau, Kapuas Hulu, Mempawah, Melawi, Sanggau, Landak, Kubu Raya, Ketapang, Bengkayang, Sintang, dan Kabupaten Sambas.

Sementara Kota Singkawang, Pontianak dan Kabupaten Kayong Utara berada pada level 2. Kondisi ini karena capaian vaksinasi pada wilayah tersebut masih rendah.

“Assalamu’alaikum, Sesuai penilaian satgas nasional, di Kalbar hanya Pontianak, Singkawang dan KKU yang level 2 yang lainnya level 3. ini dikarenakan capaian vaksin yang rendah padahal vaksin tersedia,” tulis Gubernur Kalbar, Rabu (20/10/2021).

Baca juga   Gubernur Sutarmidji Bertemu Cornelis, Ada Apa?

Ia mengungkapkan saat ini ketersediaan vaksin di Kalbar hanya 500 ribu dosis vaksin.

“Di Kalbar saat ini ada tersedia lebih 500 ribu dosis vaksin,” ungkapnya

Gubernur Sutarmidji menghimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi ke pusat vaksinasi.

“Saya himbau masyarakat untuk segera ke pusat pusat vaksinasi massal atau ke Puskesmas, tanpa bayar, agar anda mudah beraktivitas. Terima kasih kepada masyarakat Kalbar yang sudah divaksin. Vaksin akan memproteksi anda . Dengan vaksin anda sudah menjaga diri anda dan orang sekitar anda dari akibat fatal Covid 19,” pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING