Wagub Kalbar Menyoroti Angka Stunting di Kayong Utara
Connect with us

Lintas Kalbar

Wagub Kalbar Menyoroti Angka Stunting di Kayong Utara

Published

on

Wagub Kalbar Menyoroti Angka Stunting di Kayong Utara

Gencil News – Wagub Kalbar menyoroti angka stunting yang ada di Kayong Utara sebesar 26 persen, sedangkan Provinsi Kalbar sebesar 22 persen.

“Kayong Utara angka stunting atau angka kematian ibu melahirkan cukup tinggi, persentasenya di atas Kalbar. Ini juga menjadi perhatian bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara,” ujarnya.

Pada tahun 2022 Pemprov. Kalbar menargetkan penurunan angka kemiskinan Kalbar 7,21-7,23 persen, tingkat pengangguran terbuka 5,53-4,29 persen.

“Target penurunan angka kemiskinan di Kayong Utara sebesar 9,3 persen. Untuk target tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,7 persen dengan capaian 2020 telah mencapai target 2022,” jelas H. Ria Norsan.

Dia menambahkan IPM Kalbar di tahun 2022 diharapkan mencapai 70,29 persen, namun target Kayong Utara masih 64,29 persen, dikarenakan IPM Kayong Utara terendah se-Kalbar.

“Penetapan target tersebut diharapkan untuk dilakukan penyesuaian terhadap dampak pandemi Covid-19, karena target yang ditetapkan masih terlampau jauh dari capaian 2020. Untuk itu, perencanaan pembangunan, kita harus bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam membantu pemulihan ekonomi nasional,” tambahnya.


Wagub Kalbar kembali mengingatkan bahwa perencanaan itu harus menggunakan data yang solid dan valid, agar hasil yang dicapai akan baik.


“Bagaimana kita bisa mengukir suatu perencanaan dengan baik, apabila data yang digunakan tidak solid ataupun valid,” tutupnya.


Sementara itu Wakil Bupati Kayong Utara, H. Effendi Ahmad, S.Pd.I., mengatakan terkait pencapaian visi dan misi pembangunan Kayong Utara dalam Indikator IPM, serta penurunan persentase penduduk miskin dan tingkat pengangguran terbuka perlu mendapatkan perhatian secara khusus.


“Saya menginginkan adanya perhatian serius dari Perangkat Daerah Kayong Utara, untuk senantiasa melakukan sinkronisasi dan sinergitas terhadap program kegiatan dan pembangunan yang telah disusun, sehingga tidak berjalan masing-masing,” pintanya.

Dia mengapresiasi pada masa pandemi ini Kabupaten Kayong Utara berada dalam zona kuning. Untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19 ini, proses vaksinasi sampai saat ini masih berjalan

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, kami sangat mengapresiasi atas kerja keras dan kontribusi dari seluruh lembaga dan komponen masyarakat untuk tetap menjaga dan patuh protokol kesehatan,” ucapnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Surat Keterangan Palsu Penyebab Utama Covid-19 Melonjak di Kalbar

Published

on

Surat Keterangan Palsu Penyebab Utama Covid-19 Melonjak di Kalbar

GencilNews – Surat keterangan Palsu diduga menjadi penyebab utama dari melonjaknya kasus covid-19 di Kalbar. Diduga nama sebuah laboratorium pun dicatut untuk melancarkan aksi tidak terpuji ini.

“Berdasarkan laporan dari salah satu Laboratorium adanya Indikasi Surat Keterangan Negatif Covid palsu yang mengatasnamakan Lab. mereka, khusus tujuan Pontianak, maka kita akan memperketat pemeriksaan di Bandara.”tulis Gubernur Kalbar pada laman Facebooknya.

Selanjut masih Dalam unggahan pada status facebook, Gubernur Kalbar Sutarmidji, Gubernur juga menyampaikan sejumlah indikasi penyebab terjadinya lonjakan kasus covid-19 di Kalbar.

Surat Keterangan Palsu Penyebab Utama Covid-19 Melonjak di Kalbar
Surat Keterangan Palsu Penyebab Utama Covid-19 Melonjak di Kalbar

“Diperkirakan Surat Keterangan palsu  ini penyebab utama melonjaknya kasus Covid di Kalbar, dimana angka kematian naik dari 34 jadi 64 dlm waktu 3 bulan, kasus aktif dari 500 an , sekarang lebih 1000an. “ tulis Sutarmidji.

Menyikapi hal ini, Gubernur Sutarmidi menyebut akan semakin memperketat penerapan disiplin protocol kesehatan di Kalbar.

“Saya selaku Ketua Satgas Prov Kalbar akan semakin ketat. Aktivitas silakan, asal pakai masker, jaga jarak, tidak buat kerumunan . Kita jangan bosan mengingatkan dan bertindak utk keselamatan kita bersama” pungkasnya.

Selanjutnya kejadian ini diselesaikan secara mediasi, dan tangani oleh pihak Polsek Pontianak Selatan.
Continue Reading

Lintas Kalbar

ASN PRIMA Kalbar Terapkan Budaya Kerja, Bersih Diri Bersih Lingkungan

Published

on

Gencil News – ASN PRIMA Kalbar Terapkan Budaya Kerja, Bersih Diri Bersih Lingkunga. ASN PRIMA Pemerintah Provinsi Kalbar terapkan budaya kerja ASN PRIMA bernilai integritas point bersih diri bersih lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan kerjasama dengan Biro Organisasi dengan

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan Budaya Kerja ASN PRIMA antara Perangkat Daearah dan Bank Sampah yang terselenggara pada hari Selasa, 11 Mei 2021.

Hal ini sebagai awal mula seluruh ASN Pemprov Kalbar dimintakan untuk menjadi ASN PRIMA (Pintar Pilah Sampah) sebagai bagian dari budaya kerja integritas.

Untuk menunjang keberhasilan program tersebut. Pemprov Kalbar bekerjasama dengan 5 Bank Sampah.

Salah satu programnya untuk mengambil sampah bernilai ekonomis pada masing-masing PD secara berkala. Adapun sistem pelaksanaannya yaitu pada setiap hari Jumat setiap 2 minggu sekali.
Sementara itu hasil dari program ini dengan cara menjual sampah anorganik bernilai ekonomis.

Pemprov mendonasikan hasil penjualannya untuk petugas kebersihan pada lingkungan Perangkat Daerah masing-masing untuk keperluan pendidikan anak atau lainnya.
Agenda penandatanganan komitmen ASN PRIMA dan lembaga komitmen lainnya.

Acara tersebut jugs selingi dengan agenda publikasi Repository SOP (Standar Operasional Prosedur) dan Standar Pelayanan Publik Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat.
Pada agenda Repository SOP tersebut fokus pada publikasi informasi pelayanan publik.

Termasuk juga informasi harian, SOP dan Standar Pelayanan Publik seluruh perangkat daerah telah terpublikasi pada satu protal data Pemprov Kalbar.

Selain itu, publikasi informasi Standar Pelayanan Publik juga telah rilis pada di website Perangkat Daerah.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Pelayanan SAMSAT Kembali Aktif Pada 17 Mei

Published

on

Pelayanan SAMSAT Kembali Aktif Pada 17 Mei

Gencil News –  Menindaklanjuti keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB Nomor 281 Tahun 202, Nomor 1 Tahun 2021 tentang hari Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021.

Untuk Pelayanan Samsat Ditutup Mulai 12 Mei – 16 Mei. Seluruh pelayanan samsat akan dibuka kembali pada tanggal 17 mei 2021 dengan menyesuaikan jam pelayanan sebelum bulan ramadhan 1442 H.

Selanjutnya kejadian ini diselesaikan secara mediasi, dan tangani oleh pihak Polsek Pontianak Selatan.


Bagi wajib pemilik kendaraan yang jatuh tempo pada tanggal 12 s.d 16 mei 2021 (hari libur) diberikan penangguhan sanksi administrasi (denda) sampai pada tanggal 17 Mei 2021 untuk melakukan pembayaran pajak.



Jangan lupa hari senin tanggal 17 mei 2021 langsung dibayarkan pajak.

Continue Reading

Lintas Kalbar

500 Paket Sembako Untuk Marbot dan Takmir Masjid di Pontianak

Published

on

500 Paket Sembako Untuk Marbot dan Takmir Masjid di Pontianak

Gencil News – Sebanyak lima ratus paket sembako secara simbolis diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalimantan Barat yang juga Wakil Gubernur Ria Norsan kepada beberapa Marbot dan Takmir masjid yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya.

Selanjutnya kejadian ini diselesaikan secara mediasi, dan tangani oleh pihak Polsek Pontianak Selatan.

“Alhamdulillah hari ini kita menyerahkan bantuan kepada Marbot dan juga Takmir masjid yang ada di Kota Pontianak, Sambas, Mempawah, dan beberapa kabupaten lain juga sudah kita serahkan”, ungkap H. Ria Norsan saat diwawancara di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Senin (10/5/2021).

Lebih lanjut Ria Norsan mengatakan, sangat berterima kasih sekali kepada pihak Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Barat yang telah membantu dan juga memberikan perhatian kepada pengurus masjid tersebut. “Dan mudah-mudahan Bank Indonesia perwakilan Kalbar ini mendapat balasan yang terbaik dari Allah SWT”, jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun. Dengan dukungan Bank Kalbar, Pegadaian, Bank Indonesia perwakilan Kalbar, serta beberapa pengusaha lain yang ada di Kalbar. Saat ini, kata Ria Norsan, ada sedikit perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya.

Di akhir wawancara beliau mengungkapkan, sebelum adanya pandemi Covid-19, pemberian bingkisan paket sembako biasanya dilaksanakan di lapangan masjid. Sebanyak seribu jemaah diundang dan kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

“Untuk tahun ini, sekitar lima ribu paket sudah kita serahkan kepada pengurus masjid,” tutupnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalbar Agus Chusaini mengutarakan, pelaksanakan kegiatan sosial telah dilaksanakan pada Senin sore ini. Dia menambahkan, kegiatan pemberian bantuan kepada pengurus masjid ini terselenggara atas kerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING