Wakil Ketua KPK RI Ungkap Delapan Titik Rawan Korupsi di Kalbar
Connect with us

Lintas Kalbar

Wakil Ketua KPK RI Ungkap Delapan Titik Rawan Korupsi di Kalbar

Published

on

Wakil Ketua KPK RI Ungkap Delapan Titik Rawan Korupsi di Kalbar
Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., Wakil Gubernur Kalbar, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., Wakil Ketua KPK RI, Alexander Marwata, Ketua DPRD Prov Kalbar, M Kebing L, Kakanwil ATR/BPN Kalbar, Ery Suwondoh, Kepala BPKP Kalbar Dikdik Sadikin, Seluruh Bupati/Walikota didampingi Sekretaris Daerah dan Inspektur se-Kalimantan Barat beserta beberapa instansi terkait lainnya.

Gencil News – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) melalui Kedeputian Koordinasi dan Supervisi (Korsup) melakukan serangkaian kegiatan koordinasi dengan sejumlah instansi di Kalimantan Barat.

Rakor ini dalam rangka pelaksanaan program pemberantasan tindak pidana korupsi terintegrasi di Kalbar. Rakor tersebut sudah terlaksana sejak 20 hingga 22 Oktober 2021 dengan menyasar sejumlah instansi. Salahsatunya Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Seluruh Provinsi Kalbar,

Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang hadir pada rakor yang berlangsung di kantor Gubernur tersebut mengatakan perlu adanya percepatan terobosan dari ATR/BPN terkait sertifikasi lahan milik pemerintah. Kemudian, aset pemerintah daerah banyak yang tidak terpakai karena proses HPL yang cukup lama.

Baca juga   Diminta Untuk Maju Sebagai Gubernur Kalbar, Ini Jawaban Lasarus

“Kalau dibiarkan kosong, menimbulkan keributan. Oleh karena itu, dibutuhkan regulasi dari ATR/BPN terkait percepatan sertifikasi aset-aset pemda,” tegas Sutarmidji, Kamis (21/10/2021).

Gubernur menyebut jika terkait pemberantasan korupsi, bagai buah simalakama bagi para kepala daerah. Karena masalah anggaran kerap muncul walaupun menggunakan berbagai macam peraturan.

“Hal tersebut membingungkan bagi kami. Seharusnya, mengutamakan edukasi, kemudian penindakan,” jelas Gubernur.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK RI, Alexander Marwata membeberkan rangkaian kegiatannya di Kalbar. Seperti melakukan Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di Kalbar. Kuliah Umum di Perguruan Tinggi, Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pencegahan Korupsi di Universitas Tanjungpura.

Ia menyebut jika rangkaian kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi upaya penguatan tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

Baca juga   Anggota Pasukan Pengawal Paus Mundur Karena Menolak Divaksin

“KPK telah memetakan dan mengidentifikasi titik rawan korupsi di daerah yang meliputi 8 area intervensi yang terangkum dalam Monitoring Center for Prevention (MCP), yakni  Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah, dan Tata Kelola Keuangan Desa,” ujarnya.

Perbaikan tata kelola aset

Tak hanya itu, ia juga telah berkoordinasi kepada Pemerintah Daerah, tetapi juga dengan sejumlah instansi terkait lainnya, diantaranya dengan jajaran APH (Kepolisian Daerah dan  Kejaksaan Tinggi), Pengadilan Tinggi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan  Bank Pembangunan Daerah (BPD).

KPK mendorong pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan tata kelola aset daerah. Salah satu muwujudkan hal tersebut dengan fokus melakukan penertiban, pemulihan, dan optimalisasi pemanfaatan aset daerah. KPK juga memfasilitasi kerja sama antara Pemda dengan Kementerian ATR/BPN hingga jajaran Kanwil dan Kantah untuk mendorong sertifikasi aset daerah.

Baca juga   Sutarmidji Sebut Madu Kapuas Hulu Manjur Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kemudian, ia mengatakan bahwa KPK juga turut memfasilitasi kerja sama antara Pemda dengan pihak Kejaksaan dalam proses penertiban dan pemulihan aset-aset bermasalah, baik melalui proses litigasi maupun non litigasi

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Hadapi Nataru, Gubernur Minta Kabupaten Kota Terapkan Inmendagri

Published

on

By

Gubernur Kalbar, Sutarmidji
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum,

Gencil News – Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru, Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta seluruh kabupaten kota mengimplementasikan aturan inmendagri nomor 62 tahun 2021.

“Walaupun Covid-19 ini melandai, tapi status pandemi masih berlaku,” ujar Gubernur Kalbar, Senin (29/11/2021).

Saat Nataru, Gubernur mengatakan tidak akan dilakukan penyekatan pada ruas jalan sebagaimana aturan pemerintah pusat. Akan tetapi penerapan SOP protokol kesehatan dan syarat perjalanan akan tetap dilakukan.

“PCR masuk ke Kalbar tetap berlaku, bahkan kapal laut juga akan dilakukan pengetatan,” terangnya.

Menurutnya untuk menghindari varian baru yang masuk dari luar negeri sangat sulit di Kalbar. Hal ini karena Kalbar memiliki beberapa pintu masuk perbatasan Kalbar dengan negara lain.

Baca juga   Sutarmidji Sebut Madu Kapuas Hulu Manjur Tingkatkan Imunitas Tubuh

“Lebih mudah menjaga pintu masuk di bandara Soekarno Hatta  ketimbang menjaga perbatasan di Kalbar, pintu resmi memang cuma 3 tapi pintu tak resmi ratusan,”ungkap Gubernur

Ia juga mengkhawatirkan PMI yang pulang dari Malaysia ke Indonesia. Ia meminta Pangdam untuk memperketat pengamanan perbatasan.

Diakuinya, Gubernur juga telah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri. Nantinya Mendagri akan membantu pengadaan mobile PCR yang nantinya akan ditempatkan di Aruk Sambas. Hal ini bertujuan agar pemeriksaan PMI yang masuk ke Indonesia khususnya Kalbar bisa lebih cepat.

“Capaian vaksinasi saat ini di Kalbar baru berada pada 42%, tapi saya maunya 60% keatas pada akhir tahun,” tegasnya.

Untuk di Kalbar sendiri, Sutarmidji mengaku khawatir dengan kasus Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya, Hal ini karena capaian vaksinasi yang masih kecil sementara jumlah penduduknya banyak.

Baca juga   Cegah Kerumunan, Polresta Pontianak Tutup Beberapa Ruas Jalan

“Yang saya khawatirkan itu Kubu Raya, baru mencapai 40%. Karena penduduknya banyak,” pungkasnya.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Sutarmidji Beri Hadiah Sarana dan Prasarana Bagi Peraih Medali PON XX

Published

on

By

Sutarmidji Beri Hadiah Sarana dan Prasarana Bagi Peraih Medali PON XX
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum, saat menyematkan medali kepada juara tarung derajat

Gencil News – Sejumlah atlet Kalbar mengikuti kejuaraan daerah Tarung Derajat Kalimantan Barat Tahun 2021. Kejuaraan ini berlangsung tanggal 25-28 November 2021 di Lapangan Tenis Indoor IAIN Pontianak secara resmi ditutup Gubernur Kalbar, Minggu (28/11/2021).

Gubernur mengapresiasi pengurus daerah tarung derajat yang telah melahirkan atlet berprestasi. Ia mengharapkan kejuaraan ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pengurus Daerah (Pengda) Tarung Derajat atas dedikasinya melahirkan para atlet yang telah mengharumkan nama baik Kalimantan Barat melalui berbagai pembinaan, serta bisa melaksanakan kejuaraan daerah secara rutin. Saya berharap juga terus melakukan pembinaan,” harap Gubernur

Gubernur juga menjanjikan bonus kepada atlet yang telah meraih medali pada ajang PON XX Papua.

Baca juga   Pembatasan Kuota Mahasiswa Keguruan Wajib di Kaji

“Insya Allah, para atlet peraih medali di PON XX Papua akan menerima bonus yang jumlahnya sama dengan PON sebelumnya. Walaupun kondisi keuangan daerah sedang tidak begitu baik karena pandemi Covid-19. Tetapi prestasi para atlet harus dihormati dan dihargai. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terealisasikan,” terangnya

Kemudian, Gubernur juga meminta para pengurus daerah dan pengurus cabang untuk serius dalam memimpin dan memajukan olahraga.

“Ketua Pengda harus orang yang menjiwai dan berkeinginan kuat memajukan olahraga. Bukan hanya berstatus sebagai ketua. Saya harap para ketua pengurus daerah dan cabang bisa menjiwai, paham, dan memiliki tujuan memajukan olahraga yang dipimpinnya. Itu yang sangat saya harapkan,” tegasnya.

Baca juga   Diminta Untuk Maju Sebagai Gubernur Kalbar, Ini Jawaban Lasarus
Reward

Selain itu, Gubernur menyampaikan perlu ada reward berupa sarana dan prasarana bagi cabang olahraga yang berprestasi, seperti tempat latihan rutin.

“Saya akan lihat lokasinya dimana. Mungkin juga satu lokasi yang bisa digunakan oleh beberapa cabang olahraga, seperti tempat latihan tarung derajat yang bisa digunakan untuk beberapa cabang olahraga. Mudah-mudahan hal tersebut bisa terwujud pada masa pemerintahan saya,”pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo selaku Ketua Umum Pengprov Kodrat Kalbar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Kalbar yang telah memberikan atensi dan perhatian yang luar biasa.’

“Pemprov Kalbar memberikan atensi yang sangat luar biasa terhadap seluruh cabang olahraga dan saya saya sangat mengapresiasi hal tersebut,” ungkap Sujiwo.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Gubernur Kalbar: Pengabdian Saya Hanya Untuk Daerah Ini Saja

Published

on

By

Gubernur Kalbar: Pengabdian Saya Hanya Untuk Daerah Ini Saja
Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H, M. Hum,

Gencil News – Hari ini, 29 November 2021 menjadi moment bahagia orang nomor satu di Kalbar. Hai ini merupakan hari ulang tahun Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang ke 59 tahun.

Diketahui perjalanan karirnya cukup panjang dengan menduduki beberapa jabatan sebelumnya. Ia pernah menjabat sebagai Pegawai Negeri selama 13 tahun, menjabat sebagai anggota DPRD Kota Pontianak selama 7 tahun, Wakil Wali Kota 4,5 tahun, kemudian menjabat sebagai Wali Kota 2 periode.

“Allah sudah memberikan segalanya untuk saya, sekarang ini untuk saya dan keluarga kita sudah selesia, tidak ada lagi yang mau dicari. Selain dari sisa usia untuk pengabdian daerah ini (Kalbar). Makanya kalau saya sering ngomel marah itu bukan untuk saya, saya inginnya ada percepatan kemajuan Kalbar dan prestasi, itu saja,” ungkap Gubernur Sutarmidji, Senin (29/11/2021).

Baca juga   Pembatasan Kuota Mahasiswa Keguruan Wajib di Kaji

Ia menegaskan karir puncaknya hanya sampai pada jabatan sebagai Gubernur.

“Karir puncak saya di Gubernur, jangan lagi mikir mau jadi ini itu. Pengabdian diri saya hanya untuk daerah ini saja,” tegasnya

Ia ingin anak cucunya kelak mengenang sosoknya dengan prestasi-prestasi selama masa jabatannya. Kemudian ia juga hanya ingin memberi kesan terbaik atas perubahan untuk Kalbar yang telah ia lakukan untuk masyarakat.

“Jangan sampai kita jadi pemimpin tapi tidak melakukan apa yang harus kita lakukan,” terangnya.

Menurutnya pro kontra setiap kebijakan merupakan suatu hal yang biasa. Tetapi ia menjelaskan jika niatnya untuk kebaikan dan kemajuan tidak perlu takut.

“Saya mengajak semuanya untuk memajukan Kalbar, saya bicara untuk sesama tidak ada lagi sekat ras, agama, suku dan alumni,” pungkasnya.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Dalam Rangka Hut Armada Ke 76, Lantamal XII Gelar Aksi Donor Darah

Published

on

PEDULI SESAMA LANTAMAL XII GELAR AKSI DONOR DARAH DALAM RANGKA HUT ARMADA KE 76
PEDULI SESAMA LANTAMAL XII GELAR AKSI DONOR DARAH DALAM RANGKA HUT ARMADA KE 76

Gencil News – Dalam rangka menyongsong peringatan HUT Armada ke 76 Tahun 2021,Lantamal XII Pontinanak menggelar kegiatan Donor Darah terhadap Keluarga Besar TNI AL dan Masyarakat Maritim yang ada di Kota Pontianak.

Acara ini berlangsung pada Kamis (25/11/2021) bertempat di Lobby Mako Satrol Lantamal XII Jalan Komyos Sudarso No 1 Pontianak.

Pelaksanaan Donor Darah ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Kotama TNI AL Koarmada I dan jajarannya yang merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual dengan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah bersama jajaran dibawahnya.

Dalam kesempatan ini Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) melakukan Video Convefence ke beberapa jajaran baik Lantamal maupun Lanal, guna melihat langsung pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di seluruh Kotama Jajaran TNI AL.

Baca juga   Gubernur: "Kalau Dilihat Masyarakat Untuk Swab Saja Masih Malas"

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Donor Darah ini, kita dapat menyelamatkan nyawa saudara kita yang tengah membutuhkan darah serta dapat juga meningkatkan produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh kita ditengah pandemic Covid – 19 saat ini. “tegas Pangkoarmada I.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal XII Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo saat dikonfirmasi menyampaikan bawh target dalam kegiatan Door Darah ini, panitia menargetkan sekitar 100 kantong Darah, namun saat ini baru terkumpul 75 Kantong Darah.

Dalam pelaksanaannya aksi Donor Darah ini, Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman, diwakili oleh Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si (Han), dan disampingi Ka. Kuwil Lantamal XII, Kolonel Laut (S) Argen Buana C. Altaran, S.H., Asisten Personel Lantamal XII, Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W, S.P.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING