Connect with us

Lintas Kalbar

Gubernur Kalbar Optimis Pertumbuhan Ekomomi Triwulan 4 Meningkat

Published

on

Gubernur Kalbar Optimis Pertumbuhan Ekomomi Triwulan 4 Meningkat

Gencil News – Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kalbar dimasa pandemi bergerak positif pada triwulan ke 4. Gubernur Kalbar jamin pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat akan terus meningkat dibanding triwulan ke 2 dan triwulan ke 3.

Dimasa pandemi Pemprov Kalbar selain gencar menangani kelonjakan pasien terkonfirmasi covid 19 juga terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dimasa pandemi agar tidak terhenti. Gubernur Kalbar Sutarmidji optimis pertumbuhan ekonomi di Kalbar pada triwulan ke 4 akan meningkat.

“ Saya berani jamin triwulan ke 4 pertumbuhan ekonomi positif “ ujar sutarmidji

Gubernur Kalbar juga meminta agar dana desa dan kas daerah jangan ditahan. Belanjakan saja agar terealisasi semua pembangunan dan pertumbuhan ekonomi terus berjalan.

“ Uang jangan ditahan di kas daerah, Itu untuk masyarakat. belanjakan saja realisasikan “ tegas Gubernur Kalimantan Barat

Gubernur Kalbar juga menerangkan pentingnya APBD dalam peningkatan perekonomian di Kalimantan Barat.

 “ APBD itu sangat punya peran penting dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah ” ujarnya

Kedepan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Gubernur Kalbar ingin ada kegiatan ekonomi . Berdasarkan saran presiden mengenai adanya daerah padat karya. Nantinya Gubernur Kalbar ini akan melakukan perbaikan rumah masyarakat yang rusak parah.

Pemberian bantuan perbaikan rumah masyarakat yang tidak layak huni itu di rincikan dengan total biaya perbaikan 15 juta dan 5 juta biaya bayar tukang.

Itu dari upaya Pemerintah Provinsi Kalbar dalam sektor memulihkan perekonomian di Kalbar. Gubernur juga berharap vaksin covid 19 segera tersedia.

“ Mudah-mudahan vaksin ini segera tersedia “ pungkasnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Sutarmidji Bagikan Pengalamannya Melawan Virus Covid 19

Published

on

By

Sutarmidji Bagikan Pengalamannya Melawan Virus Covid 19
Petugas sedang mengambil sampel swab Gubernur Kalimantan Barat - Foto Humas Prov

Gencil News – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji akui dua kali terpapar virus covid 19. Namun Sutarmidji mampu melawan virus dan bagikan pengalamannya pada masyarakat Kota Pontianak

Sutarmidji dua kali terpapar Covid-19 dengan hasil pemeriksaan swab yang memiliki kandungan copies virusnya mencapai 4,89  tapi masih kategori negatif.  Sedangkan yang kedua terdapat kandungan 24 copies virus dengan kategori Positif Covid-19.

Saat mengetahui hal tersebut Sutarmidji rutin melakukan terapi menggunakan air panas dengan campuran beberapa tetes minyak kayu putih. Menurutnya hal tersebut efektif menjaga pernapasan.

“Jadi saya terapi menggunakan air panas yang ditambah beberapa tetes minyak kayu putih”ujarnya

Mula-mula ia menyiapkan gayung yang berisi setengah gayung air panas kemudian campur dengan tiga tetes minyak kayu putih

“Minyak kayu putih, Bukan minyak angin ye,”tegasnya

Lalu setelah itu tutup permukaan gayung dengan telapak tangan. Letakan hidung dan mulut antara 2 telapak tangan. Setelah itu tiup uap airnya, hirup dengan hidung lalu dengan mulut, selama 3 menit.

Menurutnya kita perlu menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi obat berdasakan resep dari dokter.

“Kalau saya untuk menjaga imunitas tubuh ditambah dengan  istirahat yang cukup, makan buah-  buahan,madu dan lainnya,”ujarnya

Selain itu Gubernur Kalimantan Barat ini juga rutin terapi menggunakan minyak kayu putih seperti yang telah ia jelaskan sebelumnya.

Rutin berjemur dan tidur tidak lebih dari pukul 00:00 WIB. Melakukan isolasi mandiri selama 3 sampai 4 hari juga ia lakukan baru kemudian berkativitas kembali seperti sedia kala.

“Karena kondisi saya sudah negatif jadi boleh bepergian atau beraktivitas, tapi kalau masih positif saya tidak mau berkeliaran,”kata Sutarmidji

Tidak hanya bagikan pengalamannya melawan virus dalam tubuhnya, Sutarmidji juga mencontohkan penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas. Seperti menggunakan sarung tangan dan masker kemudian langsung pulang kerumah untuk menghindari dirinya menularkan virus pada orang lain.

“Sampai saat ini saya telah melakukan swab test rutin sebanyak 9 kali dengan jangka waktu 10 hari sekali,”pungkasnya

Continue Reading

Lintas Kalbar

KI Gelar Silatnas dan Rakornas Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi

Komisi Informasi (KI) Pusat melaksanakan kegiatan Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-11 Komisi Informasi (KI) seluruh Indonesia, 26-28 Oktober 2020 secara daring (dalam jaringan/online).

Published

on

KI Gelar Silatnas dan Rakornas Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Leysandri. Asisten Administrasi dan Umum Sekundus. Dan Kepala Biro Organisasi Rita Hastarita. Turut menghadiri Acara Silatnas dan Rakornas pemulihan kesehatan dan ekonomi melalui adaptasi kebiasaan baru yang berlangsung secara daring. - Foto Humasprov Kalbar

Gencil News – Komisi Informasi (KI) gelar Silatnas dan Rakornas pemulihan kesehatan dan ekonomi melalui adaptasi kebiasaan baru. Acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-11. Acara ini berlangsung secara daring (dalam jaringan/online) 26-28 Oktober 2020.

Ketua KI Pusat Gede Narayana menjelaskan. Pelaksanaan Silatnas dan Rakornas menitikberatkan mengenai inovasi pelayanan Informasi Publik untuk pemulihan kesehatan dan ekonomi melalui adaptasi kebiasaan baru.

“Ada tiga langkah yang akan diputuskan dalam Silatnas dan Rakornas KI seluruh Indonesia,” jelasnya dari Jakarta, Senin (26/10/2020).

Pertama berkoordinasi secara nasional demi sinergitas inovasi pelayanan Informasi Publik dalam pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional melalui Adaptasi Kebiasaan Baru.

Kedua, menetapkan action plan terkait sinergitas inovasi pelayanan Informasi Publik.

“Ketiga, merumuskan langkah-langkah strategis Badan Publik (BP) bersama KI Pusat dan Daerah dalam rangka inovasi pelayanan Informasi Publik,” ungkapnya.

Ketua KI mengharapkan dukungan dari seluruh BP dan jajaran KI seluruh Indonesia meningkatkan komitmen dalam inovasi pelayanan Informasi Publik.

Menurutnya pandemi bukan hambatan bagi BP untuk memberi ruang Access to Information dan Right to Information kepada publik secara inovatif.

“Informasi Publik penting bagi masyarakat, selain untuk mencerdaskan bangsa juga dapat meminimalisasi penyebaran hoaks yang menyesatkan,” katanya.

Sejak awal pandemi, Gede Narayana menyebutkan KI Pusat telah menerbitkan Surat Edaran (SE) KI Pusat Nomor 2 Tahun 2020. Tentang Pelayanan Informasi Publik dalam Masa Darurat Kesehatan Masyarakat Akibat Covid-19.

Keputusan Ketua KI Pusat No.04 Tahun 2020 tentang Pedoman Mediasi dan Ajudikasi Nonlitigas Sengketa Informasi Publik Secara Elektronik.

Bahkan menurut Gede Narayana, SE telah diserahkan ke Gugus Tugas Covid-19, Menteri Kesehatan dan Badan Publik (BP) di tingkat pusat dan daerah sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan Informasi Publik selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat Covid-19.

“SE memberi pedoman dan kepastian bagi BP serta Gugus Tugas Covid-19 untuk pelayanan informasi. Sebab sejak pandemi banyak informasi hoaks beredar sehingga membingungkan masyarakat,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Leysandri. Asisten Administrasi dan Umum Sekundus. Dan Kepala Biro Organisasi Rita Hastarita. Turut menghadiri Aacara Silatnas dan Rakornas pemulihan kesehatan dan ekonomi melalui adaptasi kebiasaan baru yang berlangsung secara daring.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Abussamah ASN Kalbar Masuk Nomine 40 Besar PNS Inspiratif

Published

on

Abussamah ASN Kalbar Masuk Nomine 40 Besar PNS Inspiratif
Abussamah ASN asal Kalbar masuk dalam nomine 40 besar PNS Inspiratif Anugerah ASN 2020 oleh Kemenpan RB. Abussamah bertugas sebagai Satpol PP Provinsi Kalbar - Foto Humasprov Kalbar

Gencil News – Abussamah ASN asal Kalbar masuk dalam nomine 40 besar PNS Inspiratif Anugerah ASN 2020 oleh Kemenpan RB.

Abussamah ASN asal Kalbar terpilih dalam 40 kandidat PNS Inspiratif tahap pertama yang bersaing dengan seluruh PNS se-Indonesia.

Terpilihnya Abussamah berawal dari inisiatif rekan kerjanya, Nur Juliansah. Nur Juliansyah dan Abussamah bertugas pada Satpol PP Provinsi Kalbar.

Juliansah sengaja mendaftarkan Abussamah sebagai peserta penerimah Anugerah ASN 2020. Menurutnya Abussamah adalah pribadi yang dapat menginspirasi ASN lainnya.

Abussamah merupakan satu dari 100 ASN se-Indonesia yang terpilih sebagai nomine untuk bersaing menerima Anugerah ASN dari Kemenpan-RB.

100 nomine itu terbagi dalam tiga kategori, terdiri dari 40 nomine PNS Inspiratif, 30 nomine PTT Teladan dan 30 The Future Leader. Dari masing-masing kategori itu, selanjutnya akan melalui proses seleksi menjadi 10 besar.

“Alhamdulillah, saya terharu, senang dan bangga bisa masuk 40 besar PNS Inspiratif mewakili Provinsi Kalbar. Atas dukungan dan kepercayaan ini. maka saya harus bertanggung jawab dengan mengikuti kompetisi ini sebaik-baiknya,” ucapnya.

Abussamah juga mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kalbar dalam ajang penganugerahan bagi ASN se-Indonesia.

Ia mengaku belum ada persiapan khusus, namun jika berhasil lolos pada tahap ini maka ia harus mempersiapkan diri guna menghadapi observasi lapangan.

Dukungan dari keluarga terutama orang tua, istri dan anak-anaknya menjadi penyemangat Abussamah dalam meraih prestasi sebagai ASN. Termasuk dari pimpinan, rekan kerja serta relawan/ penggiat dan komunitas dari berbagai bidang.

Abussamah Pernah Bertugas Selama 15 Tahun di Pemkot Pontianak

Abussamah pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Operasi dan Ketertiban Umum Sat Pol PP Pemkot Pontianak.

Beberapa penghargaan pernah ia raih seperti Inagara Award dari LAN RI pada Tahun 2018 atas Inovasi Cegah Kumuh melalui Penertiban Subuh (ChiPS).

Inovasi ChiPS berhasil meraih Terbaik Keenam pada Kompetisi Inovasi Pasca Diklatpim (Sinopadik) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Abussamah pernah mengikuti Blended Learning Course for Local Governments Human Right City Approach to Localising SDGs in Asia Pacific Region Gwangju Korea Selatan.

Pada kesempatan itu Abussamah berkesempatan memaparkan Inovasi ChiPS sebagai salah satu upaya pemerintah mewujudkan Kota Pontianak sebagai kota yang nyaman dan aman melalui Gerakan Sat Pol PP Ramah. Sekretaris Jenderal The United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) turut menyaksikan acara ini.

Keseharian Abusammah

Abussamah aktif dengan berbagai kegiatan. Selain tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK), Ia juga aktif dalam berbagai organisasi maupun komunitas.

Peduli Kasih Anak Kalimantan (PKAK) – Sayang Pontianak

Posko Bersama (Kabut Asap, Karhutla)

Aksi Gabungan Relawan/Komunitas (Ekspedisi Relawan, Pengibaran Bendera Merah Putih Sungai Kapuas, Sembako Merah Putih)

Pontianak Sembilan Belas (Pontianak Bejepin, Pontianak Betepok-Flashmob Song of Victory), Komunitas Darah Segar (Komdas)

Purna Praja Kalbar Runner (PARA KADER)

Harapan dan Keinginan

Masih ada keingninan dari Abussamah seperti kerjasama/kolaborasi pemerintah daerah dengan para relawan/ penggiat dan komunitas anak-anak muda dari berbagai bidang.

Menurut ayah dari tiga orang anak ini. Masih banyak anak-anak muda yang peduli dan mau berbuat sesuatu yang terbaik untuk mendukung program pemerintah terutama untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya bonus demografi yang menciptakan penduduk usia produktif melimpah. Menurutnya pemerintah bisa menggali dari potensi ini. Dan cara ini sempat ia lakukan saat menjabat sebagai lurah.

“Alhamdulillah kehadiran kawan-kawan relawan/penggiat dan komunitas dari berbagai bidang sangat membantu dalam mendukung program pemerintah,” kata suami dari Luh Gede Suparyani.

Continue Reading

TRENDING