PARA KADER - Rumah Zakat Gelar Charity Virtual Run & Ride
Connect with us

Lintas Kalbar

PARA KADER – Rumah Zakat Gelar Charity Virtual Run & Ride

Published

on

PARA KADER Dan Rumah Zakat Gelar Charity Virtual Run & Ride

Gencil News – Dalam rangka memeriahkan HUT KORPRI  ke-49 Tahun 2020, diprakasai oleh komunitas Penghobi Olahraga Lari “PARA KADER” ( Purna Praja Kalbar Runner ) bekerjasama dengan Rumah Zakat Kalbar melaksanakan “Charity Virtual Run & Ride”.

Dijelaskan, dalam kegiatan ini peserta diharuskan berlari dengan jarak 49 KM atau bersepeda dengan jarak 290 KM secara multiple melalui aplikasi Strava selama periode kegiatan yaitu pada tanggal 14-28 November 2020.

Melalui Kegiatan ini Ketua Panitia Charity Virtual Run & Ride, Hadi Pranata, S.STP, M.Si, mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk memberikan donasi terbaik kepada anak yatim dan anak yang berkebutuhan khusus.

“Rumah Zakat melakukan aksi donasi secara serentak secara periode pelaksanaan event ini. Kita mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk memberikan donasi terbaiknya kepada anak yatim dan anak berkebutuhan khusus di Kalimantan Barat ini, mudahan terpenuhi dengan baik,” ajak Hadi Pranata, Selasa (20/10/2020) di Cafe Otiga Pontianak.

Hadi Pranata selaku Ketua Panitia menjelaskan peserta dapat berlari atau bersepeda kapan saja, dimana saja dengan tidak bergerombol, selama periode tersebut dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Peserta juga harus merekam kegiatannya melalui aplikasi Strava dan melaporkannya kepada panitia melalui link submit kegiatan.

“Dalam kegiatan di tengah pandemi ini, kita harus menerapkan protokol kesehatan, cukup bersepeda atau berlari secara multiple dan tidak bergerombol atau secara mandiri,” jelasnya.

Selain kegiatan berlari atau bersepeda, peserta diharuskan mengkampanyekan pengumpulan donasi untuk anak yatim dan anak berkebutuhan khusus di Kalbar melalui nomor rekening Bank Kalbar (1009000212) atau BCA (0943016001) atas nama Yayasan Rumah Zakat dan jangan lupa menambahkan 49 pada dua digit terakhir jumlah donasi (contoh Rp 100.049,-). Dengan donasi Rp.150.049 peserta memperoleh jersey.

Penghargaan yang diberikan pada event ini berupa medali finisher kepada 200 peserta yang finish terlebih dahulu, serta ada bingkisan menarik akan diberikan kepada peserta yang dinilai aktif, kreatif, produktif mengkampanyekan, dan mengumpulkan donasi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lintas Kalbar

Gebyar Ekonomi Kreatif Virtual Kalbar, Saatnya UMKM Kalbar Mendunia

Gebyar Ekonomi Kreatif Virtual Kalimantan Barat akan dimulai besok, Sabtu (5 Desember 2020). Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, kegiatan ini menjadi momentum UMKM Kalimantan Barat bisa mendunia.

Published

on

Gebyar Ekonomi Kreatif Virtual Kalbar, Saatnya UMKM Kalbar Mendunia
Acara ini berlangsung atas kerja sama Dekranasda Provinsi Kalbar, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalbar, serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar. - Foto Dokumen

Gencil News – Gebyar Ekonomi Kreatif Virtual Kalbar adalah sebuah acara untuk mendorong UMKM mengembangkan kreasi. Dalam berkarya untuk menghasilkan produk kerajinan yang berdaya saing pada pasar internasional.

Gebyar Ekonomi Kreatif Virtual yang berlangsung pada masa pandemi Covid-19. Menjadi sebuah dorongan bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mempromosikan usaha.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Lismaryani Sutarmidji mengatakan kegiatan ini menjadi momentum UMKM Kalimantan Barat bisa mendunia.

“Acara Gebyar Ekonomi Kreatif Kalimantan Barat Tahun 2020 mendorong UMKM kita untuk mengembangkan kreasinya. Dalam berkarya untuk menghasilkan produk kerajinan yang berdaya saing di pasar internasional. Oleh karenanya, saya berharap para pelaku usaha dan perajin agar memanfaatkan internet dan Hapenya. Untuk memasarkan dan mempromosikan produk secara online hingga ke pasar dunia,” ujar Lismaryani. Kamis (3/12/2020).

Lismaryani juga mengatakan masa pandemi Covid-19 bukan halangan bagi pelaku UMKM untuk berkarya. Untuk itu Lismaryani mengajak perajin dan pelaku UMKM untuk bersama-sama meningkatkan karya dan usahanya saat ini.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat juga menyemangati para pelaku UMKM dan perajin untuk mengubah tantangan dan halangan. Selama masa pandemi ini dapat menjadi peluang dalam berusaha dan berkarya.

“Produksilah untuk lokal hingga dunia, tetapi utamakan konsumsi produk dari sekitar kita,” pintanya.

Acara Gebyar Ekonomi Kreatif Virtual Tahun 2020 akan berlangsung Sabtu, 5 Desember 2020 pukul 13.00 WIB Channel Youtube Disporapar Kalbar.

Hadir sebagai pengisi acara adalah COfternoon, Manjakani, Tazki dan Ali Akbar Merahjingga, Sanggar Bengkawan.

Dari pelaku UMKM juga akan hadir Chef Riall Arief dan Dimas Juliannur Fajar Barista lokal pemilik Segita Coffee Jalan Karya Baru.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Balitbang Kalbar Jadikan Kratom Sebagai Penelitian Unggulan Tahun 2021

Published

on

By

Balitbang Kalbar Jadikan Kratom Sebagai Penelitian Unggulan Tahun 2021
Majelis Pertimbangan (MP) Kelitbangan bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kalimantan Barat (Kalbar).

Gencil News – Balitbang Kalbar utamakan kratom sebagai salah satu penelitian unggulan pada 2021 mendatang.

Majelis Pertimbangan (MP) Kelitbangan bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kalimantan Barat (Kalbar). Menggelar Rapat Koordinasi (Rakornis) serta Webinar Paparan Hasil Penelitian Tahun 2020 dan Rencana Penelitian Tahun 2021, Selasa (1/12).

Kepala Balitbang Kalbar Herkulana Mekarryani mengungkapkan, dalam kesempatan itu pihaknya bakal memantapkan hasil penelitian tahun 2020. Kemudian rencana penelitian yang menjadi unggulan pada tahun 2021 salah satunya tentang kratom.

Yakni hubungan tanaman kratom dengan ekosistem di Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK), Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kemudian juga tentang pengelolaan daerah aliran sungai, UMKM, BUMDES, pendidikan serta insfrastruktur jalan. Termasuk pengelolaan taman nasional berkaitan dengan Betung Kerihun dan Danau Sentarum berbasiskan pola air,” ujarnya.

Selain itu lanjut dia, akan ada penelitian dari salah satu warga Kalbar mengenai dugaan obat Covid-19. Dalam hal ini akan ada pertimbangan dari Majelis Pertimbangan terlebih dahulu. “Nanti akan kami bicarakan pada Februari atau Maret 2021, untuk menjadi masukan sebagai perencanaan atau rencana bagi Litbang,” ucapnya.

Biasanya menuurut dia, prosesnya dimulai dari asistensi dengan tim Bappeda baru kemudian ke gubernur, setelah itu ke Bappeda lagi. “Semoga rencana ini bisa di realisasikan,” harapnya.

Turut hadir para majelis pertimbangan dalam Rakornis webinar tersebut antara lain Rektor Universiatas Tanjungpura (Untan) Garuda Wiko. Tidak ketinggalan pula Rektor UPB Purwanto, Rektor IKIP PGRI Pontianak Rustam. Selain itu juga ada Ketua Kadin Kalbar Santyoso serta Akademisi Untan Edy Suratman.

Anggota majelis pertimbangan banyak sekali menyampaikan saran dan masukan. Salah satunya dari Edy Suratman yang berharap ke depan Balitbang Kalbar perlu merumuskan satu atau dua penelitian unggulan yang kemudian berlanjut ke level kerjasama dengan dunia industri.

Selain itu ia juga berharap Balitbang dapat membantu gubernur dalam rangka mewujudkan keharmonisan data.

Litbang Harusnya Merangkul

“Serta Litbang harusnya hadir untuk merangkul orang-orang seperti Lutfi (penemu obat Covid-19). Khususnya dalam rangka membuktikan atau mengembangkan hasil temuannya yang berupa obat,” pesan Edy.

Sementara itu Rektor UPB Pontianak Purwanto juga turut memberikan beberapa masukan. Salah satu rencananya soal rencana penelitian oleh Balitbang Kalbar Tahun 2021 nanti.

Ia sebagai pihak dari Perguruan Tinggi sangat mengapresiasi atas sinergitas dan solidaritas semua pihak. Baik dari pihak Kelitbangan maupun Perguruan Tinggi itu sendiri.

“Di dalam diskusi sudah mengerucut bahwa keterlibatan teman-teman di Perguruan Tinggi. Seperti penyampaian dari Bapak Garuda Wiko sangat bagus sekali, karena kami mulai dari hulu dan sampai ke hilir,” jelasnya.

Purwanto berharap ke depannya hasil-hasil riset dari kampus juga bisa menjadi acuan pembangunan di Kalbar. Apalagi di kampus tentu relatif produktif, sesuai dengan Tri Darma yang salah satunya yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Bisa lewat penelitian, sesuai dengan keunggalan dan kooperatif dari masing-masing perguruan tinggi. Karena karakteristik yang relatif berbeda dan juga ada keunggulan. Jadi kalau bisa harus bersinergi,” harapnya.

Dengan sinergi yang baik ia yakin, akan menjadi suatu penguatan. Ia ingin agar lahir gagasan-gagasan dalam bentuk konsep, model dan pilihan opsi kebijakan. Sehingga dalam merumuskan pembangunan di Kalbar percepatanya bisa berbasis kepada hasil-hasil riset.

“Mari kita bangun Kalbar bersama-sama, Pada semua stakholder secara sinergis dan kebersamaan. Agar bisa menghadirkan dan mensejahterakan masyarakat Kalbar bersama,”

Continue Reading

Lintas Kalbar

Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Buka Kegiatan Evaluasi Satger PKK-KKBPK-Kesehatan

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Barat Lismaryani Sutarmidji membuka kegiatan Evaluasi Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020 secara daring, Selasa (1/12/2020).

Published

on

Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Buka Kegiatan Evaluasi Satger PKK-KKBPK-Kesehatan

Gencil News – Kegiatan Satger PKK KKBPK Kesehatan merupakan kegiatan rutin yang dilombakan setiap tahun sampai ke tingkat nasional.

Kegiatan ini merupakan kegiatan sektoral yang mempengaruhi pembangunan Sustainable Development Goals (SDG’s), melalui pelaksanaan terbaik PKK KKBPK dan Kesehatan, meliputi kegiatan Posyandu serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Hasil kemenangan tahun lalu telah mengantarkan Kota Singkawang sebagai pemenang Pakarti Madya 2 untuk kategori pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat nasional, yang telah menerima penghargaan pada Harganas,” papar Lismaryani

Dia mengharapkan apa yang telah ditorehkan Kota Singkawang dapat diikuti oleh kabupaten/kota lainnya dengan fokus meningkatkan peran masing-masing unsur. “Sehingga kabupaten lainnya juga mampu mewakili Kalimantan barat dalam lomba tingkat nasional,” pintanya.

Lismaryani berharap pada pertemuan hari ini dapat memacu seluruh tim pelaksana PKK-KKBPK-Kesehatan kabupaten/kota sampai ke tingkat desa agar meningkatkan kualitasnya, sehingga tahun depan ada kabupaten di Kalimantan Barat yang masuk ke dalam nominasi tingkat nasional seperti yang telah dicapai Singkawang.

“Untuk itu saya berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kota Singkawang dan harapan saya kabupaten/kota lainnya juga dapat meraih penghargaan dalam bidang ini,” harap Lismaryani.

Merujuk pada pedoman dan catatan hasil kegiatan Satger PKK-KKBPK-Kesehatan, peran utama PKK dalam pemberdayaan dasawisma, dengan meningkatkan jumlah Dasawisma yang aktif dan kader yang terlatih dalam meningkatkan cakupan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan.

“Pemberdayaan maupun pembentukan Dasawisma hendaknya dimulai dari unit RT/RW, kelurahan, kecamatan, hingga pengurus PKK diharapkan memahami strategi pembentukan pelatihan dan pembinaan,” ujar Perempuan Nomor 1 di Kalimantan Barat ini.

Lismaryani juga mengharapkan sektor-sektor terkait dapat memaparkan perannya dalam pembinaan PKK-KKBPK-Kesehatan dari perencanaan, pelaksanaan penilaian, pelaporan, dan pemberian reward. Dia meminta petugas sektor terkait juga dilibatkan dalam kerja sama tim pelaksana PKK-KKBPK-Kesehatan sampai ke tingkat desa.

“Tetapi jangan lupa tindak lanjut dari pelatihan itu yang penting, perlu monitoring berapa persen yang tidak aktif dan tidak berfungsi serta bagaimana solusi pembinaannya,” ujarnya mengingatkan.

Selanjutnya Lismaryani meminta semua peserta yang hadir dalam kegiatan evaluasi tersebut berperan aktif.

Apa yang disampaikan dalam pertemuan ini, dia meminta seluruh peserta menindaklanjuti dengan mengaktifkan tim sektoral terkait, biak di kabupaten/kota maupun di tingkat desa.

“Segera sosialisasikan kegiatan ini berjenjang sampai ke desa. Laksanakan jenis lomba sesuai pedoman, dan kirim laporan sesuai petunjuk dan tepat waktu,” ujarnya memberi arahan.

Mengingat hingga akhir tahun 2020 wabah Covid-19 belum berakhir. Lismaryani tak bosan mengingatkan peserta untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan.

“Dan saya ingatkan kepada kita semua agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan serta patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Continue Reading

TRENDING