Ria Norsan Apresiasi Kodam XII/Tpr Latihan Kesiapsiagaan Operasional Tangani Karhutla

Wakil Gubernur Kalbar H. Ria Norsan menyampaikan apresiasi kepada Kodam XII/Tpr yang telah menggelar Latihan Kesiapsiagaan Operasional di Aula Makodam XII/Tpr, Jumat (2/12).

“Latihan ini untuk menguji Kesiapsiagaan Operasional Koops TNI wilayah Kodam XII/Tpr dalam mengaplikasikan  RO “GAHARU BAHESA-20”, sebagai tugas operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah menanggulangi akibat bencana alam Karhutla sesuai peran dan tugas yang telah disiapkan secara berhasil dan  berdaya guna,” kata H Ria Norsan saat menghadiri Latihan Kesiapsiagaan Operasional Kodam XII/Tpr di Aula Makodam XII/Tpr.

Sementara itu, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga menyampaikan bahwa Tugas Pokok TNI sesuai Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 adalah menegakkan kadaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Baca juga   DPRD Tetapkan KUA PPAS Pemprov Kalbar

“Latihan Kesiapsiagaan Operasional TNI merupakan latihan dalam rangka penggunaan kekuatan untuk mencapai kesiapsiagaan yang tinggi dalam menghadapi “Kontijensi” yang paling mungkin terjadi di wilayah Kotama Ops TNI,” jelasnya.

Kondisi kebakaran hutan dan lahan hampir setiap tahun terjadi di wilayah Provinsi Kalbar dan Kalteng saat musim kemarau muncul titik api atau hot spot yang mengakibatkan terjadinya Karhutla.

“Provinsi Kalbar maupun Kalteng yang sebagian besar merupakan lahan gambut sangat rawan terjadi Karhutla. Ini terjadi karena faktor alam maupun ulah manusia yang tidak bertanggung jawab yang membuka lahan dengan cara membakar,” ujarnya.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : humas kalbar