Connect with us

Lintas Kalbar

Target Pendapatan Daerah Kalbar Tahun 2021 Sebesar Rp. 6,68 Triliun

Published

on

Target Pendapatan Daerah Kalbar Tahun 2021 Sebesar Rp. 6,68 Triliun

GENCIL NEWS – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menargetkan pendapatan anggaran tahun 2021 mendatang sebesar Rp. 6,68 Triliun.

Target pendapatan anggaran tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji saat menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Platfon Anggan Sementara (PPAS) Provinsi Kalbar Tahun 2021, di Balairung Sari Kantor DPRD Provinsi Kalbar, Senin (3/8/2020).

“Target Pendapatan anggaran Kalbar Tahun 2021 sebesar Rp. 6,68 Triliun, PAD sebesar Rp. 2,861 Triliun yang bersumber dari Pajak Daerah Rp. 2,203 Triliun, Retribusi Daerah Rp. 41 Miliar, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan sebesar Rp. 92 Miliar, Pendapatan Transfer dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 3,8 Triliun, serta Lain-lain PAD yang Sah sebesar Rp. 524 Miliar,” ungkap Gubernur Kalbar Saat sambutan.

Selain itu, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji juga akan memperioritaskan pembebasan lahan Jembatan Kapuas III, Infrastuktur jalan dan pusat sertifikasi bagi masyarakat.

“Ini sebetulnya (Jembatan Kapuas III,red) sudah menjadi prioritas bagi Pemerintah Provinsi Kalbar sejak tahun 2014. Jadi kalo ada bilang itu kan pembebasan lahan karena ada punya lahan gubernur, ini sudah kewajiban sejak 2014 yang lalu tiap tahun di anggarkan tapi tidak dibelikan dan dialihkan kegiatan pembangunan lain, saya maunya tahun sudah mulai tuntas pembebasan lahan itu, Insya Allah tidak ada tanah saya disitu,” tegasnya.

Dirinya pun optimis untuk APBD Provinsi Kalbar tahun 2021 akan tumbuh dibandingkan dengan tahun 2020 ini dengan adanya pandemi Covid-19.

Sedangkan alokasi Belanja ditargetkan Rp. 6,9 Triliun dengan rincian Belanja Operasi sebesar Rp. 4,222 Triliun, Belanja Modal sebesar Rp. 1,725 Triliun, Belanja Tidak Terduga sebesar Rp. 20 Miliar dan Belanja Transfer sebesar Rp. 969,3 Miliar.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Lintas Kalbar

United Tractors Serahkan Bantuan Ventilator Untuk Pemprov Kalbar

Published

on

United Tractors Serahkan Bantuan Ventilator Untuk Pemprov Kalbar

Gencil News – PT United Tractors Tbk (UT) melalui program Nurani Astra “Berbagi Untuk Negeri”, menyerahkan bantuan 2 (dua) unit Ventilator kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, untuk membantu penanganan pandemi COVID-19.

Branch Operation Head United Tractors Cabang Pontianak Djoko Trisanto menyerahkan 2 ventilator yang merupakan program Nurani Astra “Berbagi Untuk Negeri” kepada Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, Kamis (17/9/2020).

Sutarmidji juga menjelaskan “Ventilator ini memang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 yang sudah parah. Yakni yang kandungan virus dalam swabnya di atas 15 juta harusnya penanganannya menggunakan Ventilator”

“Bantuan Ventilator sekarang ini saya berharap ini menjadi cadangan kita mungkin sewaktu-waktu ada dibutuhkan. Tapi setidak-tidaknya kita membutuhkan itu karena kita sedang membangun rumah sakit. Ini sangatlah membantu karena dalam kondisi-kondisi sekarang ini untuk mendapatkan Ventilator itu sangatlah susah dan harganya mahal, ujar Gubernur Kalbar

Orang nomor satu di Kalbar ini menjelaskan untuk di Kalbar ventilator ini sangat dibutuhkan, dengan bantuan ini kita semakin siap menghadapi Covid-19.


Beliau mengucapkan terima kasih kepada United Tractors kegiatan Nurani Astra mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi membantu meringankan pemerintah untuk penanganan Covid ini.

“Dan pesan saya jangan dulu keluar Kalbar. Orang Kalbar jangan keluar Kalbar, untuk masyarakat kalau ada orang datang dari luar Kalbar minta dia isolasi diri dirumah dan jangan berkeliaran.

Jangan berkomunikasi dengan orang yang tidak memakai masker. Jangan berinteraksi dengan orang yang tidak memakai masker karena obat yang efektif sekarang ini adalah masker selain menjaga imunitas tubuh, tegasnya”.

Sekilas Tentang United Tractors

PT United Tractors Tbk (UT) yang dikenal sebagai distributor alat berat terbesar di Indonesia telah berdiri sejak tahun 1972.

Saat ini UT memiliki lima pilar bisnis, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan Batu Bara dan Emas, Industri Konstruksi serta Energi. Sebagai salah satu kontribusi UT terhadap pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan (SDGs).

UT secara konsisten melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta tanggap darurat bencana.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Silaturahmi Kamtibmas Menuju Pilkada yang Aman Bermartabat dan Sehat

Published

on

Silaturahmi Kamtibmas Menuju Pilkada yang Aman Bermartabat dan Sehat

Gencil News – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) mengadakan Silaturahmi Kamtibmas Menuju Pilkada yang Aman Bermartabat dan Sehat di Provinsi Kalimantan Barat Kamis,17/09/2020.

Kegiatan yang di laksanakan di Ballroom Hotel Aston Pontianak dihadiri Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, Kapolda Kalbar, Pangdam XII/TPR, Kejati, Ketua Pengadilan Tinggi Kalbar, Ketua KPU Kalbar, Ketua Bawaslu Kalbar, Danlanal Kalbar, Danlanud Kalbar, Tokoh masyarakat serta Calon Bupati dan Wakil Bupati 7 kabupaten/Kota di Provinsi Kalbar.

Dalam Sambutannya, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji Berharap peserta kompetisi selalu menjaga silaturahmi dan menghilangkan politik identitas untuk mewujudkan keamanan agar dapat berjalan dengan baik, tentunya selalu disiplin memperhatikan protokol kesehatan.

Melihat kondisi dua bulan terahir ini angka kenaikan covid cukup tinggi dan perlu di waspadai, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji meminta agar Paslon Bupati dan Wabup yang mengikuti Pilkada serentak 7 kabupaten/Kota di Kalbar harus dapat maksimal menerapkan disiplin dan patuh dengan Protokol Kesehatan yang sudah diterapkan oleh Pemerintah demi mencegah penyebaran dan tidak menjadi Kluster Baru Penyebaran Covid-19.

Hal ini tentunya sejalan arahan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia bahwa momentum Pilkada bukan menjadi media penularan tetapi justru menjadi gelombang untuk memobilisasi masyarakat menjadi agen perlawanan Covid- 19.

“Hari ini, ada 22 yang terkomfirmasi positif. Di Kalbar yang terkomfirmasi positif sebanyak 825 orang. Yang sembuh 670 orang dan yang diisolasi ada 113 orang. Sebulan terakhir ini tambah 3 orang yang meninggal, kita tidak tau kapan pandemi ini akan berahir, kapan obatnya ditemukan, kapan vaksinnya ditemukan dan yang pasti cara untuk menjaga penularan yang paling ampuh saat ini yaitu pakai masker” jelasnya.

“Marilah kita laksanakan Pilkada ini dengan damai, dengan santun dan bermartabat. Tunjukkan dan buktikan kedewasaan kita dalam berpolitik dan berdemokrasi, kuasai data dan lakukan evaluasi di tengah2 covid -19 sehingga semua harapan kita untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilu Pilkada Tahun 2020 di Kalimantan Barat ini dapat kita wujudkan,” ajaknya.

Continue Reading

Lintas Kalbar

Pangdam XII/Tpr : Jadikan Pilkada Kalbar Sebagai Contoh Bagi Daerah Lain

Published

on

Pangdam XII/Tpr : Jadikan Pilkada Kalbar Sebagai Contoh Bagi Daerah Lain
Pangdam XII/Tpr : Jadikan Pilkada Kalbar Sebagai Contoh Bagi Daerah Lain - Foto/Data : (Pendam XII/Tpr)

Gencil News – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menghadiri Silaturahim Kamtibmas Mewujudkan Pilkada yang Aman, Bermartabat dan Sehat, Acara ini berlangsung di Ballroom di Pontianak.

Selain Pangdam XII/Tpr, acara yang digelar oleh Polda Kalbar ini juga dihadiri oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., Kapolda Kalbar, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto, Ketua KPU Kalbar, Ramdan, Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah serta para pimpinan partai politik dan pasangan bakal calon.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutannya menyampaikan, untuk kesuksesan Pilkada Serentak di Kalbar agar semuanya dapat mengesampingkan kepentingan – kepentingan pribadi maupun kelompok, supaya kita dapat menjaga situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kalbar ini. Dimana saat ini bangsa kita dan bangsa lain di dunia sama – sama berperang untuk terbebas dari Covid-19.

“Mari kita bersepakat bersama – sama menjaga kondusifitas keamanan di wliayah Kalbar khususnya di wilayah pelaksanaan Pilkada,” ajak Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Selanjutnya Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga menyampaikan, salah satu yang menjadi kerawanan dalam Pilkada adalah adanya Politik Identitas atau Primordialisme, ini dapat mencederai semangat persatuan dan kesatuan. Kasus ini hampir terjadi di setiap pelaksanaan Pilkada.

“Ini saatnya kita tunjukkan, Kalbar sebagai salah satu provinsi pertama yang memiliki komitmen bersama dan dapat menjadi contoh bagi provinsi lain bahwa di Kalbar tidak ada namanya politik identitas apalagi primordialisme. Kita bersepakat bahwa kita adalah NKRI. Semua suku adalah setara, sebangsa dan setanah air. Ini satu hal yang perlu kita tegakan di Kalbar,” tegas Pangdam mengajak.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji menyampaikan bahwa dalam pesta demokrasi Pilkada, Paslon Bupati dan Wabup pasti akan terlibat dalam kompetisi.

Namun demikian kompetisi yang dilakukan harus kompetisi yang sehat. Untuk itu mengingatkan, agar pasangan calon selalu menjaga hubungan silaturrahmi.

“Kompetisi ok, tapi yang harus dijaga adalah hubungan silaturahmi,” ujar Gubernur mengingatkan.


H. Sutarmidji juga berharap pelaksanaan Pilkada Serentak di Kalbar yang bermartabat, aman dan sehat ini betul – betul bisa dilakukan. Forkopimda akan siap mengawal pelaksanaan Pikada. Kepada Bawaslu, Gubernur meminta melaksanakan pengawasan dengan sebaik – baiknya.


“Kemudian kepada Bawaslu untuk betul – betul melakukan pengawasan dengan baik. Hindari sekecil mungkin cela untuk adanya ketidakpuasan para calon,” pesannya.


Sedangkan sebelumnya, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto menyampaikan, TNI-Polri sesuai instruksi Presiden wajib mendukung kebijakan – kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan penanganan Covid-19.


“Oleh karena itu Polda bekerja sama dengan Kodam menginisiasi kegiatan ini, untuk mengingatkan kita semua bahwa pelaksanaan Pilkada tetap melaksanakan protokol kesehatan,” kata Kapolda.


Selanjutnya menyampaikan juga, bahwa ada 14 prinsip pelaksanaan Pilkada, namun ada satu prinsip yang tidak boleh dilupakan yaitu mengutamakan kesehatan.


“Oleh karena itu sekali lagi mengingatkan pada kita semua mari kita wacanakan Pilkada di wilayah Kalbar ini aman bermartabat dan yang jelas dan lebih utama adalah kesehatan masyarakat,” pungkas Kapolda Kalbar. 

Continue Reading

TRENDING