Orangutan di Kalimantan Terancam Punah

GENCILNEWS – Para ahli lingkungan mengatakan hutan tropis yang menjadi rumah bagi orangutan yang terancam punah di pulau kalimantan.

Greenpeace mengatakan, penyelidikannya di hutan Sungai Putri menunjukkan operasi penebangan berlangsung dengan setidaknya  ada enam pemukiman ilegal yang beroperasi pada malam hari dan beberapa di daerah dengan sarang orangutan.

Hutan seluas 57.000 hektar (140.847 hektar), dihuni sebanyak 1.200 orangutan tersebut sekaligus menguji kemampuan pemerintah untuk menegakkan moratorium drainase dan eksploitasi hutan gambut Indonesia yang luas, yang diumumkan setelah kebakaran musim kemarau yang besar pada tahun 2015.

Kebakaran, yang menghancurkan 2,6 juta hektar dan membawa dampak asap yang  berbahaya bagi kesehatan di Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand selatan .

Baca juga   Jepang Siap Masuki Era Baru, Kaisar Akihito Lengser

Bank Dunia memperkirakan kebakaran itu menyebabkan kerugian sebesar $ 16 miliar.

Investigasi terbaru menyatakan bahwa  waktu kurang dari setahun bahwa eksploitasi komersial hutan masih terus berlanjut.

“Ini adalah hal yang sangat memalukan bagi pemerintah Indonesia, yang secara konsisten berjanji untuk melindungi Sungai Putri,” kata Greenpeace dalam sebuah pernyataan.(gns)

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News