Pengguna Sepeda Meningkat, Sarana Prasarana Perlu Perhatian

GENCIL.NEWS -PONTIANAK  Pemerintah Kota Pontianak kini mulai melakukan penataan jalur khusus sepeda. Dari penataan itu, kini tingkat penggunaan sepeda di Kota Pontianak semakin hari semakin bertambah. Ketua DPRD Pontianak, Satarudin menilai kesadaran masyarakat Pontianak untuk bersepeda yang mulai membaik semestinya harus dibarengi dengan sarana prasarananya. Salah satunya penyediaan tempat parkir khusus sepeda.

“Jalur khusus buat pengendara sepeda sudah dibuat Pemerintah Pontianak. Sekarang cukup banyak pengguna sepeda di Pontianak. Ke depan setelah jalur khusus sepeda dibuat, hendaknya juga dibarengi dengan pembuatan tempat parkir sepedanya,”

Saat ini, tempat parkir khusus sepeda belum ada. Pantauan dia, cukup banyak pengguna sepeda yang kebingungan menyimpan sepedanya saat pergi ke satu tempat. Semisal warung kopi. Ke depan kata Satar, penataan perparkiran Pontianak tak hanya mobil dan motor saja. Perkiraan dia, sepeda akan kembali jadi pilihan transportasi masyarakat.

Baca juga   Warkop Aming Raih Penghargaan dari BPJS

Apalagi dengan giatnya Pemerintah Pontianak melakukan penataan ruang terbuka hijau saat ini. Kota yang teduh dan berkonsep membuat masyarakatnya menjadi nyaman. Sepeda bisa saja jadi salah satu transportasi pilihan masyarakat.

Pembuatan tempat parkir khusus sepeda kini harus mulai dilakukan. Contoh seperti negara maju sudah berlakukan ini sejak lama. “Pontianak bisa dibuat seperti itu. Komitmen pemerintah harus ada dulu,” ungkapnya.

Satar menyadari untuk mewujudkan tak bisa sekaligus. Harus bertahap. Dimulai pada kantor pemerintah, BUMN lalu menyasar pada area perdagangan dan jasa. Untuk biaya rincian Satar mungkin tak begitu besar. “Saya yakin parkir sepeda akan bermanfaat ke depan,” katanya.

Terpisah, Koordinator Bike To Work Kalbar, Rudi mengatakan, jalur sepeda di Pontianak kini sudah lumayan panjang. Meski demikian dari segi keamanan pesepeda belum mendapatkan haknya secara utuh.

Baca juga   Jaga Kebugaran Komandan Lantamal XII dan Perwira Gowes Keliling Pontianak

Untuk tempat parkir sepeda yang dibangun Pemkot, setahu dia baru satu, yaitu di Jalan Gajah Mada (Taman Gajah Mada coffee street). Sedangkan di taman kota lain belum ada parkir untuk sepeda. Begitu juga di perkantoran/pelayanan publik, Rumah Sakit, mall, pertokoan kata Rudi ada parkir sepeda. “Sulit untuk mengembangkan kota ramah lingkungan jika fasilitas untuk pesepeda dan pejalan kaki masih minim,” tandasnya.(all)

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.