Soal Pengusaha, Bang Midji: Mentalnya harus Kuat

GENCIL.NEWS – PONTIANAK – Hari ini telah diselenggarakan acara Pontianak Balak dengan tema “Saatnya pengusaha lokal go nasional”, Rabu (31/01) bertempat di Gedung BI Pontianak.

Tak tanggung-tanggung pembicara handal dihadirkan, master coach diantaranya rendy saputra, andi sangkuru, kang mohan, abi darwisz armala dan DR. Fahmi.

Ketua panita Pontianak Balak, Zamhar Aula Shubhi mengatakan dalam sambutannya waktu yang disiapkan hanya 3 minggu namun karena animo masyarakat sangat baik sehingga acara ini pun terlaksana dengan baik.

Misi dari kami adalah pemberdayaan umkmm yang ada di seluruh indonesia terkhusus di Kota Pontianak.

Zamhar mengajak kepada para peserta untuk sama sama belajar mengupgrade ilmunya lewat seminar ini sehingga pengusaha lokal Pontianak bisa go nasional bahkan internasional.

Zamhar mengucapkan terimkasih atas kehadiran walikota Pontianak karena kehadiran Bang Midji bentuk dukungan Pemkot terhadap pelaku usaha lokal di Pontianak.

Baca juga   Kota Pontianak Raih Prestasi MIPI Awards, Ini Alasannya

Kepala perwakilan BI Kalbar, Prijono mengatakan dalam sambutanya kehadiran pak walikota adalah bentuk komitmen utk serta mengembangkan umkm. “Ini hal yang luar biasa,” ujarnya.

Prijono mengatakan kue ekonomi Indonesia saat ini terbesar di Jawa 40%, Jakarta 18%, Sumatera 23%, sedangkan Kalimantan 17%, namun hal ini meruapkan peluang untuk para pelaku usaha lokal jadi tidak hanya nasional tapi bisa internasional.

Bang Midji saat memberikan sambutan di acara Pontianak Balak

Menurutnya geliat pelaku usaha di Pontianak juga makin tumbuh. Sehingga perlu adanya sinergi anatara BI, Pemkot dan pelaku usaha.

Prijono mengatakan target ekomoni tidak hanya harus tinggi tapi harus merata. Caranya, kita semua jadi aktor di ekonomi tersebut. “Jadi sama sama jadi aktor ekonomi,” ujarnya.

BI juga sudah membantu para pelaku umkm berupa pemberian kredit kepada mereka dengan cara memberikan kebijakan kepada para bank untuk menyalurkan kreditnya ke para UMKM.

Baca juga   Pemkot Ingin Lestarikan Adat Melayu Pontianak Melalui Kegiatan Ini

Rektor Untan, Prof. DR. Thamrin Usman, DEA menjelaskan pengusaha lokal harus bekerja sama jangan sendiri sendiri. “Pemudalah pemilik negara ini, masa depan ada di tangan pemuda. Maka jadilah pemuda yang produktif,” ungkapnya.

Walikota Pontianak, Sutarmidji mengungkapkan kegembiraanya dengan adanya acara khusus pengusaha ini. Tentunya Pemkot akan terus membantu para pelaku usaha lokal semisal dengan memberikan kemudahan izin pengurusan usaha.

Sutarmidji atau Bang Midji berpesan kepada para pengusaha yang hadir agar tidak takut melangkah. “Apapun yang kita mau buat harusnya bisa. Dengan pengalaman yang kita punya itulah modalnya,” ujarnya.

Bang Midji juga mengatakan, mental pelaku UMKM juga harus terus diasah dan dijaga. Mental pengusaha itulah yang dapat mempertahankan semangat para pengusaha untuk tetap fokus berbisnis.

“Mentalnya itu yang harus dijaga biar fokus,” pungkasnya.

Penulis yang suka nulis