Soal Perombakan Pejabat Pemprov Kalbar Baru, Ini Kata Sutarmidji

PONTIANAK – Dalam memimpin pemerintahan di lima tahun ke depan, Gubernur Kalbar Sutarmidji apakah harus merombak pejabat di lingkungan birokrasi pemprov Kalbar terlebih dahulu sehingga dapat mewujudkan Kalbar Baru?

Menurut Pengamat Politik Untan, Ireng Maulana MA, sebagaimana dikutip dari TribunPontianak Selasa (18/9/18), Gubernur Kalbar Sutarmidji sudah harus berani merombak pejabat dilingkungan birokrasi pemprov Kalbar.

Sehingga kata Ireng, jika Sutarmidji dapat melakukannya maka dia nantinya dapat mengeksekusi semua janji saat kampanye.

Ditambahkan Ireng, jika tanpa konsolidasi birokrasi yang tuntas, Gubernur Kalbar akan terhambat kinerjanya karena lemahnya dukungan dari dalam.

Bahkan kata Ireng, idealnya tim baru yang dibentuk nanti harus yakni lebih kuat, lebih kapable, lebih berempati, lebih muda, lebih peka, lebih berintegritas dan lebih memiliki jiwa masa depan.

Baca juga   Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Sidak Pasar Modern

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kalbar Sutarmidji menuturkan masih mempelajari dan menelaah sepak terjang pejabat Pemprov Kalbar mulai dari sekretaris daerah (Sekda) sampai Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Saat ini dikatakan Sutarmidji, dirinya belum melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar disebabkan masih melakukan tahapan menyusun APBD 2019.

“Saya masih melakukan tahapan menyusun APBD 2019, sebenarnya posisi yang paling mendesak adalah jabatan Sekda,” tegas Sutarmidji seperti dikutip di TribunPontianak.

Dijelaskan Sutarmidji dalam menempatkan seorang aparatur sipil negara (ASN) harus sesuai dengan pengalaman dan pendidikannya sehingga dapat mempercepat untuk melakukan inovasi-inovasi pada pekerjaannya.

Gubernur Kalbar Sutarmidji juga menuturkan, ASN yang ingin menduduki jabatan harus mempunyai prestasi dan kinerja yang baik.

Baca juga   Langkah Sigap Kalbar Untuk Karhutla

“Kalau saya dalam menempatkan seseorang yang dilihat pertama adalah kinerjanya, bagus apa tidak. Kedua prestasinya sehingga nantinya bisa saya tuntut untuk berinovasi,” ujarnya.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News