Sutarmidji Minta Pengusaha Lakukan Hal Ini Agar Kalbar Dapat Bernilai Jual

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berharap untuk para pengusaha bisa menangkap peluang dan menjadikan komoditas yang di miliki Kalbar dapat bernilai jual.

“Banyak peluang di Kalbar tinggal menggali dan memaksimalkannya,”ucap Sutarmidji saat menghadiri pelantikan pengurus wilayah jaringan pengusaha nasional provinsi Kalbar, Kamis (14/12)

Dirinya sangat menyayangkan masih banyak industri di Kalbar yang belum memaksimalkan peluang komoditas andalan untuk diolah. Ia pun mencontohkan seperti bahan karet jika didesain bagus maka potensi pasar terbuka lebar.

“Tetapi saat ini yang terjadi hanya mengkonsumsi tanpa berpikir memanfaatkan bahan baku yang ada. Padahal untuk usaha, Pontianak kota dengan standar layak publik. Ada berapa puluh juta anak sekolah dan jamaah yang haji dan umrah setiap tahunnya. Kenapa tidak ada pabrik sepatu karet,”jelasnya

Baca juga   Bang Midji Bersilaturahim di Sungai Kakap dan Tanjung Saleh Begini Respon Masyarakat

Wali Kota Pontianak dua periode tersebut pun membandingkan dengan daerah lainnya seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan selatan dan Kalimantan Timur, yang hanya mengandalkan SDA yang sudah hampir habis tereksploitasi dan perekonomian bergantung pada harga minyak, kayu dan batubara.

“Sehingga jauh berbeda dengan Kalbar yang memiliki SDA yang belum tergali, Kalbar SDA masih sangat besar dan belum terekploitasi dengan maksimal. Banyak yang pegang area tetapi belum dimaksimalkan,”pungkasnya

Ia pun yakin dengan berdirinya pelabuhan samudera maka di kawasan sekitar pasti ada industri, jika tidak ada maka tidak mendatangkan keuntungan apapun untuk pelabuhan.

“Harusnya ada industri yang mengolah komoditas utama kita karet menjadi barang jadi,”terangnya

Baca juga   DBD Renggut Nyawa Balita 4 Tahun

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.