Apa Strateginya Agar Bisnis Jasa Antar Dapat Sukses

GENCIL NEWS – Bisnis ini dinilai tahan terhadap segala kondisi ekonomi, pertumbuhannya juga makin besar dan ketat. Diperlukan strategi mumpuni agar dapat terus bertahan untuk mendapatkan loyalitas konsumen, juga profit.

Persaingan jasa antar makin ketat saja, jumlah pemain yang bergerak di bisnis ini pun kian banyak baik yang terdaftar maupun yang sembunyi-sembunyi.

Makin bertumbuhnya bisnis ini disebabkan kian naiknya kebutuhan pengiriman barang baik dari konsumen langsung maupun perusahaan dan harga yang relatif lebih murah ketimbang mengirim sendiri.

Adanya garansi sampai ke tempat tujuan, juga jaminan keamanan dalam pengiriman. Tidak heran, bisnis jasa antar belakangan ini makin naik pamor, yang paling tampak, nilai bisnisnya makin naik.

Selain itu, faktor lainnya adalah akibat terjadinya globalisasi bisnis, yang memudahkan perusahaan asing bisa masuk ke Indonesia. Faktor yang lain seperti berkembang pesatnya beberapa sektor bisnis sehingga lebih memilih jasa outsourcing agar perusahaan fokus pada perkembangan bisnis utamanya.

Yang memprihatinkan, industri jasa antar saat ini masih dikuasai perusahaan asing (hampir 99%).  Hal ini diakibatkan oleh soal penguasaan pasar, para pemain bisnis jasa antar lokal masih kesulitan dalam melakukan pengiriman ke luar negeri. Strategi yang dapat dilakukan agar para pemain lokal bisa tetap bertahan yaitu menjalin kerja sama dengan mitra luar negeri (baik merger ataupun kerja sama operasional) untuk memenuhi permintaan konsumen dan memasuki pasar Asia Tenggara, bahkan Asia. 

Agar bisnis ini tetap berjalan dan terus berkembang, paling tidak ada tiga isu penting yang perlu dicermati. Pertama, penerapan teknologi (IT) untuk membangun kapabilitas operasional, IT agar perusahaan menjadi lebih efisien, dan IT dapat membantu memberikan aksessibilitas informasi yang tinggi terhadap konsumen.

Kedua, dukungan kapabilitas SDM, yaitu SDM yang talented dan certified di bidang bisnis jasa antar ini.

Ketiga, tersedianya kemampuan manajerial yang memadai untuk membangun network-based management yang kuat sehingga mampu membangun jaringan baik lokal maupun global.

Karena bisnis ini tidak pernah tergerus kondisi apa pun, sehingga bisnis jasa antar akan selalu menggiurkan dan diburu para pebisnis. Terlebih saat ini, e-commerce sedang booming sehingga peluang makin besar. Namun, agar tetap bertahan di pasar para pebisnis jasa antar harus pintar-pintar membuat strategi dan terobosan layanan yang terus dinantikan konsumen.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di bisnis ini ada baiknya memperhatikan kaidah-kaidah yang berkaitan dengan bisnis jasa antar ini. Sejatinya, bisnis ini adalah bisnis kepercayaan, yang harus diutamakan adalah layanan cepat dan jaminan keamanan atas barang.

Tetapkan siapa target market Anda

Pemahaman Anda terhadap bisnis jasa antar ini harus diasah terlebih dahulu, makin baik Anda mengenalnya, makin baik pula Anda saat menerapkannya ke rencana bisnis Anda.

Menentukan target market yang ingin disasar merupakan kaidah yang harus dilakukan, misalnya Anda hanya menyasar para pebisnis online yang ada di daerah tempat Anda tinggal dan area sekitarnya.

Atau Anda hanya menargetkan teman-teman pebisnis Anda saja, sehingga untuk langkah awal Anda akan mudah mendapatkan order karena mereka sudah tahu siapa Anda. Penentuan target market yang tepat akan banyak menentukan keberhasilan dari bisnis jasa antar yang akan Anda geluti.

Memahami Peraturan Pemerintah

Ada baiknya Anda memahami peraturan pemerintah tentang jasa kurir, sehingga bisnis Anda terdaftar dan tentu mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

Untuk persoalan jasa antar ini, pengaturannya dapat dilihat dalam Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. KM 38/PT.102/MPPT tahun 1994 tentang Pengusaan Jasa Titipan (Kepmen Jasa Penitipan).

Anda tidak perlu menghapalnya, yang penting tahu mana yang dilakukan dan mana yang dilarang. Jenis barang yang dititipkan ke bisnis kita akan beragam jenis sehingga pengetahuan tentang peraturan setiap jenis barang sangat diperlukan.

Lakukan riset dan analisa pasar

Melakukan riset dan analisa pasar sangat penting bagi Anda, karena  hasil dari riset dan analisa merupakan bekal apakah akan meneruskan atau tidak.

Melihat harga yang sudah beredar di pasar atau dilakukan pesaing akan membantu Anda memutuskan apakah Anda akan menerapkan harga baru atau harga yang sudah ada.

Riset dan analisa pasar juga akan membantu Anda untuk melihat apakah masih ada ceruk di daerah tersebut. Sebagai contoh, Anda mungkin berada di dekat bandara dan bisa membuka bisnis jasa antar tersebut di sana atau malah tidak cocok.

Kendaraan dan SDM yang mendukung

Tentu, bisnis jasa antar sangat tergantung dari kendaraan yang Anda siapkan. Pilihlah kendaraan-kendaraan yang dapat mendukung performa bisnis Anda, misalnya motor, truk, dan mobil boks yang tahan terutama banjir.

Perekrutan SDM terlatih juga sangat disarankan, karena SDM yang terlatih tentu akan dapat membantu bisnis ini berkembang. Pelatihan rutin dan pemberitahuan visi-misi perusahaan harus terus diinformasikan kepada mereka, sehingga mereka mempunyai tujuan oraganisasi yang sama dengan Anda.

Mengingatkan kembali, bisnis jasa antar adalah bisnis kepercayaan. Berikanlah ketepatan dan kecepatan terhadap layanan Anda, maka konsumen akan terus menggunakan jasa Anda, bahkan mereka dengan sukarela akan merekomendasikan ke teman-temannya untuk memakai jasa Anda. Added value lain yang dapat Anda berikan adalah garansi keamanan terhadap barang kiriman, Anda perlu melakukan kerjasama dengan pihak asuransi untuk yang satu ini. (Kusnadi Assaini)

Baca juga   Penuhi Kebutuhan Pangan, China Incar Lahan Pertanian di Luar Negeri
Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News