Connect with us

Bisnis

Bisnis Barang Bekas Yang Mendulang Untung

Published

on

Memakai barang bekas sering dipandang sebelah mata. Namun bisnis barang-barang bekas bermerek atau preloved branded items makin naik daun di Indonesia.

Banyak pria pusing tujuh keliling manakala istrinya menjadi pehobi belanja. Apalagi jika barang yang dibeli adalah barang mewah seperti tas Chanel, Hermès atau Louis Vuitton yang harganya tak jarang membelalakan mata.

Namun, Rina Reynold, 40 tahun, justru mendapatkan dukungan dari sang suami untuk memuaskan hobi belanja barang-barang bermerek itu. Alasannya pasti tidak terbatas barang itu untuk menunjang hobi bergaya atau sekadar retail therapy. Rina dengan mahir mendulang cuan dari hobinya itu.

Jika dia merasa bosan dengan barang koleksinya, Rina menjualnya di akun media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Lama-kelamaan, banyak teman-teman yang menitip barang bekas bermerek untuk dijual oleh Rina. Dari situlah, dia mendapatkan keuntungan.

“Saya beli tas Chanel ini dengan harga Rp40 juta pada 2012. Sekarang, kalau saya jual harganya bisa sampai Rp55 juta. Untung banget, kan?” ujar Rina sambil memperlihatkan tas kecil Chanel medium caviar seri 14, berwarna krem kulit caviar dengan tali rantai berwarna emas.

“Jadi, suami saya sangat mendukung bisnis saya,” kata Rina sambil tergelak ketika ditemui saat mengikuti bazar barang-barang preloved branded, beberapa waktu lalu, di Jakarta.

Beberapa tahun belakangan, bisnis barang preloved dari merek-merek terkenal makin marak di Indonesia. Berbeda dengan garage sale, barang-barang preloved adalah barang bermerek dan biasanya belum pernah dipakai sama sekali, atau hanya dipakai sekali. Barang-barang ini rata-rata dijual dengan harga di bawah harga barang baru.

Kehadiran barang-barang bekas bermerek tampak menjawab kebutuhan kelas menengah Indonesia akan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau. Menurut data Bank Dunia, saat ini satu dari lima orang Indonesia masuk dalam kelompok kelas menengah atau sekitar 52 juta orang. Mereka berkontribusi sebanyak 43 persen dari total konsumsi rumah tangga.

Kezia Debora, Marketing Partnership Carousell Indonesia, aplikasi online jual-beli barang-barang preloved branded yang berbasis di Singapura, mengatakan pelanggan aplikasi Carousell kebanyakan berusia 18-25 tahun yang baru mulai bekerja dan ingin tampil gaya.

“Membeli barang preloved adalah salah satu cara untuk tampil keren, tanpa harus membayar penuh harga barang bermerek baru,” kata Kezia Debora dalam wawancara melalui telepon. Harga barang-barang preloved bisa lebih murah antara 50-80 persen tergantung merek dan kondisi barang, kata Kezia menambahkan.

Gaya Hidup vs Anggaran

Marisa Tumbuan, pendiri Irresistible Bazaar, bazar barang-barang prelovedbranded, mengatakan bisnis ini makin marak dan lumrah karena menjadi cara pintar menyiasati gaya hidup, baik bagi pembeli maupun penjual.

“Mungkin dulu belum banyak yang menjual atau menjualnya sembunyi-sembunyi karena takut dibilang BU (butuh uang) atau bokek,” kata Marisa yang ditemui di sela-sela bazar beberapa waktu lalu.

“Untuk membeli juga, dulu orang beli diam-diam. Sekarang, beramai-ramai bersama keluarga dan teman-teman,” ujar Marisa.

Seperti halnya Rina Reynold, Marisa juga mendapat dukungan penuh dari sang suami, Aditya Tumbuan, untuk menjalankan hobi yang berkembang menjadi ladang bisnis.

Aditya mengakui sang istri sejak muda memang senang membeli barang-barang bermerek, termasuk karya-karya dari merek tertentu dengan desain orisinal.

Passion yang sangat besar terlihat ketika dia masuk ke dunia ‘preloved sellers,’ kata Aditya melalui pesan singkat.“Dia (Marisa) tidak hanya puas menjadi ‘trusted seller’ dengan pertumbuhan followers yang signifikan, tetapi juga punya keinginan kuat untuk mengembangkan komunitas preloved branded,” ujar Aditya, yang juga ikut menjalankan Irresistible Bazaar.

Promo Media Sosial

Media sosial terbukti menjadi alat promosi yang ampuh untuk mempopulerkan produk-produk preloved branded. Tren mode dan gaya hidup terbaru terus bergulir dengan cepat melalui media sosial. Para penggemar mode pun berusaha mengikuti tren gaya hidup dengan membeli tas, baju, sepatu, atau kosmetik terbaru.

Linkedin dalam survei ‘State of Sales 2016’ mencatat 70 persen dari para penjual profesional menggunakan media sosial, termasuk LinkedIn, Twitter dan Facebook, untuk membantu penjualan produk-produk mereka. Berbagai media sosial tersebut menjadi teknologi promosi penjualan yang paling banyak digunakan.

Tidak ada data nasional mengenai berapa nilai transaksi penjualan barang-barang preloved branded, baik yang dijual online maupun langsung di Indonesia. Namun pertumbuhan bisnis tersebut bisa dilihat dari jumlah pengunjung bazar dan jumlah barang-barang yang dijual online.

Carousell, misalnya, sejak masuk di Indonesia pada 2014, menyediakan hampir 14 juta barang pada platform tersebut dan 75 persen dari barang yang tersedia adalah barang preloved, kata Kezia.

“Kalau kita cari dengan tagar preloved branded di Instagram, akan muncul sekitar 1 juta barang,” ujar Kezia.Fesyen adalah salah satu dari tiga kategori paling populer dengan merek-merek seperti Zara, H&M dan Converse menduduki peringkat atas pencarian pada platform Carousell.

Secara global, Carousell menyediakan total 144 juta barang sejak berdiri pada 2012 dan sudah ada di 6 negara, yaitu Singapura, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Filipina dan Australia.

Sedangkan Irresistible Bazaar, yang rutin mengadakan bazar preloved branded sejak 2015, mencatat kenaikan jumlah pengunjung rata-rata 20-30 persen pada setiap bazar yang digelar sekali dalam empat bulan.

Pada bazar yang diadakan 24-29 April, Irresistible Bazar didatangi 24 ribu pengunjung, naik dari hanya 6 ribu pengunjung pada awal penyelenggaraan di 2015. Jumlah penjual yang meramaikan bazar pun melonjak dari hanya 20 penjual pada 2015, menjadi 76 penjual pada bazar ke-10 yang digelar awal Maret 2018. Bahkan sempat diikuti 101 penjual pada akhir 2017.

Preloved branded items sudah mendunia karena sama kerennya dengan (barang-barang) yang dijual di butik-butik lain,” kata Marisa, yang juga memiliki toko online dan butik offline preloved branded. “Kondisi barang masih bagus dan tidak out of fashion (ketinggalan zaman),” kata Marisa menambahkan

Investasi Preloved Branded

Barang-barang yang diburu oleh pecinta preloved branded tidak terbatas pada barang sehari-hari. Barang-barang desainer dari berbagai label dunia, seperti Chanel, Hermès dan Louis Vuitton juga menjadi incaran para penggemar preloved. Peluang itu juga ditangkap oleh beberapa pebisnis preloved branded menjadi investasi.

Menurut Rina Reynold, harga barang-barang preloved branded terutama tas dari label-label klasik seperti Hermès, Chanel dan Louis Vuitton bisa dijual dengan harga 12-14 persen lebih tinggi dari harga pembelian. Sebagai perbandingan, harga properti meningkat rata-rata kurang dari 4 persen per tahun, menurut data Bank Indonesia.

Barang preloved branded jenis tersebut bisa berharga lebih tinggi tentunya dengan beberapa catatan, antara lain, penjualan kembali sekitar 2-5 tahun lebih ke atas, kata Rina. Selain itu, bila tas preloved branded dari merek klasik dijual pada saat kurs mata uang asing menguat, otomatis harganya pun naik, ujar Rina, yang sudah menggeluti bisnis itu sejak 2010.

Faktor lainya adalah karena barang yang ingin dibeli sudah tidak diproduksi atau harga barang baru masih mahal, papar Rina. Nilai jual barang-barang preloved branded juga bisa masih tinggi bila dirawat dan masih disimpan kelengkapan seperti bon pembelian, kotak, dan kartu garansi, ujarnya.

Namun tak serta merta semua preloved branded mewah bisa jadi investasi.

Rina menjelaskan barang preloved branded mewah yang nilai jualnya tinggi adalah tas-tas yang diproduksi oleh rumah mode yang tidak pernah mendiskon barang-barangnya, misalnya koleksi tas seri Birkin dan Kelly dari Hermès, Chanel dan Louis Vuitton.

Selain itu, barang-barang buatan Eropa juga bernilai jual lebih tinggi dibanding buatan Amerika, kata Rina menambahkan.

“Memakai barang preloved branded ada kepuasan tersendiri. Walau barang seken, tapi asli,” kata Rina.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Badan Standardisasi Nasional Tetapkan 3 Klasifikasi Masker Yang SNI

Published

on

Badan Standardisasi Nasional Tetap 3 Klasifikasi Masker Yang SNI

Gencil News – Badan Standardisasi Nasional Tetapkan 3 Klasifikasi Masker Yang SNI. Badan Standardisasi Nasional telah mengeluarkan klasifikasi masker kain yang memenuhi standart nasional Indonesia.

SNI masker kain ini disusun oleh Komite Teknis SNI 59-01, Tekstil, dan Produk Tekstil dengan melibatkan akademisi, peneliti, laboratorium uji, Satgas Covid-19, dan industri produsen masker kain dalam negeri.

Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk masker kain telah dibuat dengan nomor penetapan 8914:2020 Tekstil – Masker dari kain melalui Keputusan Kepala BSN Nomor No.408/KEP/BSN/9/2020 pada 16 September 2020 lalu.

Foto File BSN

SNI itu sebelumnya diajukan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam rumusan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) untuk masker dari kain. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas masker kain yang sangat krusial di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Tipe A untuk penggunaan umum Minimal dua lapis kain Daya tembus udara di 15-65 cm3/cm2/detik Kadar formaldehida bebas hingga 75 mg/Kg Daya serap sebesar kurang dari sama dengan 60 detik Tahan luntur warna terhadap pencucian

Tipe B untuk penggunaan filtrasi bakteri Minimal dua lapis kain Kadar formaldehida bebas hingga 75 mg/Kg Daya serap sebesar kurang dari sama dengan 60 detik.

Tahan luntur warna terhadap pencucian Lulus uji efisiensi filtrasi bakteri lebih dari sama dengan 60 persen Mengukur mutu masker tekanan diferensial dengan ambang batas kurang dari sama dengan 15

Tipe C untuk penggunaan filtrasi partikel Minimal dua lapis kain Kadar formaldehida bebas hingga 75 mg/Kg Daya serap sebesar kurang dari sama dengan 60 detik.

Tahan luntur warna terhadap pencucian, keringat asam dan basa, serta saliva Lulus uji efisiensi filtrasi bakteri lebih dari sama dengan 60 persen Mengukur mutu masker tekanan diferensial dengan ambang batas kurang dari sama dengan 21.

Untuk semua tipe masker kain, SNI mensyaratkan harus memiliki minimal dua lapis kain. Kombinasi bahan yang paling efektif adalah kain dari serat alam seperti katun ditambah dua lapis kain sifon mengandung polyester-spandex yang mampu menyaring 80-99 persen partikel.

SNI juga menetapkan kadar logam terekstraksi maksimum, ketahanan terhadap pembahasan permukaan minimum melalui uji siram, kadar PFOS dan PFOA pada masker kain yang menggunakan anti air, serta nilai aktivitas antibakteri minimum pada masker kain yang menggunakan antibakteri.

Setiap produsen masker kain diharapkan secara sukarela untuk memenuhi persyaratan dan mendaftarkannya untuk mendapatkan Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) sebagai bukti pemenuhan persyaratan mutu SNI 8914:2020 Tekstil – Masker dari Kain.

“Cara pemakaian, perawatan pencucian, melepaskan masker kain dan hal-hal lain yang diperlukan dalam penggunaan masker kain juga diinformasikan dalam SNI ini,” kata Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (Dirjen IKFT) Kemenperin, Muhammad Khayam.

Ia menerangkan masker SNI 8914:2020 menyebutkan bahwa masker dari kain dapat digunakan dalam aktivitas di luar rumah, atau saat berada di ruangan tertutup seperti kantor, pabrik, tempat perbelanjaan, maupun transportasi umum.

Continue Reading

Bisnis

Singapore Airlines Sulap Pesawat A380 Menjadi Restoran Mewah

Published

on

By

Singapore Airlines Sulap Pesawat A380 Menjadi Restoran Mewah
Singapore Airlines - Courtesy of Singapore Airlines

Gencil News – Maskapai penerbangan nasional Singapore Airlines (SIA) mengumumkan sejumlah penawaran menarik untuk meningkatkan pendapatan mereka, karena adanya pembatasan penerbangan internasional.

Singapore Airline yang merupakan “Maskapai Internasional Terbaik Dunia” selama beberapa tahun ini, mengatakan bahwa mereka akan memperkenalkan layanan restoran pada bulan Oktober 2020.

Penawaran menarik itu adalah Singapore Airline akan menyediakan layanan restoran di pesawat jet terbesar yaitu Airbus A-380. Para pengunjung nantinya akan menikmati hidangan makanan di pesawat yang dapat menampung hampir 900 penumpang itu.

Airbus 380 yang akan disulap menjadi restoran itu, selama ini hanya diparkir. Menyusul adanya pembatasan perjalanan sejumlah negara.

Pada awalnya Singapore Airline mempertimbangkan gagasan untuk mengoperasikan “penerbangan ke mana-mana“, tetapi akhirnya merekan membatalkan konsep tersebut.

Maskapai penerbangan di asia seperti All Nippon Airways Jepang, Eva Air Taiwan, dan Qantas Australia menawarkan penerbangan tanpa tujuan selama beberapa jam atau pelancong akan diajak bertamasya diatas ketinggian.

Cara ini digunakan karena sektor penerbangan tengah mencari aliran pendapatan baru, akibat dari pandemi.

Singapore Airlines dan anak perusahaannya SilkAir sudah mulai melakukan penerbangan ke Johannesburg, Phnom Penh, Surabaya, dan Taipei bulan ini. Dan keduanya akan terus menerbangi rute tersebut selama Oktober dan November 2020.

Pada akhir November 2020, perusahaan berharap kapasitas penumpang terus naik, diperkirakan bisa mencapai sekitar 11% atau sama sebelum COVID melanda.

SIA menggunakan pesawat A380 untuk layanan jarak jauh ke tujuan seperti London. Dalam rencana untuk menyulap pesawat ini menjadi restoran.

Singapore Airlines mengatakan nantinya pengunjung akan dilayani oleh sommeliers (ahli mengenai anggur/wine) yang akan merekomendasikan anggur pasangan untuk makanan.

Mereka juga akan menerima minuman beralkohol gratis dan dapat mendaftar untuk tur terbatas sebelum makan siang di A380.

Pesawat Superjumbo dua tingkat SIA A380 akan menjadi tuan rumah bagi pengunjung di Bandara Changi Singapura.

Dan mereka dapat membayar untuk makan di kelas kabin pilihan mereka dan akan menikmati tingkat layanan yang sesuai dibayarkan. Namun sampai saat ini SIA belum mengungkapkan berapa besaran harganya.

“Dengan COVID-19 secara drastis mengurangi jumlah penerbangan yang dioperasikan oleh SIA Group, kami telah menciptakan aktivitas unik yang memungkinkan kami untuk terlibat dengan penggemar dan pelanggan kami selama ini,” kata Kepala Eksekutif Goh Choon Phong- seperti yang dilansir dari Nikkei Asia

Dalam tiga bulan hingga akhir Juni, perusahaan melaporkan kerugian bersih sebesar 1,12 miliar dolar Singapura ($ 810 juta), yang dibandingkan dengan laba SG $ 111 juta setahun yang lalu.

Pada kuartal Januari-Maret, telah mencatat kerugian bersih SG $ 732 juta karena pandemi mulai melanda wilayah tersebut.

Maskapai SIA mengumumkan baru-baru ini bahwa mereka memangkas 4.300 posisi, termasuk 2.400 pemutusan hubungan kerja, karena sedikitnya permintaan perjalanan.

Dikatakan bahwa mereka akan mengumpulkan hingga SG $ 15 miliar melalui penjualan saham baru dan obligasi konversi, didukung oleh pemegang saham terbesar dan perusahaan investasi negara Singapura Temasek, dan akan mencari “cara tambahan untuk menopang likuiditas yang diperlukan.”

SIA juga melakukan inisiatif lain seperti menyediakan tur di belakang layar fasilitas pelatihannya pada bulan November yang ditargetkan untuk keluarga.

Pengunjung akan belajar tentang sejarah SIA selama lebih dari 70 tahun, dan mendapat kesempatan untuk bertemu pilot dan awak kabin, serta mengetahui lebih banyak tentang pelatihan yang dijalani oleh karyawan perusahaan.

Selain itu, orang dewasa dapat memilih untuk mengoperasikan simulator penerbangan, mencicipi beberapa anggur berlabel, Menghadiri lokakarya perawatan pribadi. SIA juga akan menjual pilihan makanan terpopuler yang telah disajikan dalam penerbangannya.

Maskapai ini juga menawarkan makanan pesawat yang bisa dikirim ke rumah konsumen. Mereka dapat memilih dari menu makanan dan minuman yang biasanya ditawarkan di kelas pertama dan kelas bisnis SIA.

Continue Reading

Bisnis

Membuat Segalanya Lebih Mudah Dengan Mobile Banking Bank Kalbar

Published

on

Mobile Banking Bank Kalbar Membuat Segalanya Lebih Mudah

Gencil News- Membuat Segalanya Lebih Mudah Dengan Mobile Banking Bank Kalbar. Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Selintas layanan mobile banking ini serupa dengan layanan sms banking, namun pada kenyataannya mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan sms banking.

Membuat Segalanya Lebih Mudah Dengan Mobile Banking Bank Kalbar. Semakin canggihnya kemajuan dalam teknologi maka Bank Kalbar selalu memberikan inovasi serta pembaharuan terhadap fitur serta layanan demi mencapai kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan menawarkan layanan mobile banking.

Hadirnya mobile banking Bank Kalbar untuk mempermudah nasabahnya di manapun berada dalam bertransaksi terutama transaksi non tunai. Mobile banking Bank Kalbar hadir dalam rangka mendukung gerakan non tunai yang digencarkan pemerintah maupun Bank Indonesia,

Layanan Mobile banking memiliki kelebihan dibandingkan internet banking karena relatif mudah dalam mendapatkan konektivitas, sedangkan untuk internet banking tidak semua tempat ada jaringan internet. Hal ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan sehingga menghemat banyak waktu.

Fitur yang sederhana membuat mobile banking melalui ponsel sangat mudah untuk dimengerti. Semua isntruksi diberikan secara mudah dan rinci sehingga efektif dari segi biaya. Selain itu fasilitas mobile banking mempunyai biaya yang rendah dibandingkan online banking.

Kini anda dimudahkan melalui layanan mobile banking Bank Kalbar, unduh apikasi nya melalui playstore jika menggunakan android atau ios jika menggunakan iphone. Transaksi mudah bisa anda lakukan melalui mobile banking Bank Kalbar.

Seperti pembayaran pajak daerah, pembayaran air ledeng meteran dan pembelian voucher handphone hingga voucher listrik sudah bisa dilakukan melalui Mobile Banking Bank Kalbar. Melalui aplikasi ini juga nasabah bisa mengecek histori transaksi, lokasi cabang atau ATM Bank Kalbar, memperbaharui informasi nilai tukar uang dan fitur-fitur menarik lainnya

Mobile Banking Bank Kalbar adalah sebuah terobosan dari Bank Kalbar yang ditujukan kepada nasabah untuk memudahkan transaksi. Mobile Banking Bank Kalbar membuat transaksi lebih Praktis, Aman dan Efisien.

Continue Reading

TRENDING