Dekranasda Lakukan Sosialisasi Pengrajin Anyaman Untuk Tingkatkan Ekonomi Keluarga

GENCIL.NEWS, SEKADAU – Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus melaksanakan sosialisasi bagi pengrajin anyaman di balai botomu Kecamatan Nanga Mahap, Senin (11/12).

Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus mengatakan, sosilisasi yang dilaksanakan tersebut dilakukan dalam upaya memperkenalkan Dekranasda sebagai organisasi terstruktur.

“Tujuannya menggali dan mengembangkan kembali warisan tradisi dan budaya yang pernah ada di masyarakat, dalam hal ini budaya anyaman di kecamatan Nanga Mahap,”ujarnya

Kristin mengharapkan melalui sosialisasi ini para pengajin anyaman yang ada di kecamatan Nanga Mahap mengetahui adanya wadah organisasi yang dapat membantu para pengrajin dalam pembinaan, pendampingan, serta promosi produk anyaman yang sudah dibuat oleh pengrajin.

“Diharapkan melalui sosialisasi ini bapak ibu pengrajin anyaman semakin termotivasi dalam membuat berbagai anyaman, yang kedepanya dapat diandalkan pada ajang pameran yang akan diikuti oleh dekranasda kabupaten,”ungkapnya.

Baca juga   PIA AG Lanud HAD Berikan Pemahaman Tentang Waspada Penyakit Filariasis

Tak lupa juga melalui sosialisasi kali ini ketua dekranasda yang juga ketua TP PKK Kabupaten Sekadau ini berharap kepada para orang tua yang mengerti tentang kerajinan anyaman, untuk selalu mengajarkan kerajinan tersebut kepada anak-anak.

“Terutama anak perempuan, karena selain untuk pelestarian budaya juga diharapkan kedepan dapat sebagai upaya membantu meningkatkan pendapatan keluarga,”pintanya

Sementara itu, mewakili camat Nanga Mahap, Plt Sekcam Supardi mengatakan sesuai surat yang disampaikan Dekranasda tetang permintaan peserta sosialisasi, pihak kecamatan sudah menyampaikan ke para kepala desa yang ada di kecamatan Nanga Mahap untuk mengirimkan pengrajin yang ada didesa tersebut.

“Terutama bagi desa-desa yang memiliki potensi pengrajin anyaman. Supardi juga berterima kasih atas sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dekranasda kabupaten, karena mungkin sebagian besar peserta yang hadir pasti belum tau informasi tentang dekranasda,”terangnya

Baca juga   Kelezatan Ikan Salai Khas Kalimantan Barat

“Jadi dengan adanya sosialisasi seperti ini, masyarakat pengrajin kecamatan nanga mahap mengetahui tetang dekranasda sebagai wadah pembinaan pengrajin di kabupaten Sekadau,”tambahnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini para peserta di haruskan masing masing membawa hasil kerajinan yang telah dibuat. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui potensi variasi dan pengerjaan serta bahan yang digunakan oleh para pengrajin. Sosialisasi tersebut diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari 9 desa yang ada di kecamatan Nanga Mahap

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.