Intip Besaran “Duit” Pensiun Yang Diterima Menteri

Intip Besaran "Duit" Pensiun Yang Diterima Menteri
Intip Besaran “Duit” Pensiun Yang Diterima Menteri

Masa jabatan menteri kabinet kerja periode 2014-2019 telah berakhir pada 20 Oktober 2019. Presiden Jokowi pun telah mengumumkan menteri baru di periode pemerintahan keduanya.

Menteri yang tak dipilih lagi Jokowi, tentunya akan memasuki masa pensiun. Lantas, berapa besaran manfaat pensiun yang diterima oleh para menteri?

Sesuai dengan Peraturan  Menteri Keuangan Nomor 82/PMK.02/2015 tentang Tata Cara Perhitungan, Penyediaan, Pencairan, Dan Pertanggungjawaban Dana Belanja Pensiun Yang Dilaksanakan Oleh PT Taspen (Persero) Dan PT Asabri (Persero)

Taspen menguraikan formula perhitungan pensiun pejabat negara dalam laman resminya. Tertulis bahwa pejabat selain presiden yang terhitung sebagai individu mendapatkan manfaat pensiun maksimum 75 persen dari gaji pokok terakhir.

Baca juga   Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Mendapat Penghargaan sebagai  Menteri Terbaik di Dunia

Dilansir dari bisnis.com Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro ‘membocorkan’ besaran manfaat pensiun yang diterima oleh Ignasius Jonan, S.E. mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia sejak 14 Oktober 2016. Menurut Iqbal, Jonan menerima hak pensiun sebesar Rp3,5 juta atau sekitar 70 persen dari gaji pokoknya.

“Pak Jonan menerima Rp 3,5 juta per bulan. Sesuai dengan prinsip Taspen yakni layanan pro aktif, Jonan tidak perlu meminta [hak pensiun] tetapi kami yang membayarkan langsung,” ujar Iqbal, Selasa (5/11/2019).

Menurut Iqbal, manfaat pensiun tersebut akan dibayarkan kepada setiap mantan menteri dalam setiap bulan, semasa hidup masing-masing. Adapun, menurut dia, setiap menteri akan menerima manfaat pensiun dalam besaran yang sama.

Baca juga   Bank Kalbar Gencarkan Simpel

Selain itu, Iqbal menjelaskan bahwa setiap menteri akan menerima THT, seperti halnya Jonan. Namun, besaran THT tersebut bergantung kepada lama masa kerja dari menteri bersangkutan.

Dia pun menyampaikan bahwa THT yang diterima Jonan berkisar Rp11 juta. Sehingga, pada bulan ini Jonan menerima manfaat pensiun sekitar Rp13,5 juta.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : bisnis.com