Jokowi Ingin Segera Tinggalkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil
Connect with us

Bisnis

Jokowi Ingin Segera Tinggalkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Dengan membangun pabrik biodisel, Indonesia ingin meningkatkan produksi minyak sawit mentah (CPO).

Namun, para aktivis mengingatkan bahwa perluasan lahan kebun kelapa sawit bisa menimbulkan dampak lingkungan yang memprihatinkan, dan meminta pemerintah beralih ke sumber energi terbarukan lainnya.

Published

on

Jokowi Ingin Segera Tinggalkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil
Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Group di Tanah Bumbu, Kalsel, 21 Oktober 2021. (Biro Setpres)

Gencil News – VOA – Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia untuk segera meninggalkan ketergantungan terhadap energi fosil dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT), salah satunya mendorong produksi biodiesel.

“Saya ingin menegaskan, kita harus memegang teguh komitmen untuk meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan (EBT). Oleh karena itu produksi B30 ini, produksi biodiesel ini harus terus kita tingkatkan dan tahun 2021 ditargetkan kita mampu memproduksi dan menyalurkan 9,2 juta kiloliter dan saya minta tahun depan juga bisa meningkatkan lebih tinggi,” ungkap Jokowi dalam peresmian pabrik biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Kamis (21/10).

Jokowi menjelaskan, Indonesia mempunyai potensi produksi CPO yang sangat besar yakni mencapai 52 juta ton per tahun. Maka dari itu, katanya potensi yang besar tersebut jangan terhenti dengan sekedar menjadi eksportir CPO mentah saja.

Ia menekankan hilirisasi dan industrialisasi harus dilakukan di tanah air. Ia pun mengapresiasi PT Johnlin Group yang bersedia untuk membangun pabrik biodiesel untuk memproduksi CPO menjadi B30, yang menurutnya akan memberikan nilai tambah yang cukup besar dan menciptakan lebih banyak lagi produk-produk turunan dari CPO.

Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Group di Tanah Bumbu, Kalsel, 21 Oktober 2021. (Foto: Agus Suparto/Twitter@Jokowi)
Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Group di Tanah Bumbu, Kalsel, 21 Oktober 2021. (Foto: Agus Suparto/Twitter@Jokowi)

“Nikel sudah kita stop tidak boleh ekspor (mentah), sudah ada smelter, sudah ada pabrik untuk mengolah menjadi barang setengah jadi dan jadi yang kita harapkan nantinya juga akan menjadi barang yang memiliki nilai tambah tinggi yaitu menjadi lithium baterai untuk mobil listrik. Tembaga saya juga sangat senang sekali baru saja seminggu yang lalu kita meresmikan smelter terbesar di dunia yang mengolah tembaga nantinya menjadi barang-barang jadi atau setengah jadi. Hari ini, CPO menjadi biodiesel, ini terus menerus akan kita dorong agar perusahaan-perusahaan di dalam negeri ini semuanya mengolah dari bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi,” tuturnya.

Baca juga   Menkominfo Bicara Ekonomi Digital di Forum Ekonomi Dunia (WEF)

Jokowi menilai industri biodiesel akan sangat strategis ke depannya. Menurutnya, hal ini akan meningkatkan ketahanan energi nasional,dan menekan defisit neraca perdagangan akibat berkurangnya impor solar.

Jokowi mencatat dengan peningkatan produksi biodiesel ini, Indonesia mampu menghemat devisa Rp38 triliun pada tahun 2020, dan diperkirakan pada tahun ini akan mampu menghemat devisa sebesar Rp56 triliun. Selain itu, peningkatan produksi biodiesel ini juga akan bisa menjaga stabilisasi harga CPO.

“Jangan sampai kita memiliki CPO tapi yang menentukan harga adalah yang ada di pasar, tidak. Kita mustinya bisa mengendalikan ini dengan cara apa? Kalau pas ekspor harganya baik, silahkan ekspor, kalau engga ya pakai sendiri. Kita memiliki alternatif dan opsi itu. Memastikan stabilitas demand dan permintaan kepada para petani sawit dan akan memberikan efek pada kesejahteraan masyarakat secara luas. Kemudian yang ketiga, pengembangan biodiesel ini juga kita ingin masuk kepada energi baru terbarukan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan melalui kontribusi pengurangan emisi gas rumah gas kaca,” kata Jokowi.

Baca juga   Target 450 ribu Warga Pontianak Bisa Divaksin
Pabrik biodiesel PT Jhonlin Group diharapkan akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menjaga stabilisasi harga CPO, dan berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca. (Foto: Agus Suparto/Twitter @jokowi)
Pabrik biodiesel PT Jhonlin Group diharapkan akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menjaga stabilisasi harga CPO, dan berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca. (Foto: Agus Suparto/Twitter @jokowi)

Dampak Kerusakan Lingkungan

Sementara itu, Senior Forest Campaigner Greenpeace Indonesia Arkian Suryadarma mengatakan keputusan pemerintah Indonesia melakukan transisi penggunaan EBT dari energi fosil dengan meningkatkan produksi biodiesel adalah sebuah solusi yang salah.

Arkian menjelaskan peningkatan produksi biodiesel yang merupakan produk turunan dari kelapa sawit akan semakin memperluas kerusakan lingkungan.

Ia mencontohkan untuk memproduksi B30 saja dipastikan akan menambah lahan kebun kepala sawit baru sebanyak 3 juta hektare, bahkan untuk B50 diperkirakan akan ada penambahahan lahan baru sebanyak 9 juta hektare.

“Jadi kalau misalnya B50 bakal ada penambahan lahan 9 juta hektare lahan baru untuk minyak sawit itu sendiri. Jadi memang potensinya besar sekali kalau misalnya engga diatur, dan kita lihat juga dari sisi pengurangan fosil sendiri, engga seberapa bagusnya kalau misalnya kita compare fosil. Apalagi kalau kita menanam atau membuka lahan besar-besaran memakai pembakaran hutan atau menanam di gambut, itu emisinya lebih besar daripada batu bara,” ungkapnya kepada VOA.

Ia juga melihat, meskipun lahan kebun kelapa sawit di tanah air cukup luas namun hasilnya tidak produktif . Produksinyarata-rata hanya mencapai 3 juta ton per tahun. Angka tersebut masih lebih rendah dari Malaysia yang luas kebun kelapa sawitnya setengah lebih kecil dari Indonesia. Maka dari itu, ia mempertanyakan kebijakan pemerintah apabila masih ingin membuka lahan kelapa sawit yang baru.

Dengan dampak kerusakan lingkungan yang begitu luas akibat pembukaan lahan kelapa sawit ini, Arkian menyarankan kepada pemerintah untuk menggunakan potensi EBT lainnya yang dimiliki oleh Indonesia, yakni tenaga surya dan angin. Apalagi biodiesel, katanya juga masih menggunakan batu bara untuk bahan campuran B30 maupun B50.

Baca juga   Jelang Peringatan 60 Tahun Putri Diana, Dunia Mengenang Warisannya

Suplai dan Demand

Di sisi lain, Pengamat Ekonomi dari CORE Indonesia Muh Faisal mengatakan peningkatan produksi biodiesel ini memang akan bisa mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar minyak (BBM) impor. Selain itu, biodiesel ini juga akan dapat menyerap persediaan CPO di tanah air yang surplus.

Namun, Faisal menggarisbawahi pemerintah harus memastikan sisi hilirnya untuk mendukung peningkatan produksi biodiesel yakni salah satunya menyediakan pasar yang akan menyerap biodiesel tersebut.

“Biodiesel ini misalnya dibeli oleh Pertamina. Selanjutnya adalah masalah penggunaan biodiesel oleh Pertamina, jadi marketnya yaitu adalah kendaraannya. Jadi bagaimana kemudian industri otomotif di Indonesia bisa menyerap atau memproduksi produk-produk otomotif yang menggunakan bahan bakan biodiesel. Jadi satu hambatan yang menghalangi industri otomotif untuk merancang atau memproduksi mobil atau sepeda motor yang menggunakan biodiesel berarti harus diatasi,”ungkapnya kepada VOA.

Ia mengatakan, pemerintah harus memiliki kebijakan yang konsisten untuk mendukung hal tersebut, agar kelak para investor tidak ragu berinvestasi dengan membangun pabrik otomotif berbahan bakar biodiesel. Apalagi saat ini, mayoritas kendaraan masyarakat di Indonesia masih menggunakan bensin.

“Pabrik (biodiesel) yang sekarang ini pasti dia mengharapkan ada demand. Dan pemerintah harus memastikan bahwa kebijakan untuk menggunakan biodiesel sebagai alternatif baru BBM untuk kendaraan akan terus diperkuat. Itu yang membuat investor (tertarik) karena ada sistem insentif yang diberikan oleh pemerintah,” pungkasnya. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

SAKA RESIDENCE, Rumah Impian Dengan Desain Cantik ala Jaman Now

Published

on

SAKA RESIDENCE, Rumah Impian Dengan Desain Cantik ala Jaman Now

Gencil News – SAKA RESIDENCE adalah pilihan yang tepat bagi anda yang mendambakan rumah dengan desain ala jaman now namun tak mengguras kantong.

SAKA RESIDENCE hadir untuk meningkatkan kualitas kehidupan Anda di lingkungan yang asri. SAKA RESIDENCE menjadi perpaduan konsep gaya hidup modern dengan segala kemudahannya

Kawasan dengan area yang luas akan terus dikembangkan. Nikmati kenyamanan tinggal di SAKA RESIDENCE dengan infrastruktur dan fasilitas yang lengkap, investasi properti dan memberikan semua yang Anda butuhkan.

SAKA RESIDENCE hadir menjawab kebutuhan anda, menghadirkan desain rumah yang memperhitungkan manfaat setiap ruangan bagi pemiliknya.

Area menjanjikan prospek gemilang lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung seperti Rumah Sakit, Sekolah, GOR dan Kolam Renang.

Baca juga   Babak Baru Gojek, Tawarkan Sahamnya ke Publik
peta lokasi, silakan klik gambar, anda akan dipandu menggunakan google map

SAKA RESIDENCE terletak pada Jalan Nipah Kuning Dalam, atau dekat dengan GOR Bulutangkis Gelanggang Kapuas, Kolam Renang Delta Kapuas dan SMA negeri 11 Pontianak, menjadikan SAKA RESIDENCE pilihan yang tepat.

Unit yang sedang dibangun dan terjual

SAKA RESIDENCE terdapat 2 pilihan ukuran rumah, Type 60 dengan luas bangunan 60m2 dan luas tanah 162m2 dibanderol dengan harga Rp500 juta. Type 80 luas bangungan 84m2 dengan luas tanah 162 m2 dengan harga jual Rp650 juta.

Untuk fasilitas, tersedia PLN dengan daya 1300kwh dan PDAM, jalan komplek seluas 6 meter dan jalan lingkungan 7 meter.

Baca juga   Eropa Mengecam Keras Mundurnya AS Dari Perundingan Pajak Teknologi

Untuk spesifikasi bangunan tertera pada gambar berikut ini:

Untuk informasi dan reservasi hubungi +62 858-8353-0007 dan +62 895-2113-0073 (Bisa Telpon dan WA)

Continue Reading

Bisnis

Tabungan Simpanan Pelajar dari Bank Kalbar Untuk Masa Depan Siswa

Published

on

Tabungan Simpanan Pelajar dari Bank Kalbar Untuk Masa Depan Siswa

Gencil News- Simpanan untuk pelajar atau siswa dan siswi sangat membantu masa depan anak khususnya dalam meraih pendidikan kelak.

Bank Kalbar adalah wujud nyata yang mengajarkan dan menanamkan pada para pelajar untuk menyisihkan uangnya melalui tabungan simpel.

Tabungan Simple atau Simpanan Pelajar dari Bank Kalbar adalah Simpanan untuk pelajar yang terbit secara nasional dari bank-bank di Indonesia.

Dengan tujuan menyusun dan merealisasikan program peningkatan literasi dan inklusi keuangan untuk mencapai target inklusif keuangan nasional 90% pada tahun 2024.

Baca juga   Sekarang Bayar Pajak Bisa Pakai Mobile Banking Bank Kalbar!

Apa saja keuntungan yang utama dan mudah bagi pelajar jika memiliki simpanan pelajar:

  • Pertama, Setoran awal SimPel Rp5.000,-
  • Kedua, Setoran minimum berikutnya Rp1.000,-
  • Selanjutnya, Saldo minimum Tabungan Rp1.000,-
  • Kemudian, Transaksi setoran bisa pada seluruh Unit Kantor Bank dan Sekolah yang bekerja sama dengan Bank
  • Transaksi penarikan berlaku pada seluruh Unit Kantor Bank
  • Terakhir, Setiap Penabung juga memiliki buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening

Sedangkan untuk biayanya;

  1. Administrasi bulanan Tanpa Biaya
  2. Saldo Dorman selama 12 bulan dikenakan biaya Rp1.000,-/bulan
  3. Biaya penutupan rekening Rp5.000,-
  4. Apabila saldo < Rp5.000,- maka rekening akan ditutup otomatis oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo

Keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak awal bagi siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Madrasah (MI, MTs, MA) atau sederajat, yang berusaha di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.

Baca juga   Eropa Mengecam Keras Mundurnya AS Dari Perundingan Pajak Teknologi

Kebiasaan menabung, akan membuat anak belajar untuk mengendalikan sifat konsumtifnya. Selain itu, orang tua juga perlu memahami pentingnya menabung, yang bukan sekedar kewajiban tapi bisa dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup 

Continue Reading

Bisnis

Cara Pendaftaran NPWP Orang Pribadi Online

Published

on

Cara Pendaftaran NPWP Orang Pribadi Online

Gencil News – e-Registration atau Sistem Pendaftaran Wajib Pajak secara Online adalah sistem aplikasi bagian dari Sistem Informasi Perpajakan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

e-Registration berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran Wajib Pajak.

Sistem ini terbagi dua bagian, yaitu sistem yang dipergunakan oleh Wajib Pajak yang berfungsi sebagai sarana pendaftaran Wajib Pajak secara online dan sistem yang dipergunakan oleh Petugas Pajak yang berfungsi untuk memproses pendaftaran Wajib Pajak.

Untuk memulai pendaftaran NPWP secara online silahkan klik e-Registration.

Baca juga   Siapa Bilang Nyari Tempe di Amerika Susah, Ada BosTempeh
Continue Reading

Bisnis

Tak Perlu Ketemu, Retribusi Pedagang dan Kios Sekarang Online

Published

on

Bayar Retribusi Kios Cukup Lewat Virtual Account

Gencil News – Pontianak – Pembayaran retribusi yang dulunya dibayar secara tunai melalui petugas pemungut retribusi, sekarang dapat dibayarakan melalui online banking maupun mesin ATM, pemilik kios bisa membayar retribusi tanpa harus bertemu petugas pemungut retribusi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak Junaidi menjelaskan, sudah ada 728 pelaku usaha yang sudah memanfaatkan fasilitas virtual account yang meliputi pedagang di kios Pasar Patimura, PSP, Dunia Baru, Mambo dan Kapuas Indah. Pembayaran retribusi melalui virtual account ini dinilai sangat efektif untuk lebih memudahkan pedagang membayar retribusinya.

Baca juga   Masih Muda, Pria Ini Sudah Pimpin Buggati-Rimac

“Mereka tidak perlu lagi datang ke bank atau ke kantor kita, cukup dari smartphone melalui mobile banking Bank Kalbar atau juga bisa lewat mesin ATM,” ujarnya usai sosialisasi pembayaran pajak dan retribusi daerah menggunakan virtual account di Aula Rohana Muthalib Kantor Bappeda Kota Pontianak, Rabu (1/12/2021).

Sejauh ini, kata Junaidi, kendala yang dihadapi karena pembayaran sistem ini masih baru bagi para pedagang sehingga pelaku usaha masih perlu pendampingan. Untuk itu pihaknya akan lebih proaktif dalam mensosialisasikan pembayaran retribusi ini dengan virtual account. Pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi dalam pelaksanaan pembayaran retribusi secara mandiri.

“Penggunaan virtual account ini untuk memaksimalkan pendapatan dan menghindari terjadinya kebocoran,” tuturnya.

Baca juga   Lirik Here's Your Perfect Jamie Miller, I remember the day

Kepala Cabang Utama Bank Kalbar Pontianak, Sudirman menerangkan, penggunaan virtual account ini untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Diskumdag Kota Pontianak bekerjasama dengan Bank Kalbar untuk memfasilitasi para pedagang dalam membayar retribusi melalui virtual account.

“Sebelumnya pungutan retribusi dilakukan secara manual dengan mendatangi pedagang satu persatu. Lalu dengan sistem ini setiap pedagang tidak perlu lagi bertemu dengan petugas, cukup membayar retribusi dan kewajiban lainnya dengan smartphone maupun ATM,” terangnya.

Kemudian, kelebihan dari pembayaran sistem ini yang lebih praktis adalah lebih efisien karena mereka yang tengah berdagang tidak perlu meninggalkan tempat. Pembayaran bisa melalui mobile banking di mana dan kapan pun mereka berada. Hal ini akan mempermudah, baik untuk dinas terkait dalam pungutan retribusi maupun mempermudah wajib pungut sebab mereka bisa membayar kapan saja. 

Baca juga   Sekarang Bayar Pajak Bisa Pakai Mobile Banking Bank Kalbar!

“Sehingga dari segi waktu lebih efisien dan cepat,” pungkasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING