KSPI: Ratusan Ribu Buruh Terancam PHK Karena Baja Impor China
Connect with us

Bisnis

KSPI: Ratusan Ribu Buruh Terancam PHK Karena Baja Impor China

Published

on

KSPI: Ratusan Ribu Buruh Terancam PHK Karena Baja Impor China
Seorang pekerja berjalan di dekat gulungan gulungan baja di luar pabrik Krakatau Steel di Cilegon, Jawa Barat, 12 September 2008. (Foto: dok).

Gencil News – VOA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebut sekitar 100 ribu pekerja terancam di-PHK karena industri baja dalam negeri terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan baja impor.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mendorong Kementerian Perdagangan untuk melindungi industri baja dalam negeri.

Menurutnya, industri baja dalam negeri terancam tutup karena kalah bersaing dengan baja impor asal China yang jauh lebih murah. Penyebabnya penerapan bea masuk untuk produk baja paduan (kategori I-H section) dari luar negeri tidak diperpanjang pemerintah.

Kata dia, setidaknya 100 ribu pekerja industri baja di tanah air terancam PHK jika pemerintah tidak meneruskan kebijakan bea masuk untuk baja impor kategori tersebut.

“Masuknya baja dari luar negeri mengancam industri baja nasional milik investor Indonesia. Karena khususnya China harganya murah karena ada subsidi pemerintahnya terhadap produk-produk baja mereka,” jelas Said Iqbal dalam konferensi pers online, Kamis (21/1/2021).

Said Iqbal menambahkan ancaman PHK pada masa pandemi corona ini akan membuat perekonomian masyarakat semakin terpuruk. Karena itu, kata dia, Kementerian Perdagangan perlu membuat pengecualian (diskresi) terkait kebijakan penerapan bea masuk ini.

Ia mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), besi dan baja menempati posisi ketiga komoditas impor nonmigas yang masuk ke Indonesia dengan nilai USD 7,63 miliar atau senilai Rp106,8 triliun pada 2019.

Kemendag Belum Beri Tanggapan

Belum ada tanggapan dari Kementerian Perdagangan terkait usulan dari buruh untuk memperpanjang penerapan bea masuk terhadap produk baja impor (I-H section). Namun, menurut situs Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) Kementerian Perdagangan, status produk baja impor kategori ini telah dikenakan tindakan pengamanan (bea masuk).

Gedung Kementerian Perdagangan di Jakarta. (Foto: Kemendag)
Gedung Kementerian Perdagangan di Jakarta. (Foto: Kemendag)

Ini senada dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 2/PMK.010/2018 tentang Pengenaan Bea Masuk Tindakan Pengamanan Terhadap Impor Produk I dan H Section Dari Baja Paduan Lainnya. Peraturan Menteri ini berlaku selama tiga tahun sejak diterbitkan dan berakhir pada 20 Januari 2021. Aturan ini mewajibkan produk impor tersebut dikenakan bea masuk sebesar 17,75 persen pada tahun pertama, 17,5 persen pada tahun kedua, dan 17,25 persen pada tahun ketiga.

Peraturan menteri ini merupakan perpanjangan dari aturan serupa sebelumnya pada periode 2015-2018 dengan penerapan bea masuk 28 persen pada tahun pertama hingga 18 persen pada tahun ketiga.

Industri Baja Timbulkan Dampak

Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi berbeda pandangan dengan KSPI. Menurutnya, industri baja merupakan industri hulu yang dapat berpengaruh terhadap industri lain. Ia berpendapat harga baja impor yang murah juga akan berdampak positif terhadap industri lainnya. Karena itu, ia menyarankan pemerintah untuk mengkaji terlebih dahulu sebelum memperpanjang penerapan bea masuk terhadap baja impor.

“Kalau misalkan ini dinaikkan tarifnya. Artinya di sektor lain yang menggunakan baja akan mengalami kenaikan ongkos produksi dan akan ada implikasi pengangguran juga. Jadi kita harus berbicara ekosistemnya, bukan satu sektor saja,” jelas Faisal Hastiadi kepada VOA, Kamis (21/1/2021) malam.

Faisal juga meminta pemerintah untuk mempertimbangkan nilai tambah produk baja dan besi nasional yang memanfaatkan baja impor asal China . Apalagi, kata dia, produk nasional tersebut juga diekspor ke China selama pandemi ini. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

PROMO Diskon Gede Indomaret 24 Februari – 2 Maret 2021

Published

on

PROMO Diskon Gede Indomaret 24 Februari - 2 Maret 2021

Gencil News – Promo Indomaret terbaru memberikan kesempatan diskon besar-besaran. Promo 24 Februari – 2 Maret 2021 memberikan diskon untuk segala macam produk kebutuhan sehari- hari.

Promo dari Indomaret terbaru berlangsung mulai 24 Februari – 2 Maret 2021. Ingat, ini adalah kesempatan emas bagi anda.

Indomaret adalah jaringan minimarket terkemuka di Indonesia. Yang rutin menawarkan harga promo bagi pelanggannya.

Continue Reading

Bisnis

Motor Yamaha RX King Tahun 1983 Laku Rp125 Juta

Published

on

Motor Yamaha RX King Tahun 1983 Laku Rp125 Juta
Pemilik motor yamaha RX King ini bernama Arif King Priuk. Motor Yamaha RX-King tahun 1983 miliknya berwarna putih original pabrikan, yang dinilai cukup langka. - foto Arif king priuk via detikoto

Gencil News – Sebuah motor Yamaha RX King keluaran tahun 1983 laku dengan harga Rp125 juta. Motor Yamaha RX King tersebut laku Rp125 juta, hanya 5 menit saja usai Arif sang pemilik memasang di story media sosial.

Pemilik motor yamaha RX King ini bernama Arif King Priuk. Motor Yamaha RX-King tahun 1983 miliknya berwarna putih original pabrikan, yang dinilai cukup langka.

Dikutip dari detikoto “Ini masih orisinil catnya. Rata-rata mereka cuma dokumennya aja, barangnya udah nggak orisinil, udah restorasian. Ini kan walaupun catnya udah karat-karat gitu, tapi masih orisinil, masih gagah, masih khas banget lah. Dan orang nggak ada yang punya,” kata Arif dalam perbincangan dengan detikOto.

Foto: Dok. Arif King Priok

Disebut Arif, motor miliknya itu merupakan barang incaran kolektor. Karena orisinalitasnya itulah harganya bisa tembus di atas Rp 100 juta

Salah satu hal menari dari Yamaha RX King seharga Rp 125 juta ini adalah bagian tankinya. Berwarna putih, pada beberapa sisi tanki terlihat sudah berkarat.

Kenapa tangki karatannya masih dipertahankan? Menurut Arif, di situlah nilai originalitasnya. Dia tidak ingin mengecat ulang tangkinya karena tidak mau kehilangan originalitas.

“Justru karatnya itu yang bikin orang, ‘Wow.’ Vespa juga ratusan juta kan begitu. Itu benar-benar nggak saya apa-apain, dapatnya gitu ya tangkinya nggak saya pernis,” ucap Arif.

 Untuk menjaga kondisi supaya tidak keropos, Arif melapisi karat dengan gemuk supaya tidak keropos.

“Jadi perawatannya kalau saya mau tutup dikasih gemuk dulu, baru ditutup lap, baru saya kerudungin. Itu biar nggak karantnya kering. Kalau karatnya kering lama-lama kemakan dia, kalau ada basah gemuk itu kan dia nggak kering. Biar nggak bolong,” kata Arif.

Meski harganya sangat tinggi, proses negosiasi pembelian motor tersebut ternyata berjalan sangat cepat. Ngobrol melalui aplikasi cahtting, si pembeli tak banyak menawar hingga akhirnya sepakat pada harga Rp 125 juta bahkan sebelum pembicaraan berlangsung lima menit.

“Saya chatting nggak sampai 5 menit langsung deal harga. Saya awalnya iseng pasang story, dia tanya2 dan deal harga. Awalnya dia tanya bisa kurang nggak, saya bilang harga jangan dikurangin, paling saya kasih gratis servis seumur hidup. Kalau mau ke sini mau nyetting, mau servis saya jamin seumur hidup, tapi di luar sparepart, kalau jasa saya kasih garansi seumur hidup,” ucapnya.

“Kalau orang udah penghobi otomotif, udah layak banget itu. Orang saya yakin masih bisa di atas itu kok. Jadi kan ktia bisa lihat, RX-King mahal, mahalnya di mana. Jadi relatif lah. Mungkin kalau bukan penghobi otomotif ya mungkin dia bilang begitu. Tapi begitu dia benar-benar hobi di otomotif, masih layak banget lah,” lanjut Arif.

rief mengungkapkan tak semua RX-King punya nilai mahal. Pembeli RX-King juga harus memahami mana motor yang memiliki nilai mahal, mana yang hanya penjualnya yang mematok harga mahal padahal motornya tidak semahal itu.

“Saya jual motor sesuai kondisi kok, ada yang Rp 20 (juta) ada yang Rp 30 (juta). Tapi ingat, sebelum membeli kita pelajari. Misalnya kita naksir RX-King tahun 97, kan RX-King banyak tipe. Beda tahun beda model. Kita pelajarin dulu. Ingat, yang mahal itu yang orisinil sesuai tahunnya yang alami. Ini pengalaman saya jual ya,” ucap Arif.

Ada juga motor RX-King restorasi. Namun, tak semua juga motor RX-King restorasi punya nilai mahal. Pun begitu dengan RX King Modifikasi, di mana harus diperhatikan parts apa saja yang digunakan.

Sumber

Continue Reading

Bisnis

Tesla akan Kurangi Produksi Model 3 di AS

Published

on

Tesla akan Kurangi Produksi Model 3 di AS
Mobil listrik Tesla Model 3 dalam foto ilustrasi di Moskow, Rusia, 23 Juli 2020. (Foto: Reuters)

GENCIL NEWS – Sejumlah sumber mengatakan kepada kantor berita Reuters, Kamis (25/2), bahwa produsen mobil listrik Tesla Inc berencana mengurangi produksi sedan Model 3 selama dua minggu. Pengurangan itu dilakukan sementara permintaan melambat untuk mobil Tesla dan pasar menghadapi kekurangan chip.

Sumber-sumber itu tidak mengetahui penyebab perlambatan produksi, tetapi salah satu dari mereka mengatakan kekurangan cip mungkin menyebabkan pengurangan produksi itu, yang akan berlangsung hingga 7 Maret.

Saham Tesla anjlok sekitar 8 persen pada penutupan perdagangan pada Kamis (25/2) menjadi $682 per saham. Perusahaan itu belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Tesla bulan lalu mengatakan, pihaknya mungkin menghadapi dampak sementara akibat kekurangan semikonduktor global dan gangguan logistik di pelabuhan-pelabuhan.

Beberapa produsen mobil, termasuk General Motors Co, Volkswagen AG, dan Ford Motor Co, dilanda kekurangan chip, sehingga terpaksa mengurangi produksi.

Chief Executive Officer (CEO) Tesla Elon Musk pada Kamis (25/2) mencuit bahwa pabrik Tesla di Fremont ditutup selama dua hari minggu ini dan dibuka kembali pada Rabu karena “kekurangan suku cadang.” Ia tidak memberi informasi lebih lanjut dalam cuitannya.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING