Connect with us

Bisnis

Menkeu: Diperlukan Kerja Keras Untuk Ekosistem Ekonomi Syariah

Published

on

Menkeu: Diperlukan Kerja Keras Untuk Ekosistem Ekonomi Syariah.

Gencil News- Menkeu: Diperlukan Kerja Keras Untuk Ekosistem Syariah. Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan ekonomi syariah secara global terus mengalami pertumbuhan yang fantastis. Ini dibuktikan dengan mulai banyaknya negara-negara yang menggunakan sistem ekonomi syariah. Merujuk pada Global Islamic Finansial Report 2019, Indonesia berada di peringkat pertama dengan skor 81,93.

Menkeu: Diperlukan Kerja Keras Untuk Ekosistem Syariah. Untuk menumbuhkan optimisme untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi hub keuangan syariah dunia. Bahkan, ekonomi syariah seharusnya bisa mengambil peran penting, terutama dalam mempercepat pemulihan ekonomi yang merosot akibat pandemi covid-19.

Berdasarkan data Organisasi Kerjasama Islam (OKI), pada 2018 produk halal Indonesia ke negara-negara anggota tersebut mencapai USD 45 miliar. Jumlah itu setara dengan 12,5 persen dari total perdagangan Indonesia yang mencapai USD 369 miliar dolar.

Dampak dari perkembangan ekonomi syariah di Indonesia semakin hari semakin terasa. Ini dapat di lihat dari meningkatnya jumlah produk-produk investasi syariah dan juga pembiayaan syariah.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah terus berkomitmen dalam membentuk sebuah sistem keuangan ekonomi syariah di Tanah Air. melalui peraturan perundang-undangan hingga kebijakan yang mengedepankan prinsip dan nilai-nilai ekonomi syariah.

Dilansir dari laman intagram Sri Mulyani di Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) Tahun 2020, Senin (21/9) Ekonomi Syariah merupakah bagian penting di dalam ekonomi global. Tahukah mengapa?

Saat ini jumlah penduduk muslim di dunia yang mencapai lebih dari 1,8 miliar memberikan kontribusi pada total belanja sekitar 2,2 triliun US Dollar, dengan tingkat pertumbuhan per tahun yang cukup pesat, yaitu 5,2%. ⁣

Di dalam masterplan ekonomi dan keuangan syariah 2019-2024, Indonesia ditargetkan akan menjadi pelaku utama dan sebagai hub ekonomi dan keuangan syariah dunia.

Oleh karena itu dan mengingat Indonesia merupakan negara yang memedomani “Bhinneka Tunggal Ika”, maka diperlukan kerja keras untuk membangun ekosistem syariah, dimulai dari kebijakan, regulasi, instrumen, dan langkah-langkah yang bisa menjawab kebutuhan umat yang inklusif.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Kreativitas dan Alih Usaha untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Published

on

Kreativitas dan Alih Usaha untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Pilpres AS, COVID, ketegangan dagang AS-Tiongkok, hingga Brexit terus mengguncang bursa saham dan meresahkan pelaku usaha. Tapi bagi sebagian usaha, dengan sedikit kreativitas dan kesediaan alih usaha, dampak semua ketidakpastian ini bisa teratasi sementara.

Akan tetapi bagi sebagian usaha, dengan sedikit kreativitas dan kesediaan alih usaha, dampak semua ketidakpastian ini bisa teratasi sementara. Selengkapnya, tonton dalam video ini

Continue Reading

Bisnis

Begini Cara Daftar Program Pelatihan Digital Dari Kominfo dan DEA

Published

on

Ini Cara Daftar Pelatihan Digital Dari Kominfo dan DEA. Adapun Sasaran program ini adalah mencetak talenta digital di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Gencil New- Begini Cara Daftar Program Pelatihan Digital Dari Kominfo dan DEA. Program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent Scholarship 2020 merupakan program yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Mitra Global Tech Company dan Start-up Lokal.

Adapun Sasaran program ini adalah mencetak talenta digital di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan target sejumlah 22.500 orang dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemkominfo RI, Basuki Y. Iskandar, menyatakan “Transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir. Targetnya untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030, maka Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi.”

Prioritas nasional ini tidak hanya menargetkan pemberdayaan UMKM melalui teknologi, tetapi juga fokus meningkatkan SDM unggul.

Program Pendaftaran DEA dibuka hingga 25 Oktober 2020, sedangkan pelatihannya akan berlangsung pada 2-13 November 2020 dan bertemakan mengembangkan bisnis online sesuai kebutuhan pasar.

Materi pelatihan mencakup strategi sukses bisnis online di marketplace, pemasaran digital 101 dan tips membangun brand yang kuat.

Begini Cara Daftar Program Pelatihan Digital Dari Kominfo dan DEA

Persyaratan Sebagai Berikut:

  • Warga Negara Indonesia dibuktikan KTP/KK
  • Minimal Berusia 17 tahun
  • Memiliki Akun Sosial Media
  • Memiliki Akun Email
  • Persyaratan Peserta berbeda pada masing-masing tema pelatihan

Berbagai materi edukasi ini akan disampaikan melalui serangkaian aktivitas virtual, termasuk webinar, Masyarakat, yang telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, bisa mendapatkan sertifikat.

Continue Reading

Bisnis

Ekonomi China Tumbuh Hampir 5% dalam Kuartal Ketiga 2020

Published

on

Ekonomi China Tumbuh Hampir 5% dalam Kuartal Ketiga 2020

Gencil News – VOA – Ekonomi China tumbuh 4,9 persen dalam tiga bulan antara Juli dan September. Hal ini semakin membuktikan bahwa situasi ekonomi terbesar kedua di dunia itu dengan cepat pulih dari pandemi virus corona yang terburuk.

Pertumbuhan 4,9 persen pada kuartal ketiga tahun 2020 itu lebih baik daripada pertumbuhan 3,2 persen pada periode antara April dan Juni, menurut angka yang dirilis Senin (19/10) oleh Biro Statistik Nasional pemerintah.

Sementara itu, hasil industri China naik 6,9 persen dalam bulan September, sedangkan penjualan ritel naik 3,3 persen untuk bulan yang sama.

Biro statistik mengatakan pekan lalu bahwa ekspor China naik 9,9 persen pada September dibandingkan pada tahun lalu. Itu merupakan kenaikan signifikan dari angka 9,4 persen yang diunggah pada Agustus. Menurut analis, kenaikan ekspor itu dipicu oleh permintaan global akan alat pelindung diri dan pasokan medis lain buatan China untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Ekonomi China adalah yang pertama di dunia yang terimbas wabah virus baru corona, yang pertama kali terdeteksi akhir tahun lalu di Wuhan, kota di China tengah.

Continue Reading

TRENDING