Menko Airlangga Sebut Komitmen Investasi di KEK Mencapai 92,3 Triliun
Connect with us

Bisnis

Menko Perekonomian Sebut Komitmen Investasi di KEK Mencapai 92,3 Triliun

Pemerintah menyatakan komitmen investasi di 19 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) mencapai Rp92,3 triliun, dengan Rp 32,76 triliun di antaranya telah terealisasi hingga Juli 2021.

Published

on

Menko Perekonomian Sebut Komitmen Investasi di KEK Mencapai 92,3 Triliun
Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, 11 Januari 2021. (REUTERS/Willy Kurniawan)


Gencil News – VOA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah menetapkan 19 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terdiri dari 11 KEK industri dan 8 KEK pariwisata.

Menurut Airlangga, 12 KEK di antaranya telah beroperasi dan 7 KEK lainnya masih dalam tahap pembangunan.

Hingga Juli 2021, pemerintah mencatat sudah ada komitmen investasi di 19 KEK sebesar Rp92,3 triliun, dengan32,76 triliun di antaranya telah terealisasi.

“Hingga Juli 2021, telah terdapat 166 pengusaha yang telah menanamkan modal di KEK dan menciptakan lapangan kerja 26.741 orang secara langsung dan ekspor sebesar Rp3,66 triliun,” kata Airlangga saat membuka Webinar Kawasan Ekonomi Khusus secara daring pada Senin (13/9).

Airlangga menambahkan pemerintah akan memberikan fasilitas khusus bagi badan usaha yang beroperasi di 19 KEK, termasuk pembebasan sejumlah pajak, bea masuk, dan pajak impor. Airlangga berharap pembangunan KEK ini dapat membuat neraca perdagangan Indonesia menjadi positif. Caranya yaitu dengan mendorong industri KEK membuat produksi berorientasi ekspor dan dapat menjadi pengganti produksi impor lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (VOA)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (VOA)

“Kita berharap ada sinergi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten kota. Badan usaha pembangunan dan pengelola bisa beroperasi secara profesional,” tambah Airlangga.

Airlangga juga berharap pemerintah daerah dapat membuat peraturan daerah dengan merujuk kepada Undang-undang Cipta Kerja yang juga mengatur tentang Kawasan Ekonomi Khusus.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan presiden menargetkan realisasi investasi nasional pada 2021 sebesar Rp900 triliun. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mempermudah perizinan seiring dengan pelaksanaan Undang-undang Cipta Kerja. Ia mengklaim pelaksanaan Undang-undang Cipta Kerja sudah berpengaruh dalam masuknya sejumlah investor dari Eropa. Semisal Swiss dan Belanda yang masuk dalam lima besar investor dari luar negeri, kendati masih didominasi Singapura dan China.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto:VOA)
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Foto:VOA)

“Pada 2021, ketika terjadi implementasi Undang-undang Cipta Kerja, Eropa yang selama ini tidak pernah masuk pada lima besar, sekarang sudah masuk,” tutur Bahlil.

Bahlil berharap KEK dapat memudahkan pengusaha dalam berinvestasi. Namun, ia mengakui masih terdapat sejumlah kendala dalam KEK seperti energi listrik dan fasilitas umum lainnya.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan fasilitas khusus berupa insentif pajak bagi badan usaha yang beroperasi di KEK kurang menarik para investor. Kata dia, ini berbeda dengan kawasan ekonomi khusus di negara lain seperti Vietnam dan China yang menawarkan kemudahan lainnya seperti ketersediaan bahan baku dan sewa lahan. Belum lagi, kata Bhima, masih ditemukan sejumlah keluhan dari badan usaha yang beroperasi di KEK yang belum terselesaikan. Antara lain persoalan listrik, air bersih, dan koneksi internet.

“Di Indonesia KEK baru fokus pada insentif perpajakan. Padahal pajak bukan satu-satunya variabel untuk memutuskan, apalagi relokasi-relokasi industri yang skala besar itu bukan semata-mata karena pajak,” jelas Bhima kepada VOA, Senin (13/9/2021).

Jalan menuju pusat kota Jakarta yang biasanya dipenuhi lalu lintas terlihat sepi, 16 Juli 2021, saat diberlakukannya PPKM untuk membatasi penyebaran COVID-19.
Jalan menuju pusat kota Jakarta yang biasanya dipenuhi lalu lintas terlihat sepi, 16 Juli 2021, saat diberlakukannya PPKM untuk membatasi penyebaran COVID-19.

Bhima menilai jumlah KEK yang mencapai 19 terlalu banyak dan berakibat pada sifat khusus kawasan tersebut menjadi umum. Ia menyarankan pemerintah tidak fokus pada penambahan komitmen investasi di KEK,tapi mencoba opsi lain seperti mendorong badan usaha yang sudah ada di KEK untuk melakukan ekspansi usaha lagi. Menurutnya, opsi ini lebih mudah dilakukan ketimbang menjaring komitmen investasi yang akan membutuhkan waktu lama hingga realisasi investasi.

Bhima juga kurang yakin pengembangan KEK ini dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terpuruk akibat pandemi corona selama ini. Apalagi masih terdapat kendala bagi perusahaan yang sudah beroperasi di KEK. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

UMKM

Karya Kreatif Indonesia 2021 Dorong UMKM Terus Bangkit

Published

on

Karya Kreatif Indonesia 2021 Dorong UMKM Terus Bangkit

Gencil News- Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk terus mendorong UMKM, terutama pada masa pandemi, agar dapat bangkit dan terus optimis.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan diselenggarakannya Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021 sebagai one stop virtual event yang berkualitas, terstruktur, dan terintegrasi. KKI juga didesain sebagai media penguatan business network dalam kerangka penguatan potensi daerah.

“BI tidak pernah lelah menghadirkan produk UMKM berkualitas yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja, melalui website Karya Kreatif Indonesia (KKI), didukung oleh sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal.” Demikian disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2021,(23/9) secara virtual.

Puncak KKI 2021 diikuti oleh 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah, dalam pameran secara virtual yang dapat diakses melalui www.karyakreatifindonesia.co.id dari 23-26 September 2021.

BI terus berkomitmen untuk memajukan UMKM nasional guna menjadi daya dukung ekonomi Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan melalui peran aktif seluruh Kantor Perwakilan baik di daerah maupun di Luar Negeri.

Dukungan terhadap UMKM dilakukan melalui klasterisasi dan peningkatan kapasitas baik produksi, keuangan hingga pemasaran nasional dan global, serta melalui digitalisasi UMKM.

BI juga terus mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran guna mendorong UMKM berdaya saing, antara lain dengan pemanfaatan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sebagai sarana pembayaran, baik oleh pelaku UMKM maupun penyedia jasa pariwisata. Hingga pertengahan September 2021 tercatat sebanyak 10,4 juta merchant yang menggunakan QRIS.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Joko Widodo, menyampaikan peluang UMKM untuk tumbuh besar terbuka sangat luas. Pasar domestik sangat besar dan pasar internasional juga terbuka sangat luas.

Peluang tersebut perlu didukung oleh pemanfaatan ruang-ruang virtual yang dapat diakses kapan pun dan dimana saja untuk memasarkan produk sehingga dapat memperluas jangkauan pengenalan produk UMKM.

Selain itu, turut hadir pula 4 (empat) menteri kabinet Indonesia Maju yang memberikan testimoni secara virtual.

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, menyampaikan KKI telah mendukung UMKM di sisi hilir dengan menciptakan pasar. KKI juga berhasil mendorong produk berkualitas premium dengan pembayaran melalui QRIS.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyampaikan bahwa sinergi, kolaborasi, dan semangat gotong royong yang dibawa KKI berdampak bagi masyarakat, khususnya dalam memulihkan ekonomi bangsa serta mempersiapkan UMKM unggul dan bersaing di pasar global.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, juga menyampaikan, “Mari satukan langkah untuk tetap optimis, menaikkan kelas UMKM menjadi UMKM kelas dunia”. Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, menyampaikan apresiasi kepada BI yang telah mendukung Gernas BBI dan BWI, dan khususnya UMKM berbasis kelautan dan perikanan.

Program onboarding UMKM ke platform digital/marketplace  terus dilakukan. Melalui Gernas BBI tercatat sejak Mei 2020 hingga Juli 2021, sebanyak 7,2 juta UMKM telah onboarding. Penguatan UMKM dilakukan dari hulu hingga hilir termasuk akses pasar yang lebih luas untuk UMKM hingga ke pasar ekspor.

Berbagai dukungan BI terhadap Gernas BBI dan BWI juga dilakukan melalui peran seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia di dalam serta luar negeri yang secara aktif melakukan kegiatan promosi perdagangan UMKM.

Mengusung tema “Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata”, acara ini menjadi puncak dari seluruh rangkaian kegiatan road to KKI yang telah berjalan sepanjang tahun 2021, yang sekaligus dilaksanakan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (Gernas BWI).

Puncak KKI 2021 menampilkan Pagelaran Karya Kreatif, showcasing dan pameran produk UMKM, policy dialogue, business coaching, business matching, talk show, webinar aktivasi wastra, art and culture performance, wisuda UMKM onboarding, dan pemberian penghargaan UMKM.

Seluruh kegiatan KKI dan pameran produk UMKM berkualitas prima dapat diakses pada www.karyakreatifindonesia.co.idDalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI menyediakan menu katalog dan kontak pada website KKI.

Continue Reading

Bisnis

Kredit Angsuran Pasti Untuk Apa Saja dari Bank Kalbar (Kapuas plus)

Published

on

Kredit Angsuran Pasti Untuk Apa Saja dari Bank Kalbar (Kapuas plus)

Gencil News- Kredit Angsuran dari Bank Kalbar seperti Kapuas Plus sangat memiliki peranan penting khususnya bagi para pegawai untuk keperluan apa saja.

Kapuas Plus membantu nasabah perbankan dengan angsuran perbulan yang lebih ringan dan juga suku bungan yang bersaing.

Selain itu, Pengajuan maksimum kredit angsuran ialah 80% dari Penghasilan Kotor atau gaji yang pegawai miliki perbulan.

Selanjutnya dengan pemberian jangka waktu kredit hingga 180 bulan atau 15 tahun.

Syarat dan Ketentuan Kredit Kapuas plus

  • Maksimal potongan kredit yang dapat diberikan sebesar 80% dari penghasilan kotor atau tidak melebihi
  • perhasilan bersih.
  • • Apabila terdapat Nota Kesepahaman dan PKS antara bank dan instansi pemerintah/perusahaan, maka rasio IIR
  • disesuaikan dengan kesepakatan dalam Nota Kesepahaman dan PKS.
  • • Usia pensiun karyawan/PNS maksimum 60 tahun atau menurut profesi dan jabatan sesuai dengan ketentuan
  • yang berlaku.
  • Apabila sebelum jangka waktu kredit berakhir, pegawai yang bersangkutan pindah/berhenti/pensiun, maka kredit
  • harus lunas.
  • Fasilitas Kapuas wajib d iasuransikan/d ijamin kreditnya pada perusahaan asuransi atau lembaga penjaminan.
  • Usia perserta pada saat berakhirnya jangka waktu kredit tidak melebihi usia pensiun yang bersangkutan.
  • Bank wajib membuat jadwal angsuran yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Perjanjian
  • Kredit.
  • Pembayaran angsuran setiap bulan paling lambat pada tanggal yang sama dengan tanggal perjanjian
  • kredit pada bulan bersangkutan.
  • Pengambilan kredit baru, hanya d imungkinkan apabila kredit telah berjalan minimal 1 bulan dan berdasarkan
  • analisa kepada yang bersangkutan masih layak d iberikan lagi.
  • Pembayaran angsuran kredit d ilakukan melalui pemotongan gaji debitur yang dibayarkan melalui Bank pemberi
  • kredit (payroll deduction).
Continue Reading

Bisnis

Telkom Siapkan Kompensasi Untuk Pelanggan Indihome

Published

on

Telkom Siapkan Kompensasi Untuk Pelanggan Indihome

Gencil News – Pelanggan Indihome yang mengalami gangguan pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka) ruas Batam-Pontianak, rencananya akan mendapatkan kompensasi.

“Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan,” ujar Vice President Marketing Management Telkom E Kurniawan dilansir dari Detik.com

Gangguan kabel laut Jasuka terjadi sejak Minggu malam (19/9), namun Telkom mengungkapkan layanan IndiHome dan Telkomsel sudah berangsur pulih.

Di sisi lain, perusahaan plat merah ini juga melakukan perbaikan kabel laut yang berlangsung sekitar sebulan.

Pada prinsipnya Telkom akan memberi kompensasi sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai dengan segmen pelanggan.

Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

“Kenyamanan pelanggan adalah fokus utama kami. Dan sejak tanggal 20 September Layanan telah dapat digunakan untuk kegiatan LFH dan WFH pelanggan. Tentunya Telkom pun tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas yang dirasakan pelanggan,” tuturnya.

“Selain itu juga terkait dengan pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021,” jelas E Kurniawan.

Continue Reading

Lowongan Kerja

Telkom Buka Lowongan Fresh Graduate Bacth 2

Published

on

By

Telkom Buka Lowongan Fresh Graduate Bacth 2

Gencil News- Kabar gembira bagi anda yang sedang mencari pekerjaan. Kali ini telkom Indonesia membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa bagian.

Telkom Indonesia kali ini membuka perekrutan Fresh Graduate Batch 2 2021. Pembukaan pendaftaran tersebut dibuka dari tanggal 20 hingga 30 September 2021

Adapun persyaratannya :

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Telah menyelesaikan masa studi dengan melampirkan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL);
  3. Batas usia per 1 Oktober 2021:
    1. Fresh Graduate
      S1: belum berusia 24 tahun
      S2: belum berusia 27 tahun
    2. Experience (memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun)
      S1: belum berusia 27 tahun
      S2: belum berusia 30 tahun
  4. Bersedia menjalani masa ikatan dinas;
  5. Bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah kerja PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk;

Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan diproses.

Lokasi Penempatan:

– Seluruh Wilayah Kerja PT Telkom

Bidang Pekerjaan:

  • FACILITIES MANAGEMENT & ASSET SECURITY
  • ADMINISTRATION & SECRETARIAL
  • PROCUREMENT & LOGISTICS
  • HC BUSINESS PARTNER
  • TREASURY
  • RISK MANAGEMENT
  • DIGITAL STRATEGY & BUSINESS TRANSFORMATION
  • PRODUCT MANAGEMENT
  • INFRASTRUCTURE DESIGN & ENGINEERING
  • SYSTEMS ENGINEERING
  • SOFTWARE ENGINEERING
  • DATA CENTER
  • INFORMATION & SECURITY
  • BLOCKCHAIN AND CRYPTOGRAPHY
  • TELECOMMUNICATION DEVELOPMENT
  • TRANSPORT & CORE NETWORK DESIGN AND PLANNING
  • ACCESS NETWORK DESIGN & PLANNING
  • DEVELOPMENT & DESIGN
  • SALES ENGINEERING
  • DATA SCIENCE
  • TRANSPORT AND CORE NETWORK OPERATION & MAINTENANCE
  • ACCESS NETWORK OPERATION & MAINTENANCE
  • TELECOMMUNICATION STRATEGY & POLICY
  • SUPPLY PLANNING & OPERATIONS
  • LEARNING AND DEVELOPMENT
  • COLLECTIONS & REVENUE ASSURANCE
  • ACCOUNTS PAYABLE/ ACCOUNTS RECEIVABLE
  • FINANCIAL CONTROL
  • LEGAL & COMPLIANCE
  • BUSINESS ANALYSIS AND INTELLIGENCE
  • PROGRAM & PROJECT MANAGEMENT
  • MARKETING
  • CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
  • SALES OPERATION & MANAGEMENT
  • CUSTOMER SERVICE OPERATIONS
  • ACCOUNT MANAGEMENT
  • COMMUNICATIONS DESIGN
  • COMMUNITY MANAGEMENT

Dalam proses rekrutasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk tidak memungut biaya baik secara langsung atau bekerjasama dengan pihak lain untuk menyediakan sarana transportasi dan akomodasi dengan meminta pembayaran dari peserta.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada tiap tahapan seleksi, keputusan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING