Connect with us

Bisnis

Merancang Bisnis yang Cocok Bagi Para Pemula

Published

on

Salah satu alternatif agar Anda dapat bekerja dan mendapatkan keuntungan dengan minimnya lowongan pekerjaan maupun beberapa kendala lainnya, Anda bisa dengan membuka sebuah bisnis.

Gencil News- Merancang bisnis yang cocok bagi pemula. Memiliki sebuah pekerjaan yang santai, mendapatkan banyak keuntungan, dan juga selalu sukses tentu dambaan bagi semua orang di dunia. Ada banyak cara yang akan mereka lakukan untuk sukses yaitu dengan bekerja. Banyak lowongan kerja yang ditawarkan di beberapa perusahaan maupun di kantor yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bekerja.

Merancang bisnis yang cocok bagi pemula. akan  tetapi banyak yang mengeluhkan bahwa di suatu kota tertentu tidak adanya lowongan kerja yang cukup banyak, selain itu juga banyak lowongan kerja yang ditawarkan tidak sesuai dengan kemampuan, atau yang pekerjaannya tidak sesuai dengan gaji yang diberikan, dan banyak kasus-kasus lainnya yang sering terjadi.

Lalu bagaimanakah untuk mengantisipasinya? Sedangkan kebutuhan ekonomi kini semakin lama semakin melambung dengan cukup tinggi.

Salah satu alternatif agar Anda dapat bekerja dan mendapatkan keuntungan dengan minimnya lowongan pekerjaan maupun beberapa kendala lainnya, Anda bisa dengan membuka sebuah bisnis.

Akan tetapi hal ini juga masih menimbulkan banyaknya pertanyaan-pertanyaan seperti jika membangun sebuah bisnis maka bagaimanakah jika tidak memiliki modal yang cukup, kemudian bisnis apakah yang akan dijalankan, bagaimana jika rugi, dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu khawatir dan pusing lagi, sebenarnya masalah permodalan memang selalu menjadi pokok utama ketika akan membangun sebuah bisnis.

Akan tetapi membangun sebuah bisnis tidaklah harus selalu menggunakan modal dalam bentuk uang, ada banyak modal yang bisa Anda gunakan ketika akan membangun sebuah bisnis sebagai contohnya adalah memiliki ilmu, memiliki keahlian, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut justru sangatlah penting karena dengan adanya modal dari diri Anda sendiri bisa Anda kembangkan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Lalu bisnis apakah yang cocok untuk dijalankan? Ada banyak bisnis yang bisa Anda jalankan dari yang tidak membutuhkan modal maupun yang membutuhkan modal.

Akan tetapi sebelum membahas bisnis apa sajakah yang cocok untuk Anda jalankan sesuai dengan modal atau kemampuan yang Anda miliki, maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ada apa sajakah atau bagaimanakah cara membangun bisnis untuk pemula? Yuk simak beberapa penjelasannya berikut ini!

Merancang Bisnis yang Cocok Bagi Para Pemula

Berikut ini merupakan beberapa contoh tips bagaimanakah cara untuk membangun bisnis yang baik terutama bagi pemula, diantaranya;

1. Mempersiapkan modal.
Hal pertama yang harus Anda persiapkan tentu saja modal. Akan tetapi seperti yang sudah disebutkan di atas, modal tidaklah harus selalu dalam bentuk uang, ada beberapa modal lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun sebuah usaha misalkan ilmu, keahlian, kreativitas, dan lain sebagainya.

2. Membangun konsep bisnis apa yang akan dijalankan.
Tips yang kedua setelah mempersiapkan modal yaitu Anda harus membangun konsep bisnis apa yang akan Anda jalankan, hal ini juga harus Anda perhatikan. Perkembangan bisnis apa yang kini sedang banyak dicari orang atau yang pesaingnya belum cukup banyak. Karena hal ini tentu akan menentukan perkembangan bisnis apa yang akan dijalankan.

3. Merancang sistem bisnis.
Tips yang ketiga yaitu merancang sistem bisnis, tips ini tidak jauh berbeda dengan tips sebelumnya, akan tetapi merancang bisnis dalam hal ini merupakan merancang dari segi keuangan, bagaimanakah kinerjanya, bagaimanakah sistem penjualannya, dan lain sebagainya. Hal ini juga hal yang sangat penting dalam merancang sebuah bisnis.

4. Mengetahui target pasar atau sasaran.
Tips yang keempat yaitu mengetahui siapakah target atau sasaran bisnis Anda? Hal ini juga sangat penting karena dalam membangun sebuah bisnis tentu saja tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, Anda harus mengenali terlebih dahulu siapakah sasaran target yang kira-kira akan membeli produk Anda. Misalkan di sekitar Anda terdapat banyak anak kecil maka Anda bisa dengan membuka warnet atau rental Play Station, dan lain sebagainya.

5. Merekrut karyawan.
Tips yang kelima yaitu merekrut karyawan. Hal ini sebenarnya tidak terlalu penting jika bisnis Anda tidak terlalu besar, akan tetapi karyawan juga akan sangat penting dibutuhkan jika nantinya usaha yang Anda jalankan berkembang dengan cukup pesat. Dengan adanya karyawan tentu saja semua pekerjaan yang akan dijalankan dapat berjalan lebih mudah dan juga lebih ringan.

6. Tetap fokus.
Tips yang keenam yaitu harus selalu tetap focus. Bisnis apapun yang nantinya akan Anda jalankan tentu saja harus dilakukan dengan focus dan juga harus dengan sungguh-sungguh agar hasil yang didapatkan juga maksimal tentunya.

7. Mau belajar dari kesalahan.
Tips yang ketujuh yaitu selalu belajar dari kesalahan. Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu saja tidak akan luput dari yang namanya kesalahan, maka dari itu Anda harus selalu belajar dari kesalahan, dari pengalaman, dan lain sebagainya agar nantinya bisnis yang akan Anda jalankan dapat semakin lebih baik untuk kedepannya.

8. Melakukan promosi.
Tips yang kedelapan yaitu melakukan promosi hal ini juga sangat penting, promosi merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk membuat banyaknya pelanggan maupun banyaknya orang yang mengetahui tentang bisnis apa yang sedang Anda jalankan. Ada berbagai macam cara melakukan promosi seperti menyebarkan brosur atau pamflet, kemudian memasang banner di jalanan, melakukan promosi ke beberapa televise maupun radio, atau bisa juga dengan memasang iklan di Koran, dan lain sebagainya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda agar lebih dikenal olah banyak orang lagi.

9. Memberikan harga yang terjangkau.
Tips yang kesembilan yaitu memberikan harga yang terjangkau. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan bisnis apa yang nantinya akan Anda jalankan, akan tetapi memberikan harga yang murah tentu saja akan menarik banyaknya orang yang akan mendatangi tempat bisnis Anda sebagai contohnya misalkan Anda menjual makanan, baju, dan lain sebagainya.

10. Memberikan pelayanan terbaik.
Tips yang kesepuluh yaitu selalu memberikan pelayanan yang terbaik, ramah, sopan, dan juga pandai untuk berbicara. Ibarat pepatah mengatakan bahwa pembeli adalah raja, maka Anda harus melayani pembeli-pembeli Anda. Ada banyak pembeli yang memiliki sifat yang berbeda-beda tentunya maka Anda harus selalu sabar dan juga ramah.

Contoh Bisnis untuk Pemula
Setelah Anda mengetahui beberapa tips yang harus Anda perhatikan tentunya sebelum membangun bisnis bagi pemula, berikut ini merupakan beberapa contoh bisnis yang bisa Anda jalankan.

  •  Membuka usaha makanan.
  • Membuka usaha konter pulsa.
  • Membuka usaha parfum.
  • Berjualan online shop (sistem dropshipper).
  • Usaha jasa laundry.
  • Usaha jasa fotocopy.
  • Membuka usaha jasa ketik atau penulis.
  • Membuka usaha sablon kaos atau jasa pembuatan kaos.

beberapa ide bisnis tersebut bisa dilakukan untuk pemula. Jangan lupa untuk selalu fokus dan selalu berdoa agar nantinya usaha apapun yang akan Anda jalankan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat!

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Strategi Pertahanan Bisnis Isnadi Dimasa Pandemi

Published

on

By

Strategi Pertahanan Bisnis Isnadi Dimasa Pandemi

Gencil News – Strategi pertahanan bisnis isnadi dimasa pandemi seperti ini jarang sekali bisa dilewati oleh pengusaha-pengusaha lainnya.

Isnadi pengusaha minimarket Citra Beringin yang terletak di Jl. Ya’M. Saban ini mampu bertahan dimasa pandemi. Bisnis yang dirintis sejak tahun 2001 memiliki strategi bisnis yang baik hingga dapat bertahan dimasa pandemi.

Isnadi menyebut bahwa bisnisnya bisa bertahan meskipun dimasa pandemi karena pangsa pasarnya adalah masyarakat menengah kebawah. Masyarakat menengah kebawah tidak terlalu terdampak besar dengan adanya wabah covid 19.

Beda halnya dengan masyarakat menengah keatas yang banyak terjadi PHK dari kantor sehingga terjadi penurunan daya beli. Tak heran jika bisnis yang target pasarnya kalangan menengah keatas beberapa bisnis tersebut mulai tidak stabil.

Bantuan dari pemerintah selama pandemi yang dikucurkan untuk masyarakat juga membantu stabilnya daya beli masyarakat ditengah pandemi. Tak heran jika bisnis yang target pasarnya kalangan menengah keatas bisnisnya mulai tidak stabil.

” Kita berusaha menyiapkan barang-barang kebutuhan sehari-hari masyarakat, dan juga menekan harga semurah mungkin agar dapat dijangkau kalangan menengah kebawah”. ujar isnadi

Penyediaan produk bahan pokok utama masyarakat juga menjadi strategi pertahanan. Sebab dimasa pandemi masyarakat mulai me-manage keuangannya untuk lebih mementingkan kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Isnadi mengakui hanya terjadi sekitar 30% saja penurunan omset dimasa pandemi itupun hanya pada barang perlengkapan sekolah seperti tas dan alat tulis yang mulai menurun daya belinya. Diawal pandemi usaha minimarket ini justru mengalami peningkatan omset.

Kekhawatiran masyarakat diawal pandemi hingga menyebabkan Panic Buying dengan membeli barang sebanyak-banyaknya untuk persediaan dirumah selama lockdown.

Pada situasi seperti itu pun Isnadi tidak memanfaatkan keadaan dengan menjual barangnya dengan harga tinggi. Tetapi tetap dengan harga normal. Sehingga kepercayaan pelanggan masih terjaga sampai sekarang.

Isnadi juga membocorkan strategi pertahanan bisnisnya juga dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah pada custumer. Dengan begitu pelanggan merasa nyaman berbelanja ditempat tersebut, bahkan ada juga pelanggan yang setia berbelanja sejak dulu.

ia juga menyampaikan bahwa keuntungan yang besar sebenarnya bukanlah satu-satunya tujuan. Akan tetapi bagaimana caranya memupuk kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang kita rintis.

Continue Reading

Bisnis

Dominasi Pembayaran dan Transaksi Melalui Mobile Banking Bank Kalbar

Published

on

Dominasi Pembayaran dan Transaksi Melalui Mobile Banking Bank Kalbar

Gencil News- Dominasi Pembayaran dan Transaksi Melalui Mobile Banking Bank Kalbar. Sejak tahun 2019 Tren menggunakan pembayaran digital dalam transaksi belanja online kian meningkat. Sebanyak 37 persen pembeli melakukan pembayaran dengan internet banking atau mobile banking, sedangkan 20 persen melakukan transfer via ATM.

Dalam belanja online, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang proses pembayaran yang dilakukan. Proses pembayaran belanja online tersedia dalam bentuk transfer, kartu kredit, dan masih banyak lagi.

Dominasi Pembayaran dan Transaksi Melalui Mobile Banking Bank Kalbar. Layanan transfer disediakan oleh semua bank yang ada di Indonesia, contohnya Bank Kalbar. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat transaksi perbankan lebih mudah serta praktis, hadirlah pembayaran dengan menggunakan Mobile Banking.  fitur ini memudahkan anda untuk dapat melakukan transaksi kapan dan dimanapun.

Cara Transaksi Transfer di  Mobile Banking Bank Kalbar

  1. Buka situs belanja online favoritmu pilihlah barang yang Anda inginkan. Masukkan barang tersebut pada keranjang belanja.
  2. Setelah selesai berbelanja, Anda bisa mengklik “keranjang belanja” dan memilih proses “lanjutkan”.
  3. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada kolom pengisian data berupa nama penerima, alamat pengiriman, nomor telepon, dan alamat email. Pada kolom ini juga akan ditampilkan berapa jumlah atau total dari belanjaan Anda, disertai dengan pilihan metode pengiriman yang diinginkan.
  4. Klik “bayar” maka Anda akan diarahkan pada halaman pembayaran. Akan tersedia beberapa metode pembayaran. Pilihlah metode pembayaran dengan bank transfer.
  5. Informasi tujuan transfer dan besarnya total yang harus ditransfer akan dikonfirmasikan melalui sms atau email.
  6. Segera cek smartphone Anda untuk melanjutkan prosesnya.
  7. Buka aplikasi mobile banking Bank Kalbar pada smartphone. Masukkan user ID dan password internet bankingmu lalu klik “login”.
  8. Pada tampilan selanjutnya, pilih menu transfer.
  9. Selanjutnya pilihlah menu transfer online antar bank. Lalu isikanlah data penerima (data toko online) dengan benar. Data ini dapat berupa bank yang Anda gunakan, bank tujuan, nomor rekening tujuan, dan nominal yang akan Anda transfer. Klik “lanjut”
  10. Transaksi berhasil! Konfirmasi transaksi akan dikirimkan oleh mobile banking Bank Kalbar melalui sms atau Masuk kembali pada halaman belanja online, dan lakukanlah konfirmasi pembayaran agar pesanan Anda dapat segera diproses.

Note:  Nominal yang akan ditransfer harus sesuai  dengan nominal yang dikirimkan oleh toko online yang bersangkutan. Ketidaksesuaian pengetikan jumlah atau nominal yang ditransfer akan menghambat proses transaksi.

Sangat mudah bukan? Proses mobile banking ini memang diperuntukkan untuk memberikan kemudahan bagi para konsumen yang memiliki mobilitas tinggi.

Dengan fitur ini, membuat proses pembayaran atau transfer bisa dilakukan dengan mudah dimanapun tanpa harus pergi ke bank.

Mobile Banking Bank Kalbar membuat transaksi lebih Praktis, Aman dan Efisien.

Continue Reading

Bisnis

Pilihan Solusi Masa Kini Melalui Mobile Banking Bank Kalbar

Published

on

Pilihan Solusi Masa Kini Melalui Mobile Banking Bank Kalbar

Gencil News- Pilihan Solusi Masa Kini Melalui Mobile Banking Bank Kalbar. Semakin berkembang nya teknologi. Maka semakin banyak perkembangan yang terjadi disetiap lini konstruksi perekonomian baik digital dan manual hingga mempengaruhi kemajuan yang terjadi.

Pilihan Solusi Masa Kini Melalui Mobile Banking Bank Kalbar. Teknologi perbankan dari Bank kalbar memberikan inovasi serta pembaharuan terhadap fitur serta layanan yang optimal demi mencapai kepuasan nasabah dan customer. Salah satunya dengan menawarkan layanan mobile banking.

Dengan menggunakan Mobile Banking Bank Kalbar anda akan merasa semua berada dekat dalam jangkauan. Nasabah dapat melakukan hampir semua transaksi perbankan melalui mobile banking Bank Kalbar dengan berbekal koneksi internet yang cukup baik.

Agar transaksi harian anda melalui mobile banking tetap aman maka. Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Pastikan bahwa aplikasi yang anda unduh adalah resmi. Unduhlah aplikasi mobile banking melalui PlayStore dan merupakan aplikasi resmi dari pihak bank terkait.  Atau unduh aplikasi yang disarankan oleh pihak bank, yang sangat jelas keamanannya.
  2. Jangan menggunakan koneksi WiFi umum ketika bertransaksi tips aman transaksi via mobile banking selanjutnya yaitu dengan menghindari penggunaan koneksi WiFi umum ketika bertransaksi via mobile banking. Hal ini bukan tanpa alasan, ketika Anda bertransaksi menggunakan koneksi umum, maka membuka kemungkinan juga data Anda dapat diakses atau diretas oleh pihak lain (hacker).
  3. Kemungkinan terburuk yang dapat terjadi adalah hilangnya saldo di dalam rekening Anda. Menggunakan jaringan internet pribadi lebih disarankan karena lebih terjamin keamanannya.Update Aplikasi Mobile Banking Segera
  4. Ganti password secara berkala tips aman transaksi via mobile banking yang satu ini cukup efektif dilakukan. Yaitu dengan mengganti password Anda secara berkala. Gunakan kombinasi huruf dan angka yang unik dan sulit untuk ditebak. Hindari menggunakan password tanggal lahir Anda, karena itu sangat mudah ditebak.
  5. Selain itu, jangan share password ke siapapun termasuk anggota keluarga Anda. Dengan demikian akan memperkecil kemungkinan mobile banking Anda diretas oleh pihak lain.
  6. Jangan lakukan Jailbreak atau Rooting Ponsel Anda Jailbreak merupakan tindakan ilegal yang tidak jarang dilakukan oleh pengguna smartphone demi melampaui batas yang telah ditetapkan oleh perusahaan pembuat ponsel tersebut.
  7. Gunakan Layanan Otentikasi selain menawarkan layanan mobile banking, pihak bank juga menawarkan layanan untuk menunjang keamanan, sehingga kepuasan nasabah dapat terpenuhi. Salah satu layanan yang diketahui adalah one-time-password.
  8. Setelah Transaksi selesai segera log out hal ini untuk menghindari lupa log out yang tidak menutup kemungkinan keamanan mobile banking anda terganggu.

Mobile Banking Bank Kalbar adalah sebuah terobosan dari Bank Kalbar yang ditujukan kepada nasabah untuk memudahkan transaksi. Mobile Banking Bank Kalbar membuat transaksi lebih Praktis, Aman dan Efisien.

Continue Reading

TRENDING