Perjanjian Perdagangan Bebas RCEP Dinilai Ciptakan “Momentum Emas”
Connect with us

Bisnis

Perjanjian Perdagangan Bebas RCEP Dinilai Ciptakan “Momentum Emas”

Published

on

Perjanjian Perdagangan Bebas RCEP Dinilai Ciptakan “Momentum Emas”
Regional Comprehensive Economic Partnership RCEP – merupakan blok perdagangan bebas terbesar di dunia (foto: ilustrasi).

Gencil News – VOA – Penandatanganan perjanjian perdagangan bebas terbesar di dunia, RCEP, dinilai akan menciptakan “momentum emas” bagi Indonesia untuk memulihkan ekonomi dan memperluas kerjasama bisnis dengan China dan negara lain, demikian pernyataan Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun hari Minggu (29/11).

KTT Bisnis dan Investasi China-ASEAN, juga China-ASEAN Expo ke-17 dibuka Jumat lalu (27/11) di Nanning, ibu kota Kawasan Otonomi Guangxi Zhuang, di selatan China, hanya beberapa hari setelah sepuluh negara anggota ASEAN bersama China, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Kawasan atau Regional Comprehensive Economic Partnership RCEP – yang merupakan blok perdagangan bebas terbesar di dunia.

Oratmangun yakin peningkatan fasilitas perdagangan RCEP akan membantu Indonesia menarik lebih banyak investasi dari negara-negara yang menandatangani perjanjian itu, dan karenanya akan membantu Indonesia memulihkan perekonomian yang mulai memasuki resesi, yang pertama dalam dua puluh tahun.

“Saya kira perekonomian kami sudah pulih kembali. RCEP yang ditandatangani awal bulan ini akan menciptakan momentum emas. Hal ini akan menyelaraskan proses pemulihan. Sebagaimana diketahui, RCEP berkontribusi sedikitnya hampir 30 persen perekonomian global. Saya yakin, mengingat Indonesia merupakan salah satu penggagas RCEP, kami akan merasakan manfaatnya. Perjanjian ini sedang dibahas di DPR. Kami yakin tidak saja investor dari China, tapi investor dari negara-negara lain juga akan datang dan menanamkan investasi di Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkannya, secara khusus Indonesia sedang meningkatkan kerjasama dengan China dalam ekonomi digital, karena China terbukti menjadi pemimpin di bidang itu. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

Mengoptimalkan Digital Marketing Bisnis Dalam Era Digital

Published

on

Mengoptimalkan Digital Marketing Bisnis Dalam Era Digital

Era digital telah terbuka pertanda pintu perdagangan antar negara di dunia menjadi tidak terbatas. Berkaitan dengan itu maka sebagai pengusaha Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan usaha bisnis Anda.

Senada dengan itu pula, artinya jumlah pesaing atau kompetitor Anda juga bertambah. Oleh karena itu, strategi bisnis merupakan hal penting yang wajib Anda buat agar dapat menghadapi persaingan bisnis.

Namun, tidak semua pelaku usaha bisa memahami perubahan tersebut, terutama untuk pelaku usaha konvensional melansir dari Jurnalenterpreneur.

Banyak dari sebagian mereka yang tidak ikut melakukan perubahan dan mengalami penurunan omzet. apalagi dengan situasi sekarang yang belum bisa masuk kategori hasil memuaskan untuk sebuah bisnis.

Era digital yang seharusnya menjadi sebuah peluang saat ini justru menjadi ancaman. Untuk itu diperlukan sebuah langkah perubahan yakni salah satu nya melalui strategi bisnis.

Mari kita coba lihat strategi dari digital marketing.

Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand atau pun produk/jasa menggunakan media elektronik atau digital, gunakan sosial media, manfaatkan teknologi.

Jika Anda tidak bisa menggunakan digital marketing, Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan kegiatan pemasaran. adapun teknik pemasaran dalam digital marketing seperti search engine optimization (SEO), billboard eletronik, iklan televisi dan radio, email marketing dan lainnya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan Inovasi, karena inovasi juga merupakan bagian penting dalam strategi bisnis Anda.

Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis sangat cepat berubah, hampir setiap harinya ada saja sebuah trend baru.

Oleh karena itu, inovasi sangatlah penting agar Anda dapat bersaing dengan kompetitor Anda.

Buatlah produk atau jasa Anda berbeda dan istimewa dari yang lain, Membuat inovasi memang lah sulit, karena terkadang sebuah perubahan yang sudah Anda siapkan.

Mengoptimalkan kekuatan strategi bisnis dalam era digital dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola bisnis Anda.

Continue Reading

Bisnis

Industri Perbankan Siap Salurkan KUR Sesuai Target kepada UMKM

Published

on

Industri Perbankan Siap Salurkan KUR Sesuai Target kepada UMKM

Pelaku industri perbankan siap menyalurkan KUR sesuai target tahun ini untuk mendorong segmen usaha mikro kecil dan menengah.

Industri perbankan yang turut dalam realisasi Penyaluran KUR tersebut adalah Bank Mandiri dan Bank BNI Indonesia.

Selanjutnya, Penyaluran KUR banyak berasal dari sektor produksi sebesar Rp14,67 triliun atau sebesar 59,27% dari total penyaluran.

SVP Micro Development and Agent Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Ashraf Farahnaz menyebutkan pemerintah kembali memberikan kepercayaan kepada Bank Mandiri untuk untuk menyalurkan KUR sebesar Rp31 triliun pada 2021.

“Bank Mandiri berkomitmen dapat menjaga kepercayaan pemerintah kepada perseroan dalam menyalurkan pembiayaan KUR kepada UMKM” katanya, belum lama ini.

Adapun, untuk strategi 2021 ialah bekerja sama dengan debitur korporasi Bank Mandiri pada sektor produksi seperti pertanian, perikanan.

Serta industri pengolahan yang dapat berperan sebagai offtaker dan memberikan rekomendasi penyaluran KUR atas mitra-mitra binaan dalam konsep value chain.

“Strategi lainnya ialah mendorong percepatan penyaluran KUR adalah dengan memanfaatkan platform digital Mandiri Pintar,” katanya.

Secara terpisah, Corporate Secretary PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Mucharom pun optimis menyalurkan KUR sesuai target pemerintah kepada UMKM.

Adapun, pemerintah mempercayakan BNI untuk menyalurkan KUR sebesar Rp32 triliun pada tahun 2021. Jumlah tersebut meningkat sebesar 45% dengan alokasi plafon KUR BNI 2020 yang sebesar Rp22 triliun.

Ia menuturkan strategi BNI dalam menyalurkan KUR adalah menciptakan ekosistem dan klastering, mengoptimalkan value chain debitur korporasi.

Selain itu, dengan penggunaan aplikasi kredit secara digital melalui BNI e-form, referal dari agen 46, dan fintech atau e-commerce.

“Dengan strategi tersebut BNI optimis dapat menyalurkan KUR secara optimal padatahun 2021 kepada UMKM. Tentunya tidak lepas juga dari dukungan pemerintah melalui perpanjangan stimulus untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional,” sebutnya.

Adapun, pemerintah telah berkomitmen meningkatkan anggaran subsidi bunga KUR 2021 sebesar Rp7,6 triliun.

Pemerintah juga memutuskan untuk memberikan tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen selama 6 bulan.

Dengan demikian, plafon KUR pada 2021 menjadi sebesar Rp253 triliun, lebih besar dari plafon sebelumnya yaitu sebesar Rp220 triliun.

Penyaluran KUR hingga 21 Desember 2020 telah mencapai Rp188,11 triliun, atau sekitar 99 persen dari target 2020 sebesar Rp190 triliun.

KUR telah keluar kepada sekitar 5,81 juta debitur dengan outstanding sebesar Rp226,5 triliun dan rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) KUR tercatat relatif rendah pada posisi 0,63 persen.

Continue Reading

Bisnis

Menu hemat 20% Dari KFC untuk Promo Hari ini 16 Januari 2021

Published

on

Menu hemat 20% Dari KFC untuk Promo Hari ini 16 Januari 2021

Menu hemat dari KFC hari ini tanggal 16 Januari 2021 masih bisa Anda dapatkan. Promo KFC hari ini menawarkan semua varian makanan.

Selain itu, Jika Anda memang pencinta ayam goreng, promo KFC hari ini harus segera Anda manfaatkan.

Promo KFC dengan menu hemat spesial ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat biaya makan bersama keluarga dan teman. 

Mengutip dari lama Instagram KFC, ada ketentuan yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli.

  • Diskon 20% promo KFC berlaku untuk semua menu ala carte dan combo, kecuali promo value.
  • Berlaku untuk dine-intake away, drive-thru, home deliveryojek online, KFC Coffee dan KFC Box.
  • Promo KFC tidak berlaku di seluruh outlet Bandara Soekarno-Hatta dan KFC Catering.
  • Harga belum termasuk pajak dan dapat berbeda di setiap wilayah.
  • Take away dikenakan biaya tambahan.
  • Promo KFC tidak berlaku pembayaran menggunakan e-voucher GiftN.
  • Produk yang tidak termasuk dalam promo diskon 20% antara lain es kopi susu, Zuper Krunch Duo, OMJ Praktis, Colonel All Star 1, 2 dan 3, Colonel Rice Fest 1, 2 dan 3, CD ala carte, totebag ala carte, beli 1 gratis 1 Coffee dan beli 1 gratis 1 Coffee Donut.

Melansir situs KFC, KFC Indonesia memiliki visi untuk menjadi restoran cepat saji nomor 1. KFC juga ingin menjadi restoran modern terfavorit pilihan konsumen mulai dari segi produk, harga, pelayanan dan fasilitas.

Kini, perseroan memiliki jaringan KFC dengan total 689 gerai yang tersebar pada 163 kota/kabupaten seluruh Indonesia.

Continue Reading

TRENDING