Bisnis

Pertemuan WTO Ditutup Dengan Rangkaian Kesepakatan dan Komitmen

Pertemuan WTO Ditutup Dengan Rangkaian Kesepakatan dan Komitmen
Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Ngozi Okonjo-Iweala (tengah) berdiri di samping ketua konferensi Timur Suleimenov (kedua dari kanan) pada sesi penutupan Konferensi Tingkat Menteri di markas WTO di Jenewa, 17 Juni 2022. (Foto:Fabrice COFFRINI / POOL / AFP)

Gencil News – VOA – Anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) telah mencapai rangkaian kesepakatan dan komitmen yang bertujuan membatasi penangkapan ikan yang berlebihan, memperluas produksi vaksin COVID-19 di negara berkembang dan mereformasi organisasi berusia 27 tahun itu yang telah bangkit dalam beberapa tahun ini.

Direktur Jenderal Nzogi Okonjo-Iweala, setelah negosiasi yang sulit, mengakhiri konferensi tingkat menteri pertama WTO dalam empat setengah tahun dengan menyuarakan kerja sama yang baru.

Di antara pencapaian utama dalam organisasi beranggotakan 164 negara itu adalah kesepakatan untuk melarang dukungan bagi penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur, dan melarang dukungan bagi penangkapan ikan dalam stok yang ditangkap berlebihan di samudera.

Baca juga   Jet Bombardier Seri CRJ dijual Ke Mitsubishi Heavy Industries

Ketua WTO itu Jumat (17/6) mengatakan bahwa kesepakatan itu mengambil langkah pertama tetapi signifikan untuk mengekang subsidi pemerintah dan kelebihan kapasitas, terlalu banyak operator dalam industri perikanan.

Pertemuan itu juga sepakat mencabut pembatasan ekspor yang membebani Program Pangan Dunia PBB, yang mencoba mengimbangi dampak kenaikan harga pangan dan dampak perang Rusia di Ukraina terhadap pengiriman gandum dan bahan makanan lainnya dari produsen utama gandum itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top