Raksasa Farmasi Inggris, GSK Beli Perusahaan Perawatan Kanker AS

Raksasa farmasi Inggris GlaxoSmithKline mengumumkan dua transaksi miliaran dolar Senin – penjualan unit minuman kesehatan Asia kepada raksasa makanan Inggris-Belanda Unilever dan pembelian perusahaan spesialis kanker AS “Tesaro”.

GSK mengatakan akan membeli Tesaro seharga 4,5 miliar euro, sementara Unilever menghabiskan 3,3 miliar euro untuk mengakuisisi unit minuman, yang merek terkenalnya termasuk minuman hangat waktu malam Horlicks.

“Akuisisi Tesaro akan memperkuat bisnis farmasi kami dengan mempercepat pengembangan bagian onkologi dan jejak komersial kami, serta menyediakan akses untuk meningkatkan kemampuan ilmiah baru,” kata kepala eksekutif GSK Emma Walmsley dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya Senin, Unilever mengatakan kesepakatannya untuk bisnis GSK di India, Bangladesh dan 20 pasar lainnya di Asia, sementara perusahaan itu mencari keuntungan dari meningkatnya popularitas makanan kesehatan di pasar negara berkembang yang pertumbuhannya tinggi.

Baca juga   Restu dari Orangtua

“Sederetan minuman kesehatan GSK adalah pemimpin yang tak diragukan di India, dengan merek ikonik seperti Horlicks dan Boost dan portofolio produk yang didukung klaim nutrisi yang kuat,” kata Unilever.

Horlicks memiliki sejarah panjang di India – menyumbang hampir 90 persen penjualan GSK di Asia – sudah ada di sana mulai tahun 1930-an.

Akuisisi Unilever tersebut adalah yang pertama sejak Paul Polman mengumumkan pengunduran dirinya dari pucuk pimpinan raksasa produk konsumen itu pekan lalu, setelah gagal dalam upayanya memindahkan kantor pusat perusahaan dari London ke Belanda. [as]