Connect with us

Bisnis

Restoran Indonesia di Saudi Bertahan Menunggu Jemaah

Published

on

Restoran Indonesia di Saudi Bertahan Menunggu Jemaah

Gencil News -VOA –Keputusan Arab Saudi membuka kembali ibadah umrah disambut gembira dua pengusaha restoran Indonesia di sana.  Mereka berharap Arab Saudi secepatnya menerima jemaah Indonesia supaya usaha mereka bisa kembali normal.

Setelah vakum tujuh bulan, Arab Saudi membuka kembali ibadah umrah. Belum jelas, kapan jemaah Indonesia bisa kembali ke Saudi. Tetapi dibukanya kembali Makkah dan Madinah disambut baik dua pengusaha rumah makan Indonesia di Jeddah: Balado dan Wong Solo.

Anjasmoro mengatakan, “Mungkin syok di bulan-bulan pertama itu. Sampai kapan? Sementara target utama kita sebelumnya jemaah umrah. Sedangkan umrah sendiri masih belum tahu sampai kapan akan dibuka.”

Anjasmoro adalah manajer restoran Balado. Terletak di dalam mal di Jeddah, Balado mulai beroperasi Februari 2020. Pada Maret, pemerintah Saudi memberlakukan lockdown dan semua pertokoan harus tutup.

Keprihatinan yang sama dirasakan Mustaen Yahya, manajer Rumah Makan Wong Solo. “Ya bayangin aja, kita dalam satu hari bisa dapat 90 juta sampai 120 juta gitu kalau di kurs rupiah. Nah, pada masa pandemi ini, paling dapat ya 2 juta, 3 juta. Jadi, sangat sangat terpukul,” keluhnya.

Dalam situasi terdesak, keduanya bertahan. Tidak ada pilihan untuk merumahkan karyawan. Pengusaha harus tetap menyediakan tempat tinggal dan memenuhi kebutuhan.

Anjasmoro mengajak timnya, 80% orang Indonesia dan 20% warga Saudi, bekerja sama soal gaji. Mustaen mengalihkan 35 dari 52 karyawan ke perusahaan lain.

Semasa lockdown, Anjasmoro dan Mustaen mengumpulkan dan menguji coba beberapa ide. Mereka menyadari, tidak bisa sepenuhnya mengandalkan jemaah umrah dan haji bila ingin usaha mereka panjang. Ketika restoran beroperasi kembali, masing-masing langsung menerapkan ide baru tersebut.

“Akhirnya balado kita pivot jadi jualan bakso. Yang tadinya hanya menyajikan prasmanan untuk jemaah Indonesia, sekarang kita jualan bakso. Dan alhamdulillah sejak kita buka 21 Juni, responnya luar biasa,” tukas Anjasmoro.

Balado berganti nama menjadi Bakso Balado. Warung itu kini tidak hanya melayani konsumen yang datang, tetapi juga menerima pesanan bakso beku untuk dikirim ke seluruh Saudi. Walaupun masih pandemi, Balado bersiap ekspansi, membuka warung lagi di beberapa kota.

“Satu-satunya restoran yang cukup representatif untuk family, untuk orang Saudi, dan dekorasinya juga sangat Indonesia, keren lah. Jadi, ya kita optimis banget, kita bisa bisa bertahan di sini,” tambahnya.

Ketika beroperasi lagi, Wong Solo buka pagi. Mereka menawarkan sarapan dengan menu berganti-ganti. Ada Pecel Madiun, Lontong Cap Gomeh, atau Bubur Ayam. Terobosan itu berhasil. Jumlah yang datang meningkat secara signfikan. Mustaen merasa percaya diri walaupun jemaah umrah dan haji belum diketahui kapan akan datang.

“Target kami sampai akhir tahun. Awal 2021 sudah harus beda konsep. Saya yakin ketika umrah dibuka, ada regulasi khusus untuk restoran. Jadi kita harus pikirkan konsep itu. Mana nanti yang cocok,” imbuh Mustaen.


Pemerintah Arab Saudi memberi bantuan kepada pengusaha berupa pengurangan biaya sewa. Untuk restoran, pengurangan ditetapkan 20%.

Umrah dan haji adalah andalan ekonomi Arab Saudi selain pendapatan dari sektor migas. Pengusaha restoran Indonesia berharap situasi kembali normal dan jemaah Indonesia segera datang supaya bisnis mereka kembali bangkit.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

SIMPEDA Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah dari Bank Kalbar

Published

on

SIMPEDA Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah dari Bank Kalbar

Gencil News – Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah atau SIMPEDA adalah salah satu produk perbankan unggulan dari Bank Kalbar. Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah atau SIMPEDA memberikan anda kemudahan dalam bertransaksi selama 24 jam.

Dengan jaringan ATM Bersama, Kantor Cabang, Cabang Pembantu, Kantor Kas yang terhubung secara real time online.

SIMPEDA adalah rekening tabungan yang menyediakan berbagai macam manfaat yang memudahkan nasabah dalam transaksi perbankan dan juga menyediakan program-program berhadiah yang sangat menarik.

Pada saat pembukaan rekening SIMPEDA, Anda bisa diberikan fasilitas kartu ATM Bank Kalbar. Kartu ATM ini berfungsi untuk berbagai transaksi.

Dapat menarik uang tunai dan melakukan transaksi perbankan ATM Bersama. Transfer antar rekening Bank peserta ATM Bersama.

Keuntungan menggunakan SIMPEDA dari Bank Kalbar:

Kesempatan mengikuti program undian “Panen Rejeki Bank Kalbar” tingkat wilayah/cabang dan provinsi serta program undian nasional “Panen Rejeki BPD”.


Tingkat suku bunga berjenjang, yang sesuai dengan besarnya dana yang tersimpan sehingga semakin besar maka makin besar pula bunga yang Anda dapatkan.


Dukungan jaringan BPD-Net Online yang memungkinkan Anda melakukan transaksi penyetoran BPD (Bank Pembangunan Daerah) se-Indonesia.

Jaringan ATM Bank Kalbar yang telah terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama, ATM MEPS
(Malaysian Electronic Payment System) dan ATM Club. Sehingga dapat bertransaksi pada ATM yang berlogo ATM Bersama. Dan juga ATM Bank Malaysia (berlogo BankCard).

Syarat & Ketentuan

Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening tabungan. Melampirkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM). Dan setoran awal sebesar minimal Rp100.000,- (perorangan)

bank kalbar
bank kalbar

   

Continue Reading

Bisnis

Ingin Beli Mobil Saat Pandemi, Ini 4 Tips Perencanaan Keuangan Aman

Published

on

Ingin Beli Mobil Saat Pandemi, Ini 4 Tips Perencanaan Keuangan Aman

Gencil News- Ingin Beli Mobil Saat Pandemi, Ini 4 Tips Perencanaan Keuangan Aman. Saat ini penurunan daya beli terjadi di pasar mobil baru maupun mobil bekas. Namun, tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk membeli kendaraan di tengah pandemi lantaran diskon yang ditawarkan cukup besar.

Lantas, bijakkah membeli kendaraan dalam situasi seperti ini? Karena mobil merupakan sebuah aset yang berharga. agar kondisi keuangan tetap stabil ketika harus menghadapi situasi yang tidak terduga. Termasuk saat berencana untuk membeli barang-barang mewah, seperti mobil.

Kepemilikan sebuah mobil tentu menuntut seseorang untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik agar tidak menimbulkan masalah di masa depan.

Ingin Beli Mobil Saat Pandemi, Ini 4 Tips Perencanaan Keuangan Aman.

1. Prioritaskan kebutuhan

Pengelolaan keuangan yang baik memang selalu menjadi dambaan setiap orang. Jika pemasukan dan pengeluaran tidak seimbang, tentu saja akan menyulitkan kehidupan Anda, bahkan dapat membuat masalah keuangan yang tidak ada habisnya.

Maka dari itu, di tengah masa transisi seperti sekarang ini, memprioritaskan kebutuhan perlu dilakukan untuk meminimalisasi pengeluaran yang tidak perlu.

Jika kendaraan menjadi sebuah prioritas karena membantu mobilitas Anda selama bekerja, sebaiknya pertimbangkan untuk beli mobil yang harganya sesuai kemampuan keuangan Anda.

2. Manfaatkan promo penjualan

Manfaatkan berbagai promo yang ditawarkan oleh dealer untuk mendapatkan mobil dengan harga yang cukup kompetitif. Misalnya memanfaatkan potongan DP, potongan angsuran, atau promo after sales, seperti servis gratis atau layanan menarik lainnya.

Sehingga setelah membeli kendaraan Anda tak perlu khawatir dengan besarnya biaya perawatan, bahkan beberapa dealer memberikan promo asuransi sehingga konsumen akan terlindungi jika suatu saat ada hal yang tidak diinginkan.

3. Pastikan Cicilan Kredit Sesuai dengan Pemasukan

Bagi yang sedang mencicil mobil mungkin tidak mengetahui apakah besaran cicilan mobil per bulan terlalu besar atau tidak. Cara mengukurnya tentu saja dengan mengetahui debt service ratio (DSR) kita.
 
DSR menunjukkan total cicilan utang yang kita miliki berbanding pemasukan bulanan, tidak hanya cicilan mobil, melainkan juga cicilan kartu kredit, dan kredit lainnya bila ada.
 
Untuk menghitung nilai DSR bisa melakukan perbandingan dari jumlah total cicilan dengan pemasukan bulanan. Bila besaran cicilan mobil dan utang-utang lainnya masih di bawah 35 persen dari penghasilan, maka jumlah cicilan itu masih wajar. Tapi jika berlebih, tandanya sudah terlalu besar.

4. Gunakan Prinsip Total Aset Lancar 15-20 Persen dari kekayaan bersih

Keberadaan mobil yang merupakan aset akan menambah nilai kekayaan bersih Anda. Nilai kekayaan bersih sendiri didapat dari hasil pengurangan antara total aset dan total utang.

Semakin tinggi kekayaan bersih, maka makin tinggi pula persentase aset lancar (tabungan, kas, dan setara kas) yang harus Anda miliki. Wajar saja, mobil tentunya butuh biaya operasional seperti biaya bahan bakar, biaya kebersihan, biaya jasa servis ringan, servis berat dan pajak.

Itu sebabnya, seseorang yang memiliki mobil harus memiliki kas yang cukup, bukan hanya untuk keperluan yang sifatnya darurat melainkan juga untuk operasional.

Total aset lancar ideal harus Anda miliki adalah 15-20 persen dari kekayaan bersih. Jika kurang dari 15 persen, itu tandanya jumlahnya terlalu kecil, namun jika lebih dari 20 persen maka terlalu banyak menyimpan uang di tabungan dan kurang berinvestasi untuk masa depan.

Continue Reading

Bisnis

Melalui Kredit Usaha Mikro Sejahtera, Target Bank Kalbar Membantu UMKM

Published

on

Melalui Kredit Usaha Mikro Sejahtera, Bank Kalbar Membantu UMKM

Gencil News- Melalui Kredit Usaha Mikro Sejahtera, Target Bank Kalbar adalah untuk membantu UMKM. Kredit Usaha Mikro Sejahtera dari Bank Kalbar merupakan kredit atau pembiayaan kepada Usaha Mikro dalam bentuk pemberian modal kerja dan investasi untuk usaha produktif

Dengan Layanan Kredit Usaha Mikro Sejahtera dari Bank Kalbar hadir untuk anda para pelaku usaha mikro yang bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa produksi skala kecil dan menengah.

Tujuan kolaborasi Bank Kalbar dengan para pelaku bisnis tentunya sama dengan menggerakan perekonomian baru saat ini.

Bank Kalbar telah menyiapkan beberapa program yang dapat membantu pebisnis kecil dan menengah. Yaitu melalui kredit usaha mikro sejahtera.

Selanjutnya kredit usaha mikro sejahtera dari Bank Kalbar ini cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan usaha dengan fasilitas pembiayaan terbaik.

Anda dapat menggunakan fasilitas pinjaman uang dalam bentuk pemberian dana untuk pembiayaan modal usaha bisnis produktif.

Demikian halnya para pelaku UMKM selanjutnya anda tentu memiliki banyak rencana dan ide untuk perkembangan bisnis ke depannya.

Dalam proses merealisasikan inovasi usaha tentunya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu menyiapkan ide dan inovasi untuk menunjang keberhasilan usaha. Dan faktanya anda harus memiliki modal tambahan untuk merealisasikan inovasi usaha. Bank Kalbar siap menjadi mitra dalam memajukan serta mengembangkan usaha anda.

Dengan Maksimum kredit Rp 5 juta s/d Rp 50 juta.

  • Suku bunga bersaing.
  • Jangka waktu maksimal untuk tujuan modal kerja 3 tahun.
  • Jangka waktu maksimal untuk tujuan investasi 3 tahun.

Syarat Ketentuan ialah:

  • Copy KTP Pemohon/Istri dan/atau pengurus.
  • Pas photo Pemohon/Istri dan/atau pengurus
  • Copy Kartu Keluarga (KK)
  • Copy surat nikah/cerai.
  • Izin-izin usaha dan/atau sejenisnya.
  • Foto Copy laporan keuangan.
  • Copyan Slip Rekening koran 3 bulan
  • Copy dokumen kepemilikan agunan.

Manfaatkan berbagai fasilitas kredit dari Bank Kalbar dengan jangka waktu angsuran yang fleksibel

Kini, Bank Kalbar membuat transaksi Nasabah menjadi lebih mudah, praktis, aman dan efisien.

Continue Reading

TRENDING