Sarang Burung Walet Komoditas Ekspor Terbesar dari Indonesia
Connect with us

Bisnis

Sarang Burung Walet Komoditas Ekspor Terbesar dari Indonesia

Published

on

Sarang Burung Walet Komoditas Ekspor Terbesar dari Indonesia

Gencil News- Selama ini sarang burung walet adalah bagian dari komoditas ekspor terbesar indonesia, Sejak 2017 Indonesia memimpin ekspor sarang burung walet setelah sempat bersaing ketat dengan Malaysia.

Selain itu, Berdasarkan data IQFAST Badan Karantina Pertanian selama masa pandemi Covid-19.

Jumlah ekspor sarang burung walet mencapai 1.155 ton dengan nilai Rp 28,9 triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 2,13%.

Jika d ibandingkan dari pencapaian pada tahun 2019 yang hanya 1.131,2 ton dan bernilai Rp 28,3 triliun.

Saat ini, sarang burung walet yang d iperdagangkan merupakan komoditas binaan.

Sedangkan untuk produktivitasnya dari Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan.

Sementara untuk pendampingan eksportasi mulai dari harmonisasi aturan dan persyaratan teknis sanitasi negara tujuan dan bimbingan teknis sanitari dan keamanan pangan, food safetynya d ilakukan oleh Barantan.

Mengutip dari Kontan.co.id Sebagai pengekspor sarang walet terbesar dunia, para pelaku usaha Indonesia banyak menyasar pasar China.

Lantaran harga jual yang lebih tinggi jika harus dibandingkan negara tujuan lain, yakni antara Rp 25 juta hingga Rp 40 juta per kilo.

Selama ini sarang burung walet belum terlirik secara maksimal sebagai komoditas ekspor non-migas.

Padahal komoditas ini bisa membantu mengatasi ketimpangan defisit neraca perdagangan maupun defisit transaksi berjalan Indonesia.

Seperti defisit transaksi berjalan saja masih kerap terjadi setiap kuartalnya.

Sedangkan untuk mengejar ketimpangan defisit neraca perdagangan, selama ini Indonesia baru mengandalkan dari komoditas lain.

Antara lain komoditas seperti lemak, minyak hewan, minyak nabati, mesin, perlengkapan elektrik, serta kendaraan dan bagiannya.

Total tujuan ekspor komoditas berharga asal Indonesia ini, menurut Kepala Barantan Ali Jamil hingga kini ada 23 Negara.

Antara lain Australia, Amerika Serikat, Kanada, Hong Kong, Singapura, Afrika Selatan dan lainnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

Mengenal e-Wallet dan Kelebihannya Dalam Bertransaksi Online

Published

on

Mengenal e-Wallet dan Kelebihannya Dalam Bertransaksi Online

Mengenal e-wallet yang merupakan sebuah perangkat elektronik, layanan jasa, atau bahkan program perangkat lunak untuk melakukan transaksi secara online.

Dengan menggunakan e-wallet, penggunanya dapat melakukan berbagai transaksi jual beli secara elektronik dengan cepat dan juga aman.

Fungsi dompet digital sebenarnya hampir sama dengan dompet saku. Namun, bedanya dompet ini berbentuk virtual.

Dompet elektronik hanya bisa untuk transaksi non tunai. Transaksi dengan e-wallet belakangan ini menjadi tren bagi masyarakat.

Penggunaannya yang praktis serta dengan promo yang banyak membuat masyarakat perlahan beralih ke dompet digital.

E-wallet sangat aman dan memiliki risiko dari penipuan yang lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit.

Beberapa penyedia layanan e-wallet sudah banyak berkembang di Indonesia seperti Go-Pay, OVO, Dana, dan LinkAja.

Selanjutnya, ini adalah beberapa kelebihan dari menggunakan dompet digital e-wallet.

1. Keamanan

Dengan fitur keamanan tinggi yang selalu memiliki otorisasi setiap transaksi dengan PIN atau kata sandi atau pemindai sidik jari.

Selanjutnya saat membayar, Anda tidak perlu mengungkapkan detail kartu debit / kredit Anda kepada siapa pun, baik secara online atau offline.

Bahkan jika Anda kehilangan perangkat Anda, Anda masih akan memiliki akses ke dompet digital tersebut setelah Anda mendapatkan perangkat baru.

2. Praktis

Aplikasi ini memungkinkan untuk membayar segala jenis transaksi tanpa uang cash pada sejumlah tempat seperti untuk pembayaran tiket kereta, tiket bus, gas, air, listrik, minimarket, cicilan kredit dll.

Dengan demikian, e-wallet menawarkan berbagai pilihan dan menghemat waktu.

3. Biaya Rendah

Dengan ragam penawaran dalam setiap transaksi maka biasanya akan ada penawaran khusus untuk pembayaran yang menggunakan e-wallet.

Continue Reading

Bisnis

Menyiapkan Dana Pendidikan Untuk Masa Depan Anak

Published

on

Menyiapkan Dana Pendidikan Untuk Masa Depan Anak

Gencil News- Menyiapkan dana pendidikan anak untuk masa depan terkadang menjadi hal yang menyulitkan bagi orang tua pada saat sekarang.

Sebagai orang tua sudah tentu ingin turut membantu masa depan anak dalam meraih impian yang anak cita citakan dari sekarang.

Salah satu untuk mendapatkan pendidikan terbaik tentunya harus ada dana.

Namun, kondisi tidak menentu seperti saat ini, membuat sebagian orang kesulitan untuk mengumpulkan dana pendidikan anak.

Agar perencanaan menyiapakan dana pendidikan anak dapat terencana dengan tepat, terapkan 5 langkah berikut;

1. Lakukan Riset Perencanaan Biaya

Dalam merencanakan dana pendidikan atau rencana pendidikan anak, maka lakukan riset dari beberapa sekolah terbaik yang akan anda arahkan kepada anak.

Selanjutnya, dari beberapa perbandingan sekolah tersebut anda bisa mendapat besaran biaya yang akan anda siapkan sesuai kemampuan.

riset sederhana seperti ini mampu memberikan gambaran sekaligus pandangan terhadap lingkungan pendidikan anak kelak kedepan nya.

2. Investasi

Berinvestasi untuk mengumpulkan dana pendidikan Anak. Produk investasi seperti investasi emas atau logam mulia, surat utang negara (ORI, sukuk ritel), produk reksadana (reksadana campuran dan reksadana saham).

Dari kegiatan investasi, Anda akan memperoleh imbal hasil setiap bulan atau per tahun. Bahkan investasi pada produk reksadana dapat memberikan return hingga 20% lebih.

3. Pilih Asuransi atau Tabungan Pendidikan

Selain itu, gunakan cara lain yaitu dengan mendaftar produk simpanan tabungan atau asuransi pendidikan. Ingat, tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan berbeda.

Tabungan pendidikan merupakan tabungan berjangka dan anda wajib menyetor nominal tertentu setiap bulan hingga waktu jatuh tempo.

Sementara asuransi pendidikan adalah gabungan dari tabungan dengan asuransi jiwa berjangka. Setoran dana akan menjadi jaminan untuk masa depan pendidikan anak.

4. Evaluasi Keuangan dan Konsisten

Dalam evaluasi keuangan anda harus melihat berapa pendapatan Anda setiap bulan, dan berapa uang yang harus anda sisihkan dari gaji.

Pastikan porsinya sesuai dengan kondisi finansial, Jangan sampai mengganggu pengeluaran pokok lainnya dan tetap konsisten.

Continue Reading

Bisnis

Lakukan Kolaborasi, Kini Belanja Kebutuhan Bulog Bisa Melalui Gomart

Published

on

Lakukan Kolaborasi, Kini Belanja Kebutuhan Bulog Bisa Melalui Gomart

Gencil News- Kabar terbaru dari Gojek dan Bulog ialah untuk meluaskan pelayanan Bulog melalui Gomart dengan melakukan lakukan kolaborasi guna memenuhi kebutuhan belanja.

Gojek dan Perum Bulog melalui layanan Gomart memperluas akses pasar dengan memberikan kemudahan bagi konsumennya.

Tujuan kolaborasi ini ialah untuk memperoleh panganan secara online, sebagai alternatif pilihan belanja efektif pada era pandemi Covid-19.

Kolaborasi Perum Bulog dan Gojek sekaligus juga menandai komitmen kedua belah pihak, untuk memudahkan masyarakat mengakses bahan pangan berkualitas.

Namun, Juga tetap menawarkan harga terjangkau. Untuk tahap awal, kolaborasi ini fokus melayani pelanggan Gomart yang berada pada wilayah Jakarta Pusat.

Selanjutnya nanti akan segera d iperluas ke wilayah-wilayah lainnya.

Baik dari pihak Gojek dan Perum Bulog juga menyampaikan bahwa kerjasama ini ialah sebagai upaya untuk pemerataan distribusi pangan pokok.

Selain itu ini termasuk juga dalam melakukan pemanfaatan teknologi secara masif.

Maka dengan bergabung nya Perum Bulog bisa menambah variasi dalam merchant Gomart.

Untuk berbelanja bahan pangan Perum Bulog lewat layanan Gomart caranya sangat mudah.

Pelanggan cukup membuka aplikasi Gojek, masuk ke pilihan layanan Gomart dan pilih merchant “Bulog Jakarta – Rumah Pangan Kita” pada kategori “Toko Kebutuhan Lain”.

Pelanggan bisa memilih berbagai jenis bahan pangan berkualitas yang ada di dalam Perum Bulog tambah ke keranjang dan menyelesaikan transaksi seperti biasa.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING