Semarak 22 Tahun Alfamart, Festival Tebus Murah
Connect with us

Bisnis

Semarak 22 Tahun Alfamart, Festival Tebus Murah

Published

on

Semarak 22 Tahun Alfamart, Festival Tebus Murah

Gencil News – Semarak 22 Tahun Alfamart memberikan keuntungan yang luar biasa bagi pelanggan setia Alfamart. Dalam rangka semarak ulang tahun ke 22, Alfamart menghadirkan Festival Tebus Murah.

Festival Tebus Murah tentunya adalah event yang memberikan potongan harga yang banyak, sehingga pelanggan setia Alfamart dapat menikmati belanja di Alfamart.

Begitu banyak barang kebutuhan yang dapat anda beli di Festival Tebus Murah, ayo segera merapat ke Alfamart terdekat.

Festival Tebus Murah Alfamart dalam rangka ulang tahun Alfamart ke 22, dan kegiatan ini berlangsung dari 16 September – 31 Oktober 2021.

Baca juga   Buket Bunga Jadi Bisnis Menguntungkan Bagi Mahasiswa
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bisnis

Jokowi Ingin Segera Tinggalkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Dengan membangun pabrik biodisel, Indonesia ingin meningkatkan produksi minyak sawit mentah (CPO).

Namun, para aktivis mengingatkan bahwa perluasan lahan kebun kelapa sawit bisa menimbulkan dampak lingkungan yang memprihatinkan, dan meminta pemerintah beralih ke sumber energi terbarukan lainnya.

Published

on

Jokowi Ingin Segera Tinggalkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil
Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Group di Tanah Bumbu, Kalsel, 21 Oktober 2021. (Biro Setpres)

Gencil News – VOA – Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia untuk segera meninggalkan ketergantungan terhadap energi fosil dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT), salah satunya mendorong produksi biodiesel.

“Saya ingin menegaskan, kita harus memegang teguh komitmen untuk meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan (EBT). Oleh karena itu produksi B30 ini, produksi biodiesel ini harus terus kita tingkatkan dan tahun 2021 ditargetkan kita mampu memproduksi dan menyalurkan 9,2 juta kiloliter dan saya minta tahun depan juga bisa meningkatkan lebih tinggi,” ungkap Jokowi dalam peresmian pabrik biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Kamis (21/10).

Jokowi menjelaskan, Indonesia mempunyai potensi produksi CPO yang sangat besar yakni mencapai 52 juta ton per tahun. Maka dari itu, katanya potensi yang besar tersebut jangan terhenti dengan sekedar menjadi eksportir CPO mentah saja.

Ia menekankan hilirisasi dan industrialisasi harus dilakukan di tanah air. Ia pun mengapresiasi PT Johnlin Group yang bersedia untuk membangun pabrik biodiesel untuk memproduksi CPO menjadi B30, yang menurutnya akan memberikan nilai tambah yang cukup besar dan menciptakan lebih banyak lagi produk-produk turunan dari CPO.

Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Group di Tanah Bumbu, Kalsel, 21 Oktober 2021. (Foto: Agus Suparto/Twitter@Jokowi)
Presiden Jokowi meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Group di Tanah Bumbu, Kalsel, 21 Oktober 2021. (Foto: Agus Suparto/Twitter@Jokowi)

“Nikel sudah kita stop tidak boleh ekspor (mentah), sudah ada smelter, sudah ada pabrik untuk mengolah menjadi barang setengah jadi dan jadi yang kita harapkan nantinya juga akan menjadi barang yang memiliki nilai tambah tinggi yaitu menjadi lithium baterai untuk mobil listrik. Tembaga saya juga sangat senang sekali baru saja seminggu yang lalu kita meresmikan smelter terbesar di dunia yang mengolah tembaga nantinya menjadi barang-barang jadi atau setengah jadi. Hari ini, CPO menjadi biodiesel, ini terus menerus akan kita dorong agar perusahaan-perusahaan di dalam negeri ini semuanya mengolah dari bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi,” tuturnya.

Baca juga   Shang-Chi Film Terbaru Besutan Marvel, Hadirkan Adegan Laga Seru

Jokowi menilai industri biodiesel akan sangat strategis ke depannya. Menurutnya, hal ini akan meningkatkan ketahanan energi nasional,dan menekan defisit neraca perdagangan akibat berkurangnya impor solar.

Jokowi mencatat dengan peningkatan produksi biodiesel ini, Indonesia mampu menghemat devisa Rp38 triliun pada tahun 2020, dan diperkirakan pada tahun ini akan mampu menghemat devisa sebesar Rp56 triliun. Selain itu, peningkatan produksi biodiesel ini juga akan bisa menjaga stabilisasi harga CPO.

“Jangan sampai kita memiliki CPO tapi yang menentukan harga adalah yang ada di pasar, tidak. Kita mustinya bisa mengendalikan ini dengan cara apa? Kalau pas ekspor harganya baik, silahkan ekspor, kalau engga ya pakai sendiri. Kita memiliki alternatif dan opsi itu. Memastikan stabilitas demand dan permintaan kepada para petani sawit dan akan memberikan efek pada kesejahteraan masyarakat secara luas. Kemudian yang ketiga, pengembangan biodiesel ini juga kita ingin masuk kepada energi baru terbarukan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan melalui kontribusi pengurangan emisi gas rumah gas kaca,” kata Jokowi.

Baca juga   Layanan Wi-Fi gratis Tidak Akan Pengaruhi Harga Tiket Citilink
Pabrik biodiesel PT Jhonlin Group diharapkan akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menjaga stabilisasi harga CPO, dan berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca. (Foto: Agus Suparto/Twitter @jokowi)
Pabrik biodiesel PT Jhonlin Group diharapkan akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menjaga stabilisasi harga CPO, dan berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca. (Foto: Agus Suparto/Twitter @jokowi)

Dampak Kerusakan Lingkungan

Sementara itu, Senior Forest Campaigner Greenpeace Indonesia Arkian Suryadarma mengatakan keputusan pemerintah Indonesia melakukan transisi penggunaan EBT dari energi fosil dengan meningkatkan produksi biodiesel adalah sebuah solusi yang salah.

Arkian menjelaskan peningkatan produksi biodiesel yang merupakan produk turunan dari kelapa sawit akan semakin memperluas kerusakan lingkungan.

Ia mencontohkan untuk memproduksi B30 saja dipastikan akan menambah lahan kebun kepala sawit baru sebanyak 3 juta hektare, bahkan untuk B50 diperkirakan akan ada penambahahan lahan baru sebanyak 9 juta hektare.

“Jadi kalau misalnya B50 bakal ada penambahan lahan 9 juta hektare lahan baru untuk minyak sawit itu sendiri. Jadi memang potensinya besar sekali kalau misalnya engga diatur, dan kita lihat juga dari sisi pengurangan fosil sendiri, engga seberapa bagusnya kalau misalnya kita compare fosil. Apalagi kalau kita menanam atau membuka lahan besar-besaran memakai pembakaran hutan atau menanam di gambut, itu emisinya lebih besar daripada batu bara,” ungkapnya kepada VOA.

Ia juga melihat, meskipun lahan kebun kelapa sawit di tanah air cukup luas namun hasilnya tidak produktif . Produksinyarata-rata hanya mencapai 3 juta ton per tahun. Angka tersebut masih lebih rendah dari Malaysia yang luas kebun kelapa sawitnya setengah lebih kecil dari Indonesia. Maka dari itu, ia mempertanyakan kebijakan pemerintah apabila masih ingin membuka lahan kelapa sawit yang baru.

Dengan dampak kerusakan lingkungan yang begitu luas akibat pembukaan lahan kelapa sawit ini, Arkian menyarankan kepada pemerintah untuk menggunakan potensi EBT lainnya yang dimiliki oleh Indonesia, yakni tenaga surya dan angin. Apalagi biodiesel, katanya juga masih menggunakan batu bara untuk bahan campuran B30 maupun B50.

Baca juga   Waspada Penipuan Dengan Menggunakan Robot Trading

Suplai dan Demand

Di sisi lain, Pengamat Ekonomi dari CORE Indonesia Muh Faisal mengatakan peningkatan produksi biodiesel ini memang akan bisa mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar minyak (BBM) impor. Selain itu, biodiesel ini juga akan dapat menyerap persediaan CPO di tanah air yang surplus.

Namun, Faisal menggarisbawahi pemerintah harus memastikan sisi hilirnya untuk mendukung peningkatan produksi biodiesel yakni salah satunya menyediakan pasar yang akan menyerap biodiesel tersebut.

“Biodiesel ini misalnya dibeli oleh Pertamina. Selanjutnya adalah masalah penggunaan biodiesel oleh Pertamina, jadi marketnya yaitu adalah kendaraannya. Jadi bagaimana kemudian industri otomotif di Indonesia bisa menyerap atau memproduksi produk-produk otomotif yang menggunakan bahan bakan biodiesel. Jadi satu hambatan yang menghalangi industri otomotif untuk merancang atau memproduksi mobil atau sepeda motor yang menggunakan biodiesel berarti harus diatasi,”ungkapnya kepada VOA.

Ia mengatakan, pemerintah harus memiliki kebijakan yang konsisten untuk mendukung hal tersebut, agar kelak para investor tidak ragu berinvestasi dengan membangun pabrik otomotif berbahan bakar biodiesel. Apalagi saat ini, mayoritas kendaraan masyarakat di Indonesia masih menggunakan bensin.

“Pabrik (biodiesel) yang sekarang ini pasti dia mengharapkan ada demand. Dan pemerintah harus memastikan bahwa kebijakan untuk menggunakan biodiesel sebagai alternatif baru BBM untuk kendaraan akan terus diperkuat. Itu yang membuat investor (tertarik) karena ada sistem insentif yang diberikan oleh pemerintah,” pungkasnya. 

Continue Reading

Bisnis

6 Cara Memulai Bisnis Frozen Food dari Rumah Dengan Modal Kecil

Published

on

6 Cara Memulai Bisnis Frozen Food dari Rumah Dengan Modal Kecil

Gencil News- Saat ini bisnis rumahan Frozen food adalah usaha yang bisa anda lakukan langsung dari rumah dengan modal kecil.

Makanan olahan seperti frozen food ini Jika anda kelola dengan sungguh-sungguh, bisa mendapatkan omzet dan laba yang lumayan besar.

Dalam menjalankan usaha frozen food, harus selalu melalukan dan memodifikasi resep yang sudah ada, menciptakan jenis makanan baru, atau membuat kemasan yang lebih menarik.

Tujuan cara tersebut supaya bisnis tetap berjalan dan konsumen selalu tertarik.

Baca juga   Raih Medali Perunggu, Atlet Anggar Asal Mempawah Minta Restu

Ada 6 Cara untuk memulai bisnis makanan tersebut untuk anda perhatikan;

Tentukan Produk

Lakukan survei sebelum memilih produk. Tujuannya adalah untuk memastikan jenis produk yang laris manis di pasaran. Jangan sampai Anda salah memilih produk yang bisa membuat bisnis tidak berjalan dengan lancar.

Modal

Hitung bahan pokok dan kebutuhan dapur untuk membuat produk dari, alat pengemas, box hingga bahan baku.

Peralatan

Jika Anda berniat untuk mengolah sendiri bahan mentah menjadi berbagai jenis frozen food, peralatan yang dibutuhkan pun lebih banyak. Setidaknya Anda memerlukan penggiling daging atau food processor, kemasan kedap udara, alat vakum, dan juga alat press.

Pasarkan Produk secara online dan offline

Baca juga   Jadwal Kapal Lawit Terlengkap Bulan Maret 2021, Cek Jadwalnya

Lakukan penjualan dengan memasang iklan pada berbagai platform media sosial. Contohnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan juga Whatsapp.

Perluas Networking

cobalah untuk menawarkan kerja sama sejenis reseller atau juga Menawarkan produk ke supermarket terdekat.

Lisensi Makanan

Hal ini sangat penting dan menjadi salah satu hal utama dalam bisnis kuliner. Meskipun frozen food hanya usaha rumahan, Anda perlu untuk mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Supaya pembeli merasa aman dan terjamin nilai higienisnya.

Saat ini banyak konsumen menyukai hal-hal yang praktis dan instan. Frozen food sangat cocok dengan gaya hidup seperti ini.

Kendati masyarakat lebih menyukai makanan yang instan, faktor kesehatan tak boleh dilupakan.

Baca juga   Shang-Chi Film Terbaru Besutan Marvel, Hadirkan Adegan Laga Seru

Tetap tawarkan produk frozen food yang tidak mengandung bahan pengawet serta penguat rasa (MSG) supaya tetap terjaga kesehatannya.

Continue Reading

Bisnis

Kemenparekraf Dukung Gelaran ICAD XI, Tingkatkan Gairah Sektor Ekonomi Kreatif

Published

on

Kemenparekraf Dukung Gelaran ICAD XI, Tingkatkan Gairah Sektor Ekonomi Kreatif

Gencil News – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung gelaran Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) XI sebagai upaya meningkatkan kembali gairah sektor ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung gelaran Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) XI  yang diselenggarakan di Grand Kemang, Jakarta pada 21 Oktober - 28 November 2021.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung gelaran Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) XI yang diselenggarakan di Grand Kemang, Jakarta pada 21 Oktober – 28 November 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam sambutannya lewat video yang diputar di acara pembukaan ICAD XI, Kamis (21/10/2021), mengatakan, pihaknya terus mendukung setiap pelaksanaan event yang memberikan ruang bagi perkembangan desain dan seni sehingga dapat memperkaya daya tarik wisata dan menggerakan perekonomian daerah.

“ICAD menjadi sumber inspirasi dan wawasan bagi kita semua, saya berharap melalui acara ini para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia dapat melihat lebih dekat serta mengapresiasi kekayaan seni dan desain nusantara. Mari manfaatkan platform seperti ICAD ini untuk memajukan sektor ekraf di Indonesia, lantaran sektor ini potensial untuk didukung dan berkembang, sehingga mampu memberikan manfaat dengan terbukanya lapangan kerja seluas-luasnya dan mampu mensejahterakan masyarakat,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga   Kunci jawaban kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2 "Kerja Bakti"

ICAD merupakan pameran pertama dan satu-satunya yang menginisiasi kolaborasi industri desain, seni, teknologi, hiburan, dan perhotelan; melibatkan desainer interior, desainer grafis, fotografer, videografer, scenographers, pelukis, pematung, sutradara film, dan banyak kreator lainnya.

Pameran yang dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober-28 November 2021 di GrandKemang Jakarta, bisa diakses juga secara daring melalui website resmi https://www.arturaicad.com.

Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2009, pameran yang kali ini mengusung tema “publik” telah menjadi pameran berskala besar yang mempromosikan desain dan seni kontemporer di Indonesia.

Pagelaran ICAD tidak hanya akan berlangsung di venue utama (grandkemang Hotel Jakarta) tetapi juga berbagai venue dan brand yang dikurasi di #KEMANG12730 untuk merayakan desain dan seni yang unik dan khas Jakarta Selatan.

Juga akan menampilkan berbagai kegiatan publik, baik secara fisik maupun virtual sebagai upaya untuk memperkuat pengalaman ini.ICAD merupakan pameran pertama dan satu-satunya yang menginisiasi kolaborasi industri desain, seni, teknologi, hiburan, dan perhotelan.

Baca juga   Boeing Hentikan Produksi Pesawat 737 MAX pada Januari 2020

ICAD merupakan pameran pertama dan satu-satunya yang menginisiasi kolaborasi industri desain, seni, teknologi, hiburan, dan perhotelan.

ICAD XI juga memperluas koneksinya melalui kemitraan dinamis dengan lembaga-lembaga budaya lokal dan internasional, pers, dan berbagai bisnis terkait gaya hidup.

Pameran sendiri akan dikonsentrasikan ke dalam beberapa kategori, yaitu In Focus (seniman dan desainer terkemuka dari Indonesia yang diundang), Artis Tamu (seniman dan desainer internasional yang diundang), Next Gen (seniman muda inovatif yang diundang), dan Open Submission.

Dalam upaya bersama untuk mencapai hal ini, ICAD telah membangun pondasinya dengan menawarkan pameran dan program yang dikurasi, menyoroti berbagai kreasi dan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

ICAD juga bermitra dengan platform internasional bergengsi, seperti Milan SuperDesign Show, La Biennale di Venezia, dan London Design Biennale, dalam hal kurasi dan menampilkan seni dan desain Indonesia kepada dunia.

Steering Committee ICAD XI, Diana Nazir, mengatakan, pandemi telah berdampak besar bagi kehidupan masyarakat dalam menjalani kehidupan. Kita dihadapkan pada tantangan dan dipaksa untuk beradaptasi dan berubah. Dalam Pembukaan ICAD di GrandKemang Jakarta, hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Komisaris Utama Holding BUMN Pariwisata, Triawan Munaf; Komisaris Utama ITDC, Ricky Pesik; Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Roslan Perkasa Roeslani; serta Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti.

Baca juga   Presiden Umumkan Perpanjangan PPKM Level 4 Hingga 2 Agustus

Dalam Pembukaan ICAD di GrandKemang Jakarta, hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Komisaris Utama Holding BUMN Pariwisata, Triawan Munaf; Komisaris Utama ITDC, Ricky Pesik; Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Roslan Perkasa Roeslani; serta Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti.

“Cara kita bekerja, berkomunikasi, membuat pilihan, dan mencari informasi telah berubah, sebagian besar karena kesediaan kita untuk mengadopsi berbagai alat dan layanan digital baru. Di masa yang akan datang, COVID-19 tidak akan menghilangkan nilai dari pameran tatap muka; melainkan menimbulkan berbagai cara baru untuk mempresentasikannya dengan lebih kreatif,” katanya.

Dalam Pembukaan ICAD di GrandKemang Jakarta, hadir Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Komisaris Utama Holding BUMN Pariwisata, Triawan Munaf; Komisaris Utama ITDC, Ricky Pesik; Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Roslan Perkasa Roeslani; serta Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti.

Continue Reading

Katalog Promo

Semarakan HUT ke 250 Kota Pontianak, Takasimura Diskon 23 Persen

Published

on

Takasimura Diskon 23 Persen

Gencil News – Semarakan HUT 250 Kota Pontianak, Takasimura memberikan diskon hingga 23 persen.

Takasimura adalah  Takasimura adalah Japanese Street Resto yang tepat untuk anda dan keluarga.

Takasimura menyediakan menu-menu terbaik, mulai Sushi, Fransico Roll, Sosesji Roll, Kani hingga American Roll.

Dalam rangka ulang tahun ke 250 Kota Pontianak, Takasimura memberikan diskon sebesar 23 persen untuk semua menu.

Tentunya diskon ini juga berlaku untuk anda yang ingin makan di tempat dan yang memesan melalui aplikasi Gofood.

Takasimura diskon 23 persen, berlaku mulai 23-24 oktober 2021. Jadi, tunggu apalagi, Segera kunjungi Takasimura Japanesse Street Food, jalan Putri Candra Midi (Podomoro) Pontianak, atau satu lokasi dengan Kafe Aming.

Baca juga   Ekonomi AS Membaik, Mungkin Tak Perlu Stimulus Baru

Lokasinya terjangkau, parkir yang luas, tempat yang bersih dan yang pasti protokol kesehatan dan citarasanya terjamin.

Untuk info pemesanan silakan hubungi 08115622868

Lokasi Takasimura Pontianak

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING