Göbeklitepe Turki ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO

GENCILNEWS – Göbeklitepe, dianggap sebagai salah satu situs tertua. reruntuhan dari Göbeklitepe, terletak di provinsi Şanlıurfa tenggara Turki, dan telah ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada hari Minggu(1/7).

Keputusan itu diambil pada Pertemuan Komite Warisan Dunia UNESCO ke-42 yang diselenggarakan di ibukota Bahrain, Manama, yang akan berlanjut hingga 4 Juli.

Ditemukan dalam penggalian oleh para peneliti dari universitas Istanbul dan Chicago pada tahun 1963, Göbeklitepe terletak di dekat lingkungan Örencik di Şanlıurfa, 18 kilometer (11 mil) dari pusat kota.

Ditandai sebagai “ground zero untuk sejarah manusia,” Göbeklitepe menonjol di antara situs arkeologi lainnya, yang berasal dari 12.000 tahun, sekitar 10.000 SM.

Penggalian di situs itu diluncurkan pada tahun 1995 oleh Profesor Jerman Klaus Schmidt, yang menghidupkan temuan-temuan yang ditemukan sebelumnya yang telah lama menyebabkan keributan di antara para akademisi.

Baca juga   Turki dan Israel Saling Usir Duta Besar

Diterimanya  sebagai Göbeklitepe sebagai  “kuil tertua di dunia” oleh banyak lembaga internasional dan terutama oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Göbeklitepe telah terdaftar di Daftar Sementara UNESCO lima tahun lalu.

Atap baja berukuran 4.000 meter persegi dibangun di lokasi di tengah upaya melestarikan Göbeklitepe.

Setelah ditutup sementara untuk pengunjung karena pekerjaan restorasi, Göbeklitepe sebagian dibuka kembali pada bulan Februari.

Menurut kementerian luar negeri Turki, itu adalah “struktur megalitik tertua yang diketahui di dunia yang terletak di Mesopotamia Atas dan berasal dari 11.000 tahun.”

Dengan masuknya Göbeklitepe, jumlah situs warisan budaya dari Turki yang ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO telah meningkat menjadi 18, setelah sebelumnya Taman Nasional Göreme dan Situs Batu Cappadocia, Masjid Agung dan Rumah Sakit Divriği, Daerah Bersejarah di Istanbul , Hattusha: Ibukota Hittite, Gunung Nemrut, Hierapolis-Pamukkale, Xanthos-Letoon, Kota Safranbolu, Situs Arkeologi Troy, Masjid Selimiye dan Kompleks Sosialnya, Situs Neolitik dari Çatalhöyük, Bursa, dan Cumalıkızık: Kelahiran Kekaisaran Ottoman, Pergamon dan Lanskap Budaya Multi-Lapisan, Benteng Diyarbakır dan Lanskap Budaya Taman Hevsel, Efesus, Situs Arkeologi Ani dan Aphrodisias