Usia SDN Ini Capai 116 Tahun

GENCILNEWS – Kokoh, unik, dan bersejarah. Tiga kata yang mungkin bisa mewakili keberadaan bangunan ini. Bagaimana tidak, bangunan ini tampak kuno dan sangat berbeda dengan bangunan kebanyakan lainnya. Seluruh struktur bangunannya menggunakan kayu belian.

SD Negeri 14 Pontianak dibangun pada tahun 1902 oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk pendidikan volkschool atau sekolah rakyat.

Kini, usia SD bersejarah tersebut mencapai 116 tahun. Cukup tua untuk ukuran sekolah dasar yang masih kokoh berdiri ini.

Bangunan dengan berbahan dasar kayu belian ini merupakan salah satu sekolah pertama yang ada di Pontianak sebgai Hollandsch Indlandsche School (HIS), atau setingkat dengan Sekolah Dasar (SD).

Awalnya, sekolah ini didirkan oleh Pemerintah Hindia Belanda hanya untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka. Baru pada tahun 1928, Pemerintah Hindia Belanda memberikan pendidikan kepada orang pribumi. Namun, hanya anak-anak petinggi dan pejabat saja yang diperbolehkan.

Baca juga   Unik, TPS 05 Prailiu NTT jadi Ajang Promosi Kain Sumba

Sedangkan anak-anak Indonesia yang berasal dari orang kebanyakan tidak diperbolehkan. Barulah lima tahun setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1950, anak-anak Indonesia diperbolehkan dan mempunyai kesempatan merasakan mengenyam pendidikan di sekolah ini.

Sekarang, bangunan ini tidak lagi difungsikan dikarenakan SD Negeri 14 sudah punya gedung baru tepat di belakang bangunan yang lama.

Tapi, sebagai salah satu dari empat belas cagar budaya di Kota Pontianak, keberadaan dan keaslian bangunan ini tetap dipertahankan untuk memperlihatkan bukti-bukti sejarah agar masyarakat dapat mengetahui tentang perjalanan sejarah di Kota Pontianak. (all)