“The Front Runner,” Kisah Kejatuhan Politisi AS, Gary Hart

Skandal terkait perempuan banyak menghancurkan karier politik kandidat pejabat yang diunggulkan di AS. Pada 1987, Gary Hart, kandidat Partai Demokrat yang diunggulkan untuk mengalahkan George H.W Bush tersungkur akibat skandal ini. Kisahnya dituangkan ke layar lebar dalam Film “The Front Runner.”

Warga paruh baya Amerika masih ingat jelas bagaimana sebuah foto seorang perempuan bernama Donna Rice yang tersenyum dipangkuan Gary Hart, kandidat unggulan presiden. Foto itu menjadi bukti kehancuran karier yang cemerlang dalam sejarah politik Amerika.

Tapi banyak yang tidak ingat bahkan mengetahui bahwa foto yang muncul dua minggu setelah skandal pada 1987 yang menyebabkan Hart mundur dari persaingan Partai Demokrat dan menghancurkan karier politiknya yang sangat menjanjikan itu, tidak pernah dikonfirmasi. Hart tidak pernah mengakui bahwa ia punya hubungan pribadi dengan Rice.

Fakta bahwa warga mengasumsikan kejatuhan Hart yang memalukan karena foto tersebut adalah salah satu dari banyak hal yang terlewatkan, kata Jason Reitman, sutradara film “The Front Runner,” yang dibintangi Hugh Jackman. Dia berperan sebagai Gary Hart senator asal Colorado yang kariernya menanjak cepat dan ambruk bahkan lebih cepat lagi.

Baca juga   Siap-siap Bulan November 2018 Film Queen Bohemian Rhapsody Dirilis

“Mungkin dari semua tantangan yang saya hadapi, ini salah satu yang paling sulit,” kata Jackman. “Memerankan seseorang yang masih hidup, yang saya tahu akan menonton filmnya, dan menggambarkan tiga minggu terburuk dalam hidupnya merupakan tantangan besar dan saya memerankannya dengan serius.”

Fakta bahwa Rice adalah seseorang bukan sekedar perempuan berambut pirang menjadi poin yang mengilhami buku “The Front Runner,” yang terbit pada 2014 karya wartawan Matt Bai. Tapi poin yang lebih penting adalah drama kehidupan Hart, menandai momen penting dalam politik dan budaya Amerika, dimana gaungnya berlanjut sampai hari ini.

Hart jauh unggul dalam jajak pendapat untuk menjadi calon presiden Partai Demokrat pada pemilu 1988, menghadapi calon dari Partai Republik George H.W. Bush. Tapi rumor perselingkuhan di luar perkawinan muncul. Rumor tersebut mendorong wartawan harian Miami Herald,Tom Fiedler, untuk mengintai sebuah lorong dekat rumah Hart di Washington, di mana Rice usia 29 tahun diyakini tinggal.

Baca juga   Noah Centineo Bakal Ikutan di Film Charlie's Angels

Fiedler dan timnya mengkonfrontasi Hart. Ia menolak menjawab pertanyaan mengenai kehidupan pribadinya. Segera setelah itu, di tengah pertanyaan yang tak henti-hentinya mengenai kehidupan pribadinya ia mengundurkan diri dari persaingan.

Jackman mengatakan “film ini tidak menyajikan siapa yang baik dan jahat melainkan mengamati suatu masa dan apa yang menarik dalam memandang dunia, mencoba memahami bagaimana kita sampai pada masa sekarang, masa tiga minggu yang sebenarnya titik balik. Sekarang saya mengerti bagaimana kita sampai pada situasi politik sekarang ini. ”

Hart bukanlah politisi Amerika pertama yang tumbang karena skandal seks. Sebelumnya, perilaku seksual dianggap sebagai masalah yang tidak bisa dijamah, jika tidak demikian,John F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson, tidak akan terpilih.

Film The Front Runner diputar di Amerika pada 21 November 2018. [my]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.